Riset Kata Kunci dengan Google Trends -  artikel ini sebenarnya artikel sambungan dari artikel saya sebelumnya mengenai cara mencari kata kunci populer menggunakan google trends, karena saya pikir terlalu panjang, jadi saya buat artikel baru yang masih berkaiten erat dengan artikel tersebut.


disini akan dijelaskan mengenai riset kata kunci dengan google trends dan bagaimana menggunakan google trends untuk mendapatkan kata kunci populer, perlu anda ketahui bahwa google trends lebih tepatnya digunakan untuk mencari kata kunci yang paling populer, artinya kata kunci yang paling banyak dicari orang didunia internet, parameter yang digunakan google trends berdasarkan penelusuran mesin pencari google.

Perbedaan google trends dan google keyword planner

Apa bedanya google trends dengan google keyword planner?, perbedaan kedua alat tersebut terletak pada fungsinya, google trends adalah alat untuk memperoleh informasi mengenai kata kunci yang paling populer, banyak dicari orang dan sedang naik daun, sedangkan google keyword planner adalah alat untuk menganalisa jumlah pencarian terhadap kata kunci tertentu serta tingkat kompetitor atau tingkat pesaing dari kata kunci yang kita tentukan tersebut, kalau kita lihat dari fungsinya, keduanya sangat berkaitan artinya keduanya bisa kita gunakan secara bersama-sama untuk mendapatkan kata kunci yang benar-benar punya kualitas, sehingga kata kunci tersebut siap kita sisipkan sebagai judul artikel yang akan kita buat.
 

Riset Kata Kunci Dengan Google Trends

Untuk mendapatkan judul artikel yang berkualitas, sebaiknya  jangan asal tembak, karena seandainya judul artikel kita tembak secara langsung, belum tentu judul tersebut adalah judul yang sedang populer atau judul tersebut belum tentu judul yang paling banyak diminati orang saat ini, meskipun tidak salah ketika kita mengambil judul secara langsung tanpa melalui riset kata kunci terlebih dahulu itu sah-sah saja, namun cara terbaik untuk mendapatkan judul paling populer adalah dengan melakukan riset kata kunci, salah satunya adalah dengan menggunakan tool google trends.

Agar lebih memahami bagaimana cara melakukan riset kata kunci dengan google trends, kita gunakan contoh kasus sebagai berikut:

Misal saya adalah seorang blogger yang berencana membuat sebuah artikel, topik yang akan dijadikan judul kita misalkan adalah topik mengenai "Cara", kalo kita amati, topik cara ini akan banyak sekali bisa kita jadikan judul, bisa saja saya mengambil judul "Cara mendaftar google adsense" atau "Cara mendapatkan dolar di internet" atau "Cara membuat akun gmail" dan masih banyak judul lainnya dengan topik "Cara" tersebut, tapi kita belum tau judul mana yang paling banyak diminati orang saat ini, oleh karena itu kita akan gunakan google trends untuk mengetahuinya. baik, mari kita mulai, silahkan buka Halaman Google Trends Explorer, kita akan mendapatkan informasi beberapa kelompok tampilan sebagai berikut:

#1. kriteria Pencarian

 Kriteria pencarian digunakan untuk menentukan kriteria pencarian mengenai kata kunci yang paling populer

Riset kata kunci dengan google trends step1

untuk kriteria pencarian kita atur seperti gambar diatas, coba perhatikan kotak warna merah yang sudah saya kasi normor:

1. Pilihan Negara, pilih indonesia artinya kita akan mencari kata kunci populer untuk wilahayah indonesia, anda juga bisa mencobanya untuk negara yang lain,

2. Past 12 months, maksudnya kita akan menampilkan kata kunci terpopuler selama 12 bulan atau satu tahun terakhir, anda juga bisa mencoba memilih 7 hari terakhir, 1 bulan terakhir atau tahun tertentu.

3. Internet & Telkom, ini adalah pilihan kategory, artinya kita akan menampilkan kata kunci terpopuler untuk kategory tersebut, anda juga bisa mencoba untuk memilih kategory yang lain.

4. Web Search, artinya bahwa kata kunci yang ditampilkan berdasarkan popularitas web search, tentu saja jika kita pilih web search dalam hal ini adalah mesin pencari google, anda juga bisa mencoba pilahan yang lain untuk kasus ini,

5. Setings, anda bisa merubah bahasa dan mendownload hasil pencarian dari kata kunci terppopuler melalui menu ini.

6.Add Item, silahkan tekan tombol "+Add Item", kemudian pada kotak isian yang muncul kita masukan topik yang ingin kita peroleh informasi popularitasnya, untuk kasus ini kita masukan saja dengan kata "Cara" seperti terlihat pada gambar diatas kemudian tekan enter,  sampai tahap ini google trends akan menampilkan informasi  kata kunci dengan tingkat popularitasnya yang sangat erat kaitannya dengan kata "cara" yang kita masukan tersebut.

