Ada banyak sekali tool gratis baik berupa aplikasi web maupun aplikasi desktop yang bisa kita gunakan untuk mengecek Posisi Artikel Postingan dihasil Pencarian google, tool ini kadang perlu kita gunakan untuk mengetahui dan mengevaluasi posisi setiap artikel blog kita di hasil pencarian (SERP) agar bisa mengatahui mana yang harus dioptimasi lebih dulu, jika artikel muncul di posisi yang kurang baik, maka artikel tersebut harus segera kita optimasi kembali sampai mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian, namun jika bagus, setidaknya kita bisa mempertahankannya.

Tool untuk mengecek posisi artikel seperti ini memang cukup informatif menyajikan informasi yang kita inginkan, terutama mengenai informasi posisi artikel di hasil pencarian, jika kita melakukan cek, kemudian menemukan ada dari artikel blog muncul di hasil pencarian di posisi yang boleh dibilang tidak terlalu bagus, maka itu menandakan artikel tersebut harus mendapatkan perhatian khusus, artinya harus kita optimasi agar lebih baik, tentu saja optimasi yang bisa dilakukan terfokus pada dua faktor, optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage, dengan kedua optimasi tersebut, maka artikel lambat tapi pasti bisa merangkak naik ke posisi hasil pencarian yang lebih baik.

Cara Mengetahui Posisi Artikel Postingan di hasil Pencarian Google

Pada artikel kali ini saya hanya ingin berbagi informasi mengenai cara mengetahui posisi artikel dihasil pencarian, baik itu menggunakan tool berbasis desktop maupun berbasis web, ataupun tanpa bantuan tool sekalipun, sebenarnya banyak sekali tool gratisan yang bisa anda gunakan namun saya akan coba share beberapa tool gratisan yang bisa anda coba untuk mengetahui SERP blog anda di google search enggine, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Mesin Pencari Google

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui posisi artikel di hasil pencarian adalah dengan menggunakan mesin pencari google itu sendiri, caranya silahkan buka google.com atau google.co.id, kemudian silahkan anda ketikan kata kunci yang anda bidik untuk artikel anda yang ingin muncul dihasil pencarian, jika anda menggunakan cara ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, sebagai berikut:

a. Alternatif 1, anda harus logout dulu dari aplikasi google, baik itu g+, email, maupun akun blogger anda, ini perlu karena jika anda tidak keluar, maka hasil pencarian akan memprioritaskan artikel yang ada pada blog anda dengan email yang masih login, tentu saja ini bukan posisi yang sebenarnya, jika dibuka di komputer orang lain tentu saja akan berbeda.

b. Alternatif ke 2, yaitu Menggunakan Incognito Window, atau jendela mode pribadi, ini menurut saya sangat recomended jika anda menggunakan mesin pencari google untuk cek posisi artikel anda, jika anda memilih cara ini anda tidak perlu harus repot-repot logout dulu dari akun google milik anda, caranya silahkan anda pilih  Jendela mode pribadi baru atau incognito window pada browser yang anda gunakan anda pasti tau caranya, kemudian lakukan pencarian atas artikel anda menggunakan mesin pencari google.

Cara ini adalah cara yang paling efektif karena kita menggunakan mesin pencari google itu sendiri untuk melihat artikel kita di hasil pencarian google SERP, namun kelemahannya kita tidak bisa mengetahui secara sekaligus setiap kata kunci yang kita bidik, artinya setiap artikel yang ingin kita lihat posisinya di hasil pencarian google, tetap harus dicek satu-persatu menggunakan kata kunci yang anda bidik untuk blog anda.

2. Menggunakan Free Monitor For Google (Sangat Recomended)

Free monitor for google adalah salah satu software gratis berbasis desktop yang cukup efektif untuk memonitor posisi tiap artikel berdasarkan kata kunci yang dibidik, kapasitas sofware ini cukup kecil, dan sangat mudah untuk digunakan, menurut saya cara ini adalah cara yang paling efektif dan saya sangat menyarankan anda menggunakan sofware ini untuk memonitor dan mengevaluasi artikel anda di hasil pencarian google,  kelebihan software ini dibandingkan menggunakan mesin pencari google adalah jika anda menggunakan mesin pencari google maka mau tidak mau anda harus mengecek satu persatu setiap kata kunci yang anda bidik, sedangkan jika menggunakan software free monitor for google anda akan mampu mengecek secara sekaligus banyak kata kunci dalam satu kali klik.

Untuk menggunakan FreeMonitor for google langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda download terlebih dahulu software free monitor for google di situs dibawah ini:
http://downloads.tomsguide.com/Free-Monitor-for-Google,0301-3853.html
Atau anda bisa download di alamat situs lain dengan melakukan pencarian "download free Monitor for google", banyak sekali situs yang menyediakan file download untuk software ini, silahkan anda cari.

b. Silahkan anda install free monitor for google pada komputer anda sampai berhasil, kemudian Jalankan software tersebut, tampilannya kurang lebih seperti gambar dibawah ini:

cara mengetahui posisi artikel di hasil pencarian menggunakan free monitor for google

Jika program sudah berjalan maka anda siap untuk menggunakan software tersebut untuk memonitor setiap artikel anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

c. Masukan Url Blog atau situs anda, caranya klik menu project, kemudian pilih sub menu Add URL, atau anda bisa tekan tombol bergambar + yang berwarna hijau, pada kotak isian kemudian anda masukan url blog anda, misal :strukturkode.blogspot.com

d. Langkah berikutnya, masukan juga kata kunci yang anda bidik untuk setiap artikel anda, caranya, pilih menu Project, kemudian pilih submenu Keywords

Monitor for google add keywords cara mengecek serp google dengan baik dan benar

Silahkan anda masukan kata kunci untuk setiap artikel blog anda pada kotak keyword, kemudian tekan tombol add, anda bisa memasukan lebih dari satu kata kunci yang relevan dengan artikel pada blog anda, tekan ok jika sudah selesai.

