5 langkah Custom Domain Blogspot di Dewaweb.com - Dewaweb.com alah satu penyedia layanan webhosting yang cukup terpercaya yang bisa anda gunakan untuk Custom Domain dari blog berflatform Blogspot menjadi domain pribadi, salah satu alasan memilih dewaweb, adalah harga yang cukup bersaing, pelayanan yang bagus dan qualitas sangat baik

Custom domain adalah sebuah proses mengalihkan domain alamat blog dari subdomain blogspot menjadi domain pribadi, misal dari exsample.blogspot.com menjadi example.co.id, atau example.net dll, exsample.blogspot.com adalah nama blog yang kita buat di blogger dan example.co.id adalah nama domain pribadi, custom domain bertujuan agar blog terlihat lebih profesional memiliki brand yang jelas sehingga bisa meningkatkan otoritas dimata pengunjung dan mesin pencari.

custom domain blogspot di dewa web

Alasan Custom Domain dengan blog berflatform blogspot

Banyak para blogger lebih memilih blog berflatform blogspot untuk custom domain dengan beberapa alasan, diantaranya adalah sebagai berikut:

a. blogspot mudah untuk custom domain

Google memberikan kemudahan kepada para blogger yang memiliki blog dengan subdomain blogspot untuk dialihkan menjadi domain pribadi.

b. Hosting masih dalam pengelolaan google.

Custom domain blogspot tidak perlu membeli paket hosting (Lokasi Penyimpanan dan pengelolaan file-file halaman blog), karena hosting blogspot akan selamanya ada di server google. ketika melakukan custom domain kita hanya perlu mendaftarkan dan menyewa nama domain saja, tanpa harus membeli hosting sehingga dapat menekan biaya.

d. Blogspot lebih aman

Selama tidak melanggar kebijakan webmaster guideline dan kebijakan google lainnya, blog dengan flatform blogspot akan lebih aman dari gangguan apapaun karena dikelola secara frofesional oleh google, sekalipun blog tersebut sudah di alihkan menjadi custom domain pribadi.


e. Tidak kwhawatir dengan permasalah server

Dengan memiliki blog berflatform blogspot kita tidak perlu repot-report memelihara server dan tidak perlu khawatir dengan permasalahan-permasalahan terkait server karena server ada dalam pengelolaan google.

f. Gratis dan murah.

Membuat blog di blogspot gratis selamanya, serta custom domain blog berflatform blogspot murah sekali dibandingkan dengan blog yang harus di hosting secara pribadi, kita hanya perlu membeli nama domain saja tanpa harus membeli paket hosting.

Point Penting ketika Melakukan Custom Domain

Untuk custom domain dari blogspot ke domain pribadi, apapun layanan webhosting yang anda gunakan sebenarnya ada 2 hal penting yang harus anda lakukan yaitu memasukan Alamat CName dan Alamat A Record blog anda ke pengaturan domain pribadi anda.

Apa itu CName?
CName atau Canonical Name adalah, alamat dan kode unik yang dimiliki oleh blogspot anda yang bisa anda gunakan agar blog anda bisa dialihkan ke alamat domain pribadi anda, sehingga blog anda bisa diakses menggunakan nama domain pribadi anda.

Apa itu A Record ?
A Record Adalah alamat IP Address yang ditentukan oleh google untuk anda letakan di pengaturan domain pribadi anda agar domain pribadi anda bisa anda akses tanpa www, misal domain www.garutleather.com bisa juga diakses dengan garutleather.com saja.

Langkah-langkah Custom Domain Blogspot Menjadi Domain Pribadi di Dewaweb

Berhubung baru-baru ini kebetulan saya sudah berhasil melakukan custom domain salah satu blog penjualan online saya masih dalam pengembangan (garutleather.com sebagai salah satu situs populer penjualan kerajinan kulit terpercaya dan terbaik di indonesia hehe...ngarep mode on) di cloud hosting dewaweb, saya jadi termotivasi untuk menulis artikel tentang custom domain dari blogspot menjadi domain pribadi di dewaweb, siapa tau ada yang membutuhkannya. :)

Custom domain blog berflatform blogspot menjadi domain pribadi sebenarnya tidaklah sulit apapun penyedia layanan cloud hosting yang kita gunakan, karena antarmuka aplikasi pengelolaan domain antara satu penyedia layanan cloud hosting dengan cloud hosting lainnya hampir sama, cuma beda-beda dikit.

