Satu hal yang mungkin menjadi sebuah pertanyaan blogger pemula ketika ingin membuat alamat blog, yaitu memilih flatform blog yang cocok untuk digunakan.

Kita tau ada banyak sekali tersedia layanan flatform untuk membuat blog gratis yang bisa digunakan, seperti misalnya: wordpress.com, mywapblog.com, blogger.com atau blogspot.com dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi dari banyaknya penyedia layanan blog gratisan yang paling populer sampai saat ini adalah layanan blogger.com, wordpress.com dan wordpress.org, 3 flatform blog tersebut adalah flatform blog terbaik dan gratis yang paling banyak digunakan di dunia termasuk di indonesia.

Memilih flatform blog paling cocok untuk pemula

Tersedianya flatform blog populer lebih dari satu pilihan (blogger vs wordpress) tentu akan membuat pemula dilema dan bingung mana yang sebaiknya dipilih, apakah blogger.com, wordpress.com atau wordpress.org, tidak perlu diragukan lagi bahwa flatform blog tersebut adalah yang paling populer, gratis dan flatform blog terbaik untuk saat ini.

Pilihannya tergantung dari tujuan anda membuat blog, kita tau bahwa potensi blog sangat banyak, Jika anda ingin menjadi blogger sukses yang bisa menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan biaya yang terlalu besar maka pilihannya adalah blogger.com namun jika anda membuat blog hanya untuk media menulis dan media menyampaikan informasi maka anda bisa memilih wordpress.com atau blogger.com

Silahkan baca juga: 4 Macam Potensi blog untuk generasi muda


Tapi untuk tujuan blogging secara umum yang paling cocok untuk pemula, saya lebih menyarankan anda memilih flatform bloggger.com atau blogspot, karena blog yang satu ini selain gratis, bisa anda gunakan kedepannya untuk menghasilkan uang.

Alasan Kenapa Pemula Harus Memilih Blog Berflatform Blogspot (blogger.com)

Alasan kenapa blogger pemula harus memilih blogspot adalah karena blogspot gratis selamanya, mudah digunakan dan blogspot adalah blog satu-satunya milik google, itu artinya artikel-artikel yang anda sajikan di blog berflatform blogspot akan mendapatkan perhatian khusus dari mesin pencari google, sehingga blog tersebut akan lebih mudah dikenali dan ditemukan di mesin pencari google.

Selain itu Apalagi?

Blog berflatform blogspot bisa anda gunakan untuk menghasilkan uang secara online dari aktivitas blogging, dan blog berflatform blogspot memang tidak ada larangan dari sipemilik (google) untuk dimonetisasi agar bisa menghasilkan uang, sehingga dengan membuat blog berflatform blogspot (blogger.com), kesempatan anda untuk menjadi blogger berpenghasilan akan terbuka lebar, dan anda bisa menghasilkan uang secara online hanya dari blog gratisan hanya bermodalkan koneksi internet saja.

Anda bisa baca:
6 Panduan sukses ngeblog hingga bisa menghasilkan uang
7 Kunci sukses menghasilkan uang dari blog untuk pemula 

Kelebihan lainnya dari blog berflatform blogspot adalah sebagai berikut:


a. Blogspot bisa menghasilkan uang.
Blogspot sangat cocok sekali apalagi tujuan anda membuat blog ingin mendapatkan penghasilan dari internet. jika anda masih merasa baru  dan bingung untuk menhasilkan uang dari blog, silahkan baca:
#4 Petunjuk cara mencari uang dari internet untuk pemula

b. Sangat mudah sekali untuk digunakan cocok untuk pemula
Blogspot sangat menyajikan antar muka yang sangat mudah sekali untuk digunakan meskipun untuk pemula sekalipun, antarmuka (interface)nya sederhana, dengan membaca satu kali bagaimana cara menggunakan blogspot anda akan dengan cepat memahaminya.

c. Banyaknya tersedia tutorial tentang blogspot.
Permasalahan blog yang anda dapati akan mudah untuk diselesaikan karena banyak tersedia tutorial yang siap digunakan.

d. Blogspot mudah di modifikasi
Blogspot adalah salah satu flatform blog yang paling mudah untuk dimodifikasi, ditambah lagi banyak sekali tutorial yang tersedia yang bisa dijadikan referensi bagaimana cara memodifikasi tampilan blogspot.

e. Banyak tersedia theme
Blogspot memiliki banyak sekali theme (tampilan) yang siap untuk digunakan baik gratis maupun berbayar, anda dapat dengan mudah melakukan bongkar pasang template (tampilan) hingga sesuai dengan desain tampilan yang anda inginkan.

