Jika anda pemburu backlink, anda pastinya akan berupaya mengetahui Informasi yang dimiliki oleh situs dimana anda akan meletakan backlink didalamnya. ya karena sudah diketahui bahwa jika Situs memiliki PageRank Authority (PR) dan Domain Authority (DA) tinggi untuk meletakan backlink kita didalamnya, sudah jelas pengaruh linkjuice atau nilai yang diberikan situs tersebut untuk halaman kita akan sangat baik, biasanya nilai PR suatu halaman dihitung dari angka 0-10 sedangkan untuk DA nilainya diantara 0-100, semakin tinggi nilai page rank yang dimiliki oleh sebuah situs, berarti kepercayaan google terhadap halaman tersebut semakin baik, semakin tinggi nilai DA yang dimiliki oleh sebuah situs, berarti domain tersebut mempunyai kepercayaan yang tinggi pula di mata mesin pencari.

Tools Untuk Mengetahui PA dan DA

Nilai PR dan DA adalah dua faktor dari 200 lebih faktor lainnya yang diperhitungkan google, yang berpengaruh terhadap posisi SERP atau posisi hasil pencarian halaman blog atau situs yang kita miliki,  nilai PR dan DA sebuah situs memang tidak di perlihatkan secara langsung oleh browser baik itu mozila maupun browser yang lainnya, untuk memperoleh informasi tersebut kita harus menginstalkan plugin-browser. ada beberapa plugin mozila yang bisa kita gunakan untuk memperoleh informasi secara cepat mengenai DA dan PR suatu situs. plugin yang bisa kita gunakan diantaranya adalah:

1. SeoQuake Plugin, tools ini dapat membantu memberikan informasi halaman sebuah situs, informasi dari tools ini yang bisa kita dapatkan meliputi,PR halaman, Index Halaman, alexa rank, Facebook fans, twitter follower dan informasi lainnya yang dimiliki oleh sebuah halaman. anda dapat instal plugin ini pada browser mozila anda melaui alat >Pengaya, silahkan anda cari dans instal SeoQuake kemudian restrat browser anda, tampilan SeoQuake setelah terintegrasi dengan browser
Informasi tools seoquake pada browser
Dapat kita lihat pada gambar diatas,informasi mengenai halaman yang sudah disebutkan diatas diperlihatkan melalui bilah menu yang terletak di bawah address bar seprti terlihat pada gambar.

2. SeoMOZ plugin, seo moz plugin adalah plugin yang dikembangkan oleh moz, sama halnya dengan SeoQuake, tools ini berguna juga untuk mengetahui PR / PA page authority juga DA yang dimiliki oleh sebuah situs. untuk menginstalnya silahkan masuk ke halaman SeoMoz tool bar ,silahkan lakukan instalasi, plguin tersedia untuk Firefox juga Google croome.

kita dapat memperoleh informasi suatu situs dengan menggunakan tools ini ketika kita melakukan pencarian, jika instalasi tools ini sukses ketika melakukan pencarian, informasi mengenai DA dan PA suatu halaman akan kita dapatkan,

informasi seo moz pada hasil pencarian google
 kita bisa lihat gambar diatas, hasil pencarian yang menuju beberapa halaman situs dapat kita ketahui dengan mudah, bisa kita lihat Judul halaman yang relevan dengan nilai PA dan DA tinggi akan diprioritaskan untuk muncul paling atas pada Halaman SERP, dapat kita simpulkan tinggi rendahnya nilai PA dan DA halaman suatu situs sangat berperan sekali dalam mempengaruhi ranking halaman SERP.

Perbedaan SeoQuake dan SeoMoz

Ada persamaan tentu saja ada perbedaan, salah satu persamaannya sudah disebutkan diatas, bahwa kedua tools tersebut berfungsi untuk mengetahui informasi PR/PA dan DA yang dimiliki halalam situs, sedangkan perbedaannya jika kita menggunakan SeoQuake, halaman sebuah situs dapat kita ketahui nilai PA dan DA nya setelah masuk kehalaman situs tersebut, sedangkan jika kita menggunakan SeoMOZ, informasi halaman situs dapat langsung kita lihat pada hasil pencarian.

dengan demikian dua tools tersebut sangat berperan sekali untuk mendapatkan informasi PA dan DA suatu halaman situs.

12 komentar:

  1. sebelumnya saya belum mengenal SeoQuake dan SeoMoz namun disini saya jadi bertambah mengerti. Terima kasih panduannya

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya gan,tapi g ada rucukan situs/web/blog yang bisa ditanamkan backlink berkualitas untuk meningkatkan PA blog???

    ReplyDelete
  3. masih pake domain gratisan :(

    ReplyDelete
  4. Cara ini pasang toolbar ya, pasti memudahkan dalam berselancar, karena tau peringkatnya, makasih banyak mas.

    ReplyDelete
  5. makasih atas sharenya gan blognya juga oke, alhamdulillah bertambah ilmu dalam mendongkrak Blog ane Semoga sesuatu yang dibagikan menjadi hal yang bermanfaat bagi sesama dikemudian hari

    ReplyDelete
  6. blum nyoba kedua-duanya, harus coba dulu nih

    ReplyDelete
  7. saya ikutan cek DA dan PA ini mas, terima kasih info nya

    ReplyDelete
  8. Wah bener, gan! Setelah pake Seo Toolbar Moz pada Mozilla...
    Status PA & DA jadi ketauan..
    Thanks infonya!!! Sukses terus untuk blogspotnya

    ReplyDelete
  9. wow,, jadi urutan no 1 deh ,, alkhamdulillah,, makasih mas,,
    bisa mengetahui pesaing :)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!