Sebelum kita bahas Bagaimana cara memasang widget email subcriber dengan feed burner pada blog, saya akan jelaskan sedikit Apa itu email subcriber?, email subcriber atau jika diterjemahkan berlangganan melalui email adalah fasilitas khusus berupa widget yang bisa dipasang di blog, baik blog berflatform blogspot, wordpress maupun blog lainnya yang bisa digunakan untuk memudahkan pengunjung atau visitor blog anda berlangganan artikel blog anda melalui email.

Cara kerja email subcriber sangat sederhana, pengunjung yang tertarik dengan blog anda bisa berlangganan dengan cara memasukan email mereka pada fasilitas email subcriber yang anda pasang di blog anda, email tersebut akan disimpan dan dikelola oleh email subcriber enggine sebagai email list (daftar email) yang bisa digunakan oleh pemilik blog dalam jangka panjang sebagai media untuk mempromosikan konten artikel blog anda baik secara otomatis maupun secara manual, tujuannya tentu saja untuk menarik pengunjung atau visitor blog.

Cara Membuat Widget Email Subcriber Feedburner pada Blog

Email subcriber memang banyak digunakan oleh para pakar seo dan juga internet marketer profesional sebagai salah satu strategi konten marketing (pemasaran atau mempromosikan konten) melalui email list, bahkan email subcriber hampir semuanya dilengkapi dengan fasilitas yang dapat membantu mempermudah mendistribusikan artikel blog yang anda terbitkan secara otomatis pada pelanggan blog anda, setiap anda selesai menerbitkan artikel blog anda, maka informasi tersebut secara otomatis akan di informasikan oleh email subciber enggine secara otomatis pada pelanggan blog anda melalui email yang mereka masukan.

Email Subcriber adalah salah satu cara untuk meningkatkan visitor blog anda

Email subcribe merupakan salah satu strategi email marketing agar konten blog bisa mudah didistribusikan kepada para pelanggan blog dengan tujuan untuk promosi agar blog banyak pengunjung, strateginya adalah mengumpulkan email (email list) para peminat blog mereka sebanyak-banyaknya , semakin banyak itu akan semakin baik.

Ada orang yang mungkin memiliki pendapat, gampang sekali mendistribusikan konten melalui email, tanpa subcriber juga bisa, cari saja email sebanyak-banyaknya yang bertebaran di situs-situs atau di sosial media kemudian kita kumpulkan lalu gunakan email yang sudah kita kumpulkan tersebut untuk mempromosikan konten yang kita buat.

Memang benar, namun jika promosi konten yang anda lakukan dengan cara seperti itu, maka itu bisa dikategorikan sebagai email spamming, memang sedikit sekali perbedaannya dengan email marketing, disebut email marketing jika yang menerima email adalah orang yang bernar-benar memiliki minat pada konten yang anda buat, dan secara tidak langsung mereka dapat dikatakan setuju sejak mereka melakukan subcribe menggunakan email.

Cara Mendapatkan daftar Email peminat blog anda

Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara kita mengumpulkan email pengunjung blog yang memang tertarik dan berminat terhadap artikel yang kita buat, ada banyak cara beberapa diantaranya adalah:

a. Memasang Widget Email Subcriber pada blog
Cara yang banyak digunakan oleh para pakar seo dan juga internet marketer adalah memasang widget email subcriber di halaman blognya, sehingga setiap pengunjung yang tertarik dengan artikel anda, mereka bisa dengan mudah menjadi pelanggan setia artikel blog yang anda buat.

b. Menggunakan File download
Cara kedua yang banyak juga dipakai adalah menyajikan iming-iming file download tertentu yang disisipkan diantara postingan yang terkesan sebagai sebuah hadiah atau bonus dimana setiap pengunjung blog tersebut dapat mendownloadnya secara gratis, namun sebelum mereka bisa mendownloadnya mereka harus memasukan email mereka terlebih dahulu, baru file yang disediakan bisa didownload.

c. Menyajikan artikel yang berkualitas.
Ini munkin yang paling utama, jika anda menyajikan widget email subcriber pada blog anda, tugas anda selanjutnya adalah menyajikan konten berkualitas, jika mereka menganggap konten anda bermanfaat maka mereka akan rela menjadi pelanggan setia blog anda melalui email subcriber.


