Menghilangkan tanggal postingan blog di SERP untuk optimasi SEO - Sebelumnya saya sudah membuat artikel mengenai cara meningkatkan visitor blog organik, salah satu cara untuk meningkatkan visitor atau pengunjung organik adalah dengan cara menghilangkan atau menyembunyikan tanggal posting artikel pada hasil pencarian mesin pencari (SERP), sehingga tanggal posting tidak ditampilkan pada hasil pencarian mesin pencari, langkah tersebut perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk optimasi seo agar peluang pengunjung mengunjungi blog anda lebih besar.
Pada umumnya hasil pencarian selain menampilkan judul artikel dan descripsi artikel relevan juga akan menampilkan tanggal poting mengenai tanggal dibuatnya artikel tersebut, jika anda amati anda akan mendapatkan hasil pencarian ada yang mengandung tanggal posting dan juga tidak menampilkan tanggal posting, sepertinya untuk beberapa blogger mereka lebih memilih menghilangkan tanggal postingan bukan tanpa alasan, alasan utamanya adalah agar artikel mereka tidak dianggap kadaluarsa, sehingga memiliki peluang di kunjungi sama besarnya dengan artikel komputetior yang diangap baru, dan ini akan meningkatkan visitor blog organik menjadi lebih baik.

Saya jelaskan sedikit mengenai apa itu visitor blog organik, visitor blog organik adalah pengunjung yang berhasil mengunjungi blog anda bersumber dari mesin pencari google, alasan kenapa pengunjung organik harus ditingkatkan dikarenakan pengunjung organik adalah pengunjung yang dianggap memiliki kelebihan di mata mesin pencari, apalagi jika blog yang kita miliki dimonetisasi menggunakan google adsense, peranan pengunjung organik sangat menentukan besar kecilnya nilai CPC atau cost per click unit iklan google adsense yang akan kita peroleh.

Alasan Kenapa Tanggal Posting perlu disembunyikan dari hasil Pencarian Google

Lantas apa kaitannya antara menyembunyikan tanggal posting di hasil pencarian google dengan meningkatkan pengunjung organik?, sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan pengunjung organik selain menyembunyikan tanggal postingan artikel, tanggal posting sebagai salah satu cara untuk meningkatkan pengunjung organik dikarenakan jika tanggal posting terlihat dihasil pencarian google, peluang pengunjung untuk mengunjungi blog kita akan sedikit berkurang.

Bisa jadi judul artikel blog anda mudah untuk ditemukan pada halaman pertama hasil pencarian, namun saya yakin artikel serupa juga akan ditemukan sebagai blog kompetitor untuk judul artikel anda, pengunjung pada umumnya akan lebih suka untuk mengunjungi blog yang masih fresh jika dibandingkan dengan artikel blog yang sudah dianggap kadaluarsa, jadi jika artikel anda kebetulan sudah dianggap kadaluarsa karena ternyata masih memperlihatkan informasi tanggal postingan pada hasil pencarian, maka scara otomatis akan menjadi pertimbangan pengunjung untuk mengunjungi blog anda, oleh karena itu jika informasi tanggal postingan dihilangkan, kemungkinan pengunjung tidak akan memilih blog anda ketika menemukan artikel blog anda pada hasil pencarian, meskipun urutan posisi hasil pencarian untuk artikel blog anda ada di 3 besar.

 Cara Menyembunyikan Tanggal Postingan pada Hasil Pencarian (SERP)

Untuk menyembunyikan tanggal posting dihasil pencarian google kita bisa memanfaatkan konfgurasi widget yang terdapat pada akun blog anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke akun blogspot anda

2. Pilih  Blog anda pada daftar, kemudian pada bilah menu sisi kiri pilih menu tata letak

3. Pada area kotak posting blog (blog posts) klik edit seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Menyembunyikan tanggal postingan untuk optimasi seo
4. Pada pilihan yang ditampilkan, jangan centang atau hilangkan centang pada tanggal seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Menghilangkan tanggal posting blog untuk optimasi seo
5. Silahkan tekan tombol Simpan, kemudian jangan lupa tekan juga tombol Simpan setelan

Sampai tahap diatas tanggal artikel blog anda pada hasil pencarian tidak akan ditampilkan, untuk artikel yang sudah di index kita harus menunggu google bot mengindex kembali artikel lama anda tersebut, untuk artikel baru setelah anda melakukan seting diatas, tanggal tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian, sehingga lebih berpeluang untuk menarik pengunjung organik google.

Sekian artikel tentang  Menghilangkan tanggal posting di SERP untuk optimasi SEO, semoga bermanfaat.


20 komentar:

  1. Halo mas, salam kenal. Saya suka post blog mas. Memberi info soal blog lebih mendalam.
    Untuk yang kali ini saya ingin tahu. Apakah ada caranya utk yang pengguna wp?

    ReplyDelete
  2. thank you mas bro, kalau di artikel lain tipsny masih ngawur, tapi klau di sini to the point..
    ohya kayaknya rangking alexa blog ini naiknya cepat banget bro...
    kemarin masih 100ribuan, skrg udh 40ribuan, mantap.. :D

    ReplyDelete
  3. saya coba di blog saya kenapa masih ada ya tanggalnya di pencarian.. mohon pencerahanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya tidak sekaligus gan, perlu waktu sepertinya sampai google bot mengcrawl ulang,

      Delete
  4. Terimakasih gan :D btw, beberapa artikel saya bertengger di SERP bareng sama artikel agan

    ReplyDelete
  5. saya mau tanya nih gan.... itu udah saya terapkan sekitar 5 hari yang lalu di blog saya...tapi kenapa ya pas saya bikin artikel baru pun tidak ada satu pun tanggalnya yang hilang dari SERP google..saya cek tidak ada satu pun gan.... ada pencerahannya ngk gan???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang sperti itu gan, perlu waktu malahan saya sendiri tidak tau pasti berapa lama, yang jelas pada akhirnya tanggal postingan tidak nampak di serp

      Delete
  6. mas bukanya saya mau apa apa,saya cuma pengen minta pendapat mas tentang blog saya, tolong ya mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk blog download sudah cukup bagus menurut saya mas, keep blogging saja terus mas, sesuai pasion mas.

      Delete
  7. Wah terima kasih sekali atas informasinya gan. Sangat membantu saya. karena saya lagi kebingungan kenapa ada tanggal postingan di search google

    ReplyDelete
  8. pasti terjadi error di Struktur Data pada Google Search Console. ada cara lain tidak mas supaya tidak terjadi error di Google Search Console waktu tanggal postingan disembunyikan atau dihilangkan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar mas itu resikonya jika menghilangkan tanggal posting.

      Delete
    2. kalau error terus di Struktur Data pada Google Search Console, apa tidak berbahaya buat blog mas, contohnya aja hilang author dan hilang update ??? mohon pencerahannya mas

      Delete
    3. Tidak cuma informasinya jadi kurang lengkap dimata mesin pencari, tapi yang paling baik ya yang struktur datanya lengkap. karena itu yang direkomendasikan oleh semua mesin pencari

      Delete
  9. Punya saya kok masih ke index ya Kang hehehe, padahal dari dulu udah saya matiin opsi tanggalnya. Mungkin gara2 daleman template yang berantakan kali ya hikz Y_Y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu biasanya dari schema org di templatenya kang mugi, untuk publish datenya sepertinya masih terpasang.

      Delete
  10. Terima kasih mas Didin. Selama ini, saya pribadi, memandang tanggal posting baru di serp selalu lebih menarik untuk di klik.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!