Ada banyak cara yang bisa kita upayakan agar artikel masuk halaman pertama google, bisa dengan seo maupun dengan beriklan di google. Untuk masalah seo banyak yang mengatakan SEO bukanlah ilmu pasti yang bisa dijalankan oleh siapa saja, benarkah itu?, tidak dipungkiri bahwa dalam menekuni dunia blogging butuh yang namanya strategi dan juga langkah-langkah yang pasti sehingga hasilnya juga cukup memuaskan. Blogging adalah salah satu ilmu yang mungkin hanya bisa di kerjakan oleh orang-orang yang mempunyai keahlian dalam segi menulis artikel, ada banyak orang di dunia maya yang mencoba untuk menekuni dunia blogging namun pada akhirnya mereka gagal begitu saja.

Blogging memang bukan sesuatu yang mudah untuk dijalani, perlu ketekunan dan sikap pantang menyerah, selin itu ada beberapa tips dengan teknik SEO kompleks yang harus dikuasai oleh kita sebagai seorang blogger. Terlebih soal penulisan konten artikel itu sendiri, membutuhkan pemikiran akan ide-ide kreatif yang harus benar-benar bisa di cerna dengan baik oleh pengguna Internet. Sebelum ke inti pembahasan, alangkah lebih baik bincang di kalimat sambutan (pembuka) yang lumayan panjang ini jangan anda lewatkan.

Agar artikel masuk halaman pertama google



Ada beberapa 2 poin dasar penulisan artikel untuk situs kesayangan anda yang perlu dipahami dengan baik.

  • Penulisan artikel dengan menggunakan teknik SEO
  • Penulisan artikel menggunakan teknik feeling dan natural
Perbedaan atau pembeda antara kedua konsep tersebut terletak pada cara penulisan konten artikel dan format penggunaan bahasa. Biasanya penulis artikel yang menggunakan teknik SEO seringkali menempatkan kata kunci utama di bagian paragraf awal dan penggunaan kata kunci turunan di paragraf kedua hingga paragraf berikutnya.

Teknik seperti itu digunakan untuk memberikan sinyal kepada robot perayap (spiderbot) untuk melakukan indeks artikel dalam waktu yang singkat. Kemudian yang kedua adalah dengan menulis artikel menggunakan teknik natural dengan bahasa ringkas, sederhana dan enak untuk/mudah dipahami.

Teknik penulisan konten artikel secara natural cenderung akan memberikan informasi yang lebih membangun di bandingkan dengan artikel yang menggunakan banyak kata kunci. Perbedaan seperti inilah yang nantinya berpengaruh terhadap otoritas halaman konten di mesin pencari seperti Google.

Dalam beberapa kasus di dunia blogging, ada banyak blogger yang masih sedikit mau memahami hal ini dengan baik seperti apa dan bagaimana teknik menulis artikel yang mampu meningkat kan trafik sebuah blog, khususnya untuk artikel yang benar-benar bisa masuk di halaman pertama Google.

Bagi seorang pemula yang baru saja terjun ke dunia blogging seperti saya ini, menulis artikel dan kemudian artikel dapat cepat dan mudah di indeks Google saja sudah sangat menyenangkan. Hehe.. Jangan di tiru loh ya?!. Hal seperti itu masih belum cukup untuk kemajuan dan per-kembangan situs, karena yang harus kita pikirkan adalah mengenai penulisan dan gaya kalimat pada konten artikel yang nantinya dapat dinilai oleh pengunjung blog atau pengguna internet.

Cara untuk Masuk halaman pertama Google

Cara agar artikel blog muncul di Google paling atas saya akui penting, tapi bukan itu yang paling penting. Penulisan, isi dan gaya bahasa adalah hal penting yang harus benar-benar dibuat dengan baik dan teliti.
Menyajikan konten yang informatif, mendidik dan membangun harus benar-benar maksimal. Tak usah risau memikirkan bagaimana cara untuk masuk ke halaman pertama mesin pencari. Menulis artikel dengan konsep yang bagus dan mudah dipahami oleh pengunjung akan di prioritas kan Google di halaman pertama.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, berikut ini adalah panduan bagaimana cara menulis artikel yang benar-benar bisa masuk halaman  pertama Google dengan menggunakan teknik SEO kompleks.

