Siapa sih yang tidak kenal Smartphone dengan sistem operasi android, hampir semua merk smartphone saat ini sudah menggunakan sistem operasi android di dalamnya, selain karena gratis dan bersifat opensource, sistem operasi android juga dikenal sangat canggih dan selalu mengikuti perkembangan teknologi smartphone, sehingga tidak heran banyak sekali vendor smarphone di dunia memilih sistem operasi android untuk digunakan di smartphone yang dibuatnya, katakan saja samsung, lenovo, asus, oppo, dan merk hp lainnya sudah menggunakan sistem operasi android di dalamnya.

Menjadikan hp android sebagai modem

Salah satu kelebihan smartphone dengan sistem operasi android adalah mudah sekali digunakan untuk sharing data guna mengakses internet, sehingga anda tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke warnet atau repot-repot harus membeli modem, cukup dengan menggunakan smartphone android maka anda sudah bisa berinternet dengan mudah dan nyaman, apalagi untuk saat ini rata-rata smartphone android sudah mendukung  jaringan 3G HSDPA dan 4G LTE yang memiliki kecepatan rata rata akses internet berkisar antara 7,2 Mbps hingga 42 Mbps, tentu akses internet dengan hp android akan semakin cepat saja.

Untuk mengakses internet menggunakan hp android ada 2 alternatif yang bisa anda pilih, yang pertama adalah internetan langsung di smartphone android anda, dan yang kedua adalah  menjadikan hp android anda sebagai modem internet sehingga anda bisa mengakses internet menggunakan laptop atau komputer PC dengan hp android anda sebagai modemnya baik menggunakan kabel data USB, menggunakan bluetoot, atau melalui hotspot wifi.

CARA MUDAH MENJADIKAN HP ANDROID ANDA SEBAGAI MODEM INTERNET

Untuk menjadikan hp android sebagai modem anda harus melakukan seting atau pengaturan di ponsel android anda. Pada dasarnya ada  dua pilihan yang bisa anda gunakan untuk menjadikan ponsel android anda sebagai modem, bisa menggunakan kabel data USB atau bisa juga tanpa kabel melalui hotspot dengan memanfaatkan fitur Tethering and Portable Hotspot

Bagi anda yang kebetulan belum tau cara setingnya, maka di sini saya akan uraikan langkah-langkah cara seting hp android untuk dijadikan modem internet baik melalui kabel data USB atau melalui hostspot tanpa kabel.

1. Menjadikan HP Android sebagai Modem Internet melalui Hotspot Wifi

HP android anda bisa dijadikan modem tanpa kabel melalui jaringan wifi yang fungsinya tidak jauh berbeda seperti layaknya hotspot, sehingga untuk mengakses internet anda bisa menggunakan Komputer PC atau laptop yang memiliki perangkat jaringan wireless (wifi) di dalamnya.

Langkah-langkah tutorial untuk menjadikan HP android anda sebagai modem melalui jaringan wifi adalah sebagai berikut:

Lakukan Pengaturan di perangkat HP android anda

Langkah-langkahnya seting atau pengaturan untuk menjadikan hp android anda sebagai modem melalui jaringan wifi adalah sebagai berikut:


1. Aktifkan perangkat android anda

2. Masuk ke menu Settings Wireless And Network  atau menu Connection atau menu Tethering & Portable Hotspot, untuk beberapa jenis hp mungkin menunya disajikan berbeda, namun ada di menu setting atau pengaturan, silahkan cari saja, kurang lebih akan tampil gambar seperti di bawah ini:

Tethering & portable hotspot
 
3. Aktifkan Portable Wi-Fi hotspot, agar hostspot bekerja dan ponsel bisa berfungsi sebagai modem.

4. Lakukan Setup wi-fi hotspot untuk memberi nama hotspot sekaligus menset password agar hotspot tidak bisa diakses sembarangan oleh orang alin.

5. Aktifkan juga Mobile Network atau mobile data, agar hp terhubung ke internet, pastikan quota internet hp anda masih aktif.

6. Pastikan Quota internet pada kartu hp yang anda gunakan masih aktif.

Dengan mengaktifkan Portable Wi-Fi Hotspot dan juga Mobile data, maka kini HP anda bisa digunakan sebagai modem hotspot wifi yang bisa diakses melalui perangkat Komputer PC atau laptop melalui wifi.


Koneksikan  Laptop ke Modem HP android Anda

Langkah-langkah untuk menghubungkan laptop anda dengan modem hp android adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Laptop anda dilengkapi dengan perangkan wifi dan wifi sudah dapat berjalan dengan baik pada laptop anda.

2. Di area pojok kanan bawah dekat jam, silahkan klik tombol wifi untuk melihat daftar hotspot yang dapat terbaca oleh perangkat.
wifi

3. Kemudian pada daftar jaringan yang muncul, pilih jaringan nama jaringan hotspot dari modem anda dan koneksikan dengan menekan tombol connect

wifi laptop

Jika meminta password silahkan masukan password yang sudah anda seting di perangkat android anda untuk hotspot tersebut.

Sampai langkah di atas seharsnya laptop anda sudah bisa terhubung ke internet melalui perangkat android anda dan bisa digunakan untuk mengakses internet.

2. Menjadikan Ponsel Android Anda sebagai Modem Melalui Kabel Data USB

Cara ke dua yang bisa anda pilih untuk mengaktifkan hp android anda sebagai modem adalah melalui kabel data USB, langkah-langkah pengaturan pada hp android anda adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan perangkat android anda

2. Silahkan Hubungkan kabel data USB antara HP android anda dengan Laptop anda

3. Masuk ke menu Settings Wireless And Network  atau menu Connection atau menu Tethering & Portable Hotspot, untuk beberapa jenis hp mungkin menunya disajikan berbeda, namun ada di menu setting atau pengaturan, silahkan cari saja, kurang lebih akan tampil gambar seperti di bawah ini:

Mengaktifkan USB tethering pada perangkat android
 4. Tunggu komputer melakukan instalasi driver yang dibutuhkan untuk USB di hp anda, dan komputer secara otomatis akan melakukan koneksi dengan HP android anda, silahkan cek di bagian sudut bawah kanan dekat Jam, kemudian klik tombol jaringan, jika terhubung maka tandanya akan seperti gambar di bawah ini:


Sampai langkah di atas anda seharusnya sudah berhasil menjadikan perangkat android anda sebagai modem melalui kabel data atau USB.


Perangkat android memang luar biasa dan menawarkan berbagai macam fitur yang sangat bermanfaat, salah satu fitur yang ditawarkan adalah koneksi jaringan internet yang didukung dengan banyaknya provider kartu jaringan yang saat ini banyak tersedia. Fitur internet memang sangat banyak sekali digunakan, apalagi setiap perangkat android saat ini sudah dapat digunakan sebagai modem baik melalui kabel data USB, melalui bluetoot maupun melalui perangkat wifi, sehingga akses internet akan semakin mudah saja dimanapun dan kapanpun.


Demikian artikel tentang Cara Mudah Menjadikan HP Android Anda sebagai Modem Internet, semoga bermanfaat.