Berbicara mengenai dunia blog maka ada salah satu istilah yang sering dijadikan acuan untuk berbagai kepentingan, istilah tersebut adalah bouncerate atau rasio pentalan, untuk blogger baru istilah bouncerate bisa jadi baru dikenal dan akan terdengar sedikit asing, lantas apa itu bouncerate?

Bouncerate atau bisa disebut juga sebagai rasio pentalan adalah persentase pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman saja berbanding dengan total pengunjung keseluruhan, nilai besar kecilnya angka persentase bouncerate akan sangat ditentukan oleh jumlah pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman saja kemudian langsung keluar tanpa mengunjungi halaman lainnya ketika mereka mengunjungi sebuah blog.

Pengertian bouncerate dan pengaruhnya terhadap seo?

Rasio pentalan salah satunya digunakan oleh google untuk mengukur prilaku pengunjung terhadap blog anda sehingga ini bisa mewakili seberapa berkualitasnya artikel yang disajikan oleh sebuah blog, semakin kecil angka rasio pentalan maka google dengan mudah dapat memperkirakan bahwa konten yang disajikan di dalam blog tersebut menarik dan berkualitas bagi kebanyakan pengunjung.

Bagaimanakah cara menghitung rasio pentalan?

Perhitungan bouncerate sebenarnya sangat mudah sekali, yaitu dengan menghitung pengunjung blog yang hanya mengunjungi satu halaman saja dengan keseluruhan pengunjung.

Jika ditulis dalam sebuah rumus, maka formula untung menghitung bouncerate adalah:

Jumlah pengunjung yang membuka 1 halaman saja / total keseluruhan pengunjung x 100%

Untuk lebih jelasnya, Misalkan blog anda mendapatkan pengunjung 1.000, tapi ada 250 orang pengunjung yang mengunjungi blog anda membuka 1 halaman saja kemudian langsung keluar dari blog anda, maka rasio pentalan atau bounce rate blog anda adalah:

250/1.000 x 100%= 25%

Rasio pentalan atau buncerate blog anda adalah 25% , artinya semakin banyak jumlah pengunjung yang hanya membuka 1 halaman saja maka rasio pentalan akan semakin besar, dan semakin besar ratio pentalan itu artinya kualitas blog anda sangat buruk.

Berapakah nilai Persentase Bouncerate yang baik?

Saya kurang tau apakah google menjelaskan angka spesifik mengenai bouncerate yang baik atau tidak, namun berdasarkan banyak pendapat dari para blogger, angka bouncerate yang baik ada dikisaran 20%, dan semakin kecil angkanya itu akan semakin baik.

Tapi ingat angka bouncerate sebenarnya hanya sebuah perkiraan saja, dan tidak sepenuhnya benar bahwa kualitas blog yang memiliki angka bouncerate tinggi adalah buruk, karena blog yang hanya 1 halaman akan memiliki angka persentase bouncerate 100% dan itu bukan berarti blog tersebut buruk.

Ada ada banyak faktor pengukur kualitas yang bisa mempengaruhi membengkaknya nilai bouncerate, jika faktor-faktor pengukur kualitas tersebut terpenuhi dan memang demikian adanya itu bisa saja kita nilai kualitas blog tersebut buruk.

Bagaimana saya bisa melihat nilai bouncerate blog saya? 

untuk melihat nilai bouncerate sebuah blog caranya sangat mudah sekali, anda bisa melihatnya di google analitic jika blog anda kebetulan sudah dikaitkan dengan google analitic, atau anda juga bisa melihatnya menggunakan browser plugin alexa toolbar.

a. Menggunakan alexatoolbar
Cara melihat bouncerate dengan alexa bisa menggunakan alexa toolbar. Dengan alexatoolbar anda bisa juga melihat nilai bouncerate blog miliki orang lain, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Silahkan pasang plugin alexa toolbar pada browser yang anda gunakan.  
  • klik tool alexatoolbar yang sudah terpasang dibrowser anda, kemudian klik pada url blog yang muncul, seperti gambar di bawah ini:


  • Pada halaman alexa yang terbuka, silahkan sedikit scroll ke bagian bagah, dan anda akan melihat informasi nilai bouncerate blog seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
Cara melihat bouncerate dengan alexa

a. Menggunakan Google analitic
Pastikan bahwa blog anda sudah dikaitkan dengan google analitic, jika belum silahkan kaitkan dulu sebagai pandauan anda bisa baca: Cara mengaitkan blog ke google analytic

Jika anda sudah mendaftarkan blog ke google analitic, maka untuk melihat nilai bouncerate blog anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Masuk ke akun google analytic anda dan pilih blog anda.
  2.  Pilih Menu Bihavior > Overview, maka anda akan melihat persentase angka rasio pentalan seperti gambar di bawah ini:
Melihat nilai bouncerate blog di google analytics

Apa yang menyebabkan Angka Bouncerate Membengkak (Buruk)?

Bouncerate yang baik adalah bouncerate yang nilai persentasenya kecil, semakin kecil itu semakin baik dan semakin besar berarti dapat diartikan bahwa bouncerate blog buruk.

Angka bouncerate blog yang buruk menandakan bahwa banyak sekali pengunjung yang hanya membuka 1 halaman blog saja kemudian langsung pergi, ini bia diartikan bahwa artikel blog kurang disukai atau repitasi blog buruk di mata pengunjung.

