Kunci pertumbuhan tanaman anggur salah satu faktor penentunya adalah media tanam, ini serius bahkan media tanam bisa memberikan dampak 90% terhadap tumbuh kembang tanaman anggur, jika media tanam yang digunakan bagus dan berkualitas dijamin anggur akan tumbuh dan berkembang dengan baik sehingga dapat berbuah lebat.

Jadi ini yang menjadi faktor penentu sebelum anda membeli bibit dan menanam bibit anggur anda, yang harus anda persiapkan adalah media tanam, ini berlaku untuk anggur yang ditanam di tanah (grounding) maupun anggur yang akan ditanam di pot atau planterbag (untuk tambulampot).

Di dunia perangguran sendiri ada banyak sekali formula kombinasi media tanam. coba aja lihat di youtube anda akan banyak sekali mendapatkan informasi mengenai media tanam, dan setiap pengangguran akan memberikan kombinasi media tanam yang berbeda-beda sesuai dengan pengalaman mereka tentunya.

Ini yang bisa membuat anda sebagai pengangguran pemula yang akan menanm anggur, sayapun sempat dibuat bingung hingga akhirnya berbagai kombinasi media tanam sudah saya coba, dan akhirnya saya bisa menemukan kombinasi media tanam yang terbaik yang dapat membuat pohon anggur kita tumbuh subur, cepat besar dan cepat berbuah.

media-tanam-anggur-subur-cepat-besar

 

 

Media tanam anggur agar anggur cepat besar dan tumbuh subur

Anggur sangat menyukai media tanam yang poros atau mudah menyerap air, media tanam yang akan saya share di artikel kali ini tentunya adalah media tanam yang sering saya gunakan saat ini, karena kebetulan selain blogger hobi saya adalah bertani salah satunya menanam anggur.

Jujur sudah banyak sekali anggur yang saya tanam, dan sudah banyak sekali campuran media tanam yang pernah saya coba, dan pada akhirnya saya menemukan racikan media tanam terbaik yang disukai pohon anggur yang dapat membuat pohon anggur tumbuh berkembang dengan cepat dan subur.

Racikan media tanam anggur terbaik:
Berikut adalah racikan media tanam yang dapat anda pilih sesuai dengan dana dan seauai dengan bahan-bahan yang mudah untuk di gunakan di tempat anda.

Media tanam dasar
Media tanam minimal atau dasar yang bisa anda gunakan untuk menanam pohon anggur diantaranya adalah

 
a. Sekam bakar 2 bagian
Sekam bakar digunakan untuk rumah bakteri bermanfaat dan juga memberikan dampak porous atau agar media tanam mudah menyerap air.
 
b. Tanah di bawah akar pohon bambu 1 bagian
Untuk anda yang kebetulan hidup dekat hutan bambu, bisa mengambil tanah di bawah perakaran pohon bambu yang sudah lapuk, tanah ini kaya akan unusr hara dan nutrisi yang bermanfaat untuk tanaman.
 
c. Kohe yang sudah terpermentasi 1 bagian.
Kohe (kotoran hewan kambing dll) bisa yang masih buliran atau yang sudah lembut, bisa dibeli di  tukang tanaman hias pinggir jalan biasanya banyak.

Semua bahan di campur jadi satu, midia tanam di atas adalah media tanam dasar yang bisa langsung anda gunakan untuk menaman bibit anggur anda.
 
 
Opsional:
Selain bahan-bahan di atas, jika memang anda punya tambahan modal, bisa ditambah dengan segenggam kapur dolomit untuk menetralisir PH, segenggam Pupuk TSP/SP, lalu dicampur secara merata.

Untuk mendapatkan media tanam yang lebih baik, bisa juga ditambahkan secukupnya Mikoriza atau satu secukupnya trikoderma atau ditambah pupuk hayati juga akan lebih baik.

Jika ingin lebih baik lagi bisa ditambahkan dengan EM4 untuk dipermentasi minilal 2 minggu, setelah dipermentasi selama 2 minggu media tanam siap ditanam, dijamin media tanam tersebut sangat bagus akan membuat pohon anggur anda lebih cepat besar dan subur.
 
 
Media tanam di tas bisa digunakan untuk menanam anggur di pot atau di tanah langsung, jika ditanah langsung setidaknya kita sudah menyediakan lubang minimal sedalam dalam 60cm, lebar 60 cm panjang 60 cm, lalu media tanam bisa dimasukan dan langsung bisa digunakan untuk menanam.
 

Kesimpulan:

Kunci menanam anggur adalah media tanam yang harus poros, atau mudah menyerap air, jika kombinasi media tanam bagus maka akan bisa dipastikan pertumbuhan pohon anggur anda akan lebih cepat tumbuh.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!