Tujuan blogging sangat beragam dari mulai hanya sekedar iseng, untuk mendokumentasikan sesuatu, sampai untuk mendapatkan penghasilan dari internet, latar belakang si pemilik blogpun juga bisa bermacam-macam, mulai dari orang yang sudah cukup ahli dengan teknik blogging, bahkan tidak sedikit juga yang benar-benar masih pemula dan baru mengenal dunia blogging, sehingga banyak dari mereka yang sering melakukan kesalahan ketika mereka melakukan teknik blogging.

Kesuksesan sebuah blog dapat kita lihat dari jumlah visitor blog tersebut sehingga semakin banyak jumlah visitor maka blogpun akan semakin pupuler dan blog kesempatan blog untuk bisa di konversi menjadi uang akan semakin baik.

Ada banyak cara untuk mempopulerkan blog yang bisa anda coba, baik itu promosi secara berbayar, maupun menggunakan teknik seo atau teknik MSO (Media social optimization),

Jika anda ingin menjadi blogger yang sukses maka apa yang harus anda miliki adalah kemampuan teknik blogging, kemampuan untuk menulis artikel original, dan juga kemampuan optimasi untuk mempopulerkan blog, untuk mempelajari kemampuan blogging memang bukanlah hal yang mudah perlu usaha kerja keras tekun terus belajar dan mencoba, semakin banyak referensi yang anda baca dan semakin sering anda coba maka andapun akan terbiasa dengan teknik-teknik blogging yang baik untuk mengembangkan blog anda.

3 kesalahan ini sering dilakukan oleh blogger pemula

Untuk blogger berpengalaman teknik blogging bukan merupakan suatu yang asing, karena banyaknya pengalaman yang mereka miliki, mereka tau persis hal-hal apa saja yang bias merugikan blog dan hal-hal  apa saja yang bisa membantu mempolerkan blog, namun beda halnya untuk blog pemola, mereka kadang tidak mengetahui apa yang bisa merugikan blog dan apa saja yang bisa menguntunkan blog, sehingga tidak ayal banyak dari aktivitas blog yang mereka lakukan justru merugian blog yang mereka kembangkan tanpa mereka sadari.

Melalui artikel kali ini saya ingin berbagi mengenai  kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula sehingga berdampak pada sulit berkembangnya blog yang mereka miliki.

3 Kesalahan ini sering dilakukan oleh blogger pemula

Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula ketika mereka memiliki keinginan untuk menjadi seorang blogger

1.    Menerbitkan artikel  hasil copy-paste 

dampak artikel copy paste untuk blog

Melakukan copas memang bukan hanya dilakukan oleh blogger pemula blogger yang sudah berpengalamanpun kadang melakukannya karena mungkin rasa malas atau hanya untuk sekedar eksperiment, namun melakukan copy paste artikel orang lain juga sering dilakukan oleh blogger pemula.

Blogger pemula melakukan copas bisa jadi karena ketidak tauan mereka, serta kurangnya informasi yang mereka dapatkan tentang kerugian copy-paste, sehingga membuat mereka merasa baik-baik saja ketika mereka melakukan copas untuk diterbitkan di blog mereka, di awal bisa jadi tidak akan terjadi apa-apa, namun ketika blog hasil copas anda semakin populer, dampaknya akan terasa  akan banyak orang yang merasa anda rugikan yang melaporkan setiap artikel blog anda yang dianggap hasil copas, semakin banyak laporan yang diterima google tentu potensi blog anda akan mendapatkan penaly atau hukuman dari google akan semakin besar.


Baca juga: Efek blog Copy-paste yang dilaporkan ke google DMCA

Artikel copas layaknya seperti bom waktu,semakin banyak artikel yang anda copas maka potensi artikel tersebut dilaporkan oleh sipemilik asli artikel akan semakin besar, sehingga artikel anda bisa saja deindek oleh goole bahkan bisa dihapus. Semakin sering google mendapatkan laporan dari aktivitas blogging anda maka kemungkinan besar blog bisa dihapus google.

Ada banyak blog hasil copas yang mampu tumbuh menjadi blog popular namun pada akhirnya blog tersebut dihapus oleh google, jikapun tidak, setiap artikel pada blog tersebut akan sulit ditemukan di hasil pencarian.

