Kabar terbaru WhatsApp kini hadir untuk versi desktop, pengguna teknologi smartphone tentu tidak asing dengan aplikasi chat seperti BBM, WhatsApp, Line, kakawtalk, dan aplikasi chating lainnya, salah satu aplikasi chating yang paling populer saat ini adalah WhatsApp.

Sebuah aplikasi mobile free alias gratis untuk kirim mengirim pesan multi media yang biasa anda gunakan di perangkat mobile anda, baik untuk pengguna smartphone dengan sistem operasi android, windowsphone, apple dan beberapa sistem operasi mobile lainnya.

Aplikasi ini cukup populer sehingga kabarnya memiliki pengguna yang sangat banyak di seluruh dunia.

Menurut situs resminya, WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan seluler lintas platform yang Gratis memungkinkan Anda untuk bertukar pesan tanpa harus membayar SMS. WhatsApp Messenger tersedia untuk iPhone, BlackBerry, Windows Phone, Android, dan Nokia.

Cara Instal whats app versi desktop di windows7

(Sumber gambar: techwelkin.com)

Belakangan ini aplikasi chating seperti whatsapp memang sering digunakan sebagai alternatif untuk saling kirim mengirim pesan dalam bentuk multimedia seperti gambar, video suara dan juga text, tanpa dipungut biaya tidak seperti SMS, sehingga aplikasi ini mampu mendominasi penggunaan SMS untuk perangkat smartphone, yang dibutuhkan oleh aplikasi ini cukup hanyalah koneksi internet saja.

Kabar terbaru WhatsApp kini Hadir untuk versi deskop (Windows & Mac OS)

Dari awal kita mengenal whatsapp hanyalah sebuah aplikasi mobile yang bisa berjalan untuk perangkat mobile saja, sehingga untuk menggunakan aplikasi ini, mau tidak mau anda harus memiliki smartphone dengan spesifikasi tertentu yang memiliki sistem operasi tertentu (seperti android, windwosphone atau apple).

Dulu alternatif untuk menjalankan aplikasi mobile android agar dapat berjalan di PC desktop atau laptop, kita  biasa menggunakan bantuan pihak ke 3 seperti menggunakan Genymotion atau menggunakan Bluestack, tentu dengan beberapa keterbatasan terutama dapat menghabiskan memory sehingga aplikasi berjalan sangat lemot. namun saat ini terutama untuk whats app sudah bisa di jalankan di komputer tanpa bantuan pihak ke 3.

Ada sebuah kabar baik tentang Applikasi WhatsApp di tahun 2016.

Sekarang ini whatsapp telah resmi mengeluarkan versi terbaru yaitu whatsapp for desktop yang bisa digunakan untuk perangkat komputer anda.


Sesuai informasi situs resmi whatsapp, Aplikasi WhatsApp versi desktop baru tersedia untuk sistem operasi berikut:
  • Mac OS X 10.9 dan yang lebih baru
  • Windows 8 dan yang lebih baru (64-bit version)
  • Windows 8 dan yang lebih baru (32-bit version)
Setelah dicoba ternyata untuk sistem operasi window, masih digunakan di sistem operasi window7,

Tentu ini sebuah kabar baik untuk penggemar dan pengguna WhatsApp di seluruh dunia termasuk indonesia, karena anda tidak harus tergantung lagi pada perangkat mobile untuk saling kirim mengirim pesan dan melihat kabar terbaru yang biasa mereka terima melalui whatsapp.

Cukup menginstal Applikasi whatsApp for desktop dei komputer miliknya kemudian mengintegrasikan dengan akun whatsapp yang biasa mereka gunakan di komputer miliknya sudah cukup bisa menikmati fasilitas whatsapp sama halnya seperti whatsapp yang biasa mereka gunakan di perangkat mobile.

Ini kelebihan WhatsApp versi Desktop ?

Ada banyak kelebihan menggunakan whatapp versi desktop di perangkat komputer, beberapa diantaranya adalah:

1. Layar WhatsApp menjadi lebih lebar.
Tidak seperti whatsapp di perangkat mobile yang terbatas dengan lebar layar, menggunakan whats app di komputer akan lebih leluasa karena layar lebih lebar.

