Melalui artikel kali ini saya akan coba uraikan bagaimana cara daftar atau membuat akun BBM (Blackberry Messenger) ID terbaru secara lengkap. sehingga anda bisa menjalankan dan  menggunakan BBM (blackberry messengger) pada hp android anda.

BBM atau Blackberry messenger adalah sebuah aplikasi mobile yang khusus digunakan untuk saling kirim mengirim pesan dalam bentuk gambar dan juga text dengan lebih mudah melalui jaringan internet. awalnya aplikasi ini khusus hanya untuk Smartphone atau HP Blackberry saja, namun seiring perkembangannya kini Aplikasi BBM sudah bisa dijalankan diberbagai sistem operasi mobile baik BB, Android, dan juga Apple.
cara daftar membuat blackberry messenger id baru

Aplikasi BBM mulai dikenal sejak penggunaan smartphone Blackberry mulai populer, aplikasi ini banyak diminati karena gratis, simple, mudah digunakan dan aman. dan untuk saat ini meskipun popularitas smartphone blackberry sudah mulai redup ternyata tidak membuat aplikasi BBM (blackberry messenger) ikut redup, popularitas aplikasi BBM ternyata mampu bertahan dan tetap menjadi primadona di mata penggermarnya.

Syarat Daftar atau Membuat Akun BBM Baru

Adapun Syarat yang harus anda siapkan sebelum melakukan registrasi untuk membuat akun BBM (Blackberry ID) agar bisa digunakan di perangkat android anda adalah sebagai berikut:

c. Terhubung ke jaringan internet
Sebelum mendaftar BBM, perangkat android anda harus online atau terhubung ke jaringan internet, baik menggunakan Quota dari kartu yang biasa anda gunakan baik telkomsel atau indosat, contoh XL, Simpati, AS, IM3, AXIS, 3 atau kartu lainnya yang penting mendukung layanan internet. atau anda juga bisa menggunakan wireless agar perangkat android anda terhubung ke internet.
Cara daftar bbm, menggunakan karut 3, xl, as, im3, simpati, idosat, telkomsel mapun kartu lainnya sebenarnya sama saja, kartu hanya digunakan sebagai media agar perangkat android anda bisa terhubung ke internet.

a. Memiliki Email
Syarat kedua sebelum anda membuat akun BBM adalah anda harus memiliki email, email untuk bbm yang bisa anda gunakan bisa apa saja, baik gmail, yahoo mail atau email lainnya. jika belum punya silahkan anda buat email terlebih dahulu, sebagai panduan untuk membuat email bbm, anda bisa baca artikel berikut:
Cara membuat email gmail terbaru
Cara membuat yahoo mail terbaru

b. Terinstal aplikasi bbm di hp android anda
syarat berikutnya adalah anda harus menginstal aplikasi bbm di perangkat andaroid anda, aplikasi bbm adalah aplikasi gratis yang bisa anda download menggunakan google play store (untuk pengguna android) atau bisa langsung di download di situs resmi blackbery.

Langkah-Langkah Cara Daftar Membuat Akun BBM ID Terbaru

Berikut langkah-langkah cara membuat akun bbm baru di perangkat andaroid anda:

Lagkah #1 - Download dan instal Aplikasi BBM 

Langkah perama silahkan anda download aplikasi blackberry terbaru dan instal pada perangkat andaroid anda, cara download bbm sebenarnya sangat mudah anda bisa gunakan google play store pada perangkat android anda, silahkan aktifkan aplikasi google play store pada perangkat android anda, kemudian cari dengan kata kunci BBM, jika sudah ditemukan, silahkan anda mulai instal dengan menekan  tombol instal yang tersedia, dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

cara daftar membuat akun bbm baru

Langkah #2 -  Buat Blackberry ID 

Setelah aplikasi blackberry terinstal pada perangkat android anda, langkah berikutnya adalah membuat blackberry id baru, untuk membuat blackberry id, sebenarnya sangat mudah, caranya silahkan anda aktifkan aplikasi BBM yang sudah terinstal pada perangkat android anda.
Untuk membuat akun BBM Baru silahkan anda masukan data Nama BBM, email, dan juga password pada kotak yang disediakan

buat blackberry id baru
#Data yang harus diisi:
Nama, silahkan isi dengan nama anda, nama akan digunakan sebagai nama di akun bbm anda
Email: isi dengan email yang anda miliki (email akan menjadi ID BBM Anda)
Password: isi dengan password sesuai dengan yang anda inginkan
 
Ingat Email dan juga password jangan sampai lupa, email dan password biasanya akan selalu digunakan ketika anda ganti hp dan anda ingin mengaktifkan kembali akun bbm yang sudah anda miliki sebelumnya pada hp android baru anda.

Setelah data yang diminta diisi silahkan anda klik tombol Create Account, kemudian silahkan anda ikuti langkah-langkahnya.

#Catatatn:
Jika anda sebelumnya sudah memiliki ID BBM and bisa mengaktifkan kembali akun bbm id yang anda miliki sebelumnya, caranya silahkan klik "sign in" yang terletak disudut kanan bawah, kemudian nanti anda akan diminta untuk memasukan email dan password, silahkan anda masukan email dan password bbm yang sudah anda miliki sebelumnya.