Kata kunci yang anda masukan akan muncul di halaman utama monitor for google,

e. Seting mesin pencari google yang ingin anda gunakan, caranya silahkan anda masuk ke menu Options, kemudian pilih submenu Preferences, akan tampil fasilitas pengaturan seperti gambar berikut:

melihat posisi blog di search enggine

Silahkan anda atur sebagai berikut:

Check First, silahkan anda masukan jumlah hasil pencarian untuk mengetahui posisi artikel anda. misal 10, artinya jika artikel anda ada di urutan 10 besar maka informasi posisi artikel anda akan muncul.

Country, silahkan anda pilih country untuk mesin pencari google, pilih saja indonesia,

Jika sudah kemudian tekan tombol ok

f. Lakukan pencarian dengan kata kunci yang anda masukan pada tahap sebelumnya, langkah-langkahnya adaah sebagai berikut:

cara mengetahui posisi rangking website di google

Daftar kata kunci yang anda masukan sebelumnya, akan muncul di bagian sebelah kiri, untuk mengecek kata kunci di hasil pencarian,  anda bisa  centang pada satu atau lebih kata kunci yang anda ingin cari, namun disarankan jangan centang terlalu banyak, sesuaikan juga dengan kecepatan internet yang anda gunakan karena jika dicentang semuanya, akan berakibat lambatnya proses pencarian.

Setelah anda mencentang daftar kata kunci yang ingin anda ketahui posisi di hasil pencarian, silahkan tekan tombol pencarian, tombol yang bergambar kaca pembesar seperti terlihat pada gambar diatas, tunggu hingga proses selesai, jika anda berhasil, maka hasil pencarian akan diperlihatkan di bagian sebelah kanan, jika kebetulan posisi artikel anda ditemukan di hasil pencarian, maka judul artikel anda akan ditebalkan, terlihat seperti gambar diatas.

Pada contoh di atas, Saya menguji kata kunci "penyebab blog sepi pengunjung" dan artikel saya muncul pada posisi ke 4, coba anda lihat di sebelah kanan pada gambar di atas. Anda bisa mengecek kata kunci anda setidaknya minimal satu minggu sampai 4 minggu sekali setiap kali anda selesai melakukan optimasi pada artikel blog anda.

Coba amati juga kolom posisi, ada gambar arah panah yang berwarna hijau ke atas, ada yang berwarna merah kebawah, dan ada yang berwarna abu lurus, warna merah menandakan artikel tersebut posisinya melorot ke posisi bawah, sedangkan yang berwarna hijau artinya artikel tersebut ada peningkatan posisi di hasil pencarian, artinya posisi artikel semakin baik dari sebelumnya, sedangkan yang berwarna abu-abu artinya tidak ada perubahan.

Yang harus anda prioritaskan adalah kata kuncu untuk artikel yang ditandai dengan panah berwarna merah mengarah kebawah, sedangkan panah yang  berwarna hijau yang mengarah keatas atau abu-abu jika belum menempati posisi terbaik bisa juga anda optimasi kembali, ingat setiap kali anda selesai optimasi, lakukan cek ulang untuk tiap kata kunci yang anda optimasi artikelnya, sehingga anda bisa memonitor, apakah ada perbaikan posisi atau malah menurun atau tetap di posisi semula.


Cara ini adalah cara yang sering saya gunakan untuk memonitor setiap kata kunci yang saya bidik, jika belum menempati urutan pertama maka saya akan terus optimasi  baik itu optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, sampai mendapatkan posisi terbaik atau posisi pertama.

Pelajari Juga: Cara memperbaiki rangking halaman situs di hasil pencarian google

Demikian artikel sederhana tentang Cara terbaik Mengatahui Posisi Artikel blog di hasil Pencarian Google, semoga bermanfaat.

8 komentar:

  1. wah terimakasih banyak gan, terutama untuk software monitoring untuk mengetahui posisi artikel di serp.

    ReplyDelete
  2. Caranya bagus ni mas, terutama softwarenya...saya intall dulu ya!

    Thanks

    ReplyDelete
  3. mantap gan saya suka dengan blog ini ,benar artikelnya lain daripada yang lain

    ReplyDelete
  4. terimakasih gan..blog ini memberi tutorialnya sangat jelas dan mudah di pahami...link downloadnya oke...thank yah ,.sukses gan..

    ReplyDelete
  5. Postingan yang bagus mas, sangat membuka wawasan baru buat pemula seperti saya. Terimakasih dan salam blogger

    ReplyDelete
  6. maaf bang admin punya saya. gak bisa ngeliat warna tanda naik apa turunnya artikel. yang keluar cuma tanda OK doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanda naik turun biasanya baru kelihatan ketika ke 2 kali atau lebih kita melakukan cek kembali, ada perbandingan dengan cek sebelumnya

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!