Berbicara mengenai editor video untuk youtube, Sebenarnya ada banyak sekali editor video untuk youtube yang bisa kita pilih baik yang gratisan maupun editor video berbayar. Untuk menggunakan editor video berbayar setidaknya kita harus merogoh kocek yang cukup lumayan, namun kita akan mendapatkan jaminan kualitas dan support dari si perusahaan pengembang apabila terjadi masalah.

Beda halnya dengan software editing video gratisan, walaupun banyak dan bisa kita gunakan secara gratis tanpa lisensi, terkadang kita akan banyak menemukan beberapa bug ketika aplikasi tersebut digunakan.

Seperti apa yang saya alami beberapa hari ini, karena lagi senang-senangnya belajar editing video untuk youtube, dan tidak ingin repot dengan lisensi saya memilih aplikasi openshot sebagai editor video yang saya gunakan.

Alasanya sih sederhana, dari banyaknya editor video gratisan, openshot adalah salah satu software editor video gratisan yang mendapatkan penghargaan sebagai editor video terbaik yang dapat berjalan di berbagai sistem operasi yaitu window, linux dan MacOS.

Tapi setelah dicoba beberapa kali untuk edit video saya menemukan beberapa permasalahan yang cukup membuat saya sempat kecewa dan jengkel padahal spesifikasi komputer saya lumayan tinggi (core i5 gen 4 dengan memory 12 GB), dengan adanya permasalahn tersebut hampir saja saya uninstal dan buang jauh-jauh aplikasi openshot tersebut.

Jika difikir-fikir banyaknya bug pada aplikasi openshot tersebut sebenarnya sih wajar, ya namanya juga open source, biasanya sih perbaikan terhadap bug akan diperbaiki oleh pengembang di versi berikutnya setelah pengembang menerima laporan dari para pengguna.

Beberapa Bug pada Software Editor Video Gratis Openshot

Permasalahan yang saya temukan ketika melakukan editing video dengan aplikasi openshot beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Preview Suara lag dan patah-patah
Ketika kita memasukan audio pada track openshot, ketika dimainkan maka kita akan mendengar suara yang patah-patah. [solved]

2. Preview video lag, putus-putus dan macet-macet.

Selain pada file audio, Permasalahan juga saya temukan pada preview video ketika di-, ketika melakukan preview pada video yang sudah kita edit, maka tampilan preview video tidak mulus, sering macet-macet, baik suara maupun tampilan video lag terputus-putus [solved]

Permasalahan tersebut tentu saja permasalahan serius, bagaimana kita mau edit video dengan cepat jika pada saat preview untuk melihat hasil editing secara real time tidak mulus, tersendat-sendan dan perputarannya sangat lambat.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut saya sebenarnya sudah banyak mencari referensi terutama di forum dan situs-situs luar, dan ternyata permasalahan di atas tersebut merupakan permasalahan yang umum dialamai oleh pengguna openshot, bahkan banyak yang merasa kecewa hingga banyak yang menguninstal openshot karena jengkel dengan permasalahan tersebut.

Cara Memperbaiki Lag Patah-patah pada tampilan pemutar preview editor video openshot.

Walaupun saya sampai artikel ini ditulis tidak menemukan artikel atau video yang membahas mengenai solusi untuk memperbaiki permasalahan lag pada pemutar editor video openshot,  namun setelah melakukan beberapa uji coba pada pengaturan openshot yang disediakan, Lag dan patah-patah pada pemutar video openshot akhirnya berhasil di atasi.

Untuk Memberikan informasi kepada pengguna openshot, di artikel ini saya akan coba berbagi informasi bagaimana cara mengatasi Lag putus-putus atau tampilan video yang tersendat-sendat pada pemutar preview video openshot.

Versi Openshot yang saya gunakan: Openshot versi 2.5.1
Sistem operasi: Window 10
Proccessor : Core i 5 Generasi 4.
Memory 12 GB.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi Openshot Anda.

2. Pilih Menu Edit > Preferences

3.  Pilih Menu Preview lalu atur seperti gambar di bawah ini:


Pada Opsi Default Audio Chanels : pilih Opsi Surround (7.1 Channel)

4. Selanjutnya Pilih Menu Cache, lalu atur seperti gambar di bawah ini:

Cache Mode: pilih Memory
Cache Limit (MB): masukan 1024(1 gb) atau bisa di atasnya jika memory komputer anda besar.

5. Selanjutnya pilih menu Autosave, lalu hilangkan centang pada opsi enable Autosave, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


6. Selanjutnya pilih Menu debug, lalu atur seperti gambar di bawah ini:

7. Selanjutnya pilih menu Performance, lalu pastikan pengaturannya seperti gambar di bawah ini:

8. Selanjutnya Pilih menu Profile


Kemudian pilih Profile yang rendah agar preview video openshot anda tidak terlalu lag.

 misal HD 720P 60 fps, atau yang lebih rendah, sesuaikan dengan spesifikasi komputer anda, dan terus coba hingga preview video anda tidak lag.

Jangan lupa ketika anda ekport/render video anda, anda bisa memilih profil dengan kwalitas yang sesuai dengan keinginan anda


Setelah pengaturan di atas Preview video openshot di komputer saya akhirnya menjadi normal dan lancar, ya walaupun masih ada lag-lag dikit terutama pada saat kita menyisipkan Effect pada video lag atau putus-pitus masih ada namun cukup kecil.

Semoga bug pada openshot terutama bug pada preview video pada akhirnya diperbaiki oleh tim pengembang openshot di release versi berikutnya.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!