4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blogwalking untuk pemula - Backlink merupakan bagian dari 200+ google ranking faktor yang sampai saat ini masih menjadi salah satu faktor penentu yang cukup significan untuk meningkatkan rangking halaman situs dihasil pencarian, untuk mendaptkan backlink memang bukan perkara mudah, perlu waktu, tenaga dan tentunya strategi, banyak sekali cara yang bisa kita tempuh agar blog memiliki backlink salah satu cara yang boleh dibilang paling mudah diantara banyak cara  adalah melalui blogwalking yang benar.

Sebenarnya banyak manfaat yang kita peroleh dengan blog walking, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menjalin relasi atau silaturahmi antar sesama blogger sehingga bisa saling mengenal dan saling berkunjung.
2. Mendapatkan backlink
3. Meningkatkan trafik
4. Meningkatkan sitebranding

Jika cara blog walking yang kita tempuh tepat maka bukan hanya backlink saja yang akan kita peroleh namun melalui blogwalking kita dapat menjalin relasi dengan sesama bloger sehinga berpotensi meningkatkan trafik ke blog yang kita meliki baik dari sipemilik blog yang bersangkutan maupun blogger lain yang kebetulan tertarik dengan komentar bernilai anda sehingga trafik blog anda juga akan lebih baik.

Cara mendapatkan backlink melalui blogwalking


Lantas blog walking seperti apakah yang harus kita lakukan agar mendapatkan ke 3 manfaat diatas?

Perlu anda ketahui strategi blog walking untuk mendapatkan backlink, bukan hanya sekedar berkomentar saja pada blog yang anda kunjungi kemudian meletakan link didalam komentar maupun di nama komenterator, namun satu hal yang paling penting adalah anda harus memperhatikan kualitas artikel postingan yang anda kunjungi, juga yang tidak boleh dilupakan adalah anda harus memperhatikan kualitas komentar yang anda masukan.

Ketika anda memutuskan untuk melakukan blogwalking untuk mendapatkan backlink satu hal yang harus anda prioritaskan adalah relevansi artikel yang disajikan, sebaiknya anda mencari blog-blog yang memiliki topik yang sama dengan blog anda, untuk menemukan blog yang relevan dengan artikel blog anda, sehingga kualitas backlink dan juga potensi anda terjaring spam bisa diminimalisir.

Tips Cara Melakukan blog walking untuk mendapatkan baclink

Melalui artikel kali ini saya akan coba berikan tips bagaimana cara mendapatkan backlink melalui blog walking dengan cara komentar di blog (blog commenting) sehingga anda mendapatkan backlink dari blog tersebut.

Jika anda kebetulan belum memahami apa itu backlink, silahkan anda baca:
Apa itu backlink dan bagaimana cara membangunnya

1.  Cari Blog yang berkualitas baik untuk berkomentar

Langkah pertama adalah anda harus mampu menemukan blog yang relevan dengan blog anda, jika blog yang anda bahas memiliki topik tentang keuangan dan bisnis online maka anda juga harus menemukan blog dengan reputasi yang baik untuk anda komentarai sekaligus mendapatkan backlink dari blog tersebut.

Semakin relevan blog yang anda komentari semakin baik backlink yang akan anda dapatkan.
Beberapa karakteristik blog yang bagus untuk dikometari selain memiliki relevansi adalah sebagai berikut:

a. Bisa dikomentari
Iya dong,....Yang utama adalah blog tersebut harus bisa dikomentari.

b. Memberlakukan Moderasi Komentar,
Blog yang memberlakukan moderasi komentar biasanya selektif dan selalu menghindari komentar spam, sehingga blog tersebuttidak berpotensi dianggap blog spam oleh google.

c. Di dominasi oleh komentar bermakna dan relevan
Anda bisa lihat apakah kmentar yang diterbitkan pada blog tersebut berkualitas, jika komentar relevan dan memiliki kualitas aka blog tersebut adalah blog yang baik untuk menanam backlink.

d. Memiliki pagerank yang baik
Salah satu pilihan adalah blog tersebut memiliki page rank yang baik, anda bisa gunakan plugin seoquake toolbar  atau mozbar plugin untuk mendapatkan informasi lebih mudah mengenai pagerank blog tersebut ketika anda mengunjungi blog yang bersangkutan.