Cara Membuat Widget Email Subcriber pada blog dengan Feedburner

Flatform blog pada umumnya tidak menyediakan email subcriber, biasanya email subcriber bisa kita gunakan pada blog dengan bantuan situs pihak ke 3, banyak sekali situs-situs yang menyediakan layanan email subcriber yang bisa kita gunakan baik berbayar maupun gratis, salah satunya adalah feedburner, sebuah tool email subcriber gratis milik google yang.

Artikel kali ini kita akan coba membuat widget email subcriber pada blog menggunakan feed burner, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Daftarkan blog anda pada feedburner.
Berhubung feedburner adalah layanan gratis milik google, maka untuk daftar atau mengintegrasikan blog dengan feedburner syaratnya adalah anda memiliki email google (gmail), jika anda sebelumnya sudah memiliki email gmail, anda bisa langsung mengunjungi situs feedburner. kemudian silahkan anda login menggunakan email gmail yang anda miliki.

Untuk langkah-langkah pendaftaran secara lebih detail anda bisa baca artikel yang pernah saya buat sebelumnya:
Setting Feedburner yang benar untuk blog
Jika anda sudah mengintegrasikan blog anda dengan feedburner, maka kita akan coba bagaimana cara membuat widget email subcriber dengan feedburner, silahkan lanjutkan membaca.

b.  Generate Script widget Email Subcriber feedburner
Untuk kasus ini Saya anggap anda sudah mengintegrasikan blog anda dengan feedburner.

Sedangkan Langkah-langkah untuk membuat widget email subcriber feedburner adalah sebagai berikut:

a.  Masuk ke akun feedburner anda.

b. Silahkan anda klik pada salah satu judul feed yang sudah anda buat sebelumnya
membuat-widget-email-subcribe-dengan-feed-burner

Misal untuk feed saya, saya pilih struktur kode feed, seperti terlihat pada gambar diatas.

c. Pada tampilan berikutnya, silahkan anda pilih menu Publicize > kemudian pada bilah menu sisi kiri pilih menu Email Subcriptions > subcriptions management, terlihat seperti ditunjukan pada gambar di bawah ini:

cara membuat widget email subcriber feed burner

Untuk membuat widget email subcribe anda bisa gunakan no1, atau kode no 2, perbedaannya, jika no 1, maka form input email akan disertakan pada halaman dan bisa anda modifikasi agar lebih cantik, sedangkan jika menggunakan kode no 2, hanya akan ditampilkan sebuah tombol atau sebuah link yang bisa anda modifikasi, jika di klik maka anda akan diminta untuk memasukan email.

Demo:
Kode widget No 1, akan terlihat seperti demo dibawah ini :
Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

Sedangkan jika menggunakan kode widget no 2 akan terlihat seperti dibawah ini:
Klik disini untuk berlangganan

Hanya sebuah tombol atau link yang bisa anda klik dan jika di klik akan membuka sebuah tampilan form untuk input email.

Anda bisa memilih diantara kedua kode diatas, dan anda juga bisa mempercantik tampilan widget subcribe tersebut dengan memodifikasi atau menambahkan kode CSS pada kode yang anda gunakan.

Silahkan anda tempel kode widget email subcriber diatas pada blog anda, bisa menggunakan widget HTML/javascript atau dipasang pada kode template blog anda sesuai dengan lokasi yang anda inginkan.

Demikian artikel tentang Cara Membuat Widget Email Subcriber Feedburner pada Blog semoga bermanfaat.