Teknik SEO Kompleks adalah salah satu teknik yang sebenarnya bukan teknik permanen untuk digunakan, hanya sebagai gambaran saja bagi anda agar lebih mudah memahami proses penulisan konten artikel, teknik ini dilakukan dengan cara menggabungkan strategi SEO On Page dan SEO Off Page, sehingga semuanya dapat saling melengkapi. Apa saja yang termasuk dalam teknik SEO Kompleks?

#1. Penggunaan Keyword dan judul yang selaras

Penggunaan keyword dan judul yang selaras, artinya di sini anda menggunakan judul dalam pembuatan artikel tidak bisa sembarangan atau tidak bisa semudah menulis cerita. Penggunaan judul harus benar-benar selaras dengan isi artikel, yang mana di artikel tersebut berisikan kata kunci atau varian kata kunci yang lebih baik. Biasanya dalam satu artikel akan terdapat beberapa kata kunci yang bagus untuk digunakan.

Pertama peletakan kata kunci di awal paragraf yaitu penggunaan kata kunci yang penting untuk memancing robot perayap mendapatkan sinyal indeks. Kedua peletakan kata kunci di paragraf berikutnya merupakan peletakan kata kunci turunan yaitu kata kunci yang di variasikan dengan kata kunci lainnya. Teknik ini masih ampuh sampai sekarang.

#2. Penggunaan Deskripsi artikel yang baik

Kedua, untuk anda yang masih awam dalam dunia blogging terlebih dalam pembuatan artikel, jangan lupa isi bagian deskripsi untuk pencarian. Penggunaan deskripsi ini begitu penting, dengan adanya deskripsi artikel untuk pencarian. Google pencarian dan calon pengunjung akan lebih mudah untuk memahami isi posting artikel.

#3. Banyaknya karakter kata

Yang berikutnya untuk penggunaan karakter, banyaknya karakter dalam penulisan artikel itu cukup berpengaruh untuk menentukan apakah artikel anda bisa masuk ke halaman pertama atau tidak. Penulisan artikel dengan jumlah karakter yang banyak memungkinkan Google mereferensikan kepada pengguna mesin pencari.

Ada fenomena yang paling mencolok terkait jumlah karakter ini. Pertama ada blog berumur dengan mudahnya masuk halaman pertama Google walaupun jumlah karakter nya sangat sedikit. Kemudian ada blog yang publish artikel dengan jumlah karakter banyak tapi sama sekali tidak masuk ke halaman pertama Google.

Perbedaan tersebut bukanlah sesuatu yang janggal. Seperti itu lah cara kerja mesin pencari. Google akan lebih mengutamakan blog yang sudah mempunyai kepercayaan dari banyak pengunjung, tapi tidak menutup kemungkinan Google juga akan menyajikan konten yang berkualitas tinggi, salah satunya memprioritaskan artikel dengan jumlah karakter atau kata lebih banyak.

#4.Penggunaan media tambahan yang teroptimasi

Yang tidak kalah pentingnya adalah melibatkan media tambahan di dalam artikel seperti gambar relevan dan video yang teroptimasi dengan baik, Media tambahan kabarnya dapat meningkakan kualitas artikel di mata mesin pencari, sehingga dengan adanya media tambahan seperti ini bisa memberikan nilai tambah bagi pengunjung dan mesin pencari seperti Google.
Baca : Optimasi gambar berkualitas seo

Nilai tambah yang akan didapatkan oleh pengunjung yaitu mampu memahami isi artikel dengan baik dan artikel akan lebih interaktif serta informatif, terlebih jika media yang anda gunakan berupa gambar penjelasan, info grafik, dan juga animasi berupa video. Dengan begitu Google juga akan menilai bahwa informasi yang anda sajikan benar-benar informatif dan layak untuk dibaca para pengguna mesin pencari.