2.    Mengganti Nama Domain blog yang sudah cukup popular

"Hati-hati ketika anda memutuskan untuk mengganti nama domain blog lama anda yang sudah cukup umur dan sudah memiliki banyak pengunjung setia, karena ini bisa merugikan blog anda sendiri dan blog anda akan kembali dianggap sebagai blog baru di mata mesin pencari."
efek merubah nama domain untuk blog

Saya banyak sekali mendapatkan keluhan dari beberapa blogger tentang trafik blognya turun setelah nama blognya diganti dengan nama yang baru (misal dari bisnisku.blogspot.com menjadi mybusiness.blogspot.com), tanpa memperhitungkan dampaknya penggantian nama terkadang sering dilakukan oleh blogger baru yang mungkin belum terlalu banyak memiliki pengalaman, karena dianggap nama domain blog sebelumnya  kurang cocok sehingga mereka memutuskan untuk mengganti nama domain blog lama yang mereka miliki dengan nama blog baru yang dianggapnya lebih cocok.

Jika blog anda masih terbilang blog cukup baru yang belum terlalu mendapatkan banyak trafik serta belum popler, mengganti nama blog tentu bukanlah masalah, karena tidak akan berpengaruh terhadap perkembangan blog anda. Namun lain halnya jika blog anda adalah blog yang sudah cukup umur, popular serta sudah dibanjiri oleh pengunjung, penggantian nama sama saja mematikan popularitas blog anda.

Jika blog anda di ganti menjadi nama blog baru, maka itu artina blog anda sama halnya dengan blog yang baru dibuat, meskipun jumlah artikel pada blog tersebut sudah cukup banyak. Dampaknya tentu saja anda harus melakukan optimasi dari nol lagi. visitor, dan atribut berharga blog lainnya seperti (alexarank, pagerank, dll) akan kembali ke awal. Oleh karena itu piker-pikir lagi jika anda ingin mengganti nama blog, jika blog anda masih seumur jagung maka sah-sah saja anda untuk mengganti nama blog anda, namun jika blog anda sudah memiliki popularitas yang sangat baik dan blog anda sudah memiliki banyak pengunjung setiaa, jangan sekali-kali untuk mengganti nama blog anda dengan nama yang baru, karena dampaknya anda akan kehilangan trafik.

3. Memasang widget secara berlebihan

dampak memasang banyak widget untuk blog

Memasang widget memang bukan sesuatu yang dilarang namun anda harus tau semakin banyak widget yang terpasang pada template blog anda itu artinya blog anda akan semakin berat ketika diakses, semakin berat maka optimasi seo onpage blog anda akan semakin buruk baik di mata pengunjung maupun di mata mesin pencari, artinya lambat laun blog anda akan tenggelam di hasil pencarian sehingga bisa saja mempengaruhi trafik blog anda yang akan semakin menurun.

Analisa yang dilaporkan oleh kissmetrics tentang loading time: bahwa "40% pengunjung website akan mengabaikan blog jika loading blog melebihi 3 detik", artinya sebagian pengunjung yang mengakses blog anda akan langsung keluar meninggalkan blog anda karena loadingnya dianggap terlalu lama.

Jika blog yang anda buat untuk konsumsi public dan anda menginginkan blog tersebut lebih mudah ditemukan di hasil pencarian, jangan sekali-kali memasang widget seraca berlebihan yang akan memberatkan loading blog anda, pasanglah widget sewajarnya yang memang benar-benar dibutuhkan untuk blog anda.

Banyak sekali saya temukan blog-blog yang memasang widget secara berlebihan padahal widget tersebut tidak terlalu dibutuhkan, bahkan ada blogger yang memasang file sound pada blognya sehingga ketika blog tersebut diakses maka langsung terdengar music dari file sound yang dipasang pada blog tersebut.

Jika blog anda hanya diperuntukan untuk konsumsi pribadi hal-hal diatas bisa anda libatkan, namun jika blog anda diperuntukan untuk konsumsi public lebih baik pikirkan kembali untuk memnuhi blog anda dengan widget yang kurang bermanfaat, utamakan kenyamanan pengunjung, akses yang cepat sehingga pengunjung tidak harus menunggu terlalu lama ketika mengkases blog anda. desain memang penting namun yang terpenting adalah kecepatan loading halaman blog dan kenyamanan pengunjung.


Kesimpulan

Sebagai blogger pemula sebuah kesalahan mungkin saja sering dilakukan karena minimnya pengetahuan dan kurangnya pengalaman, namun seiring waktu semakin terus belajar dan juga semakin terus mencoba anda akan semakin pengalaman sehingga tau apa yang harus anda lakukan dan apa yang tidak boleh anda lakukan, sehingga blog anda mampu menjadi salah satu blog populer yang dapat mendatangkan banyak pengunjung.


Jika blog anda sudah sangat populer dan memiliki banyak pengunjung apapun bisa anda lakukan untuk mengkonversi pengunjung blog anda menjadi uang, so..... keep blogging, terus belajar dan jangan pernah putus asa..."






Demikian artikel sederhana tentang 3 Kesalahan ini sering dilakukan oleh blogger pemula, semoga bermanfaat.