Sebenarnya kita bisa memasukan topik yang lain pada tahap ini, misal kita bisa memasukan kata  "bagaimana" atau kata "komputer" atau kata apa saja sesuai dengan yang anda pikirkan, yang jelas, jika kata tersebut tepat, maka setiap kata kunci yang berkaitan dengan kata yang kita masukan tersebut akan ditampilkan satu-persatu disertai dengan tingkat popularitasnya. silahkan anda coba.

#2. Informasi Regional Interest

Informasi regional interest menunjukan wilayah yang memiliki pencarian terbanyak menggunakan kata kunci  yang kita masukan pada tahap 6 diatas, coba kita bisa scroll ke bawah dan bisa kita amati mengenai reginal interest dari kata kunci "Cara" yang kita masukan tersebut seperti gambar berikut:
Riset kata kunci dengan google trends step2


Dapat kita lihat pada gambar diatas mengenai regional interest atau daerah yang memiliki pencarian paling banyak untuk topik "Cara" adalah papua.

#3. Informasi Related Searches

Related Search menampilkan nformasi kata kunci terpopuler yang paling banyak dicari orang dan kata kunci yang sedang naik daun  yang berkaitan dengan topik yang kita masukan pada tahap #1 untuk no 6 diatas ( topik kata "Cara"), informasi yang ditampilkan disesuaikan dengan pengaturan kriteria pencarian pada tahap #1 tersebut. yaitu negara indonesia, periode 12 bulan terakhir, kategory Internet & Telkom dan alat pencarian adalah Web Search google.


Coba kita lihat pada gambar diatas, untuk related search, atau pencarian yang berhubugan dengan topik kata "Cara" yang kita masukan sebelumnya, terdiri dari dua kelompok sebagai berikut:

1. Top, adalah kata kunci yang paling populer, nilai 100 menandakan kata kunci tersebut memiliki tingkat popularitas paling tinggi, untuk melihat kata kunci populer lainnya yang berkaitan kata dengan kata kunci pada Group Top ini, anda bisa klik tepat pada kata kunci yang ditampilkan tersebut, seperti terlihat pada gambar diatas, terdapat kata "cara membuat" dengan nilai popularitas paling tinggi (100). coba anda klik tepat pada kata tersebut untuk mendapatkan kata kunci populer lainnya yang berkaitan dengan kata "cara membuat" tersebut, google trends akan menampilkan kata kunci populer berikutnya yang berkaitan dengan kata yang kita klik tersebut begitu seterusnya.

2. Rising, adalah informasi mengenai kata kunci yang sedang naik daun, tingkat rising biasanya di ukur dengan nilai persentase, seperti kita lihat diatas, jika ada kata breakout berarti nilai rising tersebut lebih dari 5.000%,  nilai rising biasanya dibandingkan dengan nilai pada periode sebelumnya. jika kriteria periode yang kita pilih 2014 maka nilai rising akan dibandingkan dengan 2013, untuk judul artikel sebaiknya kita mendapatkan kata kunci paling populer yang memiliki tingkat persentase yang paling tinggi, atau jika ada gunakan saja kata kunci dengan nilai rising breakout.

Jika sampai tahap ini anda sudah mendapatkan kata kunci populer, tahap selanjutnya adalah menjadikan kata kunci tersebut untuk kita jadikan judul artikel, untuk menjadikan kata kunci tersebut menjadi sebuah judul artikel, sebenarnya ada satu tahap lagi yang harus kita tempuh, tahap tersebut adalah melakukan riset lanjutan terhadap kata kunci tersebut dengan menggunakan google keyword pannel, tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kompetitor atau tingkat pesaing dari kata kunci tersebut, jika kita temukan tingkat kompetitor menengah kebawah, berarti kata kunci tersebut siap kita jadikan kata kunci untuk judul artikel, untuk lebih memahami caranya anda bisa baca cara riset kata kunci dengan google keyword planner, karena jika saya lanjutkan pada artikel ini sepertinya akan terlalu panjang saya khawatir anda cepat bosan.

untuk artikel kali ini mengenai Riset Kata Kunci dengan Google Trends saya cukupkan sekian,mohon maaf bila ada kekurangan, semoga bermanfaat.



31 komentar:

  1. penjelelasannya lengkap banget, informatif blognya, saya jadi berkeliling baca ilmu SEO dan artikel lainnya di blog ini :)

    berkunjung juga ke blog saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas sudah berkunjung, mudah-mudahan yang disajikan disini bermanfaat buat siapapun yang membacanya. ok pasti, saya akan berkunjung juga ke blog mas.

      Delete
    2. Betul gan....rinci bgt.....

