Sebelumnya saya sudah membuat artikel mengenai Sofware yang dibuthkan untuk mengebangkan aplikasi web, khusus untuk pemula, sebelum  memulai membaca artikel ini saya menyarankan anda membaca dulu artikel tersebut, supaya mendapatkan gambaran mengenai software xampp dengan jelas, saya ulas sendiri mengenai xampp, xampp adalah tools atau paket software gratis yang berfungsi untuk mengintegrasikan software-software yang diperlukan untuk mengembangkan aplikasi web, didam xammp itu sendiri ada beberapa software yang sudah diintegrasikan satu sama lain sehingga kita tidak perlu melakukan konfigurasi secara manual, karena semuanya secara otomatis sudah di konfigurasi oleh xampp.

Ketika anda menginstal xampp usahakan jangan di Drive System window Drive C misal, karena folder instalasi xampp nanti akan digunakan untuk menyimpan file projek aplikasi web anda, dikhawatirkan jika diletakan di drive system akan mudah terhapus ketika melakukan format komputer. ketika instalasi letakan saja di drive D: atau E: yang anda miliki.

Kenapa harus Xampp, sebenarnya banyak tool lainnya selain xampp dengan fungsi yang sama, tetapi disini saya sarankan anda menggunakan xampp, karena tidak ribet, sangat mudah digunakan, dan tidak perlu melakukan konfigurasi lagi karena semuanya secara otomatis sudah dintegrasikan dan tinggal digunakan, apalagi anda sebagai pemula.

Langkah-langkah Instalasi Xampp

 1. Siapkan software xampp yang sudah anda download, jika belum anda bisa downlod terlebih dahulu,silahkan download xampp disini.

2. Setelah paket xampp sudah anda dapatkan, anda siap menginstalnya silahkan double klik file xampp.exe anda
proses instalasi xampp
Jika destination folder yang dituju adalah ke Drive C: tempat anda menginstal window, saya sarankan silahkan Anda ubah destination folder misal D:\ atau E:\ agar instalasi tidak di drive system window.

3. Klik tombol Install, ikuti terus tahapan-tahapan instalasi, biasanya intalasi membutuhkan waktu beberapa menit, silahkan anda tunggu sampai instalasi selesai.

4. Misal anda menginsatal xampp di drive D:\, jika instalasi selesai anda akan melihat folder xampp di lokasi anda menginstal xampp tersebut misal D:\xampp. folder tersebut sekaligus nanti akan anda gunakan untuk menyimpan file-file projek aplikasi web anda.

berikut isi folder D:\xampp setelah anda berhasil meng-instalnya:
Isi folder Xampp hasil instalasi
 

5. Xampp harus dalam keadaan ready atau start sebelum anda gunakan untuk mengembangkan aplikasi web, dalam folder xampp hasil instal, anda bisa lihat ada file dengan nama xampp-start.exe, silahkan double click file tersebut agar xampp siap untuk digunakan

Cara mengaktifkan Xampp

kita lihat gambar diatas, untuk mengaktifkan xampp untuk kebutuhan pengembangan web anda silahkan tekan tombol bertulisakan "start" tepat disamping sebelah kanan kolom modul yang bertulisakan Apache, dan MySQL, silahkan anda tekan tombol start untuk mulai mengaktifkan kedua fasilitas tersebut. yang lainnya tidak usah dulu diaktifkan. Apache adalah untuk webservernya, sedangkan MySQL untuk server basis datanya. jika sudah silahkan tekan tombol close sudut kanan atas warna merah, jangan menekan tombol "Quite" Ya karena tombol tersebut untuk menonaktifkan xampp.

Jika anda hendak agar xampp otomatis start setiap kali komputer dinyalanakan Anda harus menceklis kolom service yang terletak paling kiri disamping tulisan Apache, dan MySql,  silahkan anda ceklis sebelum menekan tombol start tadi. sampai tahap ini xampp anda siap untuk digunakan.