Main google admob memang harus serba hati-hati, agar aman ya kita harus benar-benar paham mengenai segala hal terkait kebijakan google admob, jika tidak maka kemungkinan besar aplikasi yang kita upload di playstore akan terkena penalty atau pelanggaran kebijakan.

Saya pernah beberapa kali dianggap melanggar kebijakan google admob, walhasil beberapa aplikasi yang saya upload sempat di nonaktifkan.

Dulu saya pernah coba-coba main TM (Trademark), karena ada teman yang main TM kok aman-aman saja kelihatannya, tidak tanggung-tanggung saya coba nama package sama judul aplikasi saya kasih sentuhan TM yang mempesona yaitu dengan memasukan kata Elsa Frozen.

Benar-saja aplikasi laris manis, bahkan sampai puluhan ribu download dalam 1 hari padahal usia aplikasi tidak lebih dari 2 minggu.

Di 3 minggu pertama sih kelihatannya baik-baik saja, namun sepertinya pada saat boot google mendeteksi banyak download, entahlah sepertinya di cek manual oleh tieam dari si embah google karena penghasilan dari aplikasi tersebut terus meningkat Tajam. alhasil di minggu ke 5 aplikasi terkena TAKE DOWN, langsung SUSPEND tanpa basa-basi.



Di email pelanggaran yang diterima disebutkan bahwa anda masih bisa banding namun sayang syaratnya harus juga ikut menunjukan dokumen terkait bahwa aplikasi tersebut  sudah mendapatkan izin dari pemegang hak cipta ELSA FROZEN.

Itu dulu akhirnya saya kapok main TM, buang-buang energy, memang di awal sih aman, namun jika aplikasi sudah mulai ada perkembangan download dan pengguna, baru akan ada dampaknya.

Pelanggaran Karena Kode Iklan dimodifikasi (mengubah ukuran bingkai iklan)

Terakhir sayapun sempat mendapatkan lagi email pelanggaran kebijakan, pelanggaran kali ini tentang
Kode Iklan yang dimodifikasi, mengubah ukuran bingkai iklan. akhirnya iklan pun dinonaktifkan oleh pihak google tidak tayang di aplikasi yang terkena pelanggaran tersebut.



Memang sangat disayangkan, padahal aplikasi lagi naik daun, akhirnya penghasilanpun turun beberapa hari hingga saya lakukan perbaikan dan berhasil.

Mumet bos pada saat dapat email pelanggaran tersebut, benar sangat membingungkan, informasi di email pelanggaran yang saya terima pun isinya kurang begitu jelas, terlalu general.

Alhasil saya harus cari sendiri sebenarnya apa kesalahannya, sempat muter-muter cari informasi di beberapa blog dan forum lokal, NIHIL, coba lagi muter-muter di forum dan blog Luar negeri, sulit banget, tapi pada akhirnya membuahkan hasil mendapatkan cukup informasi tentang penyebabnya juga bagaimana cara memperbaikinya.

Ini Penyebab Pelanggaran kebijakan "Kode Iklan dimodifikasi Mengubah ukuran bingkai Iklan"

Berikut penyebab terkena pelanggaran  Kode iklan dimodifikasi mengubah ukuran bingkai iklan :

1. Ada iklan baner yang tertutup oleh dialog atau oleh tampilan view aplikasi
Penyebab pertama adalah, kemungkinan iklan baner anda tertutup oleh view tampilan, atau ada iklan baner anda tertutup oleh cancelable dialog/popup dialog.

2. Ada iklan baner diload namun dihide lalu dimunculkan disaat-saat tertentu.
Ini yang saya lakukan tanpa sengaja. Memang di salah satu activity aplikasi permainan yang saya buat menampilkan iklan baner, iklan baner tersebut saya load pada saat activity start, namun iklan baner kemudian saya hide, alasanya agar iklan hanya muncul pada saat pemain memenangkan permainan saja.

Di beberapa bulan awal memang tidak ada peringatan pelanggaran, namun ketika aplikasi mulai naik daun barulah kena razia google,lahirlah email pelanggaran kebijakan.

Solusi Gimana ?:

Mungkin anda mengalami masalah serupa dengan apa yang pernah saya alami, namun boleh jadi penyebabnya tidak seperti apa yang saya jelaskan di atas.

1. Jika penyebabnya sama, maka solusi untuk memperbaikinya adalah menghindari baner jangan sampai tertutup dialog/popup dialog (apalagi cancelable dialog).


2. Hindari untuk menghide atau menyembunyikan sementara iklan baner yang sudah diload, lalu memunculkannya pada saat-saat tertentu.

3. Jika pelanggaran kurang jelas dan anda tidak rumasa (tidak merasa) melakukan pelanggaran lebih baik copot iklan baner yang anda pasang pada aplikasi tersebut.

4. Lakukan banding setelah melakukan perbaikan.
Coba lakukan banding setelah anda memperbaiki kesalahan, 2 hari saya mendapatkan balasan bahwa aplikasi sudah OK, dan iklan bisa tayang/tidak. tapi akhirnya iklanpun tayang. "Terimakasih Google anda memang luar biasa".

Itu saja bro... ya artikelnya dikit aja, tapi siapa tahu bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya terutama yang mengalami eprmasalahan serupa dengan akun google admob anda.

Penalty admob "Kode iklan yang dimodifikasi mengubah ukuran bingkai iklan".

Semoga membantu.

 



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!