Tinggi rendahnya trafik suatu blog  bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, bisa dari faktor internal maupun faktor eksternal, faktor internal berkaitan dengan bagaimana cara memelihara dan mengopimasi blog atau situs dari dalam sedangkan faktor eksternal adalah segala upaya yang anda lakukan di luar situs yang bisa mempengaruhi poularitas blog anda.

Jangan heran ketika blog anda masih baru, bisa jadi blog anda sepi pengunjung  dan pada umumnya perlu proses untuk meningkatkan trafik, namun jika blog anda sudah cukup umur lalu dengan tiba-tiba trafik pengunjung atau visitor blog turun secara drastis dengan tiba-tiba, kemungkinan besar ada sesuatu yang sedang terjadi pada blog anda, apa yang harus anda lakukan adalah mencari penyebabnya sehingga anda dapat menemukan solusinya.

Faktor penyebab trafik atau visitor blog turun drastis
 image by bloghelpdesk.com

Faktor penyebab Trafik blog turun

Faktor penyebab trafik atau pengunjung blog anda turun drastis secara tiba-tiba

Berikut beberapa faktor yang bisa anda kenali yang menyebabkan trafik pengunjung blog anda tiba-tiba turun secara drastis.

#1. Anda mengganti Nama domain Blog Anda

Salah satu Penyebab  trafik blog Anda Turun secara tiba-tiba bahkan tidak ada pengunjung sama sekali adalah karena adanya upaya penggantian nama domain lama dengan nama domain yang baru.

Domain adalah akar atau root bagaimana mesin pencari bisa mengenali blog dan juga yang ada didalamnya, oleh karena itu disarankan jangan sekali-kali merubah nama domain blog anda yang sudah berumur dan memiliki visitor yang banyak, karena jika saja anda merubah nama domain blog anda tersebut maka dapat dipastikan blog anda akan kehilangan pengunjung, baik itu pengunjung setia blog anda mapun pengunjung organik yang bersumber dari mesin pencari, penyebabnya adalah karena blog anda akan dianggap sama halnya dengan blog yang baru dibuat.Penggantian nama domain terkadang dilakukan oleh blogger pemula karena kurangnya pemahaman mengenai dampak dan resiko penggantian domain.

Misalkan saja  karena ada beberapa alasan anda memutuskan untuk mengganti alamat url domain blog lama anda yang awalnya nama_domain_lama.blogspot.co.id kemudian di ubah menjadi nama_domain_baru.blogspot.co.id, padahal blog lama anda tersebut sudah berumur dan sudah memiliki banyak pengunjung atau visitor.

Ketika domain lama diganti maka penggantian nama domain tidak ikut serta mengganti nama domain yang sudah tersimpan di basis data index google dampaknya ketika pencarian relevan maka yang muncul di pencarian google tetap akan menuju nama domain blog anda yang lama, akibatnya ketika hasil pencarian di kunjungi  pengunjung akan di bawa ke halaman blog lama anda yang sudah tidak ada lagi akibatnya hasilnya blog not found.

Oleh karena itu jangan sekali-kali mengganti nama domain blog anda yang sudah berumur dan memiliki cukup visitor karena itu sama saja dengan anda membuat blog baru. Jikapun terpaksa anda harus lakukan karena adanya beberapa alasan, lebih baik buat blog baru, isi dengan konten blog lama, lakukan redirect dari blog lama dengan teknik tertentu yang di izinkan yang menuju halaman yang sama sesuai dengan yang terdapat di blog lama sebelumnya.

#2. Adanya perubahan algoritma Google,

Perubahan algoritma disinyalir sebagai salah satu penyebab trafik blog atau situs anda tidak stabil, Perlu anda ketahui google sebagai pemilik mesin pencari terpopuler didunia sering sekali melakukan update algoritma tujuannya tentu saja untuk memperbaiki setiap kelamahan yang terdapat pada mesin pencari, sehingga hasil pencarian atau serp benar-benar relevan dan sesuai dengan yang dibutuhkan, dan pengguna mendapatkan hasil pencarian yang terbaik.

Perubahan algoritma tersebut terkadang ikut mempengaruhi stabilitas trafik blog, terkadang naik secara tiba-tiba atau turun, tergantung algoritma seperti apa yang  di-update namun terkadang bisa membuat trafik blog anda turun secara tiba-tiba.

#Apa yang harus anda lakukan?

Apa yang harus anda lakukan adalah tergantung dari algoritma tersebut, jika algoritma menutut kita untuk melakukan modifikasi segeralah lakukan modifikasi agar sesuai dengan algoritma google, contohnya saja seperti pada bulan april 2015 google merubah algoritma dimana menuntut setiap blogger untuk merubah template menjadi mobile frienly.