Pagerank saat ini memang sudah mati dan tidak diupdate lagi oleh google, namun blog yang sudah memiliki pagerank sebelumya akan tetap memiliki pagerank.

e. Dofollow atau nofollow tidak masalah.
Anda bisa memprioritaskan blog yang memberlakukan link dofollow namun jika nofollow pun tidak masalah backlink dari blog dofollow maupun nofollow keduanya ikut andil mempengaruhi rangking halaman dihasil pencarian google.

f. Pemilik blog masih aktif
Yang berikutnya adalah pemilik blog masih aktif, bisa kita lihat dengan postingan secara berkala, dan komentar yang selalu direspon.

Bagaimana cara mudah menemukan blog yang tepat untuk dikomentari?
 
Untuk menemukan blog dengan kriteria tertentu jika dilakukan secara manual tentu akan memakan waktu yang lama, cara terbaik adalah menggunakan tool khusus, salah satu tool yang cukup populer adalah dropmylink, tool ini akan membantu anda menemukan blog-blog yang tepat dan sesuai dengan kriteria blog yang diingkan secara lebih mudah.

Silahkan anda kunjungi situs dropmylink.com
Kemudian lakukan registrasi dengan memasukan email anda
kemudian buat password.
Setelah masuk anda akan melihat tampilan kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

Untuk mendapatkan blog yang ingin anda komentari untuk meletakan backlink, silakan anda masukan  kata kunci di kotak "Enter yout keyword or Nice...", pilih kategori pilih juga footprint, kemudian tekan tombol "Search", drop mylink akan membantu anda menemukan blog yang cocok dengan kriteria pencarian yang anda inginkan untuk anda komentari.

2. Jadilah kometator pertama

Jadilah komentator pertama pada setiap artikel relevan yang anda kunjungi, meskipun tidak selalu harus, namun ini bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan peluang komentar bernilai yang anda tanam selalu terbaca oleh pemilik blog maupun pengunjung blog yang bersangkutan, semakin sering terbaca maka kemungkinan pembaca mengunjungi blog anda akan semakin baik, apalagi komentar anda berharga dan mengandung pesan yang membuat penasaran pembaca untuk mengunjungi blog anda.

Ada beberapa cara agar anda menjadi komentator pertama, yang pertama anda harus rajin mengunjungi blog-blog yang se niche dengan blog anda, atau anda bisa berlangganan pada blog yang relevan dengan blog anda melalui fasilitas email subcriber yang disediakan oleh blog tersebut, dengan menjadi subcriber blog tersebut maka setiap kali artikel baru diterbitkan maka informasinya bisa langsung sampai kepada anda melalui pemberitahuan email.

dari kedua cara diatas salah satu cara yang cukup efektif adalah menggunakan google alert, terlihat seperti gambar dibawah ini:

google alert index artikel

 Anda bisa memasukan beberapa kata kunci relevan dengan blog anda pada kotak isian "Create an alert about...."  anda bisa menekan enter untuk melihat blog-blog yang memiliki artikel dengan kata kunci tersebut, atau tekan tombol create Alert, untuk menyimpan kata kunci tersebut.

Anda juga bisa menyetel pilihan opsi disamping tombol create alert, silahkan anda coba otak-atik sendiri untuk memanfaatkan fasilitas pada google alert.

google alert akan membantu menemukan blog dengan kata kunci yang anda masukan, jika dikemudian hari bot google melakukan index terhadap artikel baru dan artikel tersebut memiliki kata kunci sesuai dengan yang anda seting di google alert, maka google alert akan memberikan informasi melalui email.

3. Letakan link di komentar yang anda buat

Langkah berikutnya, agar blog walking yang anda lakukan bisa membuahkan backlink maka anda harus meletakan komentar pada komentar yang anda buat.

Ada beberapa alternatif untuk meletakan link pada komentar, diantaranya :

-Bisa diletakan didalam komenter dan bisa diletakan di nama komentator, namun sayangnya backlink yang diletakan didalam komentar kadang tidak dikehendaki oleh si pemilik blog karena selalu dijadikan ajang spam oleh blogger yang kurang bertanggung jawab,

-Bisa meletakan link didalam nama komentator pada blog tersebut, untuk blogspot bisa memilih jenis komentar openId atau Name/URL, untuk wordpress anda bisa letakan link di input untuk website.

a. Berkomentar di Blog berflatform Blogspot

Untuk meletakan link di komentar blogspot anda bisa menggunakan jenis komentar, Name/URL dan juga OpenID, kedua tipe komentar tesebut bisa anda gunakan untuk meletakan link ke blog anda yang relevan dengan topik pada blog yang anda baca.

