Penggunaan kata kunci atau keyword yang baik merupakan salah satu faktor penentu SEO yang dimiiki oleh sebuah blog, berbicara mengenai seo tentu saja apa yang selalu diupayakan adalah bagaimana caranya agar artikel blog lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari di posisi terbaik, sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan seorang blogger agar artikel postingan blog bisa lebih mudah untuk ditemukan, bisa menggunakan teknik Black hat SEO atau teknik white Hat SEO, namun cara yang terbaik dan sangat dianjurkan adalah menggunakan teknik white hat SEO,  yaitu dengan cara mengikuti aturan main google ranking faktor.

Mesin pencari sekelas google ternyata memiliki lebih dari 200+ google ranking faktor, faktor tersebut  adalah acuan mesin pencari google untuk menentukan pantas tidaknya artikel postingan blog bisa menempati posisi terbaik di hasil pencarian google, semakin banyak faktor yang dilibatkan dalam blog maka blog tersebut akan semakin baik di mata mesin pencari google, dari 200+ google ranking faktor, salah satu yang dibahas adalah mengenai penggunaan kata kunci atau keyword, jika saja kita bisa memaksimalkan cara penggunaan kata kunci yang disarankan google ranking faktor, sudah dapat dipastikan peluang blog lebih mudah ditemukan dan muncul posisi terbaik hasil pencarian Mesin pencari google akan semakin besar.

Tips Memaksimalkan Penggunaan Kata Kunci untuk SEO

 #1. Gunakan kata kunci untuk nama domain blog atau situs anda

Jika anda memutuskan untuk membuat blog baru, atau memutuskan untuk mengganti blogspot anda dengan top level domain pribadi (.com,.org,.co.id,.net,.id dll), maka dianjurkan untuk menggunakan kata kunci yang sesuai dan relevan dengan topik yang akan dibahas di blog tersebut, berdasarkan google ranking faktor, nama domain dengan kata kunci yang relevan ikut andil dalam membantu meningkatkan seo pada blog anda walaupun pengaruhnya tidak begitu kuat.

Misal jika blog anda berbicara dan membahas mengenai jual jacket kulit, alangkah baiknya anda memberi nama domain jualjacketkulit.com daripada tokoonline.com.

#2. Kata kunci di nama domain sebaiknya diletakan di awal suku kata

Jika anda memutuskan untuk meletakan kata kunci pada nama domain situs anda, sebaiknya kata kunci tersebut diletakan di awal suku kata.

#3. Gunakan kata kunci pada judul artikel atau title tag

Setiap kata kunci yang anda bidik untuk artikel blog anda, disarankan kata kunci tersebut harus anda letakan di judul artikel postingan blog yang bersangkutan, kemudian kata kunci yang anda bidik disarankan diletakan di awal suku kata.
Misal jika anda membuat judul artikel untuk menargetkan kata kunci "jacket kulit murah" judul yang disarankan adalah "Jacket kulit murah desain terbaru 2015" dari pada menggunakan judul " Desain terbaru jacket kulit harga murah", karena judul pertama meletakan kata kunci yang ditarget pada awal suku kata.

#4. Libatkan kata kunci pada deskripsi blog anda

 Deskripsi blog biasanya digunakan untuk memberikan deskripsi atau keterangan singat yang mewakili isi blog secara keseluruhan, sebaiknya ketika anda mengisi deskripsi penelusuran pada blog anda, sangat disarankan untuk meletakan kata kunci LSI dan kata kunci (keyword) yang anda bidik, meskipun berdasarkan google ranking faktor deskripsi bukanlah suatu hal yang dianggap terlalu penting, namun deskripsi dapat meningkatkan sinyal relevansi antar kata kunci yang digunakan pada kriteria pencarian google dengan isi blog anda, sehingga sangat berpengaruh untuk SEO blog anda.

Cara mengisi deskripsi penelusuran blog


#5. Gunakan kata kunci di isi artikel blog anda.