#3. Blog Anda Mendapatkan Penalty google

Banyak sekali cara untuk membuat sebuah blog atau situs sehingga mudah sekali ditemukan di mesin pencari, bisa dengan cara-cara yang sesuai dengan panduan google webmaster guideline atau dengan cara-cara yang tidak dibenarkan dan tidak sesuai dengan kebijakan google,
Jika apa yang anda lakukan tidak sesuai dengan kebijakan  google webmaster guideline, maka terus dilanjutkan sudah dapat dipastikan kemungkinan besar blog anda akan mudah sekali mendapatan penalty dari google.

 salah satu cirinya adalah visitor blog anda tiba-tiba turun secara drastis dan terkadang rangking artikel blog anda di hasil pencarian merosot bahkan tidak ditemukan dan yang paling parah adalah blog anda dihapus google.

Google memang tidak secara langsung memberitahukan kesalahan anda namun anda dapat melihat dari jumlah visitor blog anda yang semakin menurun, jika anda mengalami hal semacam itu, anda harus mampu mengidentifikasi mengenai apa yang anda lakukan, mungkin ada cara-cara yang anda lakukan untuk upaya mempopulerkan blog yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan google sehingga blog anda mendapatkan penalty.

#4.  Optimasi SEO yang Terlalu berlebihan

Untuk mendapatkan rangking terbaik di hasil pencarian, tidak dipungkiri blog dan juga artikel blog setidaknya harus dioptimasi, baik itu optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, dua-duanya harus mendapatkan takaran yang tepat. Jika tidak maka kemungkinan besar hasilnya tidak maksimal.

Apapun optimasi yang anda lakukan sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan, Matt Cutt kepala webspam google pernah memaparkan, bahwa ketika anda melibatkan optimasi seo pada blog anda, maka, popularitas blog akan mulai merangkak naik dan terus naik jika anda terus melakukan optimasi secara berlebihan maka grafik popularitas akan semakin menurun dan pada akhirnya blog anda akan mendapatkan penalty, sulit ditemukan di pencarian google (SERP).

Oleh karena itu, jangan sekali-kali melibatkan optimasi seo yang berlebihan untuk blog anda karena itu tidak baik buat blog anda, memang tidak ada aturan pasti seperti apa takaran optimasi yang baik, baik itu untuk optimasi seo offpage maupun optimasi seo onpage, namun apa yang harus anda perhatikan adalah jangan terlalu over optimasi. Secukupnya saja, bahkan banyak yang menyarankan jika usia artikel blog sudah mencapai 3 bulan, kita tidak perlu lagi membangun backlink. Biarlah artikel tersebut mendapatkan backlink secara natural.

#5. Blog Anda didominasi oleh artikel dengan kata kunci musiman

Artikel dengan kata kunci musiman biasanya tidak akan bertahan lama, dan disaat tertentu akan menyebabkan trafik blog anda yang membahas topik dengan kata kunci musiman akan turun seiring waktu.

Barangkali banyak kata kunci yang bisa kita gunakan untuk dijadikan judul artikel, tergantung dari niche atau topik blog yang dibahas, bisa kata kunci yang dianggap abadi atau kata kunci musiman, kata kunci dikatakan kata kunci abadi jika kata kunci yang digunakan kepopulerannya mampu bertahan selamanya tanpa dibatasi oleh waktu, kata kunci tersebut akan tetap bertahan sebagai kata kunci yang selalu banyak dicari oleh netter yang membutuhkan informasi relevan sesuai dengan kata kunci yang dibahas, sebagai contoh adalah kata kunci yang selalu disangkutpautkan dengan pembahasan SEO, kata kunci seperti ini sepertinya tidak akan usang ditelan jaman selama teknologi mesin pencari masih dimanfaatkan oleh pengguna internet.

Sedangkan kata kunci musiman adalah kata kunci yang hanya dapat bertahan di saat-saat tertentu saja, kata kunci seperti ini pada umumnya akan usang ditelan jaman manakala sudah tidak sesuai dengan musimnya, salah satu contohnya adalah kata kunci yang membahas batu akik, kata kunci seperti ini bisa kita sebut sebagai kata kunci musiman, dan kata kunci seperti ini akan mampu populer pada jamannya di saat penomena batu akik sedang naik daun, akan tetapi seiring waktu dan seiring dengan pudarnya popularitas batu mata kata kunci tersebut akan usang ditelan jaman dan artikel yang membahas hal tersebut tidak akan lagi populer, dampaknya tentu saja volume pencarian akan berkurang dan trafik blog akan menurun.


Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan trafik blog anda turun, beberapa diantaranya adalah yang sudah saya paparkan diatas, dengan mengetahui penyebab trafik blog anda turun setidaknya anda bisa antisifasi terhadap segala hal yang berkaitan dengan penyebab trafik turun dan juga anda bisa menemukan solusinya.

Demikian artikel tentang beberapa Faktor Penyebab Trafik Pengunjung (Visitor) blog Turun, semoga bermanfaat.