Mendapatkan backlink dari blogspot

Kok ketika berkomentar menggunakan open ID selalu error, jika terjadi error solusinya anda bisa baca:
Solusi Error komentar OpenID

Apakah tidak akan dianggap spam oleh google?

Bisa iya bisa juga tidak, blogger menyediakan fasilitas tersebut untuk digunakan bukan!, spam dan tidaknya tergantung dari si penggunanya, untuk meminimalisir terjadinya spam, jangan terlalu sering menggunakan teknik seperti ini,  cari artikel yang memang relevan dengan blog yang anda bahas, kemudian masukan komentar sangat relevan, informatif dan bernilai , silahkan masukan komentar usahakan lebih dari 2 baris dengan isi yang informatif, bisa berupa saran, tambahan, masukan, tanggapan, pernyataan atau pertanyaan itu akan lebih baik.

Hindari berkomentar basa basi yang tidak ada nilainya sama sekali, karena komentar seperti itu bisa dianggap spam, baik oleh pemilik blog maupun oleh google.

b. Berkomentar di Blog Berflatform Wordpress.

Cara paling mudah membangun backlink melalui blogwalking adalah berkomentar di blog berflatform wordpress.

Secara default atau bawaan komentar wordpress selalu menyertakan isi komentar, nama, email dan alamat situs, anda bisa mamanfaatkan fasilitas tersebut untuk sekaligus melatakan link ke blog anda melalui input alamat situs pada fasiltias komentar wordpress.

cara mendapatkan backlink dari wordpress


Wah sulit dong jika harus selalu menginput nama, email dan alamat situs setiap kali berkomentar?

Betul sekali tentu akan memakan waktu, namun jika ingin lebih efektif anda bisa gunakan plugin browser untuk membantu mempermudah ketika berkomentar di blog berflatform wordpress anda bisa menggunakan plguin easycomment.

Silahkan instalkan di browser anda, kemudian lakukan konfigurasi, dengan memasukan nama, email dan situs anda, setiap kali anda ingin berkomentar di blog wordpress anda bisa aktifkan easycomment maka secara otomatis, nama, email dan website tidak perlu lagi anda isi.

Dengan cara diatas, jika anda berhasil maka pada umumnya anda akan mendapatkan backlink dari situs yang bersangkutan dan juga dari wordpress.com, backlink yang akan anda dapatkan biasanya nofollow , karena kebanyakan blog biasanya memberlakukan link nofollow, ada juga dofollow namun tidak banyak, tetapi jangan khawatir meskipun backlink yang anda dapatkan nofollow, tetap masih bisa mempengaruhi peringkat halaman situs dihasil pencarian google.

4. Masukan komentar yang bernilai dan relevan

Tips berikutnya adalah, jangan sekali-kali anda asal-asalan berkomentar misal komentar basa basi  yang tidak bernilai seperti " Nice info gan...kunjungi balik" atau seperti "Wah sangat informatif sekali gan...berkunjung juga ya"  atau komentar-komentar sejenis lainnya, apalagi ditambah dengan link yang anda sertakan, baik itu di nama komentar maupun di dalam komentar menuju situs yang tidak relevan dengan artikel yang dibahas.

Komentar seperti itu akan berpotensi dianggap sebagai komentar spam baik oleh sipemilik blog maupun oleh google dan kemungkinan besar tidak akan dipublish atau diterbitkan sehingga tujuan anda mendapatkan backlink akan sia-sia.


Silahkan buat komentar relevan yang benar-benar bernilai dan informatif, baik untuk si pembaca blog maupun si pemilik blog, silahkan buat komentar lebih dari 2 baris, bisa berupa masukan, tambahan, tanggapan, kritik saran, pernyataan atau pertanyaan, buat serelevan mungkin dan jika anda menyertakan link didalamnya buat link yang menuju artikel yang memiliki topik yang relevan.

Apakah Dengan Meletakan Link Mati Pada Komentar akan dianggap backlink?

Banyak cara yang ditempuh para blogger ketika berkomentar melalui blogwalking, salah satunya ada yang menggunakan link mati yang dimasukan didalam komentar (hanya sebuah text url dan tidak bisa diklik),  mungkin ada yang beranggapan bahwa itu adalah cara mereka membangun baclink, timbul pertanyaan apakah link mati yang kita letakan dikomentar akan menjadi backlink?

Menurut saya tidak, karena backlink harus bersumber dari sebuah link, jika bukan sebuah link maka tidak akan dianggap backlink oleh google.

