Elektronik Mail (E-Mail) atau dalam bahasa indonesia dikenal dengan istilah surat elektronik (surel), adalah salah satu media yang bisa digunakan untuk mengirim dan menerima surat secara elektronik atau secara online melalui internet. seperti halnya mengirim atau menerima surat di dunia nyata, ketika anda ingin menggunakan email untuk mengirim surat maka yang perlu anda ketahui adalah alamat dari email yang akan dituju, begitu juga ketika anda hendak menerima surat maka anda harus masuk ke halaman utama akun email yang anda miliki, ketika anda memiliki alamat email anggap saja anda memiliki sebuah  kotak surat yang bisa anda gunakan  untuk mengirim surat dan untuk menerima surat.

Email saat ini ternyata bukan hanya untuk mengirim dan menerima surat saja, seiring dengan perkembangan dunia informasi dan teknologi terutama teknologi internet fungsi email ternyata semakin berkembang, karena saat ini fungsi email bukan hanya bisa digunakan untuk mengirim dan menerima surat saja, namun ternyata email bisa juga kita digunakan untuk mengirim file baik itu dalam bentuk gambar, video, artikel, dokumen, lampiran dan lain sebagainya.

Ada beberapa kelebihan kenapa kita disarankan mengirim data lewat email, dengan menggunakan email data yang dikirim akan lebih cepat sampai, menghemat tenaga dan biaya dan tentu saja gratis dan mudah, banyak sekali layanan email yang bisa kita gunakan untuk mengirim dan menerima surat, seperti misalnya email google atau gmail, email yahoo atau ymail, email outlook dll.

Pada artikel kali ini saya akan coba membahas tentang langkah-langkah bagaimana cara mengirim dan menerima data lewat email baik itu berupa surat tertulis, dokumen tugas, artikel, dan lain sebagainya menggunakan layanan email google dan email yahoo.

A. CARA MENGIRIM DAN MENERIMA PESAN MENGGUNAKAN EMAIL GOOGLE (GMAIL)

Sebelum anda dapat mengirim surat atau menerima surat menggunakan gmail maka syarat pertama yang harus anda miliki adalah email google, jika anda kebetulan belum memiliki email gmail, silahkan anda buat terlebih dahulu email gmail anda, sebagai panduan anda bisa baca artikel sebelumnya tentang cara membuat email gmail terbaru, jika anda berhasil anda akan memiliki alamat email dengan format alamat_email_anda@gmail.com, berakhiran @gmail.com, anda bisa mengirim dan menerima surat dengan menggunakan alamat email anda tersebut, berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan email gmail anda:

1. Masuk Ke Akun Gmail Anda

a. Untuk masuk ke akun gmail anda, silahkan anda menuju situs gmail.com , anda akan disajikan tampilan form login.

b. Kemudian masukan alamat email gmail anda dan juga passwordnya pada form login, jika anda berhasil anda akan masuk ke halaman utama akun email gmail anda

2. Ubah Bahasa Email Menjadi Bahasa Indonesia

Agar anda bisa lebih mudah untuk memahami bagaimana berinteraksi dengan email gmail anda, dan jika kebetulan  bahasa email anda adalah bahasa inggris, silahkan anda ubah bahasa email yang digunakan menjadi bahasa indonesia terlebih dahulu, berikut langkah-langkahnya:

a. Pada halaman utama akun email anda, silahkan anda cari dan klik gambar roda gigi, terletak di pojok kanan atas, kemudian pilih menu "Settings", terlihat seperti gambar berikut:

Merubah bahasa gmail menjadi indonesia

b. Di tampilan seting, silahkan pilih tab general kemudian pada language, silahkan anda pilih Bahasa Indonesia, terlihat seperti gambar berikut:

Cara merubah bahasa email gmail
Jika sudah kemudian scroll kebawah, kemudian tekan tombol "Save Changes"