Optimasi SEO Kompleks setelah artikel di publikasikan

Optimasi seo bukan hanya ketika kita membuat konten, namun setelah kita membuat konten pun ada optimasi seo yang harus kita lakukan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

#1. Mengsubmit ke Webmaster

Proses submit artikel ke Google webmaster ini tidaklah sulit, anda tinggal copy link artikel yang sudah dibuat dan masukkan ke dalam kolom submit webmaster. Apakah cara ini akan membuat artikel berada di halaman pertama Google?, tentu tidak, namun penggunaan cara ini difungsikan untuk memberitahu Googlebot bahwa ada halaman dengan konten baru pada blog, sehingga robot perayap bisa segera memulai untuk proses indexing konten artikel pada blog tersebut.

Proses indexing tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama, sekitar 5-10 menit saja, artikel yang anda buat akan berada di indeks Google.

#2. Gunakan teknik promosi konten

Ada banyak sekali teknik promosi konten, salah satu teknik promosi yang paling potensial adalah promosi menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, google plush dan media sosial lainnya. Tak heran jika banyak media portal berita yang menggunakan cara ini untuk mendapatkan kunjungan atau trafik situs dalam jumlah besar per hari nya, dan cara ini memang benar-benar terbukti. sehingga penggunaan teknik promosi dengan sosial media akan memberikan hasil yang optimal.

Promosi di media sosial akan meningkatkan sosial signal yang merupakan faktor seo yang dapat mempengaruhi pantas tidaknya artikel nongol di posisi terbaik, sehingga artikelpun akan memiliki potensi mucul di posisi terbaik. Google bot lebih menyukai artikel yang memiliki tingkat frekuensi kunjungan tinggi, sekalipun hasil kujungan tersebut dari sosial media. Setelah page view pada situs tercatat tinggi, anda bisa melakukan optimasi artikel yang hanya di khususkan untuk robot perayap.

#3. Gunakan teknik penanaman backlink

Yang berikutnya adalah jangan lupa untuk membangun backlink yang berkualitas, Kita tahu bahwa backlink atau tautan balik adalah salah satu teknik SEO untuk mengembangkan blog atau website secara optimal, tautan balik atau bakclink dari situs-situs populer seperti Viva.log bisa memberikan hasil yang baik untuk perkembangan trafik blog. Situs-situs yang sudah mempunyai otoritas dari mesin pencari Google, dampak nya akan baik bagi perkembangan lalulintas situs.

Kesimpulan

Banyak cara yang bisa anda gunakan agar artikel masuk di halaman pertama Google, yang paling umum adalah membuat artikel berkualitas dan menulis konten artikel secara natural (alami), materi konten yang dikuasai dengan benar akan mampu mengandung kata kunci target yang natural juga tanpa harus kita atur kepadatannya.

Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang baik, benar dan nyaman di baca (human Friendly), agar konten lebih disukai pengunjung situs dan pada akhirnya mesin pencari Google akan ikut menyukai, mengingat skema pengalaman pengguna yang baik atau dikenal juga dengan UX (user experience) Faktor adalah prioritas algoritma terbaru Google pencari saat ini.

(Ditulis oleh: Nino artikel).

3 komentar:

  1. Nice Artikel gan,, thx udah shere,,,
    q mau nanya sama yang nomor 4 diatas pada bagian cara masuk halaman pertama google tentang menambah media tambahan seperti gambar

    Pertanyaannya menyangkut GA gan,, apakah tidak bakalan diterima sama Ga kalau blog kita berisi gambar?? aku lihat kebanyakan blog diluar yang membahas tentang mendaftar Ga salah satu permasalahannya ada pada gambar,, nah di blog aku kan kebanyakan tutorial soalnya menyangkut komputer,, jadi Please mohon pencerahannya gan,, :) makasih banyak sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gambar harus sebanding dengan jumlah teks gan, artikel jangan didominasi gambar, saya juga dulu daftar blog di setiap artikelnya pasti ada gambar, tapi bisa diterima,

      jadi menurut saya tidak masalah yang penting teksnya banyak

      Delete
  2. komplek sekali, menurut saya memang yang penting adalah variasi kalimat dan penempatan kata kunci yang benar memang cukup berpengaruh

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!