Karena belakangan ini saya mulai menyukai dunia video recording atau merekam video menggunakan hp, saya mulai mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan video recording dan ternyata ada banyak sekali istilah dasar video recording yang sama sekali belum saya fahami.

Saya mulai ngeh dan mencari tahu mengenai istilah video recording ini pada saat mencoba  melihat halaman setingan video di hp xiaomi (mi 8 lite) saya, ternyata pada setingan atau pengaturan video di perangkat handphone xiaomi saya ada banyak sekali opsi yang benar-benar tidak dipahami sama sekali, seperti salah satunya pada pengaturan Kualitas video, saya melihat beberapa Opsi yaitu  sebagai berikut:
  • UHD 4k, 30fps
  • FHD 1080, 30fps
  • FHD 1080, 60fps
  • HD 720, 30fps
Melihat opsi-opsi tersebut, timbulah pertanyaan tentang istilah kualitas video tersebut,  apa maksudnya, dan mana yang sebaiknya saya pilih ketika ingin melakukan perekaman video.

Pertanyaan yang sama mungkin saja anda pertanyakan, terutama untuk anda yang masih pemula dalam dunia rekam merekam video, walaupun merekam kelihatannya sangat mudah, namun untuk mendapatkan hasil rekaman video dengan kualitas yang baik, istilah-istilah tersebut sebaiknya perlu kita pahami dengan baik, sehingga kita bisa menentukan pengaturan seperti apa yang harus kita gunakan pada saat merekem sebuah moment.



Cari-cari informasi akhirnya saya menemukan sebuah jawabannya yang cukup bisa menjadi pertimbangan kita pada saat melakukan video recording menggunakan kamera HP.

Saya membuat ini ya sebetulnya untuk dokumentasi saya agar tidak lupa, namun sepertinya mungkin saja akan bermanfaat untuk anda yang juga kebetulan masih baru dalam dunia rekam-merekam video, ya semoga saja apa yang saya sajikan ini cukup bermanfaat untuk anda.

Apa itu FPS?

Sebelum saya menjelaskan mengenai perbedaan 30fs vs 60 fps, saya akan uraikan sedikit apa itu FPS.

Kita harus ketahui bahwa sebuah gambar bergerak seperti dalam sebuah video, sebenarnya itu merupakan kumpulan-kumpulan gambar tidak bergerak yang saling berhubungan, sehingga membentuk sebuah gambar bergerak ketika diputar secara bersamaan.

FPS adalah singkatan dari Frame per Second, merupakan satuan yang menunjukan jumlah frame dalam satu detik.

Frame sendiri merupakan sebuah gambar static (tidak bergerak), FPS artinya jumlah gambar-gambar yang menyusun sebuah gerakan dalam satu detik.

Perbedaan 30fps vs 60 fps pada recording video

Sekarang apa perbedaan 30fps vs 60 fps pada kualitas video?
30fps (30 frame persecond), artinya adalah gambar-gambar yang menyusun gerakan dalam sebuah video dalam setiap detiknya terdapat 30 gambar.

Sementara 60fps artinya gambar-gambar yang menyusun setiap gerakan dalam dalam sebuah video/animasi dalam setiap detiknya terdapat 60 gambar/bingkai.

Antara 30fps vs 60fps Mana yang lebih bagus ?
Kualitas video yang lebih bagus dan halus antara 30fps vs 60fps terlepas dari jumlah fixelnya tentu saja kualitas video yang memiliki framerate lebih tinggi, artinya jika kita membandingkan antara 60fps vs 30fps, maka kualitas gerakan video yang paling bagus tentu saja adalah yang 60fps karena jumlah Frame/bingkai gambar yang menyusun gerakan setiap detiknya lebih banyak,sehingga kualitas gambar video menjadi lebih halus dan smooth (tidak patah-patah).

