Seorang blogger saat ini memang sangat beruntung, karena sudah banyak sekali diberi kemudahan dengan disediakannya  layanan berupa tool-tool online gratis yang dapat membantu mereka untuk mengelola blognya, tool tersebut  sengaja disediakan oleh Google sebagai  pemilik mesin pencari terpopuler di dunia untuk membantu para pemilik blog agar blognya lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari sehingga blognya lebih cepat berkembang dan lebih cepat populer.

Jika anda seorang blogger berpengalaman anda tentu mengetahui tool-tool yang wajib anda gunakan untuk membantu mengelola blog anda, dan saya yakin anda sudah menggunakan tool-tool tersebut, namun untuk blogger pemula yang benar-benar masih baru, saya yakin masih banyak yang belum mengetahui tool-tool tersebut, padahal tool tersebut benar-benar sangat bermanfaat yang dapat digunakan untuk membantu mengelola blog mereka, sehingga blog lebih cepat  berkembang dan lebih cepat populer

di artikel ini saya hanya ingin berbagi informasi mengenai Tool Google yang harus digunakan oleh para Blogger, terutama untuk blogger pemula yang kebetulan belum mengetahui tentang tool-tool yang sangat dianjurkan yang dapat mereka gunakan untuk blog mereka.

1. Goolgle Keyword planner (GKP)

Google keyword planner atau dikenal juga dengan sebutan GKP, adalah sebuah tool gratis yang saat ini sudah menjadi bagian dari tool google adwords yang sengaja disediakan oleh google untuk membantu para advertiser (pengiklan google) dan juga para blogger untuk mencari dan menemukan kata kunci yang paling banyak dicari atau kata kunci populer.

Google Keyword Planner
Anda mungkin saja pernah berfikir untuk mencari judul yang banyak dicari untuk artikel anda? ya karena anda tau bahwa jika anda membuat artikel dengan judul yang paling banyak dicari, maka artikel anda akan banyak dicari orang sehingga akan memberikan peluang pada blog anda untuk mendapatkan banyak sekali pengunjung atau visitor, ada banyak cara untuk mendapatkan judul seprti itu, salah satu tool yang bisa anda gunakan adalah google keyword planer.

Dengan google keyword planner anda bisa melakukan riset kata kunci untuk melihat informasi penting dari sebuah kata kunci yang akan anda kembangkan menjadi  judul artikel blog, misalkan saja data mengenai jumlah pencarian tiap bulan untuk kata kunci tersebut, dan data lainnya yang bisa anda manfaatkan untuk blog anda.

Dengan melakukan riset kata kunci menggunakan google keyword planner maka judul artikel yang anda buat akan memiliki kesempatan untuk mendatangkan banyak pengunjung.

Untuk menggunakan fasiltias google keyword planeer anda tinggal login menggunakan email gmail yang sudah anda miliki sebelumnya.

2. Google Webmaster tool (Google Search Console)

Google search consule (GSC) kalau dulu lebih dikenal dengan google webmaster tool (GWT), adalah sebuah tool gratis yang disediakan oleh google untuk membantu para pemilik atau pengelola situs (webmaster) agar blognya lebih mudah untuk ditelusuri oleh robot mesin pencari sehingga blog  lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Google Webmaster tools

Selain menyediakan fasilitas khusus  yang dapat membantu robot mesin pencari menelusuri setiap bagian penting pada blog anda untuk di index, tool ini juga menyediakan banyak sekali informasi yang bermanfaat kepada para pemilik situs mengenai interaksi robot mesin pencari terhadap blog miliknya.

Ada banyak sekali informasi yang bisa kita peroleh menggunakan google keyword planner ini, misalkan saja, index mesin pencari terhadap blog yang kita miliki, jumlah backlink yang berhasil di claim, informasi kata kunci yang mampu mendatangkan trafik, mengetahui kata kunci yang digunakan oleh pencari atau pengguna google untuk menemukan blog kita  dan informasi lainnya yang bermanfaat untuk blog anda.

Dengan informasi yang disediakan oleh google keyword planner anda akan mampu menganalisa performa blog anda sehingga anda memiliki data acuan untuk memperbaiki blog anda menjadi lebih baik.