Link mati yang diletakan didalam komentar mungkin tidak akan menjadi sebuah backlink, namun masih tetap memiliki manfaat bisa menjadi sumber trafik dari blog dimana komentar tersebut diletakan.

Saya khawatir dianggap Spam Jika menggunakan Cara ini?

Satu-satunya backlink legal yang dianggap natural dan berkualitas menurut google adalah backlink yang diletakan didalam artikel relevan oleh sipemilik blog tertentu dan tidak anda minta sama sekali, pemilik blog tertentu meletakan backlink ke artikel anda karena mereka menganggap artikel yang anda sajikan bermanfaat, backlink seperti itu merupakan backlink natural yang benar-benar berkualitas, namun tentu cara mendapatkan backlink seperti itu sangat sulit dan perlu waktu yang lama.

Cara tercepat adalah membangunnya secara manual.

Semua cara membangun backlink secara manual memiliki potensi spam jika dilakukan dengan salah dan tidak hati-hati, oleh karena itu apapun cara membangun backlink yang anda buat sebaiknya memeperhatikan hal-hal dibawah ini:

a.  Jangan terlalu Sering

Misal dalam 1 hari anda membangun 1.000 backlink ke blog anda, jika cara membangun backlink anda seperti itu sebaiknya dihindari karena bisa memicu webspam google.

Saya sendiri membangun backlink seperti ini kadang 10 backlink x dalam 1 bulan dan hasilnya lumayan.

b. Gunakan Anchor text yang bermacam-macam.

Untuk membangun backlink melalui komentar blog anda bisa gunakan name url atau name email website untuk wordpress, nama akan menjadi anchor text sebagai komentator jika diklik maka akan menuju situs anda, sebaiknya anda menggunakan nama yang berbeda setiap kali meletakan link ke artikel anda.

c. Variasikan Jenis Link Dofollow juga Nofollow.

Ada 2 jenis backlink, dofollow dan nofollow, sebaiknya anda jangan hanya memburu backlink dofllow saja, coba variasikan dofollow dan nofollow mendapatkan porsi yang sama, ini untuk meningkatkan ke naturalan backlink yang anda bangun.

d. Cari Blog Relevan

Ini yang harus selalu anda ingat, untuk membangun backlink melalui blog walking dengan blog commenting, selalu cari blog-blog yang relevan dengan blog anda.

e. Berikan komentar bernilai dan relevan

Ingat untuk selalu memberikan komentar bernilai dan relevan, komentar seperti ini akan mudah sekali dipublish oleh siempunya blog, sehingga peluang anda mendapatkan backlink melalui blogcomenting akan semakin baik

Bolehkah saya menggunakan Tool Backlink Otomatis 

Ada satu cara untuk memudahkan anda membangun backlink secara otomatis, yaitu dengan menggunakan tool tertentu.

Apakah boleh menggunakan tool semacam itu untuk membangun bacnklink?.

Untuk saya pribadi benar-benar tidak disarankan, karena tool seperti itu mampu membangun backlink dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang cepat, apalagi tidak memperhatikan relativias blog atau artikel dimana backlink tersebut diletakan, sehingga akan berbahaya dan sangat berpotensi dianggap spam.

Apapun cara membangun backlink secara otomatis lebih baik dihindari.

Penutup

Memang banyak cara yang bisa kita tempuh untuk membangun backlink, salah satu cara yang biasa saya tempuh dan mungkin ini akan berguna sekali untuk blogger pemula karena caranya cukup mudah adalah melalui blogwalking dengan komentar di blog baik blog berflatform blogspot, wordpress atau blog-blog lainnya yang memiliki comment luv.

Demikian 4 Tips Mendapatkan Backlink dengan Blog Walking, semoga bermanfaat.

21 komentar:

  1. saya kurang ngerti dofolow and nofolow..., itu maksudnya gimna bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agan bisa baca:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2014/09/apa-perbedaan-backlink-dofollow-dan.html

      Delete
  2. Mantap kang didin ini artikel yang lagi saya cari lagi giat giatnya cari backling nih makasih udah ngasih tips nya :)

    ReplyDelete
  3. sebenarnya apa pengaruhnya jika memakai Url atau OpenID? apakah lebih maksimal untuk mendapatkan backlink?. soalnya saya hanya menggunakan Google akun untuk berkomentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menggunakan Name/URL dan open ID memungkinkan kita mendapatkan backlink dari nama komentator.

