Sebagai seorang blogger atau pemilik website sudah pasti tau manfaat backlink, backlink salah satu faktor yang menjadi tolak ukur sebuah situs berpeluang muncul lebih baik di SERP, untuk memburu backlink sebaiknya didukung oleh tools yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan memperoleh informasi yang dimiliki oleh sebuah situs dimana kita hendak meletakan backlink kita didalamnya.
kenapa perlu tools khusus, itu karena browser seperti halnya mozila atau firefox secara default tidak menyediakan informasi yang diperlukan secara langsung,oleh karena itu kita harus menginstal tools khusus untuk mempermudah melihat informasi yang diperlukan ketika memburu backlink.

Informasi situs Yang Harus diketahui ketika memburu backlink

Ketika memburu backlink, secara umum ada beberapa informasi yang harus kita ketahui mengenai segala sesuatu dari situs dimana kita akan meletakan backlink, informasi yang harus kita ketahui diantaranya adalah:

a. Status Link, apakah link keluar yang diberikan adalah linkdofollow atau nofollow, jika kita hendak berburu backlink dengan blogwalking, atau dengan dummy blog misalnya, kita harus memperhatikan apakah link pada artikel atau komentar yang kita masukan statusnya link dofollow atau nofollow. jika belum tau mengenai apa itu backlink dofollow dan nofollow  silahkan anda bisa baca Perbedaan backlink dofollow dan nofollow.
Mana yang harus kita pilih, apakah memburu backlink dofollow atau backlink nofollow, sebenarnya keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan, jika kita berburu backlink untuk meningkatkan page rank suatu halaman blog atau situs yang kita miliki lebih baik memburu backlink dofollow, tetapi untuk tujuan agar terlihat natural dimata google, jangan kita tinggalkan untuk memburu backlink nofollow, jadi dua-duanya punya porsi masing-masing.

b. Page rank (ranking halaman), pagerank atau lebih dikenal dengan PR memiliki nilai dari 0-10, semakin baik page rank halaman sebuah situs dimana kita akan meletakan backlink akan semakin baik untuk backlink yang kita tanam.

c. Domain Authority, domain atuhority atau otoritas domain memiliki nilai dari 0 -100, semakin tinggi nilai domain authority yang dimiliki oleh sebuah situs dimana kita akan meletakan backlink didalamnya itu akan semakin baik, dan akan berpengaruh terhadap kualitas backlink yang kita tanam.


Tools yang digunakan ketika memburu backlink

Informasi diatas tentunya sulit kita ketahui tanpa menggunakan tools khusus,  ada beberapa tools khusus yang bisa digunakan untuk mempermudah memperoleh informasi yang bisa kita gunakan diantarnya adalah:

a. NoDoFollow mozila plugin, tools ini digunakan untuk melihat status link keluar yang diberlakukan oleh situs atau blog dimana kita akan meletakan link didalamnya, dengan menggunakan tools ini status link keluar pada situs tersebut akan mudah kita ketahui, biasanya link nofollow akan di beri dasar warna merah muda sedangkan untuk link dofollow akan diberi dasar warna biru muda.silahkan anda baca Cara mengetahui link dofollow atau nofollow.
Untuk instal tool ini anda bisa gunakan layanan plugin mozila firefox yang dapat anda akses melalui menu alat>pengaya, silahkan cari dan instal NoDoFollow plugin, kemudian setelah instalasai selesai, silahkan restart browser anda, dan untuk menggunakan plguin ini, anda tinggal klik kanan pada halaman blog atau situs yang ingin anda lihat status linknya, kemudian pada menu yang muncul pilih submenu NoDoFollow.


b.SeoQuake mozila plugin, tools ini digunakan untuk memperoleh informasi mengenai Page Rank, Index halaman, nilai Alexa Rank, Twetter follower, facebook fans dan yang lainnya, yang dimiliki oleh suatu ahalaman blog atau situs, untuk instal plugin ini, anda bisa menggunakan layanan plugin mozila firefox, menu alat > pengaya, kemudian silahkan cari dan instal SeoQuake plugin, setelah instalasi selesai, browser harus anda restart, jika berhasil diinstal tools tersebut akan ditampilkan dibawah address bar, kita bisa lihat status informasi suatu halaman situs, kurang lebih terlihat seperti berikut:


tools tersebut adalah tools wajib yang harus anda instal, dan akan membantu mengetahui informasi yang dimiliki oleh sebuah situs untuk analisa ketiaka anda berburu backlink.



5 komentar:

  1. mantap infonya gan,, mampir ya www.enkosa.com

    ReplyDelete
  2. thx for your post

    http://harafimulki.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. bagus ,, perlu di coba ,, heheheh

    ReplyDelete
  4. matap gan Blognya...coba daftar GA kemarin belum bisa ketrima minta doanya gan byar bisa ketrima,,,hahahahaa

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!