Hampir semua merk hp dengan sistem operasi android seperti samsung, advance, asus, dan merk hp lainnya yang menggunakan sistem operasi android dilengkapi fitur untuk mengunci layar yang siap untuk diaktifkan, kunci layar tersebut biasanya digunakan oleh pemilik hp sebagai kode pengaman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan hp anda yang dilakukan oleh orang lain, selain itu kunci hp juga digunakan untuk menghindari agar hp tidak bebas untuk digunakan oleh siapapun, hanya dengan seizin si pemilik hp saja baru bisa mengakses hp tersebut.

Membuka pola kunci hp android yang terkunci atau lupa

Ada beberapa jenis sistem penguncian layar yang sudah tersedia di setiap hp dengan sistem operasi android yang biasa digunakan, yaitu, pengunci dengan pola, pengunci dengan PIN  digit, atau sistem pengunci dengan memasukan password, semuanya memiliki keamanan yang sama yang tidak mudah untuk ditembus.

Sayangnya karena beberapa sebab ada banyak sekali pemilik hp yang tidak bisa membuka password hp android miliknya, bisa karena lupa atau karena hal-hal tertentu yang membuat hp android terkunci, ini tentunya masalah yang harus segera dipecahkan karena jika tidak maka anda hanya bisa menerima panggilan darurat saja tanpa bisa mengaksesnya secara penuh.

Jika kasus ini terjadi pada anda sebaiknya anda tidak perlu panik, karena ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk membuka password hp android anda yang terkunci sehingga anda bisa mengakses kembali hp anda secara penuh.

Cara Buka Pasword HP android yang terkunci

Berikut saya uraikan beberapa cara untuk membuka password hp android anda dari yang paling mudah sampai dengan yang beresiko terhapusnya data hp android anda.

Cara #1 - Menggunakan Panggilan Telepon

Jika hp android anda terkunci, cara pertama yang paling mudah untuk membuka password hp android anda tanpa kehilangan data adalah dengan cara membuat panggilan telepon pada hp android yang terkunci, silahkan anda lakukan panggilan ke nomor hp android anda yang terkunci dari hp lain, kemudian jawab panggilan tersebut, lalu jangan dulu ditutup.

Sementara panggilan aktif, silahkan tekan tombol Home untuk menampilkan menu pada hp anda, kemudian silahkan aktifkan data internet agar anda bisa sign in kembali menggunakan gmail anda, kemudian anda aktifkan menu seting untuk mengatur kata sandi atau menggunakan pola untuk mengunci hp, anda dapat membuka hp anda dengan menggunakan pola patern atau kata sandi yang anda buat tersebut.

Kemungkinan untuk beberapa merk HP dengan sistem operasi android, ini bisa saja tidak dapat bekerja, namun anda bisa mencobanya, jika memang tidak bekerja pada hp android anda maka anda bisa menggunakan cara lainnya.

Cara #2 - Menggunakan Android Device Manager (ADM)

Android device Manager (Pengelola perangkat Android) adalah perangkat lunak mobile yang khusus disediakan oleh google untuk membantu pemilik hp dari sisi keamanan agar dapat mengontrol hp nya secara remote dari jarak jauh melalui jaringan internet, tool ini secara bawaan sudah terinstal pada setiap hp dengan sistem operasi android versi terbaru, tapi statusnya dalam keadaan non-aktif, untuk mengaktifkan pengelola perangkat android ini bisa melalui menu settings > keamanan > administrator perangkat, di hp anda bisa saja menunya berbeda tapi intinya ada di menu keamanan.


Tool ADM ini baru bisa anda gunakan untuk membuka kunci hp android anda yang terkunci jika di hp android anda yang terkunci sudah mengaktifkan pengelola perangkat android ini, sehingga hp bisa di control untuk keperluan-keperluan tertentu seperti:
  • Menghapus semua data yang tedapat di HP, ini bermanfaat jika hp anda dicuri
  • Ubah sandi pembuka kunci layar, ini bermanfaat jika hp anda terkunci tidak bisa dibuka
  • Kontrol kunci layar, dapat digunakan untuk menguci layar hp anda yang hilang dicuri

Cara membuka password hp yang terkunci dengan android evice manager langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Cara ini hanya untuk hp android anda yang ADM nya sudah diaktifkan, jika belum coba saja siapa tau memang bisa (atau anda bisa coba aktifkan dengan cara #1 di atas)

2. HP harus dalam keadaan terkoneksi internet ( Silahkan coba cara #1 di atas jika hp anda yang terkunci sedang offline)

2. Masuk ke situs https://www.google.com/android/devicemanager, Silahkan login dengan Akun gmail anda yang sama dengan yang anda pasang pada hp android anda.


