Saya ingin berbagi 11 Tips Ampuh Agar Blog Baru Anda cepat Terindex Google-bing-yahoo terutama untuk blogger pemula, tips ini saya peroleh dari berbagai sumber dan sering saya gunakan, namun sbelum kita bahas secara langkap, saya akan kupas sedikit mengenai apa itu index?, Index adalah aktivitas yang dilakukan oleh mesin pencari seperti google, yahoo,bing atau mesin pencari lainnya dalam merekam informasi penting yang terdapat dalam sebuah blog yang disimpan di basis data mesin pencari, tujuannya adalah agar ketika ada pencarian relevan maka mesin pencari dengan mudah akan menemukan dan menampilkan judul artikel yang paling relevan yang terdapat pada index mesin pencari.

Index sebenarnya tindak lanjut dari robot mesin pencari setelah melakukan crawl terhadap sebuah blog kemudian membawa informasi penting yang terdapat didalam blog atau situs tersebut untuk disimpan di basis data pencarian, jika index mesin pencari terhadap sebuah blog memiliki jumlah yang banyak maka dapat dipastikan blog tersebut akan dikenali oleh mesin pencari dan berpotensi untuk lebih mudah ditemukan di mesin pencari dengan kata kunci relevan.

Sebuah blog dapat terindex biasanya memerlukan waktu, jumlah index blog  di mesin pencari akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya artikel blog dan usia blog. Semakin banyak artikel yang diterbitkan pada blog atau situs tersebut dan semakin tua usia blog maka jumlah index akan terus bertambah.

Bagaimana Cara Mengetahui Index Mesin pencari? 

ada beberapa alternatif untuk mengetahui apakah blog anda sudah terindex mesin pencari atau belum,beberapa diantaranya anda bisa baca di artikel berikut:
Cara mengetahui index blog
Jumlah index akan bertambah seiring dengan  waktu dan jumlah artikel yang anda terbitkan semakin banyak maka jumlah index pun akan meningkat sehingga blog anda akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian SERP

Upaya agar blog baru Anda cepat terindex?

Jika anda kebetulan memiliki blog baru maka yang harus anda upayakan adalah bagaimana cara agar blog baru tersebut cepat terindex oleh mesin pencari baik mesin pencari yahoo,google, atau bing. sebenarnya meskipun dibiarkan blog baru anda pada akhirnya akan terindex juga namun cara terbaik adalah mengupayakan agar blog anda tersebut lebih cepat untuk diindex sehingga lebih cepat dikenali mesin pencari dan akan memiliki potensi lebih mudah dan cepat juga ditemukan di hasil pencarian.

Berikut beberapa upaya yang bisa anda lakukan untuk membuat blog baru anda lebih cepat diindex mesin pencari yahoo-bing-google:

1. Integrasikan blog ke google analitic

Integrasikan blog ke google analitic

Google analitic adalah tool milik google yang berfungsi untuk memantau interaksi pengunjung terhadap blog anda, google analitic secara detail akan memberikan informasi hasil interaksi pengunjung terhadap blog anda dalam bentuk angka dan grafik, tool ini sangat penting sekali untuk data evaluasi dan analisa blog terutama blog atau situs yang digunakan untuk bisnis.
Artikel terkait: Cara Mengintegrasikan blog ke google analitic
Dengan mengintegrasikan blog ke google analitic secara tidak langsung memberikan sinyal ke google bahwa situs anda ada, serta google analitik akan membantu merekam dan melaporkan setiap jejak langkah aktivitas pengunjung blog anda.

2. Daftarkan Blog ke Google Webmaster tool

Google webmaster tool

 

Google webmaster tool adalah tool milik google yang dapat membantu memantau interaksi robot mesin pencari google terhadap blog anda. apapun yang dialakukan robot mesin pencari google terhadap blog anda informasinya akan direkam dan di laporkan kepada anda untuk bahan analisa dan evaluasi guna meningkatkan kinerja blog.
Artikel terkait: Cara mendaftarkan blog ke google webmaster tool
Dengan mendafarkan blog ke google webmaster tool secara tidak langsung memberikan sinyal kepada google bahwa ada blog baru yang siap untuk di crawl untuk diindex.