Selain di judul artiekl juga didalam deskripsi penelusuran, disarankan anda juga harus melibatkan kata kunci yang anda bidik juga kata kunci LSI yang harus anda letakan didalam isi artikel. kata kunci didalam artikel menjadi acuan google mengenai topik yang anda bicarakan didalam blog anda, dan google akan menampilkan artikel yang memang dianggap sesuai dengan kata kunci yang dicari.

Baca juga: Cara menemukan LSI Keyword ?

#6. Gunakan kata kunci disetiap paragraph artikel blog anda.

Banyak pakar seo yang menganggap peletakan kata kunci sekitar 100 kata pertama paragrap pertama, bisa memberikan sinyal relevansi yang baik dimata mesin pencari, namun google ranking faktor terutama yang berkaitan dengan Keyword Prominence, sangat menyarankan bahwa kata kunci sebaiknya ada disetiap paragrap atau ada disetiap 100 kata dengan begitu, sinyal relevansi antara kata kunci yang dicari dengan artikel relevan blog anda akan semakin kuat.


#7. Gunakan kata kunci pada setiap url artikel postingan blog anda

Faktor penting lainnya yang dianggap bisa meningkatkan kualitas SEO blog anda adalah, meletakan kata kunci yang anda bidik pada setiap url artikel blog anda, dan sangat disarankan nama url artikel blog anda tidak terlalu panjang, singkatlah jika memang bisa disingkat.

cara membuat permalink pada blog

Misal jika judul artikel blog anda adalah "jacket kulit murah" maka sebaiknya url blog anda mengandung kata kunci tersebut seperti "nama_blog_anda.blogspot.com/2014/06/jacket-kulit-murah.html" jangan mengandung spasi, jika terdiri dari beberapa kata pisahkan dengan tanda "-"

Demikian apa yang bisa saya share mengenai Tips Memaksimalkan Penggunaan Kata Kunci untuk SEO, semoga bermanfaat dan selamat mencoba

9 komentar:

  1. Keren gan karena kata kunci di setiap artiker harus di bidik ke arah tujuan judul dan artikel tiap paragraf punya agan kaya kata kunci keyword yang di bidikan, ini yg kedua apa bila komen kesatu di delet.terima kasih

    ReplyDelete
  2. gua uda perna maksimalin kata kunci mas
    , tetaapi yang ada malah kata kunci tersebut terlalu panjang, kalo kependekan gak tembus mas, gmna ya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. di judul maksimal kata kunci 65 karakter yang akan ditampilkan di hasil pencarian, kata kunci bukan hanya bisa kita letakan di judul bisa juga kita libatkan di isi, deskripsi dll, namun tetap harus mempertahankan artikel yang dapat dipahami oleh manusia.

      Delete
  3. mas boleh saya tanya... contoh peletakan kata kunci yng benar dalam paragraf serta dalam deskripsi penelusuran itu seperti apa mas? mohon jika berkenan berikan contohnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun gan sesuka agan, untuk saya sendiri deskripsi biasanya saya suka melibatkan kata kunci LSI dan mempertahankan relevansi atau sebisa mungkin dapat mewakili isi artikel secara keseluruhan.

      di setiap paragrap, buatlah paragraf informatif untuk manusia bukan untuk mesin pencari, jika bisa usahakan pada paragraf mengandung kata kunci yang dibidik

      Delete
  4. mau nanya gan sebaiknya dalam deskripsi penelusuran diisi keyword yang sesuai artikel atau keyword mengikuti judul postingan gan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. keyword yang relevan boleh sama dengan judul, boleh pake kata kunci LSI, intinya sesuaikan agar relevan bisa mewakili artikel secara keseluruhan

      Delete
  5. min , apakah dideskripsi penelurusan diisi semua LSI , jika LSI nya sampe ratusan kata , apakah boleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deskripsi penelusuran jumlah karekternya terbatas 150 karakter kalo tidak salah meskipun banyak tetap saja akan dikenali sejumlah batasan karakter tersebut.
      Sebaiknya pilih-pilih saja yang kiranya sangat relevan dengan yang dibahas, singkat jelas padat langsung ke intinya akan lebih bagus

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!