Android device manager



3. Setelah anda login ke android device manager melalui komputer, akan ada 3 pilihan yaitu:
  • Ring, ini untuk membunyikan HP, sangat bermanfaat untuk menemukan hp yang hilang karena lupa nyimpan di rumah.
  • Lock, ini untuk mengunci ulang dan mereset password yang sudah anda pasang sebelumnya di hp android.
  •  Erase, digunakan untuk menghapus seluruh data di hp jika hp dicuri agar privasi terjaga


Untuk mereset password silahkan klik tombol Lock, kemudian anda akan diminta memasukan password baru untuk perangkat android anda yang terkunci.
reset android password
Sampai tahap di atas jika berhasil akan mereset password hp android anda tanpa menghilangkan data di dalamnya, kemudian anda bisa membukanya dengan password yang anda buat menggunakan android device manager.

Cara #3 -  Memanfaatkan Fitur Forgot Patern

Fitur Forgot patern adalah solusi untuk mendapatkan patern pola kunci pada layar hp android anda yang lupa, pola kunci atau kode pengaman untuk membukanya akan dikirim via email jika anda meminta Forgot Patern, fitur ini baru tampil jika anda menglami 5 kali kegagalan membuka kunci layar, tapi sayangnya fitur ini hanya berjalan pada sistem operasi android versi Android 4.4 KitKat ke bawah.

Jika hp anda adalah hp android dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat atau versi sebelumnya anda bisa menggunakan fitur ini untuk membuka hp anda yang terkunci, dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Silahkan Buka dengan pola asal sampai gagal 5 kali, setelah 5 kali gagal maka anda akan diminta untuk menunggu selama 30 detik

Forgot Android Pattern

2. Silahkan tekan tulisan Forgot pattern? untuk mendapatkan solusi, anda akan ditawarkan 2 metode yang tersedia yaitu, masuk dengan akun google anda dan google akan mengirimkan pola patern ke email atau dengan menjawab pertanyaan keamanan, silahkan pilih masuk dengan akun google dan google akan mengirim untuk mereset password anda.

Sampai tahap di atas jika berhasil maka anda seharusnya bisa membuka password hp android anda dengan kata kunci baru yang anda seting tanpa kehilangan data.

Cara #4 -  Menggunakan Samsung Find My Mobile

Untuk HP dengan merk samsung, ada banyak layanan yang sudah disediakan oleh samsung, salah satu layanan yang cukup bermanfaat adalah Samsung Find my Mobile, tool ini sama halnya dengan android device manager namun hanya untuk pengguna samsung. Fungsi alat ini adalah untuk menemukan hp anda yang hilang, namun bisa juga diamnfaatkan untuk mereset kata kunci hp android anda. langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. HP anda harus bermerk samsung

b. Anda sebelumnya sudah membuat akun samsung melalui hp android anda, jika tidak maka cara ini tidak akan bekerja.

c. Kemudian buka situs https://findmymobile.samsung.com/ kemudian login dengan akun samsung yang sudah anda buat sebelumnya di hp samsung anda.

d. Pada halaman utama samsung find my mobile silahkan cari dan pilih menu "Lock My Screen" untuk merest dan mengunci ulang hp samsung anda, anda akan diminta untuk memasukan pin baru kemudian silahkan tekan tombol Lock.






 Jika anda berhasil maka anda akan bisa masuk ke hp anda yang terkunci tanpa kehilangan data.

Cara #5 - Factory Data Reset

Cara ke 5 adalah cara terakhir yang bisa anda coba jika cara-cara di atas tidak berhasil, yaitu dengan Melakukan Factory Data Reset, yaitu mereset hp android anda ke setelan pabrik, namun sayangnya jika menggunakan cara ini anda harus merelakan kehilangan data yang tersimpan di memory internal hp android anda.

Jika memang tidak ada cara lain cara ini bisa menjadi pilihan terakhir, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Matikan hp android anda.

2. Setelah hp dalam keadaan mati, masuk ke recovery mode dengan cara menekan tombol Power,  Volume Atas (untuk memperbesar suara), tombol Home, tekan secara bersama-sama kemudian tahan dalam waktu kurang lebih 5 detik sehingga hp menyala dan muncul menu recovery mode untuk melakukan factory data reset (untuk beberapa jenis hp mungkin caranya berbeda silahkan cari saja di internet).

Factory data reseta




3. Pada menu yang muncul pilih saja wipe data/factory reset menggunakan tombol volume atas dan bawah, seperti tampilan di atas , kemudian tekan tombol power untuk memilihnya, untuk beberapa jenis merk hp mungkin tampilanya akan berbeda, silahkan pilih saja yang identik dengan facory data reset.

Ketika proses selesai silahkan anda  pilih Rebot system now, untuk merestart hp android anda, setelah menyala hp android anda akan kembali seperti baru.


Demikian artikel tentang 5 Cara Mudah Membuka Kode pengaman Pola Kunci (Pasword) Layar HP Android, semoga bermanfaat.