CARA memilih longtail keywords yang tepat - longtail keyword adalah kata kunci yang sering digunakan sebagai kriteria pencarian pada mesin pencari, artikel dengan longtail keyword memiliki peluang besar muncul pada urutan 10 besar hasil pencarian search enggine, ketika kata kunci yang digunakan pencarian tepat sesuai dengan judul artikel kita yang menggunakan lonagtail keyword, maka kemungkinan besar artikel yang kita miliki muncul pada urutan 10 besar mesin pencari, bahkan memiliki peluang untuk menduduki urutan pertama mesin pencari, namun dalam memilih long tail keyword ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya yaitu mengenai tingkat kompetitor atau pesaing yang menggunakan long tail keyword tersebut, tapi dengan analisa yang tepat, besar kemungkinan artikel  kita muncul lebih baik pada halaman SERP (search enggine result page).

Memilih longtail keywords yang tepat


Pada artikel kali ini saya akan bergai informasi mengenai bagaimana cara memilih longtail keyword yang tepat untuk dijadikan judul artikel, tapi sebelum kita lanjutkan, saya sedikit mau bertanya, apakah anda sudah paham mengenai apa itu long tail keyword?, jika anda belum paham apa itu long tail keyword, sebaiknya anda baca terlebih dulu artikel saya tentang cara memahami apa itu longtail keyword?, jika anda sudah paham, baiklah mari kita lanjutkan.

Pembahasan meliputi:
#1. Bagaimana cara mencari longtail keyword dari kata kunci utama yang kita bidik
#2. Menganalisa kompetitor yang sudah menggunakan longtail keyword yang kita bidik.
#3. Membuat judul artikel dari longkeyword.

Cara Mendapatkan Longtail Keywrods

Keyword research atau riset kata kunci adalah hal yang wajib dilakukan sebelum kita memutuskan untuk kata kunci tersebut kita jadikan judul artikel, tujuan kita menggunakan tool research adalah untuk menemukan long tail keyword dan tingkat kompetitornya, untuk mengetahui caranya sebagai contoh kita akan gunakan contoh kasus sebagai berikut:
Misal kita akan membidik kata kunci utama "Buat Email",  sebelum digunakan untuk judul artikel langkah pertama adalah kita harus jadikan kata kunci utama tersebut menjadi kata kunci longtail keyword, caranya bagaimana?, tentu saja bukan asal tebak,  untuk menjadikan kata kunci long tail keyword kita harus mencari kata kunci longtail keyword dari kata kunci "Buat Email", kita bisa menggunakan salah satu tool gratis dari google yaitu google adword keyword tool, dengan langkah sebagai berikut:

a. Masuk ke halaman https://adwords.google.com dan silahkan anda login dengan menggunakan email gmail yang anda miliki.

b. Pada halaman utama google adwords keyword tool, silahkan anda pilih dan klik menu tools dan pilih submenu Keyword Planner, seperti diperlihatkan pada gambar dibawah ini:

c. Pada halaman berikutnya yang muncul kemudian pilih dan klik Menu "Search for new keyword and ad group ideas", maka akan tapil tampilan seperti gambar dibawah ini:

Silahkan atur seperti gambar diatas, dan masukan kata kunci utama yaitu "Buat Email" seperti terlihat pada gambar diatas kemudian tekan tombol "Get Ideas".

d. Anda akan dibawa ke daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci "Buat Email" yang kita masukan, silahkan anda pilih Tab "Keyword ideas", kata akan melihat daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci "Buat Email", seperti terlihat pada gambara dibawai ini, beberapa kata kunci yang muncul ada yang 1 kata, 2 kata dan 3 kata atau lebih, dari daftar yang muncul kita bisa pilih beberapa kandidat kata kunci yang nanti kita jadikan judul artikel, dan sebaiknya kita memilih kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, jangan lupa kata kunci yang anda pilih sebaiknya kata kunci yang memiliki pencarian perbulan besar tetapi jumlah kompetitornya menengah kebawah atau medium/low.

