Masih mengenai copywriting, di artikel kali ini saya akan uraikan apa itu Command Headline dalam copywriting, ini sih sebenarnya sebagai dokumentasi pribadi saja, tapi mudah-mudahan artikel ini juga bermanfaat untuk siapapun yang membacanya, yo simak.


Command headline copywriting adalah teknik penulisan judul atau headline yang dirancang khusus untuk tujuan pemasaran dan penjualan. Tujuan utama command headline copywriting adalah untuk menarik perhatian dan memotivasi pembaca agar melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar ke layanan, atau mengunjungi situs web tertentu.

 

copywriting command headline


Dalam command headline copywriting, headline atau judul yang dibuat harus singkat, tegas, dan mudah diingat. Headline tersebut juga harus berisi manfaat yang jelas dan menggugah rasa ingin tahu pembaca untuk membaca lebih lanjut atau melakukan tindakan tertentu.

 

Beberapa teknik yang sering digunakan dalam command headline copywriting antara lain penggunaan angka atau bilangan, penekanan manfaat produk atau layanan, penggunaan kata-kata yang memotivasi, atau menekankan masalah atau kebutuhan yang dihadapi pembaca.

 

Contoh command headline copywriting yang efektif adalah "Dapatkan Kebebasan Finansial Anda Dalam 6 Bulan", "Rahasia Cantik dan Sehat Dalam 10 Menit Sehari", atau "Ciptakan Bisnis Online Anda Sendiri Dalam 24 Jam". Headline-copywriting yang baik harus mampu menarik perhatian dan memotivasi pembaca untuk bertindak, sehingga meningkatkan tingkat konversi dan penjualan produk atau layanan.

 

Kapan menggunakan Command Headline?

Ini yang sering bingung, dari banyaknya teknik penulisan headline dalam copywriting tidak jarang membuat kita bingung mana yang harus dipilih, sebenarnya sih apapun produknya bisa menggunakan teknik copyriting apapun yang penting kita harus benar-banar paham, penekanan setiap teknik yang akan digunakan.

Sementara untuk Produk atau layanan yang cocok untuk menggunakan promosi command headline copywriting adalah produk atau layanan yang memiliki manfaat yang jelas dan dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan potensial. Produk yang memiliki manfaat yang jelas dan dapat memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan potensial akan lebih mudah dipromosikan melalui teknik ini.

Seperti yang diuraikan di atas sebenarnya hampir semua produk atau jasa bisa saja menggunakan command headline ini, seperti misalnya produk kecantikan, produk kesehatan, produk digital atau online, produk finansial, dan produk layanan seperti jasa konsultasi atau pelatihan.

Artinya, hampir semua jenis produk atau layanan dapat menggunakan teknik promosi command headline copywriting selama manfaat dan keunggulan produk atau layanan tersebut dapat dipromosikan dengan efektif melalui headline-copywriting yang menarik dan memotivasi pembaca. 


Frasa yang sering digunakan dalam membuat Copywriting Command Headline

Untuk lebih mudah memahami teknik copywriting command headline. Berikut adalah beberapa frasa yang bisa dijadikan acuan pada saat ingin membuat judul promosi yang menggunakan teknik Copywriting Command Headline. 

  1. "Beli Sekarang dan Dapatkan..." (diskon, hadiah, bonus, dll.)
  2. "Raih Impianmu Dengan..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  3. "Coba Sekarang dan Lihat Perbedaannya" (dalam kualitas, kinerja, hasil, dll.)
  4. "Dapatkan Hasil Lebih Cepat Dengan..." (produk, layanan, metode, dll.)
  5. "Hemat Uang Anda Dengan..." (diskon, harga khusus, penawaran, dll.)
  6. "Perbaiki Hidupmu Dengan..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  7. "Tingkatkan Kinerjamu Dengan..." (produk, layanan, metode, dll.)
  8. "Jadilah Lebih Sehat dan Bahagia Dengan..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  9. "Bergabunglah Sekarang dan Dapatkan Akses Langsung ke..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  10. "Dapatkan Solusi Terbaik untuk Masalahmu Dengan..." (produk, layanan, metode, dll.)

Frasa-frasa dalam command headline membantu untuk menarik perhatian pembaca dan memotivasi mereka untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk, mendaftar ke layanan, atau mengunjungi situs web. Dalam penggunaannya, frasa tersebut harus disesuaikan dengan konteks promosi, produk atau layanan yang ditawarkan, dan tujuan dari headline atau judul yang dibuat.

 Untuk lebih membuka wawasan dan pemahaman contoh frasa lainnya yang bisa digunakan :

  1. "Temukan Rahasia Sukses dengan..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  2. "Mendapatkan Kualitas Terbaik dengan..." (produk, layanan, metode, dll.)
  3. "Segera Berubah Menjadi Lebih Baik dengan..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  4. "Jangan Lewatkan Penawaran Spesial Kami!" (diskon, promo, penawaran, dll.)
  5. "Dapatkan Kepuasan Maksimal Dengan..." (produk, layanan, metode, dll.)
  6. "Jaminan Uang Kembali Jika Tidak Puas Dengan..." (produk, layanan, metode, dll.)
  7. "Mengubah Hidup Anda Dengan..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  8. "Menjaga Kesehatanmu Dengan..." (produk, layanan, pelatihan, dll.)
  9. "Pilihan Terbaik Bagi Anda yang Menginginkan..." (produk, layanan, metode, dll.)
  10. "Lihat Bagaimana Kami Bisa Membantu Anda Dengan..." (produk, layanan, metode, dll.)