3. Daftarkan Blog ke Bing Webmaster tool

Submit blog di bing webmaster tool

Bing webmaster tool hampir sama dengan google webmaster tool, jika google webmater tool khusus untuk mesin pencari google sedankan bing webmaster tool khusus untuk mesin pencari bing dan juga yaoo.
Artikel terkait: Cara mendaftarkan blog ke bing
Dengan mendaftarkan blog ke bing, maka blog anda akan lebih mudah diindex dan dikenali oleh mesin pencari bing dan juga yahoo.

4. Submit Peta situs (Sitemap) blog anda di google webmaster tool dan bing webmaster tool

Langkah berikutnya adalah submit peta situs blog anda di webmaster tool dan juga bing webmaster tool, sebelum melakukan ini anda harus daftarkan blog anda di kedua webmaster tool tersebut, setelah mendaftar baru anda submit.

Untuk mensubmit peta situs blog anda di bing dan juga google webmaster tool, anda bisa baca di aritkel berikut:
Cara submit petasitus di bing dan google webmaster tool
Dengan melakukan submit peta situs, artinya memberikan informasi penting kepada mesin pencari mengenai isi peta situs blog anda sehingga lebih memudahkan robot mesin pencari untuk menelusuri bagian-bagian penting yang terdapat didalam blog anda.

5. Sumbit URL Blog Anda di bing dan google

Yang berikutnya adalah mensubmit Url blog anda di bing dan juga google, silahkan lakukan sekali saja submit URL blog anda di bing dan google, serta lakukan juga submit URL artikel blog anda setiap kali selesai dipublish.

Submit URL blog artinya memberitahu mesin pencari yahoo juga bing bahwa ada blog yang harus segera di crawl untuk diindex, begitu juga dengan submit url artikel blog setiap kali anda selesai melakukan publish, ini akan membantu mesin pencari lebih cepat melakukan crawl pada blog anda untuk segera diindex.

Silahkan submit url blog baru anda di bings submit url, juga google submit url, begitu juga setiap kali anda selesai menerbitkan artikel, submit juga url blog anda di kedua tool tersebut.

6. Submit blog anda di alexa

Submit dan Verify blog di alexa

Alexa adalah layanan online yang dapat membantu memberikan informasi bermanfaat tentang interaksi pengunjung terhadap blog  sekaligus memberikan penilaian berupa sebuah ranking berdasarkan hasil perhitungan alexa yang melibatkan trafik yang dimiliki situs tersebut.

Untuk informasi lebih detail tentang alexa anda bisa baca: Mengenal apa itu alexa rank secara lebih detail

Untuk upaya mempercepat index mesin pencari google maupun bing adalah mensubmit blog anda ke alexa.

7. Submit ke blog directory

Salah satu yang dianggap dapat mempercepat  index mesin pencari adalah melakukan submit blog anda di blog directory dengan cara-cara yang benar.

Bahayakah Mensubmit Blog ke Blogdirectory?
Tahun 2012 google banyak sekali membasi blog directory karena kurang memberikan nilai yang bermanfaat.
bahkan moz melakukan analisa tentang bahaya blog directory untuk blog. dari 2.678 directory hanya 49 yang mengalami dibanned.

Jika anda ingin melakukan submit ke blog directory, maka pilihlah blog directory yang memiliki otoritas yang baik dimata mesin pencari, referensi anda bisa melihat daftar blog directory di sini.
Salah satu rekomendasi silahkan submit di alltop, namun akan diminta untuk melakukan registrasi singkat.

8. Itegrasikan dengan sosial media.

Facebook fanspage,twitter account dan juga google+ menjadi pilihan terbaik untuk membuat blog anda lebih cepat diindex, silahkan buat fanspage facebook dan juga google+ page untuk blog anda.

9. Lakukan registrasi blog di ahref.

Ahref adalah tool atau layanan online yang bermanfaat untuk menganalisa backlink yang dimiliki sebuah situs, silahkan lakukan registrasi di ahref, dan tambahkan domain blog anda melalui menu reports > add domain.