3. Google Analytics

Pertama kali saya mengenal google analytic dulu sekali ketika saya mulai mengenal blog, ada teman saya yang memberikan informasi, jika ingin mengetahui sumber trafik pengunjung yang mengunjungi blog kita misalnya asal negara, darimana dia menemukan dan masuk ke blog kita maka silahkan integrasikan blog anda dengan google analitic.

Google Analytics

 Dan Memang benar google analytic adalah tool gratis yang disediakan oleh google untuk memonitor dan mendapatkan informasi interaksi pengunjung blog terhadap blog kita. dan hebatnya lagi informasi yang disediakan oleh google analytic benar-benar sangat detail dan sangat lengkap.

Apakah blog wajib di integrasikan dengan google analytic?
Tentu saja, jika anda ingin mengembangkan blog anda menjadi lebih baik anda harus mengintegrasikan blog anda dengan google analitic, sehingga anda bisa terus memonitor perkembangan blog anda dan anda akan memiliki data referensi mengenai blog anda untuk anda analisa guna meningkatkan blog anda menjadi lebih baik.

Sama seperti google webmaster tool, untuk menggunakan google analytic anda harus login ke akun google analytic menggunakan email google (gmail) yang sudah anda miliki sebelumnya.

4. Google Plus (Google+)

Anda barangkali masih asing dengan Apa itu google plus?

Jika anda sebelumnya sudah mengenal facebook, maka google plush sama halnya seperti facebook, tool ini sebenarnya adalah tool gratis yang disediakan oleh google semacam media social seperti facebook, twitter dan media social pada umumnya yang dapat anda gunakan sebagai seorang blogger untuk mempromosikan blog anda secara lebih mudah.

Google plus
 
Agar blog anda lebih mudah untuk melakukan promosi di google plush maka anda harus mengintegrasikan blog anda ke google+, dengan mengintegrasikan blog anda ke google plush maka setiap artikel yang anda terbitkan akan muncul sebagai status di google plush anda, dengan demikian artikel tersebut akan cepat sampai ke teman atau follower anda sehingga bisa meningkatkan kunjungan pada blog anda.

Untuk blog yang dibuat menggunakan flatform blogspot google+ dapat digunakan secara mudah karena pada umumnya blog berflatform blogspot secara otomatis akan terintegrasi dengan google+ ketika blog tersebut dibuat.

Google plush banyak sekali menyediakan widget yang bisa digunakan pada blog, misalnya widget circle kalo difacebook adalah kotak suka, widget ini bisa anda pasang di halaman blog anda, sehingga setiap pengunjung yang tertarik dengan blog anda bisa follow google plush anda untuk mendapatkan informasi terbaru dari blog anda, G+, sama halnya seperti tombol suka di facebook, share G+, membantu blog anda untuk di share di google+ pengunjung blog anda, sehingga blog anda akan lebih mudah dibaca oleh siapapun.

Untuk meningkatkan pengunjung blog anda selain anda mengintegrasikan blog anda ke berbagai media sosial, jangan lupa juga untuk mengintegrasikan blog anda dengan google +, apalagi sekarang google sudah melibatkan faktor sosial media sebagai salah satu google rangking faktor, itu artinya jika blog anda populer di g+ atau media sosial lainnya bisa jadi ikut meningkatkan rangking halaman anda di mesin pencari google.

5. Google Alert

Apa itu Google Alert?

Google alert adalah tool buatan google yang dapat digunakan untuk memberitahukan via email yang kita pasang setiap kali ada artikel baru yang berhasil ditemukan oleh mesin pencari yang sesuai dengan kata kunci pencarian yang kita pasang di google alert.

google alert


Saya pertama kali mengenal google alert ketika ingin mempromosikan blog dengan cara berkomentar pada setiap artikel baru yang sesuai dengan blog yang saya miliki, tujuan saya pada waktu itu ingin menjadi komentar pertama, artinya jika ingin menjadi komentator pertama maka saya harus menemukan setidaknya pertama kali setiap artikel yang sesuai dengan kata kunci tertentu yang saya tentukan.

Akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa untuk memantau web kita bisa menggunakan google alert, dengan cara memasang kata kunci tertentu di google alert, ketika mesin pencari google menemukan web yang membahas artikel yang relevan dengan kata kunci yang saya pasang di google alert, maka google akan memberitahukan via email bahwa ada artikel baru pada web tertentu yang sesuai dengan kata kunci yang sedang anda pantau yang anda pasang pada google alert.