Langkah-langkah custom domain di dewaweb.

Untuk Kasus ini saya akan bahas secara lengkap custom domain blogspot ke domain pribadi di layanan hosting dewaweb, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Lankah #1 - Membeli domain


Tentu saja yang pertama adalah anda harus sudah memiliki domain pribadi, anda bisa membeli di beberapa layanan hosting yang banyak tersedia, namun sepertinya di artikel kali ini saya tidak akan jelaskan  bagaimana cara membeli domain karena akan terlalu panjang.

Khusus untuk membeli domain di dewaweb anda bisa memulainya dari sini
 
Setelah anda masuk ke halaman dewaweb, untuk custom domain dari blogspot, anda bisa memilih paket personal, kemudian pilih paket scout,  paket paling murah, dan untuk custom domain dari blogspot itu sudah lebih dari cukup.

Silahkan anda lakukan registrasi dan transaksi pembayaran sehingga domain baru anda tersebut dalam keadaan aktif dan anda sudah bisa login ke area client domain baru anda tersebut, Oh ya disini anda hanya perlu membeli (Sewa) Nama domainnya  saja tidak perlu dengan file hostingnya.

Langkah #2 - Dapatkan Alamat A Record dan CName blog Anda


Langkah kedua adalah anda harus mengetahu ARecord dan CName blog anda untuk anda gunakan di pengaturan domain pribadi anada.

#Cara Mendapatkan Alamat ARecord?

Alamat A Record untuk keperluan custom domain blogspot sudah ditentukan oleh google, google menjelaskannya di halaman ini, alamat A Record yang harus digunakan tersebut terdiri dari 4 kode ip address yaitu:
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Silahkan anda catat untuk nanti kita gunakan


#Cara Mendapatkan Alamat CName:
Sedangkan untuk mendapatkan alamat CName langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun blogspot anda yang akan anda custom domain.

b. pada bilah menu sisi kiri pilih menu setelan > Dasar

c. pada Bagian Penerbitan alamat blog, klik link Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog anda, terlihat seperti gambar dibawah ini:
cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

d. Pada setelan domain pihak ke-3, silahkan masukan alamat domain pribadi anda (ingat dengan menyertakan www), misal www.garutleather.com, kemudian tekan tombol simpan, ketika disimpan akan terjadi error, dan akan muncul 2 kode CName yang kita perlukan untuk setting custom domain, terlihat seperti gambar dibawah ini:


cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi






Silahkan anda catat juga alamat 2 alamat CName dari blog anda diatas untuk nanti kita gunakan, untuk sementara kita tinggalkan blognya sebentar biakan dulu seperti itu.

Langkah #3 -  Konfigurasi domain Anda

Setelah anda mendapatkan informasi mengenai data CName dan juga A Record, sekarang waktunya kita pasang di konfirugasi domain pribadi yang sudah Anda miliki, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan Anda login ke client area domain pribadi anda.

-Untuk dewaweb anda bisa akses alamat client.dewaweb.com

cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

Kita akan melakukan konfirugasi DNS Server agar blogspot dapat diakses menggunakan nama domain pribadi anda.

untuk beberapa penyedia layanan hosting seting DNS biasanya bisa kita lakukan menggunakan menu khusus, namun cara termudah, apapun penyedia layanan hostingnya kita bisa menggunakan Aplikasi CPanel standar.

b. Akses Aplikasi CPanel domain Anda
di dewaweb Setelah anda login dan masuk ke halaman utama client area dewaweb, silahkan anda Pilih menu Paket Hosting >Paket Hosting saya, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:


cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

Anda akan melihat daftar domain anda silahkan anda kliktombol setup pada domain aktif anda, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

Pada halaman berikutnya silahkan scroll ke bawah untuk menemukan tombol cpanel, terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi
Silahkan anda klik tombol cpanel untuk masuk ke halaman utama cpanel domain anda, kemudian pada halaman utama cpanel anda pilih Advanced DNS Zon Editor, terlihat seperti gambar di bawah ini:

cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

Aplikasi CPanel tersebut akan membantu kita memasang Alamat CName dan juga ARecord blogspot kita agar bisa diakses menggunakan domain pribadi.

Langkah #4 - Masukan CName dan ARecord untuk domain anda.