Langkah #3 - Menambahkan Gambar Untuk Photo Profil BBM Anda

Langkah berikutnya anda akan diminta untuk mengambil gambar untuk photo profil BBM anda, anda bisa ambil photo menggunakan kamera atau anda bisa memilih photo yang sudah ada di hp android anda.

cara membuat blackberry id

Untuk mengambil photo langsung dari camera, silahkan anda klik tombol "Take a photo", sedangkan untuk memilih foto dari hp android anda, silahkan anda tekan tombol "Add From Gallery".

Langkah #4 -  Menambah (Invite) Teman BBM Anda

Sampai langkah 3 diatas sebenarnya anda sudah berhasil membuat id bbm baru dan bbm sudah dapat anda gunakan, namun karena bbm anda masih baru anda belum memiliki teman untuk diajak berkomunikasi, oleh karena itu  langkah berikutnya adalah anda harus menambah teman bbm anda atau mengundang (invite) teman bbm anda.

Cara daftar akun bbm

Untuk mencari teman silahkan anda pilih tombol dengan gambar orang dibagian atas, kemudian klik pada tombol Add Contact atau pada tombol berbentuk lingkaran yang terletak di sudut kanan bawah, terlihat seperti gambar diatas, maka akan muncul tampilan untuk menambah kontak bbm anda, terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara-membuat-akun-bbm-baru

#4 Macam cara Invite (mengundang) teman chat bbm
BBM menawarkan 4 kategori untuk menambah teman chating bbm anda, yaitu:

a. Add By Barcode Scan
Cara menambah kontak BBM yang pertama adalah dengan Scan Barcode PIN cara ini dapat anda pilih jika anda kebetulan sedang bersama dengan teman anda, silahkan anda pilih tombol "Add by Barcode Scan" kemudian silahkan minta pada teman anda agar menampilkan PIN BBM miliknya untuk discan, mereka akan menunjukan PIN Blackberry mereka dalam bentuk Barcode yang siap anda scan, jika scan berhasil maka permintaan invite akan dikirim sebagai pesan permintaan pertemanan dalam bentuk pesan BBM yang diterima teman anda, anda baru akan saling menjadi teman ketika teman anda melakukan confirm undangan BBM anda.

b. Add By PIN
Cara kedua yang bisa anda pilih untuk menambah teman BBM anda adalah, dengan "Add By PIN" untuk memilih cara ini syaratnya anda harus tau PIN BBM Teman anda, jika kebetulan anda sudah punya daftar PIN Blackberry messenger teman anda anda bisa gunakan cara ini kemudian masukan PIN BBM teman anda dan send, lihat gambar dibawah ini:


cara membuat id blackberry

Undangan akan diterima sebagai pesan BBM oleh teman anda, dan anda baru akan menjadi teman jika teman anda mengconfirm permintaan undangan bbm anda.

c. Add By Email
Cara ke tiga untuk mengundang teman BBM anda adalah dengan email, ketika anda memilih cara ini anda akan memilih jenis email yang digunakan, dan anda akan melihat daftar email teman anda yang terkait dengan ID MMB mereka yang siap anda tambahkan, pesan permintaan pertemanan akan mereka terima melalui Email.

d.Add By SMS
Cara berikutnya adalah mengundang teman BBM anda melalui SMS, cara ini bisa anda pilih jika kebetulan anda tidak tau PIN BBM teman anda, jika anda memilih cara ini anda akan diminta untuk memasukan no hp tujuan, dan juga isi pesan, isi pesan biasanya secara otomatis sudah dibuat dan biasanya menyertakan pin BBM anda namun anda bisa mengeditnya. pesan akan dikirim ke teman anda melalui pesan SMS.

Silahkan anda undang teman-teman anda untuk menambah kontak BBM anda menggunakan ke 4 cara diatas, setelah anda memiliki teman maka anda baru bisa saling kirim pesan dengan mereka.

Sampai tahap diatas sebenarnya anda sudah berhasil membuat akun bbm baru di perangkat android anda dan anda bisa saling kirim pesan dengan teman anda.


Cara Mengetahui PIN BBM Sendiri

Untuk menambah teman BBM pada umumnya yang sering digunakan adalah PIN, PIN sifatnya unik, artinya tidak akan ada yang sama antara pengguna BBM yang satu dengan yang lainnya, oleh karena itu Anda setidaknya harus mengetahui PIN BBM Anda, ini akan diperlukan jika sewaktu-waktu ada teman anda yang meminta PIN bbm maka anda bisa memberikan PIN BBM anda keteman anda untuk menjalin teman dengan anda.

Untuk mengetahui PIN Blackberry messenger anda langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
a. Klik Menu contact BBM, di sudut kiri atas,

b. Kemudian klik Gambar foto anda. maka anda akan melihat PIN bbm anda yang bisa anda hapal untuk anda berikan keteman anda jike mereka minta, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

cara-mengetahui PIN BBM sendiri



Setelah anda berhasil menginstal dan sekaligus membuat akun blackberry messenger (BBM ID) baru pada perangkat android anda, aplikasi BBM secara umum akan otomatis dalam keadaan selalu aktif, dapat anda lihat icon BBM di sudut kiri atas layar HP Anda, setiap kali ada pesan baru dari teman anda, maka BBM akan memberikan pemberitahuan biasanya dalam bentuk suara.

Demikian artikel tentang Cara Daftar Membuat Akun BBM ID Terbaru - Lengkap, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.