Tips Cara Membuat Judul Postingan Standar SEO Friendly - Menulis Artikel adalah salah satu hal yang menjadi runititas para blogger, artikel yang baik adalah artikel yang mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari, agar artikel mudah ditemukan oleh mesin pencari, kita harus mampu melibatkan optimasi seo onpage dan optimasi seo offpage secara efektif, salah satu yang berperan agar artikel kita muncul pada hasil pencarian search enggine (SERP) adalah judul artikel yang berkualitas SEO atau judul postingan yang memiliki standar SEO Friendly,  judul atau title adalah salah satu dari 200+ faktor page rank yang harus mendapatkan perhatian khsusus. lantas bagaimanakah cara membuat judul berkualitas SEO itu?. secara umum jika kita berbicara SEO maka tujuan terakhir adalah bagaimana cara membuat artikel atau postingan mudah ditemukan oleh mesin pencari.

Tips Membuat JUDUL POSTINGAN Berkualitas SEO

pada artikel kali ini saya akan coba memberikan tips tentang cara membuat judul artikel yang mudah untuk ditemukan mesin pencari dan secara maksimal dapat menjaring visitor. beberapa tips berikut bisa anda coba:

1. Mencari Kata kunci Yang Banyak Diminati

Salah satu yang paling utama sebelum membuat artikel adalah menentukan kata kunci untuk artikel tersebut, kata kunci yang baik adalah kata kunci yang paling banyak diminati, karena kata kunci seperti itu berpeluang mendatangkan banyak pengunjung, ada beberapa cara bagaimana cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari salah satunya adalah dengan memanfaatkan google trends, salah satu aplikasi milik google yang dapat kita gunakan untuk mendapatkan informasi mengenai topik yang paling trends atau topik yang sedang populer, kita bisa memanfaatkan google trends untuk mendapatkan kata kunci yang paling banyak dicari.

Sebagai referensi silahkan baca:
 Riset Kata Kunci dengan Google Trends
5 Cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari 

2. Meletakan Kata Kunci pada Suku kata pertama

Setelah kata kunci kita tentukan, langkah berikutnya adalah membuat judul dengan kata kunci tersebut, untuk membuat judul yang lebih seo friendly, sebaiknya meletakan kata kunci yang kita bidik pada suku kata pertama, misal jika kata kunci yang kita bidik adalah "Optimasi SEO Onpage", judul yang bisa kita buat untuk kata kunci tersebut adalah :

a. "Optimasi SEO Onpage Pada blog",
b. "Cara mudah melakukan optimasi seo onpage" atau
c. "Cara melakukan optimasi seo onpage yang keliru"

ketiga judul diatas, semuanya bisa kita jadikan judul artikel postingan, dan sah-sah saja tidak ada yang salah, namun untuk membuat judul lebih seo friendly yang paling baik untuk digunakan adalah judul pada point a yaitu "Optimasi SEO Onpage pada blog", karena judul ini menempatkan kata kunci yang kita bidik pada suku kata pertama.

Kata kunci utama yang diletakan pada suku kata pertama terlepas faktor seo lainnya, akan lebih diprioritaskan untuk menduduku peringkat hasil pencarian yang lebih baik. oleh karena itu harus selalu kita ingat, jika judul yang kita bidik bisa kita tempatkan diawal suku kata judul artikel, lebih baik kita usahakan untuk membuat judul dengan teknik tersebut.

3. Menggunakan Longtail Keyword untuk Judul

Apa itu Longtail keyword ?, longtail keyword adalah kata kunci yang terdiri dari lebih dari 3 suku kata  yang kita kembangkan dari kata kunci utama yang kita bidik, sebagai contoh misalkan saja, kata kunci utama yang kita bidik adalah "Jual Jaket Kulit" dari kata kunci utama tersebut sebaiknya kita kembangkan lagi menjadi beberapa judul menjadi lebih dari 3 suku kata, bisa saja saya membuat judul longtail keyword dari kata kunci tersebut menjadi:

"Jual Jaket kulit murah 2014"
"Jual jaket kulit aneka warna terbaru"
"Jual jaket julit asli garut murah meriah"
dan judul-judul lainnya.

Kenapa harus menggunakan longtail keyword? karena kata kunci yang terdiri dari 1, 2 atau 3 suku kata pada umumnya sudah di kuasai oleh situs-situs atau blog dengan page rank dan otoritas yang tinggi dimata mesin pencari, kadang kita akan kesulitan bersaing dengan menggunakan kata kunci dengan short tail keyword, kecuali kata kunci yang kita gunakan kurang diminati atau saingannya sedikit, namun untuk kata kunci dengan tingkat persaingan tinggi sebaiknya kita menggunakan kata kunci long tail keyword, dengan kata kunci longtail keyword peluang artikel kita ditemukan akan lebih baik dan mampu bersaing dengan kata kunci short tail keyword yang dimiliki oleh situs berpagerank dan punya otoraitas baik.

silahkan baca juga: Cara memilih longtail keyword yang tepat

4. Tambahkan Judul dengan kata promosi yang memiliki nilai jual

Salah satu yang tidak kalah pentingnya adalah menambahkan judul dengan kata-kata yang dapat memancing penasaran para pengunjung untuk mengunjungi blog kita, kata promosi yang memiliki nilai jual mampu meningkatkan pengunjung, ini akan meningkatkan nilai seo untuk judul tersebut, ketika judul artikel yang kita buat ditemukan pada posisi yang baik oleh mesin pencari atau search enggine, maka peluang judul tersebut untuk dikunjungi akan semakin baik,

kata promosi yang bisa kita gunakan misalnya yang menunjukan angka tertentu, termurah, terbaik, lengkap, paling jitu dan kata lainnya, contoh kata kunci dengan menambahkan kata promosi:

"31 judul artikel paling banyak dicari"
"optimasi seo onpage lengkap dan jitu"
"Jaket kulit murah paling banyak dimintani artis"
dan lain-lain

semakin baik kita memilih kata kunci promosi itu akan semakin mendapatkan perhatian orang dan akan meningkatkan pengunjung blog.

Demikian yang bisa saya share mengenai Tips Membuat JUDUL POSTINGAN Berkualitas SEO, semoga bermanfaat untuk anda.


7 komentar:

  1. makasih banyak sob,
    sangat bermanfaat sekali bagi semua,,terutama bagi saya..

    kalau ada waktu,,sempatkan untuk berkunjung balik ke blog baru saya ya sob..
    >> tutorialblogwiky.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. membantu sekali apalagi untuk newbie kaya saya, oh ia saya mau tanya kenapa ya postingan blog saya kalau di cari di bawah judul artikelnya itu bukan url blog kaya yang lain tapi malah url google+ jadi saat di klik gak langsung masuk ke laman blog tapi masuk ke google+ dulu? terimakasih mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena mbak pada waktu cek di pencarian google, status mbak sedang login di blog atau di google plush, jadi disarankan jika ingin mengecek posisi artikel di hasil pencarian mbak harus logout dulu dari akun google, email, blogger ataupun g+, atau jika tidak logout, mbak bisa gunakan mode incognito window/ mode jendela pribadi di browser mbak untuk mengecek urutan posisi artikel di hasil pencarian, agar hasil pencarian tepat

      Delete
  3. Jangankan artikel, judul saja ternyata juga harus seo,,, Hmmm luar biasa google ini. Sip!! Admin artikelnya sangat membantu dan terima kasih.

    ReplyDelete
  4. bagaimana jika kita membuat artikel yang berbeda niche dari niche umum? karena dirasa niche umum itu kurang menarik perhatian para pengunjung dan visitor?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!