Sebelum saya bahas langkah-langkah cara menggunakan aplikasi zoom untuk rapat online, saya akan jelaskan sedikit apa itu aplikasi zoom.

Aplikasi zoom adalah aplikasi khusus untuk melakukan webinar dan juga meeting secara online, aplikasi ini tersedia dalam 2 kategori yaitu mode web base dan juga mode android. dengan aplikasi zoom anda bisa menggunakan aplikasi android anda atau komputer anda untuk alternatif meeting atau rapat secara online.

Sebenarnya ada banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk meeting secara online, namun saya pribadi lebih suka menggunakan zoom, selain bisa digunakan secara gratis dengan maksimal 100 participant, zoom mudah sekali digunakan, anda bisa mengaktifkan meeting dalam mode video dan audio.

Saat ini dengan kondisi wabah virus corona yang memaksa setiap individu untuk banyak di rumah, Meeting online sangat banyak digunakan, baik untuk rapat kerja jarak jauh, maupun untuk hiburan, temu kangen bertatapan muka dengan sanak saudara yang dipisahkan oleh jarak.

Meeting online dengan aplikasi zoom ini sebenarnya cukup mudah, namun untuk pemula kemungkinan di awal menggunakan aplikasi ini anda akan sedikit dibuat bingung terutama cara memulainya.

Agar anda yang baru menggunakan zoom tidak dibuat bingung, di artikel kali ini saya akan uraikan cara menggunakan aplikasi zoom untuk meeting atau rapat secara online, semoga artikel ini bisa memberikan informasi untuk lebih mengenal aplikasi zoom yang dapat memudahkan anda  menggunakan aplikasi zoom.

Cara Mudah menggunakan Aplikasi Zoom untuk meeting online di hp android

Untuk memulai meeting dengan aplikasi zoom anda bisa mengunakan laptop anda atau juga bisa menggunakan hp android anda.

Jika anda ingin meeting menggunakan  hp android untuk meeting online, maka silahkan download dan instal dulu aplikasi zoom dari playstore di hp android anda.

Sementara jika anda ingin menggunakan laptop anda untuk meeting anda bisa mendownload aplikasi Zoom meeting di komputer anda di link download zoom ini Setelah di download silahkan instal di komputer anda.

Cara memulai Meeting menggunakan Aplikasi Zoom di hp android

Pada aplikasi Zoom ada da jenis peserta meeting yaitu Host dan Partisipan, Host adalah orang yang memulai membuka dan menyiapkan ruang meeting dan partisipan adalah orang yang mengikuti meting.

Agar dapat memulai meeting menggunakan aplikasi zoom, harus ada salah satu peserta meeting yang menjadi host meeting, sementara yang lainnya hanya peserta atau anggota meeting.

Langkah-langkah untuk memulai meeting menggunakan aplikasi zoom adalah sebagai berikut:

A. Pilih seseorang anggota untuk menjadi Host Meeting
Satu orang harus menjadi host meeting agar semua anggota meeting bisa bergabung, untuk menjadi host meeting langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi zoom di hp android anda

2. Lalu Login jika sebelumnya sudah punya akun, jika belum pilih signup, anda bisa membuat akun zoom menggunakan Facebook, atau akun email google anda.



3. Setelah buat akun silahkan login, kemudian pilih menu menu Meet & Chat di bagian bawah, lalu pili menu New Meeting


Kemudian ditampilan selanjutnya tekan tombol Start meeting, pastikan Video On dan Use Personal meeting ID (PM) aktif


4. Share ID Meeting ke para anggota meeting yang akan gabung.
Setelah Host meeting dibuat selanjutnya silahkan share ID Meeting ke para peserta meeting, caranya adalah sebagai berikut:

a. Di bagian bawah pilih menu Meetings
b. Tekan tombol Send Invitation
c. Kemudian pada popup menu yang muncul, tekan menu Copy to Clipboard


Anda bisa mengirimkan Invitation ID dengan mempastekannya di pesan Whatsapp dan lain sebagainya ke para peserta meeting.

InvitationID adalah ID yang harus dimasukan oleh peserta meeting untuk join ke ruang meeting yang anda buat.

B. Gabung Ke ruang Meeting
Setelah Host meeting disiapkan, selanjutnya para anggota bisa langsung gabung ke ruang meeting dengan menggunakan ID host  meeting yang sudah didapatkan dari peserta yang menjadi host meeting.

Untuk bergabung ke ruang meeting langkahnya adalah sebagai berikut:

1. buka aplikasi zoom di hp android anda. kemudian tekan tombol Join Meeting



2. Selanjutnya anda tinggal masukan data:
a. ID Meeting: gunakan id meeting yang sudah anda dapatkan dari host meeting.
b. nama anda bisa diganti jika perlu
c. Nonaktifkan opsi Dont connect to Audio dan Turn Off My Video agar pada saat meeting anda bisa berbicara dan  bisa melihat tampilan muka anda dalam bentuk video.


Tunggu beberapa saat hinagga anda masuk ke ruang meeting.

Jika sudah berhasil, maka anda bisa melaksanakan meeting secara online dengan teman kantor anda tau saudara anda.



Demikian mengenai Cara menggunakan Aplikasi Zoom sebagau media untuk memfasilitasi  meeting online di hp android anda, sekarang anda bisa rapat dengan teman kantor anda atau rekan guru anda dari rumah anda tanpa harus takut beresiko terpapar corona.


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!