2. Cara Menulis dan mengirim Pesan Disertai +File di Gmail

Setelah anda berhasil masuk ke halaman utama akun gmail anda, untuk mengirim pesan dan juga file,langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Silahkan anda klik tombol "Tulis" berwarna merah, yang terletak di pojok kiri atas

cara mengirim pesan lewat email gmail terbaru

maka akan ditampilkan fasilitas dalam bentuk kotak yang dapat anda gunakan untuk membuat pesan seperti terlihat pada tampilan dibawah ini:


No1, Alamat Email, silahkan anda masukan alamat email penerima yang akan dituju, alamat email pada umumnya dilengkapi dengan tanda @, misal abc@gmail.com, anda bisa mengirim email ke alamat email sejenis ataupun ke alamat email berbeda, misal dari gmail ke gmail atau dari gmail ke yahoo atau outlook dan juga sebaliknya.

No2, Subjek atau judul pesan, Silahkan anda masukan Judul pesan anda, misal Tugas atau terserah sesuai dengan judul pesan yang ingin anda sampaikan.

No3,attach file, digunakan untuk melampirkan file, Jika Anda ingin melampirkan sebuah file, misal dalam email anda selain pesan anda juga menginginkan melampirkan sebuah dokumen tugas dalam bentuk word,excel, gambar berupa foto, atau file-file lainnya,  silahkan anda tekan tombol No 3, kemudian pilih File yang akan anda lampirkan pada komputer anda. Tunggu beberapa saat sampai file yang anda pilih terupload untuk email anda, fasilitas ini sifatnya optional, jangan gunakan fasilitas ini jika anda tidak berniat mengirim file.

No4,ruang isi pesan, silahkan anda tulis Isi pesan email yang anda akan kirimkan.

Jika  Langkah-langkah pengisian data pengiriman email sudah dilengkapi, kemudian silahkan anda tekan tombol "Kirim".

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil menggunakan email untuk mengirim pesan

 3. Cara Menerima Email di Gmail

Untuk menerima email langkah pertama adalah harus ada pihak ke dua yang sudah mengirimkan pesan ke email anda, untuk melihat email masuk yang anda terima di gmail, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

a. Masuk ke email anda

b. Pada tampilan utama halaman utama email anda, lihat bilah menu sisi kiri, kemudian pilih tulisan "Kotak Masuk", seperti gambar dibawah ini:

Akan ditampilkan 3 tab, yaitu Utama, sosial dan tab Promosi, seperti yang ditandai dengan no 1,2,3 pada gambar diatas.

No1 adalah Tab utama, biasanya berisi email yang dikirim pada umumnya,

No2 adalah tab sicial, biasanya berisi email yang dikirim dari media social yang diintegrasikan secara otomatis seperti facebook, twitter google+ dan dll,

No3 Tab promosi, biasanya berisi email-email yang anda terima yang sifatnya promosi,

Silahkan cari email yang anda terima di ketiga tab tersebut, jika, jika anda sudah menemukan email yang dimaksud anda bisa membukanya dengan mengklik pada salah satu daftar email yang anda maksud, lihat no 4 diatas.

Maka email akan terbuka dan siap anda baca, email terkirim bisa saja bukan hanya berisi pesan, namun bisa saja dilengkapi dengan file dan lain sebagainya yang bisa anda download.

4. Cara Membalas Email di Gmail

Anggap saja email yang anda terima sama halnya dengan sms yang anda terima, dimana anda bisa membalas sms yang anda terima tersebut, sama halnya dengan sms, email yang anda terima kemudian anda buka, jika anda berniat ingin membalasnya anda tinggal menekan tombol reply dan tulis pesan balasan anda, sama halnya ketika anda berniat mengirim pesan, angkahnya adalah sebagai berikut:

a. buka pesan email anda, maka isi email secara otomatis akan ditampilkan

reply atau membalas pesan di gmail
Untuk membalas isi pesan yang anda terima, silahkan anda klik tombol "Reply" seperti terlihat pada gambar diatas, maka akan ditampilkan fasilitas untuk membalas pesan:


Silahkan tulis pesan balasan anda, kemudian jika selesai tekan tombol kirim.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

B. CARA MENGIRIM DAN MENERIMA PESAN MENGGUNAKAN EMAIL YAHOO (YMAIL)

Sebelum anda bisa menggunakan fasilitas yang ada di email yahoo baik itu untuk mengirim maupun menerima surat yang pertama yang harus anda miliki tentu saja adalah email yahoo, jika anda belum memiliki email yahoo silahkan buat terlebih dahulu, sebagai panduan, silahkan baca artikel sebelumnya mengenai cara membuat email yahoo terbaru, Utuk mengirim dan menerima pesan lewat email yahoo sama halnya dengan cara mengirim dan menerima pesan lewat email lainnya, perbedaanya hanya terletak pada jenis email yang digunakan saja dan tampilan halamannya akan sedikit berbeda.

1. Masuk ke akun emil yahoo anda.

a. Untuk masuk ke halaman akun email anda silahkan anda kunjungi alamat ymail.com

b. Kemudian masukan alamat email anda beserta passwordnya untuk masuk. jika berhasil anda akan disajikan halaman utama email yahoo anda.

2. Cara Mengirim pesan + File menggunakan email yahoo.

Seletah anda berhasil masuk ke halaman utama email yahoo anda, baru anda bisa menulis email untuk dikirimkan, untuk mengirim email di yahoo, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Di halaman utama akun email anda, lihat bilah menu sisi kiri, pilih dan klik tulisan "Compose"

cara menulis pesan di email yahoo

Maka akan ditampilkan formulir untuk membuat pesan seperti gambar berikut:


Berdasarkan gambar diatas:

No1 To, Silahkan diisi dengan alamat email tujuan.

No2 Subject, Silahkan isi dengan judul pesan anda

No3 Attach File, Jika anda bermaksud mengirimkan file-file tertentu melalui email, silahkan anda klik gambar no 3 diatas, kemudian silahkan anda masukan file-file yang ingin anda lampirkan dengan pesan email anda.

No4 Isi pesan, silahkan anda tulis isi pesan yang akan anda kirimkan

Setelah diisi dengan lengkap silahkan anda tekan tombol "Send" untuk mengirimkan pesan anda.

3. Cara Menerima atau membuka pesan di Yahoo Mail

Untuk membuka pesan di email yahoo sebenarnya sangat mudah sekali, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

a. Masuk ke email yahoo anda,

b. Pada halaman utama akun email yahoo anda, pada bilah menu sisi kiri, silahkan pilih dan klik menu bertuliskan "Inbox" atau "Kotak Masuk" anda akan disajikan daftar pesan masuk

c. Pada daftar pesan masuk yang diterima silahkan anda pilih dan buka email yang anda terima, pesan tersebut otomatis akan terbuka dan pesan bisa anda baca, jika didalam pesan yang anda terima dilampirkan juga file-file tertentu, anda bisa mendownload file-file tersebut secara langsung.

4.Cara membalas Pesan di email yahoo

Setelah pesan terbuka, jika anda hendak membalas pesan yang anda terima silahkan tekan tombol reply atau balas, terlihat seperti gambar dibawah ini:

cara membalas pesan email yahoo

Silahkan anda isi pesan balasan anda pada form yang disediakan, kemudian kirimkan

Sampai tahap diatas berarti anda sudah berhasil, mengirim pesan +file kemudian membuka pesan dan juga membalas pesan email yahoo anda.

Penggunaan email saat ini banyak digunakan bukan hanya untuk administrasi perkantoran namun untuk semua lapisan masyarakat sehingga peranan email sangat penting sekali.

Demikian Artikel sederhana tentang Cara mengirim dan menerima data lewat email yahoo, gmail terbaru, semoga bermanfaat.


2 komentar:

  1. posting sangat bermanfaat, dan sangat membantu

    ReplyDelete
  2. MAKASIH...
    SUDAH MEMBANTU SAYA UTK MENGIRIM TUGAS DARI DOSEN

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!