Menanam anggur tidaklah sembarangan, ada ilmunya yang harus dipelajari dan dipahami, salah satu ilmu menanam anggur yang harus diketahui adalah percabangan anggur.

 

Perlu diketahui, apapun jenis varian anggur yang kita tanam, maka pecabangannya perlu di ataur jangan dibiarkan begitu saja, tujuannya adalah agar anggur mudah untuk dibuahkan secara teratur. percabangan batang pada anggur umumnya dikelompokan menjadi 3 bagian, yaitu cabang  utama atau cabang primer, cabang kedua atau cabang sekunder dan cabang ketiga atau cabang tersier.

 

Pohon anggur adalah pohon yang menjalar, nah saat kita menjalarkan batang-batang anggur ada aturan tajuk yang bisa kita gunakan,  diantaranya sistem para-para, sistem teralis dll. Apapun tajuk yang ingin digunakan pastikan sistem percabangannya selalu menggunakan 3 kategori di atas. 

 

Tujuannya adalah agar pohon anggur dapat dibuahkan dengan lebih mudah secara maksimal. karena sistem percabangan tersebut adalah sistem percabangan anggur yang sampai dengan saat ini digunakan, baik diperkebunan kecil, maupun perkebunan sekala produksi.

 

Memahami percabangan pada anggur

1. Cabang primer cabang primer adalah cabang utama anggur dari pangkal akar ke atas yang arahnya vertical. cabang primer bisa kita atur tingginya atau panjangnya sesuai dengan yang diinginkan, jika panjangnya sudah sesuai kita bisa membelokan atau bisa juga memotong untuk menumbuhkan beberapa tunas baru yang akan difungsikan sebagian cabang terseier.


2. Cabang sekunder adalah cabang anggur dari sebagian cabang primer yang dibelokan sehingga arahnya horizontal, dari cabang sekunder ini tunas-tunas baru ditumbuhkan untuk difungsikan menjadi cabang tersier, atau cabang ketiga.


3. Cabang Tersier  adalah percabangan anggur yang tumbuh dari cabang sekunder, arahnya bisa kita agur secara vertical maupun secara horizontal.

Cabang tersier disebut juga sebagai cabang pembuahan, karena dari cabang inilah pembuahan akan dihasilkan. Cabang tersier secara terus menerus akan dibuahkan, dari mulai dipangkas, hingga setiap tunas pada cabang ini tumbuh berkembang membawa bunga, dari cabang inilah buah-buah anggur akan dihasilkan.

 

Cabang primer, sekunder dan tersier, perambatannya tidak selalu sama, ada yang dirambatkan menggunakan sistem para-para, ada yang menggunakan perambatan seperti pagar, ada yang dibuat seperti pohon pada umumnya, namun apapun jenis perambatan yang digunakan tetap saja konsep percabangannya menggunakan 3 pengelompokan percabangan di atas, yaitu primer, sekunder dan tersier.


Untuk lebih jelas memahami percabangan pohon anggur, dapat dilihat pada gambar di bawah ini:


Gambar di atas adalah gambar pohon anggur dengan sistem rambatan teralis, kesamping seperti pagar, bisa dilihat percabangannya dibentuk menjadi 3, yakni primer yang arahnya dari pangkal akar vertical ke atas, sekunder yang kesamping dan tersier yang tumbuh di cabang sekunder.

 

Apapun jenis rambatannya, tetap percabangannya menggunakan sistem percabangan di atas.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!