 

Contoh Copywriting Command Headline untuk produk kecantikan dan Fashion

Berikut adalah beberapa contoh copywriting command headline untuk fashion dan kecantikan:

  1. "Tampil Menarik dan Percaya Diri dengan Koleksi Terbaru Kami"
  2. "Dapatkan Tampilan Segar dan Glowing dengan Skincare Terbaik"
  3. "Beli Sekarang dan Hemat 50% untuk Koleksi Fashion Terbaik"
  4. "Lihat Perbedaan Nyata pada Kulitmu dengan Produk Kecantikan Kami"
  5. "Bergabunglah Sekarang dan Dapatkan Akses ke Tips Kecantikan Terbaru"
  6. "Jadilah Trendsetter dengan Gaya Fashion Terbaru dari Kami"
  7. "Percantik Diri Anda dengan Koleksi Makeup Terbaru Kami"
  8. "Temukan Produk Kecantikan yang Cocok untuk Kulitmu dengan Mudah"
  9. "Dapatkan Penawaran Spesial untuk Skincare dan Makeup Terbaik"
  10. "Tampil Memukau dengan Gaun Pesta Terbaru dari Kami"

Dalam contoh-contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa copywriting command headline digunakan untuk mempromosikan yang sifatnya  "memotivasi pembaca untuk bertindak atau melakukan tindakan tertentu" seperti membeli produk, cek produk atau mendaftar ke program kecantikan tertentu.  


Penekanan atau Fokus Utama dalam Copywriting Command Headline

Beberapa penekanan pesan yang dapat disampaikan melalui copywriting command headline antara lain:

Menarik perhatian pembaca, Headline yang baik harus mampu menarik perhatian pembaca dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut. 
 
Contoh: 
"Hilangkan Kebosanan, Temukan Sesuatu yang Baru!" - Headline ini menarik perhatian pembaca dengan menawarkan sesuatu yang baru dan berbeda untuk mereka coba.

"Keajaiban dalam Botol, Lihatlah!" - Headline ini menarik perhatian pembaca dengan menggunakan kata-kata yang menarik dan misterius untuk mempromosikan produk Anda.

"Jangan Lewatkan Kesempatan Ini untuk Menghemat Uang!" - Headline ini menarik perhatian pembaca dengan menawarkan kesempatan untuk menghemat uang dengan membeli produk Anda.

"Mimpi Anda Kini Dapat Terwujud, Lihatlah Produk Kami!" - Headline ini menarik perhatian pembaca dengan menawarkan produk yang dapat membantu mereka mewujudkan mimpi mereka.

"Rahasia Tersembunyi Dibalik Keberhasilan Mereka, Temukan Sekarang!" - Headline ini menarik perhatian pembaca dengan mengungkapkan rahasia tersembunyi di balik keberhasilan orang lain dan menawarkan produk Anda sebagai solusi.

 Menjelaskan manfaat produk, Headline harus memberikan informasi tentang manfaat produk atau layanan yang ditawarkan, sehingga pembaca dapat memahami nilai yang mereka dapatkan jika membeli produk tersebut.

Contoh:

"Meningkatkan Kualitas Hidup Anda, Dapatkan Produk Kami Sekarang" - Headline ini menjelaskan bahwa produk Anda dapat meningkatkan kualitas hidup pelanggan dan memotivasi mereka untuk membeli produk Anda.

"Sempurnakan Tampilan Anda dengan Produk Kami" - Headline ini menjelaskan manfaat produk Anda dalam membantu pelanggan untuk mempercantik tampilan mereka.

"Produk Ini Akan Membuat Hidup Anda Lebih Mudah" - Headline ini menjelaskan bahwa produk Anda dapat membantu membuat hidup pelanggan menjadi lebih mudah dan efisien.

"Dapatkan Energi Lebih untuk Aktivitas Anda dengan Produk Kami" - Headline ini menjelaskan manfaat produk Anda dalam memberikan energi lebih untuk aktivitas pelanggan sehari-hari.

"Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Anda dengan Produk Kami" - Headline ini menjelaskan manfaat produk Anda dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan pelanggan.

 Memotivasi pembaca untuk bertindak, Headline harus memotivasi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu, seperti membeli produk atau mendaftar ke layanan yang ditawarkan.

Contoh:

"Waktunya Mengambil Tindakan! Beli Sekarang" - Headline ini memotivasi pembaca untuk segera membeli produk Anda dengan mengingatkan bahwa waktu untuk bertindak sudah tiba.

