Mengganti template blog lama dengan yang baru adalah salah satu pilihan, ada banyak alasan kenapa template lama harus diganti dengan template baru, bisa jadi karena tampilan template lama sudah dianggap kurang menarik, template blog baru dianggap lebih keren desainnya, bagus strukturnya dan lebih seo friendly dari pada template lama atau ada upaya ingin menaikan visitor.

Template adalah pondasi utama blog anda, oleh karena itu template adalah salah satu yang harus benar-benar diperhatikan, jika template baik dan memiliki kriteria seo, maka template akan lebih disukai oleh mesin pencari, itu artinya akan memberikan dampak positip pada blog, sehingga blog akan lebih mudah ditemukan mesin pencari dan itu artinya visitor akan semakin baik.

6 Tips Mengganti template baru blog agar visitor naik

Sebenarnya mengganti template blog itu sangat mudah sekali hanya dalam satu klik saja template sudah bisa diganti, namun ada hal-hal yang harus anda perhatikan ketika ingin melakukan penggantian template, agar tidak mempengaruhi performa blog anda, jika tidak maka penggantian template bisa saja berdampak menurunkan visitor blog anda.

Tips Mengganti template baru blog agar visitor tidak turun

Disini saya akan berbagi tips mengganti template baru blog agar visitor blog anda bisa naik dan tidak turun, sebagai berikut:

1. Pilih template blog yang Baik & berkualitas.

Ada banyak sekali template yang bisa anda download dan bisa anda gunakan, baik template gratisan maupun template premium (berbayar), namun sebelum anda gunakan, sebaiknya anda pastikan bahwa template yang anda pilih adalah template blog yang baik dan berkualitas,

Beberapa kriteria template blog yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut:

a.  Ringan
Template ringan atau loadingnya cepat, ingat template ringan adalah salah satu yang bisa mempengaruhi peringkat halaman di mesin pencari, karena loading speed sudah menjadi bagian dari google ranking faktor, semakin ringan loading sebuah template maka itu semakin baik.

b. Mobile friendly.
Template mobile friendly adalah template yang sangat ringan jika diakses menggunakan perangkat mobile, dan tampilan akan menyesuaikan dengan lebar layar perangkat yang digunakan tanpa harus scroll ke kiri dan ke kanan, ini sangat diutamakan apalagi sekarang mobile friendly sudah menjadi google ranking faktor yang akan mempengaruhi rangking blog di hasil pencarian.

c. Responsive.
Template responsive adalah template yang tampilannya akan menyesuaikan dengan ukuran layar perangkat yang mengaksesnya, dan pengguna tidak harus scroll layar ke kiri dan ke kanan.

Baca juga: Pentingkah template blog responsive untuk SEO ?

d. Memiliki strukturdata yang baik
Struktur data meskipun bukan faktor seo akan membantu google menampilkan informasi blog anda secara lebih baik ketika ditemukan di hasil pencarian, struktur data secara tidak langsung memiliki korelasi dengan seo.
Baca juga : Cara memperbaiki error pada strukturdata

e. Memiliki Ukuran File yang kecil.
Ukuran file yang kecil mewakili bahwa struktur kode template baik, dan dapat mempengaruhi kecepatan loading template tersebut, semakin kecil ukuran file maka akan semakin baik.


Bagaimana saya tau bahwa sebuah template blog sudah sesuai dengan kriteria diatas?

Ada tool khusus yang dapat anda gunakan untuk mengukur kualitas template sesuai kriteria di atas.

Anda bisa baca: Ciri template blog yang baik dan berkualitas

2. Backup dulu template lama anda sebelum diganti.

Jangan lupa backup template lama anda sebelum diganti, tujuannya adalah jika terjadi hal-hal buruk setelah melakukan penggantian template yang tidak dapat anda kontrol maka anda bisa mengembalikan blog anda ke template blog yang lama. 

3. Pindahkan kode penting pada temlate lama ke template baru.

Sebelum ganti template sebaiknya anda pastikan bahwa kode-kode penting yang digunakan ditemplate yang lama sudah dipindahkan pada template baru.

Kode -kode penting blog biasanya berupa meta yang letaknya ada diantara kode <head> dan </head> bisa anda lihat di kode html template blog anda.

Meta tersebut menyimpan informasi penting blog anda yang dapat dipahami oleh robot mesin pencari (google bot), agar googlebot tidak pusing dengan template baru anda sebaiknya kode-kode meta tersebut dipindahkan pada template blog baru sebelum diganti dan pastikan sama.

Beberapa kode penting template blog adalah sebagai berikut:

a. Meta tag
Pastikan semua meta tag template lama sama dengan meta tag template baru.

b. Kode verifikasi webmaster tool, bing webmaster tool  dan juga alexa jika ada
Jangan lupa pindahkan kode verivikas google dan bing webmaster tool jika pada template anda belum memiliki kode diatas sebaiknya anda daftarkan blog ke bing dan juga google webmaster, agar blog lebih mudah dikenali mesin pencari.

c . Kode opengraph dan twittercard jika ada.
Cara memindahkannya agar lebih mudah, silahkan buka dashboard blog editor html template lama, kemudian buka template blog baru pakai notepad++ atau pake notpad, silahkan bandingkan dan pindahkan kode-kode penting dari template blog lama ke template blog baru, lalu simpan.

4. Uji coba template baru anda.

Sebelum template baru digunakan, disarankan melakukan ujicoba template baru anda  untuk memastikan bahwa template sudah bekerja dengan baik, silahkan gunakan blog ujicoba anda untuk mencobanya.

5. Ganti template pada Jam-jam sepi pengunjung.

Sebaiknya ganti template baru blog di jam-jam pada saat pengunjung sepi, biasanya dini hari sekitar jam 1 s/d jam 4 subuh pengunjung sangat sepi.

Ini bertujuan agar penggantian template tidak menngganggu kenyamanan pengunjung, dan biasanya google index sangat inten ketika pengunjung membludak. ketika pengunjung sepi googlebot yang bertugas mengindex template akan bekerja lebih lambat.

Lakukan penggantian template secara cepat agar tidak banyak mempengaruhi pengalaman pengguna yang sedang online.

Anda bisa mengganti template secara manual (mengcopy kode html template blog baru kemudian paste di dashboard htdm editor template lama) atau bisa juga menggunakan layanan ganti template yang sudah disediakan oleh blog (baca: cara mengganti template blog).
 

6. Lakukan update artikel sesering mungkin 

Setelah melakukan penggantian template disarankan anda sering melakukan posting artikel untuk lebih sering mengundang google bot agar dapat mereindex bagian-bagian penting pada template blog baru anda.

Alangkah baiknya anda sudah mempersiapkan beberapa artikel postingan sebelum melakukan penggantian template blog baru, agar ketika diganti posting artikel sudah siap.
 

Kesimpulan

Penggantian template memang sangat mudah, dan jika dilakukan dengan cara-cara yang baik dan benar, maka performa blog anda akan tetap baik bahkan bisa menjadi lebih baik, jika dilakukan kurang tepat untuk beberapa kasus penggantian template bisa berdampak buruk dan berdampak pada turunnya visitor blog.

Cara di atas adalah cara yang biasa saya gunakan ketika melakukan penggantian template, dan kebanyakan setelah penggantian template visitor blog cendrung meningkat. seperti blog saya ini saya sudah 3 kali mengganti template dan pengunjung lebih baik dari sebelumnya.

Itulah  uraian singat mengenai 6 Tips Mengganti template baru blog agar visitor naik, semoga bermanfaat. selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!