      Delete
  4. Sebenarnya saya sudah banyak membaca di struktur kode ini postingan mengenai backlink. Tapi yang saya belum mengerti adalah bagaimana cara memasang link ketika blogwalking? Apakah dengan langsung menulis kode-kode html begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jika ingin backlink dengan cara berkomentar, Tergantung dari editor komentarnya gan, ada komentar yang dilengkapi dengan tool link seperti halnya tampilan editor blogspot, ada yang polos hanya kotak untuk mengetik saja. jika hanya kotak untuk mengetik agan bisa gunakan kode html untuk membuat link, jika tampilan seperti editor ms word agan pilih kata yang ingin dijadikan link kemudian tekan tombol link biasanya bergambar rantai, kemudian masukan urlnya, itu cuma fasilitas mempermudah saja, pada akhirnya jika keduanya dilihat dalam mode kode html akan sama hasilnya adalah kode sebuah link.

      untuk komentar blogger, link bisa dipasang sebagai nama komentar dengan memilih Name/URL jika fasilitasnya diaktifkan, kalo di blog wordpress, biasanya kita diminta mengisi name, url, email, jika dipublish name tersebut otomatis akan menjadi sebuah link dengan url yang kita masukan,

      Delete
  5. Ini nih yang saya cari, maklum saya masih newbie dalam dunia SEO. Makanysa saya pengen sebelum dijamah oleh penyedia jasa SEO, saya pengen coba-coba dulu cara menaikkan serp pada website ecommerce saya berlamat www.tokoandalan.com

    Sebenarnya ujung2nya saya harus menggunakan jasa SEO untuk website saya, cuma setidaknya saya tau teori cara kerja mereka. :D

    Dan artikel dari anda cukup membantu saya dalam hal ini. Makasih atas share artikelnya

    ReplyDelete
  6. wah ini yg paling bagus buat pembelajaran, bagi orang yg awam keren banget...

    ReplyDelete
  7. Siang mas :). saya mau tanya, gimana yah mengetahui kalau kita dapat sebuah backlink dari komentar ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilihat di google webmaster tool, lihat saja apakah agan dapat backlink pada blog yang dikomentari, jika ada berarti baclink sudah terindex google.

      caranya bisa dibaca disini:
      http://strukturkode.blogspot.co.id/2015/09/cara-menetahui-jumlah-backlink-blog.html

      Delete
  8. Jadi kalau kita berkomentar pada blog yang pagerank nya tidak baik, berpengaruh buruk pada blog kita ya Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak juga mas, apalagi sekarang pagerank sudah tidak diupdate lagi oleh google, kemungkinan tidak lagi menjadi acuan google untuk menentukan reputasi website.

      yang jelas hindari berkomentar meletakan backlink di blog-blog yang mengandung banyak komentar spam, karena potensi blog tersebut bisa saja dianggap blog spam oleh google dan itu pengaruh backlinknya kurang baik di mata google.

      Delete
  9. Maaf mas saya masih kurang mengerti tentang backlink ini, sebenarnya cara kerjanya seperti apa? apakah dengan berkomentar orang-orang akan membuka blog kita atau sepert apa? mohon bimbingannya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berkomentar orang mungkin akan mengunjungi blog kita, backlink itu hanya untuk mesin pencari mengidentifikasi blog kita bahwa ada link blog kita yang letaknya di blog orang lain, itu menandakan bahwa ada yang mereferensi atau merekomendasikan blog kita, walaupun kita sendiri yang meletakannya, seolah-olah akan dianggap seperti itu.

      jika google mendeteksi ada link yang menuju blog kita di blog orang lain itu dikenal sebagai backlink yang dapat mensupport blog kita agar muncul di hasil pencarian google di posisi yang lebih baik.

      hanya backlink yang sudah di claim google yang dapat mempengaruhi peringkat seo blog kita, informasi diclaim tidaknya backlink bisa dilihat di google webmaster tool, di menu link to your site

      Delete
  10. Terima kasih mas,bagus artikelnya sangat membantu sekali buat saya dalam meningkatkan serp di google.

    ReplyDelete
  11. Kalo sudah berkomentar di sebuah artikel, maka cara untuk melihat hasilnya apakah menjadi backlink atau tidak bagaimana om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dilihat di google webmaster tool mas, di menu Lalu lintas penelusuran > tautan ke situs anda

      Delete
  12. Apakah komentar mdi blog nofollow tidak dihitung sebagai backlink?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nofolow tetap dihitung sebagai backlink gan dan keberadaanya mengimbangi dofollow agar terlihat natural.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!