"Jangan Ragu, Coba Sekarang Juga!" - Headline ini memotivasi pembaca untuk mencoba produk Anda dengan menghilangkan keraguan dan memberikan kepercayaan diri.

"Bersiaplah untuk Perubahan, Segera Dapatkan Produk Kami" - Headline ini memotivasi pembaca untuk mengambil tindakan dan mempersiapkan diri untuk perubahan dengan membeli produk Anda.

"Lupakan Masalah Anda, Dapatkan Solusinya Sekarang" - Headline ini memotivasi pembaca untuk mencari solusi bagi masalah mereka dan mengambil tindakan dengan membeli produk Anda.

"Jangan Biarkan Peluang Ini Terlewat, Beli Sekarang!" - Headline ini memotivasi pembaca untuk tidak melewatkan peluang untuk mendapatkan produk Anda dan mengambil tindakan dengan segera membeli produk.

 Menunjukkan keunikan produk, Headline harus memperlihatkan keunikan produk atau layanan yang ditawarkan dan membedakannya dari produk sejenis yang ada di pasar.

Contoh:

"Beda dari yang Lain! Coba Sekarang" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda berbeda dari produk pesaing dan unik sehingga dapat menarik perhatian pelanggan untuk mencobanya.

"Inovasi Baru, Solusi Terbaik" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda menawarkan inovasi baru dan memberikan solusi terbaik untuk masalah tertentu sehingga dapat menunjukkan keunikan produk Anda.

"Keunikan Tersembunyi dari Produk Kami" - Headline ini menunjukkan bahwa ada keunikan yang tersembunyi dalam produk Anda sehingga dapat menarik perhatian pelanggan untuk mencoba produk Anda.

"Produk Ramah Lingkungan yang Terbaik di Kelasnya" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda ramah lingkungan dan unggul dibanding produk pesaing sehingga dapat menarik perhatian pelanggan yang peduli dengan lingkungan.

"Terobosan Baru di Industri, Kini Tersedia untuk Anda!" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda merupakan terobosan baru di industri dan dapat membantu pelanggan dalam cara yang baru dan unik

  

Memberikan rasa urgensi, Headline dapat memberikan rasa urgensi kepada pembaca dengan menekankan ketersediaan terbatas atau penawaran khusus yang hanya berlaku untuk jangka waktu tertentu.

 Contoh:

"Beli Sekarang Sebelum Kehabisan!" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda sangat diminati dan dapat segera habis, sehingga dapat memberikan rasa urgensi kepada pelanggan untuk segera membeli.

"Penawaran Terbatas, Jangan Sampai Ketinggalan!" - Headline ini menunjukkan bahwa penawaran yang ditawarkan sangat spesial dan hanya berlaku untuk waktu yang terbatas, sehingga dapat memberikan rasa urgensi kepada pelanggan untuk segera membeli.

"Harga Naik Besok, Beli Sekarang Juga!" - Headline ini menunjukkan bahwa harga produk akan naik besok, sehingga dapat memberikan rasa urgensi kepada pelanggan untuk segera membeli sebelum harga naik.

"Tawaran Khusus Hari Ini, Cepat Beli!" - Headline ini menunjukkan bahwa penawaran khusus hanya berlaku hari ini, sehingga dapat memberikan rasa urgensi kepada pelanggan untuk segera membeli.

"Tersisa Sedikit, Beli Sekarang Juga!" - Headline ini menunjukkan bahwa stok produk yang tersedia sudah sangat sedikit, sehingga dapat memberikan rasa urgensi kepada pelanggan untuk segera membeli sebelum kehabisan.

Membangun citra merek, Headline yang efektif dapat membantu membangun citra merek yang positif dan meningkatkan kesadaran merek di kalangan target pasar.

Contoh:

a. "Beli sekarang dan rasakan perbedaannya!" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda memberikan hasil yang lebih baik dari produk pesaing, sehingga dapat membantu membangun citra merek yang berkualitas.

b. "Ciptakan Gaya Anda dengan Produk Kami" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda memberikan kebebasan kreatif kepada pelanggan dan dapat membantu membangun citra merek yang inovatif dan trendi.

c. "Produk Berkualitas Tinggi yang Terjangkau" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda menawarkan nilai yang baik dan dapat membantu membangun citra merek yang terpercaya dan bersahabat.

e. "Bergabunglah dengan Jutaan Pelanggan Puas" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda populer dan disukai banyak orang, sehingga dapat membantu membangun citra merek yang populer dan terpercaya.

 

"Produk Terbaik untuk Anda yang Tidak Mau Berkompromi dengan Kualitas" - Headline ini menunjukkan bahwa produk Anda mengutamakan kualitas dan dapat membantu membangun citra merek yang elit dan eksklusif.

Pesanan-pesanan tersebut dapat membantu copywriter untuk menciptakan headline yang kuat dan efektif dalam mempromosikan produk atau layanan. Namun, perlu diingat bahwa headline yang baik harus disesuaikan dengan konteks dan tujuan promosi, serta memperhatikan target pasar, bahasa yang tepat dan etika pemasaran yang baik.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!