      Salam,
      www.blogmunapsaid.com

      Delete
  2. baguss masss ,, panjang dan jelass

    ReplyDelete
  3. makasih ya, saya newbie ini.... silahkan kunjungan baliknya ya :)
    kucinglatah.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. lebih efektif mana gan untuk menjaring visitor, mending google trend apa keyword planer..? minta saranya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google trends itu untuk menemukan kata kunci yang paling banyak diminati, sedangkan keyword planner digunakan untuk mengetahui informasi jumlah peminat kata kunci perbulannya sekaligus menemukan relasi kata kunci LSI, dan juga ide kata kunci longtail keyword,

      yang paling bagus adalah kolaborasi, g trends, kemudian dilanjut analisa di GKP, dan temukan kesulitan tingkat pesaingnya untuk kata kunci tersebut, untuk mengukur level pesaing agan bisa gunakan tool MozBar, dan amati pada halaman pertama pencarian google dengan kata kunci tersebut, jika PA dan DA untuk halaman itu di boikot oleh situs2 dengan PA dan DA diatas 5, sebaiknya urungkan untuk menggunakan kata kunci tersebut, atau mungkin agan bisa antisifasi dengan lebih membuat artikel berkualitas, pasti bisa bersaing dan artikel agan berpeluang menduduki 10 besar.

      Delete
    2. Kreennn gan ulasannya....Indahnya berbagi....

      Delete
  5. Sangat membantu bro,,,, http://andhikahairad.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. Terima Kasih gan....infonya penjelasan runtut dan jelas....

    salam,
    www.blogmunapsaid.com

    ReplyDelete
  7. nice article.. trims sudah menambah wawasan saya..

    imadoes.com

    ReplyDelete
  8. terima kasih sudah share ilmunya....KEREN !!!

    http://mobildaanmotorbekas.blogspot.com/

    ReplyDelete
  9. jadi tau nih ,,,, maklum nubi kk,,,
    tulisanfadjar.com

    ReplyDelete
  10. Gan, terima kasih banyak pencerahanya

    ReplyDelete
  11. Info yang begitu menarik bagi para blogger pemula, sehingga menambah wawasan agar blog teroptimasi dengan baik. Main juga ke http://cepithea.blogspot.com Seperti halnya saya yg mulai berkecimpung belum lama ini. Terimakasih

    ReplyDelete
  12. ini isi nya informatif banget gan, bisa jadi bahan mazuqon buat bisa belajar SEO, ini yang ane cari selama ini. Makasih Infonya gan.

    ReplyDelete
  13. kenapa ya kalo di klik keyword nya muncul pesan " Volume penelusuran tidak cukup untuk menampilkan grafik."

    ReplyDelete
    Replies
    1. artinya itu tidak ada gan, jadi kalo di riset kata kunci di google keyword planner agan harus memasukan kata kunci short tile 1 atau 2 suku kata, jika jumlah kata yang dimasukan 3 atau lebih kadang seperti itu,meskipun ada beberapa kata kunci yang muncul

      Delete
  14. oke gan thanks banget yo gw jadi makin hobikomputer nih

    ReplyDelete
  15. mantap... sangat inspiratif, dan membantu..... luar biasa, terima kasih admin

    ReplyDelete
  16. Mantap, keren banget penjelasannya nih, saya suka website ini ! Nice Post ! Jadi tertarik buat mempelajari lebih dalam mengenai SEO

    ReplyDelete
  17. Iya juga ya, membuat artikel memang tidak asal gabruk saja. Riset ini memang kelihatannya agak jlimet bagi nubi, karena harus melakukan kajian ini dan itu. Terkadang hal ini jadi malah tdk dilakukan (termasuk saya salah satunya). Membbuat sesuatu by felling aja. Tapi mungkin kalau cara ini diterapkan bisa lebih baik hasilnya. nais infoh nya.

    ReplyDelete
  18. Keyword yg rata2 pencariannya/perbulan berapa ya yg bagus untuk di terapkan untuk blog saya ini mas http://bitjeh.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minimal 30.000 pencarian, bagus tapi biasanya persaingannya ketat.

      Delete
  19. kereeeen gan,,, mw nanya gan boleh ga? kalo belum diterima di asdense apakah iklan yang muncul hanya berupa judul az?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iklan akan kosong atau blank, sepertinya itu judul yang kita buat dan itu bukan iklan

      Delete
  20. Kang Didin, artikel yang bagus dan bermanfaat,,, namun tampilan di google trends laptop saya berbeda, mungkin ada saran atau artikel lain?

    Sukses terus untuk blognya,

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google trends ternyata sudah banyak mengalami perubahan mas, sekarang untuk google trends terbaru sepertinya lebih sederhana. harus saya update artikelnya.

      Delete
  21. Kalau saya riset pake GKP bang Didin hhehhe.

    Iya bener mesti pinter-pinter milih kata kunci yang akan kita pakai, meski pun simpel GKP ngasihnya kebanyakan jadi agak ribet ya Gan.

    Saya juga buat artikel soal GKP (Google Keyword Planner) tapi versi Nubienya soalnya pemula saya.

    Triknya ngakalin GKP nya pake Landing Lamannya gan hehhe, kalau ada yang mau tau silakan liat artikel saya ini:

    ubah [dot] jadi titik ya.

    www[dot]mugianto[dot]web[dot]id/2016/03/cara-mudah-riset-keyword-kata-kunci[dot]html

    Salam
    Mugianto

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!