Mysql adalah salah satu database management system yang banyak digunakan dalam pengembangan aplikasi web, mysql termasuk paket bundle xampp yang sering digunakan untuk pengembangan aplikasi web yang menggunakan script PHP.

Melalui aplikasi xampp baik itu apache webserver maupun mysql sebenarnya sangat mudah untuk digunakan, pengguna tidak perlu instal satu-satu dan juga tidak perlu melakukan konfigurasi yang cukup ribet, cukup instalkan aplikasi xampp, maka secara otomatis mysql dan juga apache webserver siap digunakan untuk pengembangan website.

 

Sebelum bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi web, aplikasi apache webserver maupun basis data mysql harus distart melalui xampp control panel, setelah berjalan dengan baik baru bisa digunakan.

 

Sayangnya terkadang untuk beberapa kasus, karena seringnya penggunaan, Aplikasi MySql di xampp tidak bisa distart, ini pernah saya alami  yang membuat saya sedikit kaget karena ada banyak basis data di dalamnya yang belum sempat dibackup.

 

Tapi untungnya setelah mencari-cari solusi di berbagai media baik itu artikel maupun video, akhirnya permasalahan mysql tidak bisa distart dengan pesan Error: MySQL shutdown unexpectedly, dapat teratasi dengan baik tanpa harus instal ulang xampp ataupun tanpa harus melakukan konfigurasi pergantian port.

 

Mengatasi Mysql Xampp Error tidak mau distart (Error: MySQL shutdown unexpectedly.)

Ini sharing saja, barangkali permasalahannya sama dengan anda, error mysql tidak bisa distart yang saya alami kurang lebih seperti gambar di bawah ini:

Mysql xampp Error tidak bisa start
Error MySql Xampp

 

Langkah-Langkah Cara Mengatasi MySql Error tidak mau start

Jika anda mengalami masalah serupa, mysql di aplikasi xampp anda error saat distart, maka solusi yang bisa anda coba langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke folder xampp > mysql

2. di dalam folder mysql, cari folder data, kemudian ganti nama foldernya misal menjadi data-old

3. Kemudian buat folder baru dengan nama data

4. selanjutnya masuk ke folder backup, lalu copy semua file yang terdapat di dalam folder backup tersebut dan pastekan ke dalam folder data yang baru anda buat.

5.  Masuk ke folder data-old sebelumnya, kemudian copy folder-folder basis data yang ada didalamnya selain folder mysql, folder ferformance_schema, folder phpmyadmin, kemudian pindahkan ke dalam folder data

6. Di dalam folder data-old, copykan juga file ibdata1, kemudian paste ke dalam folder data.

7. Selesai.


Jika langkah-langkah di atas sudah anda lakukan, selanjutnya silahkan coba kembali start mysql di xampp-control panel milik anda.

 

Untuk kasus saya, alhamdulilah, mysql dapat kembali berjalan dengan normal tanpa kehilangan data.


Dengan cara di atas kita tidak perlu melakukan instal ulang xampp maupun mengganti port, port masih tetap menggunakan port default 3306.


Selesai. Semoga apa yang diuraikan dia tas mengenai mysql xampp error dapat memberikan informasi tambahan untuk anda, semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!