10. Submit juga di blog catalog

Blog catalog adalah situs webdirectory dimana anda bisa mensubmit blog anda didalamnya, ini bisa mempercepat index mesin pencari, sebelum mensubmit di blog katalog, anda harus memastikan bahwa blog anda terpelihara dan cukup conten, karena pada umumnya team blog katalog akan mereview secara manual, jika blog anda dianggap kurang memadai maka akan ditolak secara manual.

11. Submit blog anda di pinteres

Pinteres adalah sosial networking berbasis gambar yang cukup populer, anda bisa melakukan pendaftaran dan sekaligus meletakan link blog anda pada profile didalamnya, selain anda mendapatkan backlink pinteres juga bisa membantu meningkatkan brand blog anda jika anda aktif.


Banyak sekali upaya agar blog baru cepat  terindex google, dengan blog terindex maka blog akan lebih mudah ditemukan dimesin pencari, cepat populer dan berpotensi mendapatkan posisi terbaik dihasil pencarian sehingga trafik blog seiring waktu akan terus meningkat.

Itulah 10+ tips ampuh yang bisa anda coba untuk blog baru anda agar cepat terindex mesin pencari google yahoo atau bing.

10 komentar:

  1. Terima Kasih informasi yang lengkap yang disajikan oleh pemilik blogger. Saya Selalu Mengunjungi Blog Ini jika Ada yang saya tidak tahu :)
    Berguna Sekali untuk saya blogger pemula..

    Salam
    nimavein.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Baru saya ngerti kenapa alexa blog saya gak keluar-keluar, walau udah lama, berarti tiap blog baru buat, perlu juga disubmit ke alexa ya mas,

    ReplyDelete
  3. bener jugak mas ni nerapin nya udah ane praktekin , tapi ada yang menganjal mas , bing sama yahoo tu sama saja bukan mas ? , terus biar cepet di index apa mesti masuk di daftari dulu aku nya mas , karena bisa saja kan kalo kita submit url ? . Itu saya bingung kan mas gmna sistem google menindex nanti nya postingan kita .?

    Selain itu mas ketika kita submit ke social media layaknya fb , twitter apalagi google ++ apa bisa kita kenak detek spam , jadi ada trik untuk mencegah nya mas terimakasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bing dan yahoo kabarnya sudah berkolaborasi mas. keuntungan daftar adalah kita bisa submit peta situs, untuk mempermudah bot mesin pencari menelusuri bagian dalam blog, selain itu kita bisa melihat laporan hasil interaksi bot mesin pencari terhadap blog, sebagai referensi evaluasi sangat bermanfaat sekali.

      Spam jika kita share link kita sembarangan tanpa mengenal waktu dan tanpa mengenal tempat, biar tidak dianggap spam, biuat semacam fanspage integrasikan dengan blog agar status ikut terbit setiap kali kita menerbitkan artikel.

      Delete
  4. Ternyata lumayan banyak juga ya kebutuhanya. saya pikir, Google webmaster saja yang penting. tetapi masih banyak yang perlu saya tingkatkan.
    Terima Kasih Mas Didin.

    ReplyDelete
  5. mas. Knapa Bing lebih lama mengindex artikel daripda google lebih cepat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah mas suka submit url artikel postingan di bing setiap kali selesai menerbitkan artike, atau mungkin saja perlakukan bot bing dengan google berbeda.
      google lebih cepat karena tool blog kita banyak yang menggunakan google

      Delete
  6. mas, sy punya blog baru umur sekitar 3 hari tapi ngga ke index google.. padahal tulisanya original hasil tangan sendiri.. kenapa ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika blog sudah didaftarkan di google webmaster tool, laporan index biasanya akan muncul dalam beberapa hari, mungkin beberapa minggu atau bulan.

      Kalo 3 hari masih sebentar, coba lihat lagi setelah beberapa minggu.

      Kalo pingin memastikan apakah blognya sudah diindex oleh google atau belum bisa dicek di mesin pencari google dengan format pencarian:

      site:nama_blog_agan.blogspot.com

      Kalo ada muncul di hasil pencarian itu tandanya artikel sudah diindex oleh mesin pencari

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!