Setelah anda mengaktifkan Aplikasi Advanced DNS Zone Editor, anda akan disajikan fasilitas untuk memasukgn CName dan juga ARecord blog anda, untuk memasukan cName dan juga ARecord langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Masukan CNAME blog Anda.
Untuk memasukan CName yang sudah anda peroleh pada langkah #2 diatas, adalah sebagai berikut:

langkah 1, Masukan CName untuk ghs.google.com
Pada langkah ini anda harus memasukan nama domain pribadi anda dengan menyertakan  www misal www.garutleather.com,

biasanya untuk memasukan CName ghs.google.com anda harus mengeditnya karena biasanya sudah ada di daftar zone file record,

Silahkan anda lihat daftar zone file record, kemudian cari pad column name berisi nama domain pribadi anda, misal untuk saya garutleather.com, dan untuk colom typenya CNAME, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

Jika sudah ditemukan silahkan tekan tombol edit, maka akan tampil DNS Editor, silahkan anda sesuaikan datanya  seperti gambar dibawah ini:

cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi
Nama: isi dengan domain pribadi anda (ingat gunakan www.)
TTL: isi dengan 14400
type: pilih CNAME
CNAME: isi dengan ghs.googe.com

Kemudian tekan Edit Record.

langkah 2, masukan juga CName untuk kode acak google, lihat langkah #2 sebelumnya.
anda harus menggunakan fasilitas input tambah record, silahkan anda masukan seperti gambar dibawah ini:

cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

Nama: isi dengan Kode yang dikasih google, lihat pada langkah #2 sebelumnya.
TTL: isi dengan 14400
type: pilih CNAME
CNAME: isi juga dengan kode CName yang dikasih google pada #2 sebelumnya.

Kemudian tekan Add Record.


b. Masukan ARecord untuk blog anda.
Arecord seperti yang dijelaskan pada langkah #2-sebelumnya ada 4 kode ip unik yang harus anda masukan, kode tersebut harus anda masukan pada konfigurasi domain pribadi anda agar situs anda bisa diakses tanpa www. kode yang harus anda masukan adalah:
  • 216.239.32.21
  • 216.239.34.21
  • 216.239.36.21
  • 216.239.38.21
Melalui fasilitas Input  Add Record, silahkan masukan kode diatas satu persatu, seperti gambar dibawah ini:
cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi
Name: Masukan Alamat domain pribadi anda, ingat tanpa www.
TTL: masukan 14400
Type:Pilih A
Address: Masukan data ARecord diatas, salah satunya saya masukan 216.239.32.21.

Jika, sudah tekan tombol Add Record, untuk disimpa.

Silahkan anda ikuti cara yang sama, namun untuk addrss gunakan ARecord diatas, ke 4 ARecord diatas harus anda masukan satu-persatu.

Sampai langkah ini berarti anda sudah berhasil memasukan Konfigurasi CName dan ARecord untuk blog anda agar bisa diakses melalui alamat domain pribadi anda.

Langkah #5 - Simpan Pengaturan Domai di akun bogspot Anda

Setelah langakah #4-diatas berhasil di lakukan, langkah berikutnya adalah Menyimpan pengaturan custom domain di akun blogspot, langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan Masuk kembali ke halaman akun blogspot anda.

b. Pilih Menu Setelan > Dasar

c. pada Bagian Penerbitan alamat blog sebelumnya silahkan simpan ulang, Jika seting domain pribadi anda benar maka tidak akan keluar error, Jika berhasil disimpan, akan terlihat seperti gambar dibawah ini:
cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

 Tekan edit domain pribadi yang anda masukan pada pengaturan tersebut, kemudian Jangan lupa centang Checkbox alihkan ....... .com ke www......com, seperti gambar dibawah ini,


cara custom domain blogspot menjadi domain com pribadi

Silahkan simpan ulang, ini adalah setingan blogspot agar blog anda bisa diakses tanpa www. dan juga dengan www.

Setelah langkah diatas berhasil diproses, anda bisa mengecek alamat blog anda, misal www.garutleather.com, blog untuks ementara tidak akan tampil, biasanya membutuhkan waktu 1 sampai 24 jam untuk proses propagasi, saya pribadi hanya membutuhkan waktu 20 menit saja, blog sudah bisa diakses.

Demikian artikel tentang langkah Custom Domain Blogspot menjadi domain Pribadi di Dewaweb.com, semoga anda membutuhkannya..