Lihat gambar diatas,  sebenarnya kita bisa memilih kandidat kata kunci manapun sesuai dengan selera anda, yang penting kata kunci yang kita ambil adalah kata kunci long tail keyword, yaitu kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, dengan nilai pencarian tinggi tapi nilai kopetitornya rendah, seperti terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh kita ambil kata kunci yang saya kasih kotak sebagai berikut:

1. Kata kunci pertama yaitu: "Cara Membuat email" dengan jumlah pencarian 74.000 dan nilai kompetitornya Medium/menengah.

2. Kata kunci kedua yang kita ambil yaitu: "Mendaftar Email Baru", dengan jumlah pencarian perbulan 27.100 dan niali kompetitornya Low/rendah.

kita bisa mengembangkan kta kunci tersebut menjadi long tail keyword yang baru misal dari kata kunci Cara membuat email kita kembangkan dan kita ubah menjadi "Cara buat Email Yahoo baru lengkap" atau apapun tergantung dari kata kunci longtail keyword yang ingin anda bidik.

 Cara Menganalisa Nilai kompetitor Blog/Situs

Setelah kita memutuskan mengambil kandidat kata kunci diatas, langkah selanjutnya adalah kita harus melakukan riset lanjutan untuk melihat  daftar blog atau situs saingan yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci tersebut. apakah bisa kita saingi atau tidak.
  Untuk memperoleh informasi mengenai situs-situs kompetitor yang lebih dulu sudah menggunakan kata kunci long tail keyword yang kita bidik, kita akan gunakan plugin MozBar, tool ini tersedia untuk google croome juga untuk mozila firefox. untuk memasangnya pada browser anda silahkan anda masuk ke situs http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian silahkan anda download sesuai dengan browser yang anda gunakan kemudian silahkan anda instal. sebelum digunakan jangan lupa restart browser anda.

Mozbar Sebenarnya berfungsi untuk melihat nilai Page authority PA dan Domain Authority, situs-situs secara langsung yang muncul pada daftar hasil pencarian google, ketika pada browser kita sudah terinstal MozBar, daftar hasil pencarian search enggine akan dilengkapi dengan informasi DA dan PA serta informasi terkait lainnya.

 Untuk melakukan analisa tingkat kompetitor daftar blog yang sudah lebih dulu menggunakan kata kunci yang kita bidik, adalah sebagai berikut:

a. Silahkan cari menggunakan google kata kunci longtail keyword yang kita bidik, misal kita akan cek blog pesaing yang sudah menggunakan kata kunci "Cara Membuat Email Yahoo baru lengkap" silahkan lakukan pencarian dengan kata kunci tersebut, kita akan mendapatkan informasi berikut:

 Dapat kita lihat setelah menginstal MozBar pada browser hasil pencarian google dilengkapi dengan Analisa PA dan DA,  PA mengindikasikan Kepercarayaan google terhadap suatu halaman artikel, Semakin banyak yang mengunjungi nilai PA biasanya akan semakin meningkat, semakin tinggi PA berarti akan semakin sulit untuk kita lewati posisi SERP nya. sedangkan DA adalah nilai kepercayaan mesin pencari terhadap domain situs atau blog yang kita gunakan, semakin besar nilai DA akan semakin sulit untuk kita lewati, PA dan DA biasanya selalu beriringan menentukan posisi teratas pada hasil pencarian, jika halaman yang kita miliki untuk kata kunci tertentu memiliki PA dan DA yang sangat tinggi, berarti dapat dipastikan halaman tersebut walaupun dengan short tile keyword sekalipun akan menduduki urutan pertama mesin pencari dengan kata kunci pencarian yang relevan.

yang bisa kita jadikan acuan untuk longtail keyword yang akan kita bidik, data yang dijadikan acuan adalah data hasil pencarian (SERP) yang muncul pada urutan 1 sampai 10 saja, kita lihat PA dan DA nya, jika dalam daftar terdapat hasil yang memiliki PA dibawah 1-10 kemudian DA nya juga kecil berarti kita bisa menggunakan longtail keyword yang kita bidik tersebut, tetapi jika dari hasil 10 pencarian hampir semuanya memiliki DA dan PA yang tinggi, berarti kita harus meracik kembali longtail keyword lainnya untuk  judul artikel kita, begitu seterusnya, silahkan gunakan cara yang sama untuk longtail keyword lainnya yang anda bidik. 

