-->

 Halo sahabat pengangguran, salam satu hobi.

Tanaman Anggur import dulu mungkin sulit ditemui di indonesia, namun belakangan ini anggur import sudah banyak dibudidayakan di indonesia, walaupun indonesia terkenal sebagai negara tropis ternyata banyak sekali jenis anggur import yang sudah terbukti dapat tumbuh dengan baik di indonesia, bahkan sudah banyak para penghobi tanaman anggur mampu membuktikan bahwa  beberapa jenis anggur import genjah sekali untuk dibuahkan.

Sayangnya pemeliharaan anggur import tidak seperti anggur lokal yang sudah lama tumbuh di indonesia, anggur lokal seperti anggur isabela, red master dan juga jenis anggur local lainnya, dapat tumbuh walaupun tanpa pemeliharaan ekstra. tapi beda halnya untuk anggur import, pemeliharaanya benar-benar harus lebih ekstra, dari mulai pemilihan media tanam, pemeliharaan pembesaran, pemeliharaan pembuahan dan pengendalian hama harus benar-benar diperhatikan, jika tidak maka anggur import akan mudah sekali mati atau tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apalagi sampai berbuah.

Penyebab bunga anggur Rontok atau Gosong

 

Satu permasalahan yang sering dialami oleh para petani anggur import terutama petani anggur pemula adalah rontoknya bunga anggur saat pohon anggur sedang berbunga, atau bahkan ada yang bunganya sampai gosong, alhasil anggur gagal berbuah. bahkan ada juga setelah bunga menjadi beri si berinya pun rontok.

 

Pada saat anggur sedang berbunga, merupakan masa kritis, dimana pohon dan juga bunga anggur harus mendapatkan perawatan ekstra hati-hati, jika salah pemeliharaan maka resikonya bunga bisa rontok.

 

 Rontoknya bunga anggur/beri anggur yang masih kecil tentunya bukan tanpa penyebab, penyebab utamanya pada umumnya bukan karena faktor alam, tapi kebanyakan karena pengalaman dan kurang ke hati-hatian dalam merawatnya.

 

Ini Penyebab kenapa Bunga anggur rontok atau gosong

Di artikel kali ini saya akan uraikan berdasarkan pengalaman yang saya analisa yang menyebabkan kenapa bunga anggur  atau beri buah anggur yang masih kecil bisa sampai rontok hingga gagal untuk berbuah.

 

1. Karena Kekurangan air / kelebihan air

Faktor pertama kenapa bunga anggur sampai rontok, ini bisa disebabkan oleh air yang terlalu berlebih atau air yang terlalu kurang.

 

Yang harus diperhatikan pada saat anggur berbunga adalah media tanam jangan sampai terlalu basah dan jangan sampai terlalu kering hingga daunnya layu, pastikan media tanam tetap lembab, ingat selalu jaga kelembaban, jika terlalu kering, maka boleh disiram, jika dinilai terlalu basah, maka hentikan untuk beberapa hari penyiraman,  jumlah air dan frekuensi penyiraman tidak bisa menjadi patokan, yang menjadi patokan adalah media tanam, anda harus mampu memastikan media tanam tetap lembab selama anggur berbunga. jangan kering dan jangan becek, karena itu bisa menyebabkan bunga anggur berguguran, alias rontok.


2. Hindari penyemprotan Pestisida atau POC

Penyebab kedua adalah karena anda melakukan penyemprotan pestisida baik itu fungisida maupun insektisida atau pun penyemprotan pupuk POC (Pupuk Organik Cair) misalnya saat anggur berbunga.


Sebaiknya hindari untuk menyemprot pestida atau apapun pada saat anggur berbunga, karena jika terkena bunga, walaupun dosisnya rendah beberapa kasus bisa menyebabkan bunga anggur rontok, bahkan bunga anggur yang baru menjadi beri sebesar kacang hijau pun jika disemprot bisa menyebabkan rontok berjatuhan.

Jika memang penyemprotan diperlukan, pastikan penyemprotan tidak mengenai bunga anggur atau tidak mengenai beri anggur yang masih kecil, jika itu terjadi bisa jadi bunga anggur anda akan rontok.


Saat anggur berbunga adalah masa paling kritis, salah pemeliharaan bisa berakibat fatal pada rontoknya bunga anggur, sebaiknya saat anggur berbunga jangan diperlakukan macam-macam, biarkan saja dulu dan kontrol penyiraman media tanam hingga bunga anggur mekar dan menjadi beri.


3. Jangan memberi pupuk apapun saat anggur berbunga.

Saat anggur berbunga sebaiknya tidak diberi pupuk apapun, baik dikocor maupun pupuk yang disemprot pada daun, karena bisa menyebabkan bunga anggur rontok, baik pupuk dengan dosis tinggi maupun pupuk dengan dosisi rendah.

Pemupukan Lanjutan  pembuahan baru dilakukan kembali saat bunga sudah menjadi beri sebesar kacang hijau, dengan pupuk dosis rendah seiring waktu dosisnya ditambah sesuai dengan yang disarankan.


Pengalaman adalah guru yang tebaik, belajar dari pengalaman orang lain, membuktikannya sehingga pengalaman kita bertambah, mudah mudahan uraian di atas tentang penyebab rontoknya bunga atau buah anggur dapat menambah wawasan anda,

 

Salam hijau salam satu pengangguran :)

 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!