Ada banyak sebab kenapa angka bouncerate membengkak, beberapa diantaranya adalah seabagai berikut:

a. Blog hanya menyajikan 1 halaman saja.
Jangan ditanya, jika blog hanya memiliki 1 halaman saja maka nilai bouncerate akan 100%. tapi ini bukan berarti kualitas blog tersebut buruk karena memang pengunjung tidak punya pilihan sehingga hanya 1 halaman itu saja yang dibaca.

b. Judul artikel yang disajikan kurang menarik perhatian.
Yang berikutnya yang menyebabkan angka bouncerate tinggi adalah, judul artikel yang disajikan kurang menarik untuk dibaca, sehingga ketika pengunjung memasuki blog anda melalui mesin pencari misalnya, maka dia hanya akan membaca satu artikel itu saja tanpa membuka artikel lainnya dan langsung pergi.

c.  Loading blog terlalu lama
Jika loading blog dirasa terlalu lama dimata pengunjung maka kebanyakan pengunjung akan langsung keluar setelah memasuki halaman blog anda yang masih loading belum menampilkan isi halaman. ini juga disinyalir sebagai salah satu penyebab bouncerate membengkak.

d. Halaman blog terlalu dijejali iklan popup
Siapapun pasti kesel ketika memasuki halaman blog yang dipenuhi iklan melayang atau popup sehingga menutupi halaman, kebanyakan rata-rata pembaca akan langsung keluar meninggalkan blog jika halaman blog dipenuhi iklan dan ini bisa menjadi penyebab bouncerate sebuah blog tinggi.

e. Konten blog yang kurang berkualitas
Konten blog yang kurang berkualitas misalnya sangat sedikit atau tidak ada informasi bernilai didalamnya bisa menyebabkan pengunjung langsung keluar.

Bagaimana cara Memperbaiki Bouncerate Blog?

Ada banyak cara untuk memperbaiki bouncerate, beberapa diantaranya dalah sebagai berikut:

a. Mempercepat loading halaman blog
Jika loading halaman blog anda di atas 3 detik percepatlah, sudah terbukti jika loading blog lebih dari 3 detik kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan blog tersebut.

b. Menyajikan artikel yang lebih berkualitas
Silahkan sajikan artikel yang lebih berkualitas informatif kaya kata.

c. Libatkan internal link di dalam artikel
Jangan lupa untuk melibatkan atau menyisipkan internal link dalam setiap artikel, agar pengunjung bisa lebih mudah menemukan artikel relevan dengan artikel yang sedang mereka baca. internal link akan memancing pengunjung untuk membaca artikel terkait lainnya.

d. Perbanyak jumlah artikel dengan judul menarik
Perbanyak jumlah artikel dengan judul yang menarik yang dapat membuat penasaran pengunjung agar ketika pengunjung masuk ke blog anda mereka menginginkan juga untuk membaca artikel lainnya yang anda sajikan.

Apakah angka bouncerate memeliki pengaruh terhadap rangking sebuah blog (SEO)?

Sebuah blog harus selalu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan trafik dan kenyamanan pengunjung, pengunjung sebisa mungkin harus dibuat betah berlama-lama dan trafik sebisa mungkin harus selalu diupayakan naik atau paling tidak konstan,

Bouncerate bisa dikatakan penting jika ukuran bouncerate yang dimiliki sebuah blog dapat mempengaruhi trafik dan popularitas sebuah situs, jika tidak maka angka rasio pentalan hanya dapat digunakan untuk hal-hal lainnya sebagai angka acuan yang dapat mengukur prilaku pengunjung blog dan kualitas artikel blog yang disajikan.

Jika angka persentasenya kecil itu artinya blog tersebut sangat disenangi oleh pengunjung, namun jika angkanya besar itu artinya ada pertanyaan besar untuk blog tersebut apakah memang konten yang disajikan kurang menarik pengunjung atau ada hal lainnya.

#Apakah bouncerate berpengaruh terhadap SEO?

Bouncerate adalah salah satu informasi yang bisa kita lihat informasinya di google analitic, namun menurut mattcut dalam sebuah video (http://www.youtube.com/watch?v=CgBw9tbAQhU), Google tidak menggunakan data google analitic untuk mempengaruhi rangking sebuah website, artinya bouncerate bukan salah satu faktor seo, sehingga besar kecilnya bounce rate yang dimiliki sebuah blog tidak berpengaruh pada rangking sebuah blog di hasil pencarian (SERP).


#Pentingkah bouncerate?

Untuk beberapa blogger informasi angka bouncerate akan sangat penting untuk blog yang memburu pageview, ntah untuk urusan bisnis online maupun urusan lainnya, sehingga angka bouncerate bisa dijadikan acuan apakah blog harus diperbaiki atau tidak. jika persentasenya sangat besar misalkan di atas 50%,  maka blog perlu diperbaiki terutama dari penyajian konten dan juga internal link, semakin kecil angka bouncerate itu menandakan pengunjung blog adalah pengunjung tertarget yang menyukai artikel blog anda.

2 komentar:

  1. Mas didin kalo ngedit foto pake aplikasi apa mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edit poto biasanya pake photoshop gan, kalo screenshoot biasanya pake snagit

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!