Saya sengaja banyak sekali menyajikan artikel tentang segala hal yang boleh dibilang sepele dan sangat mudah untuk dilakukan, contohnya seperti artike ini yang akan membahas tentang Cara mudah Keluar dari Email Yahoo dan gmail, tujuannya sederhana saya ingin memberikan petunjuk untuk referensi yang bisa anda gunakan untuk menyelesaikan masalah anda, terutama untuk anda yang kebetulan benar-benar masih pemula menggunakan internet dan email.

Artikel ini saya yakin akan kurang bermanfaat bagi anda yang sudah mahir menggunakan layanan email, namun saya yakin artikel seperti ini akan sangat bermanfaat dan berguna untuk anda yang kebetulan baru mengenal tentang email dan baru menggunakan layanan email, baik itu email google (gmail), email yahoo (ymail) atau email lainnya. alasanya sederhana karena ternyata mereka sering lupa langkah ini dan terkadang mereka juga bingung ketika ingin keluar dari akun email mereka setelah mereka selesai menggunakan email.

Cara Mudah Keluar (Signout) dari Email Yahoo dan Gmail
Yahoomail and Gmail Signout

Alasan Kenapa Harus Keluar dari Akun Email yang seselai anda gunakan.

Keluar dari email sebanarnya hal spele dan mungkin saja oleh sebagian orang akan diabaikan, padahal keluar dari email adalah hal yang sangat penting sekali yang harus anda lakukan setiap kali anda selesai menggunakan email, apalagi komputer yang anda gunakan untuk mengakses email adalah komputer milik orang lain, alasannya adalah untuk keamanan akun email anda.

Jika anda kebetulan masuk ke akun email anda baik itu gmail maupun yahoo, kemudian anda menggunakan komputer publik seperti komputer di warnet atau komputer teman anda, maka jika anda tidak logout atau keluar maka ketika ada orang lain yang menggunakan komputer yang sama setelah anda gunakan untuk masuk ke akun email anda dan kebetulan orang tersebut juga sama ingin masuk ke akun email yang kebetulan sama dengan layanan email yang anda gunakan, maka email anda akan terbuka, dan mereka mendapati email anda dalam keadaan terbuka belum logout, sehingga bisa saja mereka yang tidak bertanggung jawab atau orang iseng tentu akan melakukan hal-hal yang tidak diinginkan terhadap email anda, misalnya mengganti nama email anda atau mengganti password.

Ketika anda ingin masuk kembali ke akun email anda di waktu yang lain di komputer manapun anda tidak akan bisa masuk ke email anda karena passwordnya sudah diubah oleh orang lain disebabkan anda tidak logout ketika selesai menggunakan meail.

Cara Keluar dari Email Yahoo dan Gmail

Disini saya akan jelaskan kepada anda bagaimana cara keluar dari email yahoo dan juga email google (gmail), sehingga data login anda akan terhapus dari komputer yang anda gunakan dan email anda akan tetap aman sampai kapanpun.

1. Cara Keluar  (Signout) dari Email Yahoo (YMail) 

Jika anda kebetulan adalah pengguna email yahoo dan anda selesai menggunakan email yahoo anda, untuk kepentingan keamanan email anda jangan lupa untuk selalu keluar setelah anda selesai menggunakan email, langkah-langkah untuk keluar dari akun email yahoo adalah sebagai berikut:

a. Di halaman utama akun email yahoo anda, lihat ke pojok kanan atas, silahkan anda klik icon foto yang disampingnya ada nama anda, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Cara keluar atau signout dari akun email yahoo

Yahoo signout

b. Silahkan anda pilih menu "Sign Out" untuk keluar dari akun yaoo anda.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil keluar dari akun email yahoo anda dan akun email yahoo anda akan tetap aman.

Baca Juga: Cara mudah membuat Email Yahoo

2. Cara Keluar (Logout) dari Email Google (Gmail)

Jika anda kebetulan adalah pengguna email gmail, maka setiap kali anda selesai menggunakan akun email gmail anda, jangan lupa untuk signout atau keluar, agar akun email anda tetap terjaga keamanannya.

Cara Keluar dari email gmail adalah sebagai berikut:
a. Di halaman utama akun email gmail anda, silahkan lihat ke pojok kanan atas, kemudian silahkan klik pada foto anda, terlihat seperti gambar di bawah ini:

Cara keluar atau sign out dari email gmail
Signout email gmail

b. Kemudian silahkan anda klik tombol "Keluar" seperti terlihat pada gambar diatas.

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil keluar dari akun email yahoo anda dan akun email yahoo anda akan tetap aman.

Baca juga: Cara mudah membuat email gmail


Tips Aman Mengakses Email di Komputer Orang lain 

Sebenarnya tips ini bisa anda gunakan bukan hanya untuk email, tips ini berguna sekali untuk anda yang kebetulan sering mengakses email anda menggunakan komputer orang lain, ada salah satu cara yang bisa anda gunakan agar setiap aktivitas online anda aman, meskipun anda tidak logout dari akun internet anda, baik itu email, facebook, twitter, dan akun internet anda lainnya.

Gunakan Mode Jendela pribadi (Incognito Window) setiap kali anda beraktivitas online menggunakan komputer umum.

Mode jendela pribadi atau incognito window hampir tersedia de berbagai browser (mozila firefox, google chrome dll), dengan menggunakan mode jendela pribadi maka aktivitas online anda akan lebih aman, mana kala terjadi mati lampu padahal anda belum logout, lupa keluar dari akun email atau akun media sosial anda. setiap kali browser keluar maka data login anda akan ikut terhapus. sehingga lebih aman.

Cara menggunakan incognito window adalah sebagai berikut: 

a. Pengguna Mozila firefox.
Jika browser yang anda gunakan adalah mozila, untuk menggunakan jendela pribadi (incognito window) adalah sebagai berikut:

Tekan tombol CTRL+Shift+P pada keybord anda. maka akan keluar jendela pribadi yang bisa anda gunakan untuk berselancar secara aman.

atau

Tekan tombol ALT untuk memunculkan menu, kemudian pada menu File, pilih submenu Jendela Mode Pribadi Baru.


b. Pengguna Google Chrome
Jika browser yang anda gunakan adalah google chrome, untuk mengaktifkan jendela mode pribadi (incognito window) adalah sebagai berikut:

Tekan Tombol CTRL+Shift+N untuk menampilkan mode pribadi baru. silahkan anda gunakan jendela tersebut untuk berselancar aman.



Demikian Artikel sederhana tentang Cara Mudah Keluar dari Email Yahoo dan Gmail, semoga dapat membantu anda.