Anda belum punya blog dan masih awam serta tidak tau bagaimana cara membuat blog di blogspot, sebagai petunjuk silahkan baca:
Cara membuat blog dengan langkah praktis untuk pemula
Tutorial tersebut akan menjelaskan kepada anda langkah-langkah praktis untuk membuat blog menggunakan flatform blogger.com (blogspot.com).

Kenapa Jangan memilih wordpress.com?

Wordpress.com sebenarnya adalah layanan blog yang hampir mirip dengan blogspot.com, gratis dan cukup populer juga, anda bisa dengan mudah dan sama mudahnya dengan blogspot untuk membuat blog menggunakan layanan wordpress.com.

Namun sayangnya kabarnya wordpress.com tidak bisa digunakan untuk monetisasi (upaya agar blog bisa menghasilkan uang) sehingga jika tujuan anda dikemudian hari setelah memiliki blog menginginkan blog anda bisa menghasilkan uang secara online maka pupus sudah harapan anda karena blog wordpress yang anda buat tidak diizinkan untuk dimonetisasi.

Jika tujuan anda membuat blog hanya untuk menuangkan isi pikiran saja tanpa memiliki tujuan untuk menghasilkan uang dari aktivitas blog anda, wordpress.com bisa menjadi pilihan anda.

Selain itu akses kita terhadap blog wordpress sangat dibatasi salah satunya adalah kita tidak diberi kebebasan untuk memodifikasi kode blog wordpress sehingga sulit sekali melakukan optmasi blog sesuai dengan yang kita inginkan.

Masih banyak lagi keterbatasan blog wordpress jika dibandingkan dengan blogspot. jadi menurut saya yang terbaik untuk pemula tetap adalah blog berflatform blogspot.com. (blogger.com)

Lalu Bagaimana dengan Wordpress.org?

Di awal mungkin anda bertanya-tanya apakah wordpress.com sama dengan wordpress.org?, harap diketahui bahwa wordpress.com dan wordpress.org adalah 2 layanan yang berbeda. keduanya memang sama-sama mengimplementasikan flatform blog dari wordpress, namun jika dilihat dari sisi layanan keduanya sangat jauh berbeda.


Wordpress,com adalah situs layanan untuk membuat blog secara online yang siap digunakan sama halnya seperti blogspot dan situs layanan blog lainnya, sedangkan wordpress.org adalah penyedia (perangkat lunak applikasi web) framewok wordpress yang dapat digunakan untuk blog custom domain atau top level domain (TLD), yang harus di hosting secara pribadi.

Jika anda menginginkan informasi lebih detail tentang perbedaan wordpress.com dan wordpress.org, silahkan baca:
Mengkaji Perbedaan wordpress.com vs wordpress.org 

Framework wordpress memang gratis namun agar wordpress tersebut bisa anda gunakan untuk halaman blog anda, maka anda harus menyewa atau membeli nama domain dan layanan hosting untuk menyimpan halaman blog wordpress anda, itu artinya anda harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggunakan framework wordpress.org.

Selain itu wordpress.org lebih pantas diperuntukan untuk blogger tingkat menengah ke atas, sangat tidak cocok untuk blogger pemula, karena wordpress memiliki tingkat kesulitan tersendiri, berbeda dengan layanan blog yang siap digunakan, walaupun jika memang anda mau sebenarnya bisa saja, namun anda harus menyempatkan waktu untuk mempelajarinya terlebih dahulu agar bisa menggunakan blog yang dibuat dari framework wordpress.org


Itulah artikel tentang Flatform blog paling cocok untuk pemula dan bisa menghasilkan uang, semoga dengan membaca artikel ini bisa membuka wawasan anda tentang template blog terbaik untuk anda sehingga anda tidak salah pilih, semoga bermanfaat.