Untuk menggunakan google alert sangat mudah sekali, anda bisa login menggunakan email gmail anda dan juga passwordnya, kemudian pasang kata kunci pada kotak yang disediakan misal "Mobil terbaik keluaran 2016" atau kata kunci lainnya yang anda inginkan, dan atur pilihan "How Often" menjadi "as it hapens", google akan memberitahukan melalui email ketika ada artikel terbaru yang relevan dengan kata kunci yang anda pasang di google alert.

6. Google Trends

Google sebagai mesin pencari yang sudah malang melintang di internet, saat ini menyediakan tool khusus yang bermanfaat untuk siapapun yaitu google trends. Tool ini mampu memberikan informasi yang sedang populer yang bersumber dari pencarian internet.
 Google Trends

Jika sebuah kata kunci penelusuran dianggap sering digunakan oleh pencari internet maka kata kunci tersebut akan tampil di google trends. dan hebatnya lagi anda bisa mendapatkan informasi kata kunci populer sesuai dengan negara tertentu dan sesusai dengan kategori tertentu.

Untuk Seorang blogger keberadaan google trends tentu benar-benar sangat bermanfaat untuk menemukan kata kunci yang sedang populer untuk dikembangkan menjadi artikel, dengan cara mengunjungi google trends, menentukan region atau negara tertentu, juga menentukan kategori tertentu, dengan sekali klik google trends mampu menampilkan informasi topik-topik yang sedang populer sesuai negara dan kategori yang anda tentukan untuk anda kembangkan menjadi judul artikel anda.
 

7. Google Adsense

Tentu untuk sebagian besar blogger dunia akan sangat kenal dengan yang namanya google adsense, sebuah layanan iklan milik google yang dapat digunakan untuk mengelola iklan para advertiser para pengiklan seluruh dunia untuk dipromosikan.

Google Adsense


Google AdSense membuka kerjasama dengan para pemilik blog seluruh dunia untuk ikut menjadi partner google, dengan cara menjadi publisher google adsense sehingga mereka bisa memasang iklan dari google adsense pada blog miliknya dan para pemilik blog akan mendapatkan komisi dengan jumlah tertentu dari google adsense ketika iklan yang mereka pasang berhasil di klik oleh pengunjung blog miliknya.

Silahkan baca: Apa itu google Adsense

Google adsense adalah salah satu alternatif yang sering digunakan oleh blogger dunia untuk mendapatkan penghasilan secara online dari internet, mungkin ini adalah media periklanan yang cukup populer untuk meraup keuntungan dari internet karena google adsense boleh dibilang salah satu yang membayar cukup besar untuk para publishernya, oleh karena itu bagi siapapun anda kebetulan ingin mendapatkan penghasilan dari internet anda bisa bergabung menjadi publiser google adsense.


Untuk dapat bergabung menjadi publisher google adsense tidaklah mudah, anda harus mengajukan pendaftaran dengan syarat anda memiliki blog yang sesuai dengan kebijakan mereka, oleh karena itu jika anda seorang blogger yang kebetulan ingin mendapatkan penghasilan dari internet silahkan bergabung dengan google adsense.

Silahkan baca: Cara Daftar Google Adsense melalui blog



8. Google Translate

Google translate merupakan tool gratis milik google yang benar-benar sangat sederhana, fungsinya hanya menterjemahkan bahasa di seluruh dunika ke dalam bahasa yang diinginkan.

Google translate
Google translate ini menurut saya tool yang bisa digunakan oleh siapapun. namun untuk blogger tool ini bisa digunakan untuk membantu membuat artikel dengan bahasa tertentu. dan juga membantu menerjemahkan artikel bahasa inggris ke dalam bahasa indonesia agar lebih mudah untuk dipahami.

Penutup

Sebenarnya bukan hanya 8 saja, ada banyak sekali tool google yang memang banyak sekali manfaatnya untuk mendukung aktivitas online terutama untuk aktivitas blogging, sehingga bisa membatu para blogger mempermudah mengembangkan dan menggali potensi blog menjadi lebih baik dan lebih cepat populer.

itulah barangkali artikel sederhana tentang 8 Tool Google ini wajib anda gunakan untuk blog anda, semoge bermanfaat.