Jika anda sudah menemukan longtailkeyword kemudian nilai kompetitor masih dibawah rata-rata, berarti longtail keywords yang anda bidik tersbut bisa anda jadikan judul artikel. semoga berhasil.

Demikian informasi yang saya bisa share tentang  CARA memilih longtail keywords yang tepat, semoga bermanfaat.

23 komentar:

  1. Ijin nyimak kang ibnu.selama ini saya cenderung ke keyword pendek..

    ReplyDelete
  2. Penjelasan yang lengkap bro, thank you

    ReplyDelete
  3. kalo tools yang lain punya ga gan?? untuk mencari kata kunci yang saingannya sedikit tetapi kata kuncinya banyak yang mencari..

    ReplyDelete
  4. Setahu saya kolom "Kompetisi" di atas bukanlah penentu tinggi atau rendahnya persaingan, karena kata low diatas sebenarnya ditujukan untuk pengunjung yang memasuki sebuah blog melalui google Adwords, singkatanya pengunjung berbayar, bukan pengunjung organik.

    Salam Sukses dari blogger Newbie, gabung yahh di bersosial, tempat ngumpul para IM dan pakar seo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul yang agan bilang, tapikan dijelaskan lebih lanjut tuh tingkat persaingan keyword yang dimaksud.

      Delete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  6. saya belajar dari blog ini :) terimakasih

    ReplyDelete
  7. terima kasih, artikelnya sangat membantu sekali.

    ReplyDelete
  8. Sya mau tnya ni gan.
    Keyword itu bergantung pada meta tag atau judul artikel ya gan?
    http://dki87.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya bergantung pada semuanya, judul, deskripsi, dan juga isi konten

      Delete
  9. thanks Kang Didin sangat membantu terutama bagi neubi seperti saya | and95

    ReplyDelete
  10. mau tanya gan apa setiap buat harus selalu membuat langkah2 seperti diatas? sebelumnya makasih atas jawabannya

    ReplyDelete
  11. tata cara penulisan artikel-artikel diblog mas structurkode sangat menginspirasi...
    mksih mas informasi yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  12. makasih gan infonya, selama ini aku asal buat judul. Sekarang mulai buat judul berdasarkan keyword

    ReplyDelete
  13. saya punya blog yang niche kesehatan dan saya masih sangat2 pemula, saya ingin bertanya apa google adwords itu gratis apa berbayar? coba deh agan kunjungi juga blog saya dan kasih saya saran untuk perbaikan blog saya terutama dalam masalah judul postingnya

    ReplyDelete
  14. Mas mana yang lebih bagus untuk pencarian keyword. Apakah dengan google planner atau ubbersugest. Mohon jawabannya. Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa digabungkan mas, keywordpalneer untuk menemukan katakunci yang dapat dilihat jumlah pencariannya, sedangkan uber sugest untuk mendapatkan ide kata kunci serupa yang agan target.

      Jika agan sudah menemukan kata kunci yang cocok dari google keyword planner agan bisa lanjutkan cek di ubersugets untuk mendapatkan persamaan kata kunci lainnya yang bisa agan libatkan dan sisipkan didalam artikel.

      Delete
  15. gan lebih bagus mana dalam indext artikel di google, memperbaruhi judul artikel atau buat ulang artikel dengan judul yang baru dan menghapus yang lama.... mohon jawabannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya lebih baik memperbaharui judul kemudian lakukan fetch as google atau dibiarkanpun tidak apa-apa, jika kontennya ingin ditambahkanpun tidak masalah, kalo bikin baru maka harus mulai lagi dari nol untuk artikel ybs dan jika yang lama dihapus resikonya akan banyak menemukan page not found 404 tidak bagus buat pengalaman pengguna

      Delete
  16. mas, ko saya pernah lakukan fetch as , pada saat mempublish artikel saya di google search consule ko ga ada ya gan ? makasih atas jawabannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu saja, biasanya index memerlukan proses, jika masih tidak ada kemungkinan bukan tidak ada tapi posisinya bukan di halaman 1 google

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!