2. Mengetik Pesan lebih cepat.
Tentu saja yang salah satu kelebihan menggunakan whats app versi desktop di komputer anda adalah anda bisa lebih cepat mengetik menggunakan keyboard komputer atau laptop anda, beda halnya ketika menggunakan whatsapp di perangkat mobile tentu anda hanya bisa mengandalkan satu jari dengan lebar yang sempit untuk mengetik pesan.

3. Bisa dintergarasikan secara mudah dengan akun whatsapp mobile milik anda
WhatsApp for desktop lebih mudah untuk di integrasikan dengan akun whatsapp yang biasa anda gunakan diperangkat mobile milik anda.

Jadi untuk menggunakan whatsapp versi desktop anda harus sudah memiliki akun whatsapp sebelumnya yang sudah anda buat diperangkat mobile anda.

Cara Install dan Cara menggunakan WhatsApp For Desktop di Sistem operasi windows 7 

Meskipun WhatsApp untuk sistem operasi window hanya tersedia untuk sistem operasi Windows 8 dan yang lebih baru (64-bit version dan juga 32 version).

Setelah dicoba ternyata Masih bisa berjalan juga di win7.

Langkah-langkah Instal WhatsApp versi desktop di windows 7

Untuk menginstal whats app for desktop di win7 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Download aplikasi whatsapp for desktop, bisa menggunakan link dibawah ini:

Silahkan pilih yang sesuai dengan tipe komputer anda 32 atau yang 64.

Tenang saja mesikipun untuk win8, setelah dicoba di windows7, ternyata aplikasi diatas masih bisa berjalan dengan baik.

Yang sudah saya coba adalah  download whatsapp for win 8 untuk 64-bit version, kapasitasnya kurang lebih sebesar 61,5 MB.

Silahkan download sampai selesai.


b.  Double-Click file whatsappsetup.exe yang sudah berhasil anda download.


Whatsapp setup




Untuk di windows 7 yang pernah saya coba setelah diklik akan keluar dialog seperti gambar dibawah ini:

Instalasi whatsapp di windows7

Tekan saja tombol Run.

Whats app akan melakukan instalasi pada komputer anda dengan tampilan seperti gambar dibawah ini:

Proses instalasi whatsapp di windows 7


Tunggu kurang lebih 1-2 menit sampai proses instalasi selesai.

Setelah proses instalasi selesai, maka aplikasi whatsapp versi desktop di windows7 akan terbuka secara otomatis di komputer anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Wahtsapp versi desktop windows7
 

c. Sekarang login ke Aplikasi whatsApp versi desktop di komputer anda.
Setelah whatsapp versi desktop berhasil anda pasang di komputer anda, agar anda dapat mengunakan Aplikasi tersebut silahkan anda login:

Gimana cara loginnya?

Di awal anda akan sedikit kebingungan cara masuk ke whatsapp versi desktop di komputer anda.

Disini Saya akan tujukan cara loginnya.

1. Aktifkan Smartphone anda, kemudian Buka aplikasi whats app di smartphone anda.

2. Pilih Layar chating, kemudian tekan menu, kemudian pilih submenu WhatsAppWeb, untuk menampilkan pemindai QRCode.

Cara mengaktifkan pemindai whats app


4. Pindai QRCode yang terdapat di aplikasi whatsapp dikomputer anda

Silahkan arahkan alat pemindai whatsapp di hp anda ke tampilan QRCode yang tampil di applikasi whatssapp di komputer anda.

QRCode whatsapp for desktop win7

Anda akan secara otomatis login masuk ke applikasi whatsapp di komputer anda.

Tampilan whatsapp versi desktop di windows7

Aplikasi whatsapp di komputer anda akan menampilkan segala hal (pesan, teman dll) yang sesuai dengan akun whatsapp di perangkat komputer anda.

Selamat, sampai di sini anda sudah berhasil bagaimana cara menginstal dan mengaktifkan dan masuk (login) di aplikasi whatsapp versi desktop di komputer anda.


Itulah Artikel tentang cara instal dan juga cara masuk (login) whatsapp versi desktop di windows 7, saat ini aplikasi ini hanya tersedia untuk window 8 dan juga mac os  X 10.9 tapi masih bisa digunakan di window 7.

Anda bisa mencobanya di komputer anda. semoga berhasil.

1 komentar:

  1. wah mantaap gan, artikel yang sangat bermanfaat, thank infonya, langsung donlot ahh aplikasi whatsupnya

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!