Pernahkan anda mengalami masa-masa ketika alamat website baru anda masih tidak bisa diakses?, padahal domain anda sudah aktif dan anda baru saja selesai melakukan seting atau pengaturan custom domain dan anda sudah melakukan konfigurasi Name Server (NS) atau DNS untuk CNAME dan ANAME di domain baru anda dengan benar?

Saya yakin anda akan sedikit merasa kecewa, bingung dan merasa ada yang salah dengan apa yang anda lakukan, bahkan bisa saja anda menyalahkan penyedia registrasi domain, padahal jika anda tau sebenarnya itu adalah hal yang lumrah dan normal untuk domain baru ketika selesai di konfigurasi, itu dapat diartikan alamat webstie baru anda sedang melakukan proses propagasi domain atau istilah lainnya disebut juga dengan Pointing atau integrasi atau mengarahkan.

proses propagasi domain

Saya pribadi dulu pernah mengalami hal serupa, sempat merasa bingung, panik dan merasa ada sesuatu yang salah dengan apa yang sudah saya lakukan, dikarenakan setelah selesai melakukan konfigurasi custom domain alamat blog baru saya ternyata masih tidak mau diakses.

Selidik punya selidik setelah mencari berbagai referensi, saya baru paham bahwa apa yang terjadi pada website saya pada waktu itu adalah sebuah proses yang dinamakan propagasi domain. dan ternyata proses propagasi selalu terjadi ketika kita baru saja selesai melakukan seting konfgurasi pada domain baru.

Jadi jangan heran ketika anda mengakses alamat domain baru anda yang baru saja selesai di konfigurasi dengan benar masih menampilkan halaman "This page is Under Construction" atau halaman lainnya itu artinya blog anda sedang dalam masa propagasi domain.

Mengenal Apa itu Propagasi domain?

Lantas apa sebenarnya proses propagasi domain itu?

Propagasi waktu yang dibutuhkan sebuah nama domain untuk terhubung ke server hosting, proses ini biasanya dapat memakan waktu, 3 menit sampai dengan 72 jam (3 hari) dikarenakan DNS internet  lokasinya tidak terpusat sehingga untuk memahami pergantian tersebut memerlukan waktu tertentu.

Pada dasarnya ketika selesai melakukan konfigurasi domain  agar alamat domain bisa terhubung server hosting blog anda, sebenarnya domain sudah bisa langsung terpointing atau terarahkan ke server hosting blog anda, namun karena sistem DNS (Domain Name Server) internet tidak terpusat maka DNS tidak mampu mengetahui perubahan/update yang terjadi pada domain anda dalam waktu yang cepat, sehingga ketika domain anda diakses seolah-olah masih menampilkan halaman lama.

Apa Ciri Blog Sedang Proses Provagasi domain?

Beberapa ciri blog anda sedang proses propagasi domain salah satunya adalah anda tidak bisa mengakses halaman blog anda, dan halaman yang muncul hanya tampilan sebuah informasi seperti "Managed DNS", "This Page Is Under Construction", atau tampilan serupa lainnya, salah satunya seperti tampilan di bawah ini:
 
Halaman sedang propagasi domain

Artinya ketika anda selesai melakukan konfigurasi pada domain blog anda, dan anda masih belum bisa mengakses halaman utama blog anda itu artinya domain anda sedang dalam proses propagasi, untuk terhubung ke server hosting blog anda.

Apa yang menyebabkan Proses Propagasi domain Lama?

Ada banyak penyebab lama tidaknya proses propagasi domain diantaranya adalah sebagai berikut:

a. ISP Lambat Melakukan Update Table DNS

Salah satu penyebab lamanya proses propagasi domain adalah dikarenakan ISP (internet service provider) belum melakukan update pada table data DNS mereka sehingga untuk setiap ISP akan menghasilkan halaman yang berbeda ketika mengakses domain kita.

Bisa jadi ketika diakses oleh teman anda di kota tertentu blog anda bisa diakses dengan baik sedangkan ketika anda akses ditempat anda masih proses propagasi karena ISP nya berbeda dan update table DNS yang dilakukan oleh setiap ISP juga berbeda.

b. Pengaruh Umur Domain

Pengaruh umur domain juga bisa menentukan lambat tidaknya sebuah proses propagasi, jika domain yang anda gunakan adalah domain lama maka pada umumnya proses pointing atau mengarahkan akan cendrung lama, sedangkan jika domain yang anda miliki adalah domain fresh atau domain yang sebelumnya belum digunakan maka proses pointing akan cepat.

c. Lambatnya Register Domain melakukan pointing

Yang ketiga adalah karena pengaruh lambatnya register domain mengarahkan domain anda ke server hosting sehingga baik domain anda baru maupun domain lama tetap proses propagasi akan memakan waktu yang lama.

Apakah Ada Cara Untuk mempercepat Proses Propagasi Domain?

Itu tentu saja di luar kendali kita, namun ada cara cepat untuk memastikan bahwa domain anda sudah terpointing atau terarahkan dengan baik pada server hosting anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#1. Dapatkan IP Address untuk Domain Anda.

Untuk mendapatkan IP Addrss domain, anda bisa menggunakan situs http://whois.domaintools.com, silahkan anda buka situs tersebut kemudian ketikan alamat situs anda, misal domainsaya.com

Pada data whois record, silahkan anda cari IP Address untuk melihat IP Address domain anda, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:

IP Address domain Whois

Silahkan anda Catat IP Address tersebut, contoh diatas ip address adalah: 206.239.32.21

#2. Buka file host pada komputer Anda

Silahkan klik tombol start menu pada windows anda, kemudian lakukan pencarian dengan text berikut
wordpad C:windows\system32\drivers\etc\host

Kemudian enter.

Akan terbuka aplikasi wordpad dengan tulisan tertentu, silahkan anda tambahkan di wordpad di baris paling bawah dengan format IP Address domain anda [spasi]  Nama Domain Anda, seperti berikut:
 206.239.32.21    namablog.com
seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Jangan lupa, silahkan anda simpan

Setelah tersimpan silahkan anda refresh browser yang anda gunakan, kemudian akses kembali nama domain baru anda, misal namadomain.com, jika seting atau konfigurasi domain benar, anda akan bisa mengakses situs ada.

Cara diatas hanyalah salah satu cara untuk memastikan bahwa domain sudah terarahkan dengan baik, jika sudah di cek anda bisa menghaspus kembali IP address yang anda tambahkan di sebelumnya.

Itulah artikel tentang  Proses Propagasi domain (kenapa blog tidak bisa diakses), semoga bermanfaat.