Tapi untuk beberapa kamera smartphone, nilai frame rate yang tinggi walaupun kualitas gambarnya lebih halus, namun semakin tinggi jumlah framerate, maka umumnya membutuhkan jumlah pencahayaan yang lebih terang, sehingga terkadang video yang dihasilkan dari kamera dengan frame rate 60fps akan terlihat lebih gelap jika dibandingkan dengan frame rate 30fps yang lebih kecil.

Mana yang harus dipilih?
Ketika ingin menentukan pilihan frame rate, menurut saya sesuaikan saja dengan moment yang ingin direkam, jika yang ingin kita rekam adalah gambar aktif bergerak dengan pencahayaan yang baik, maka akan lebih baik memilih frame rate yang lebih tinggi.

Sementara jika moment yang ingin direkam diam atau tidak bergerak, seperti pada saat merekam pemandangan sekitar, menggunakan setingan frame rate 30fps juga hasilnya lumayan baik.

Perbedaan UHD, FHD dan VHD?

Sekarang mungkin anda bertanya latas apa bedanya UHD, FHD dan VHD ?. Ini biasanya berkaitan dengan resolusi gambar, resolusi umunya akan mempengaruhi ketajaman gambar.

Dalam dunia rekam video, selain frame rate kita juga harus memperhatikan resolusi gambar, saat ini ada beberapa resolusi gambar yang bisa dihasilkan oleh kamera perekam video yang cukup banyak digunakan diantaranya adalah UHD, FHD dan HD dan masih banyak juga yang lainnya.

Umumnya semakin tinggi resolusi gambar dan semakin tinggi frame ratenya, maka gambar yang dihasilkan akan semakin tajam dan semakit halus gambar dan gerakannya, namun kapasitas file video yang dihasilkan juga tentunya akan semakin besar.

Berikut penjelasan mengenai perbedaan UHD, FHD dan VHD:


a. UHD (Ultra HD)
UHD singkatan dari Ultra Hight Definition, sekarang tersedia UHD 4k dan UHD 8k.  
  • UHD 4K:  UHD 4K memiliki jumlah pixel vertikal sebesar 2160 dan horizontalnya 3840 pixel untuk rasio layar 16:9. Label 4K sendiri mengacu pada jumlah pixel horizontal yang hampir mencapai 4000 pixel. Jadi ukuran pixel minimal agar dapat disebut Ultra HD haruslah mendekati angka 4000 pixel dengan total 8 MP lebih.
  • UHD 8K: Seperti namanya UHD 8K, berarti merupakan kelipatan dari angka 4K. Pixel vertikalnya sebesar 4320 dan horizontal sebesar 7680, mendekati 8000 pixel untuk rasio TV yang sama 16:9.
b. FHD (Full HD)
FHD atau Full Hight definition kualitas gambarnya berada di bawah UHD. Full HD memiliki resolusi  1080 pixel atau sering dikenal dengan sebutan 1080p atau 1080i.  Huruf “p” yang tertera bukanlah berarti pixel, melainkan progressive scan dan huruf “i” berarti interlaced scan. Keduanya menandai bagaimana proses komponen TV dalam memindai gambar, secara progresif atau bergantian.

Jadi ketika melihat tulisan FHD 1080, 30fps itu artinya kualitas gambar Full HD dengan jumlah pixel 1080 dan jumlah frame setiap detiknya 30fps.

c.VHD (Video HD)
HD atau High Definition merupakan sebuah resolusi yang lebih dikenal dengan 720p. Resolusi yang dimiliki nya yaitu sebesar 1280 x 720 piksel. Resolusi HD ini dipergunakan pada 30 atau 60 frame per detik.


Setidaknya dengan mengetahui istilah istilah video recording di atas kita bisa tahu pengaturan mana yang sebaiknya kita pilih.

Tentunya kita bisa menyesusaikan dengan moment yang ingin kita rekam, apakah bergerak atau diam, kemudian apakah terang atau gelap.

Kalo saya sih lebih banyak menggunakan yang FHD 1080, 30fps, ya lumayan lah kualitas pertengahan, kualitas video yang dihasilkan juga cukup baik dan juga kapasitas file tidak terlalu besar.


No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!