Whatsapp atau sering juga dipanggil WA, merupakan sebuah aplikasi messengger atau chating gratis yang saat ini sering digunkan sebagai alternatif untuk sms dan juga panggilan online, whatsapp banyak digunakan oleh pengguna perangkat mobile karena kemudahannya dan fiturnya yang sangat lengkap.

Selain mengirim pesan dan juga melakukan panggilan, whatsapp juga dapat digunakan untuk melakukan video call atau panggilan video melalui jaringan internet.

Dalam mengirim pesan kelebihan whatsapp adalah, selain mampu mengirim pesan dalam bentuk teks whatsapp juga dapat digunakan untuk mengirim pesan dalam semua bentuk format file baik file multimedia, seperti gambar / foto, video, suara bahkan file dokumen seperti dokumen word, excel, pdf dan bentuk file lainnya.

Kerena kemampuannya yang luarbiasa, tidak heran saat ini banyak orang yang menggunakan aplikasi whatsapp sebagai alternatif mengirim file sebagai pengganti email, karena mereka menganggap pengiriman file melalui aplikasi whatsapp cukup praktis.

trik cepat mengirim file dari laptop ke wa


Pengiriman file menggunakan whatsapp memang boleh dibilang sangat mudah, sekalipun file atau data yang ingin dikirimkan melalui wa berada di komputer pc atau laptop, tapi sayangnya banyak pengguna wa yang masih merasa kesulitan ketika file yang ingin dikirim melalui whatsapp (wa) berada di komputer pc atau laptop.

Mereka banyak memilih memindahkan terlebih dahulu file yang akan dikirimkan dari komputer ke perangkat smartphone miliknya lalu mengirimkannya, padahal jika tau caranya kita bisa memanfaatkan whatsapp web untuk melakukannya, sehingga file yang ingin dikirim via whatsapp dari komputer tidak harus dipindahkan ke perangkat mobile / hp.

Trik Cepat Mengirim file dari laptop ke WhatsApp (WA) tanpa kabel data

Untuk anda yang merasa kesulitan ketika ingin mengirim file (foto, dokumen, gambar / foto) dari komputer pc atau laptop melalui pesan whatsapp, maka ada trik cepat sehingga anda tidak perlu lagi memindahkan file dari komputer ke perangkat hp anda untuk anda kirimkan via whatsapp.

Caranya adalah dengan memanfaatkan whatsapp untuk versi web. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan komputer pc atau laptop anda sudah terhubung ke internet.

2. Pada komputer anda, silahkan buka browser (mozila, google chrome, safari dll), lalu buka situs https://web.whatsapp.com/

mengirim data dari komputer ke whatsapp

Anda akan melihat tampilan barcode seperti gambar di atas, gambar barcode tersebut digunakan sebagai kode untuk login ke whatsapp web menggunakan perangkat hp anda.

3. Sekarang buka aplikasi whatsapp di hp anda, kemudian tekan tombol tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih menu WhatsApp Web

Akan keluar kamera scanner yang dapat anda gunakan untuk scan kode barcode yang muncul di halaman https://web.whatsapp.com/ di komputer anda yang sudah dibuka sebelumnya.

4. Silahkan arahkan kamera scanner di hp anda ke kode barcode di komputer anda, fokuskan dan tunggu sebentar, maka jika berhasil Aplikasi whatsapp web di komputer pun akan melakukan login dan akan masuk ke halaman utama whatsapp web anda.


5. Di bagian kiri, klik nama pengguna / nama group whatsapp yang ingin anda kirimi pesan dalam bentuk file atau data.

Setelah terbuka, klik tombol bergambar peniti di pojok kanan atas untuk mulai memasukan dan mengirim file / data atau dokumen melalui whatsapp.

mengirim file dari komputer ke whatsapp

Maka akan muncul beberapa opsi yaitu:

  • Kirim Photo atau video
  • Kamera, untuk membuka kamera di laptop anda untuk mengambil gambar
  • Kirim Dokumen
  • Kirim Kontak
Untuk mengirim file atau dokumen dari komputer anda ke whatsapp, pilih saja opsi Kirim dokumen,

Silahkan pilih dokumen dari komputer anda, hampir semua dokumen bisa dimasukan seperti file video, music mp3, gambar/foto, dokumen ms word excel atau pdf dan dokumen lainnya.

Whatsapp akan mengupload dokumen yang anda masukan, tunggu prosesnya hingga selesai, lamanya proses akan sangat tergantung sekali dengan kapasitas ukuran dokumen yang anda kirimkan.

Jika berhasil, maka dokumen pun akan terkirim ke pesan whatsapp yang akan diterima oleh teman atau group whatsapp anda.

Sangat mudah bukan !

Baca juga: Cara membuat pesan teks whatsapp tebal, miring dan coret

Dengan adanya aplikasi whatsapp web, mengirim file dari komputer pc atau laptop akan sangat mudah sekali, karena anda tidak perlu memindahkan file tersebut ke perangkat android anda, cukup menggunakan whatsapp for web, anda bisa mengirimkan file apapun dari komputer anda langsung ke whatsapp.

Selain mengirim file, anda juga bisa menggunakan whatsapp for web untuk memindahkan atau mendownload file dari pesan whatsapp ke komputer anda dengan mudah.


Itulah artikel mengenai trik cepat cara mengirim file / dokumen (word, pdf, excel, powerpoint, gambar, foto, file suara atau music) dari laptop ke pesan whatsapp atau wa tanpa kabel data dan tanpa harus memindahkan file tersebut dari komputer ke perangkat smartphone anda.

No comments:

Post a comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!