Yang harus selalu diperhatikan ketika anda sudah menjadi publisher iklan google adsense adalah, pastikan setiap artikel postingan yang kita buat menghindari hal-hal yang melanggar kebijakan, jika di dalam artikel ada kata-kata atau link yang dianggap melanggar kebijakan maka biasanya akan ada peringatan khusus dari google adsense bahwa artikel tersebut melanggar atau tidak sesuai dengan kebijakan.

Ketika di blog yang dipasangi iklan adsense ditemukan artikel yang tidak sesuai dengan kebijakan adsense, Umumnya pihak google adsense tidak akan langsung melakukan penalty atau banned terhadap akun adsense atau halaman blog yang kita miliki, namun biasanya akan memberikan peringatan, biasanya si publisher akan diminta untuk mencopot iklan di halaman yang melanggar kebijakan tersebut atau menghapus artikel tersebut.

tidak menayangkan iklan di sebagian postingan


Tentunya untuk publisher ini akan menjadi dilema, jika tetap dipertahankan khawatir terkena penalty namun jika dihapus tentu akan mempengaruhi visitor, apalagi artikel yang dianggap melanggar kebijakan adalah artikel penyumbang visitor tertinggi tentu saja jika artikel tersebut dihapus akan langsung menurunkan visitor.

Tapi sebenarnya ada kabar baik, ketika di halaman blog ada artikel yang dianggap melanggar kebijakan, dan kita mendapatkan peringatan untuk mencopot iklan di halaman tersebut, maka salah satu cara terbaik adalah menghilangkan atau mencopot iklan adsense hanya untuk artikel tersebut, maka google adsense anda pun dijamin aman.

Cara Menghilangkan Iklan adsense di sebagian postingan yang melanggar kebijakan

 Untuk sebagian blogger mungkin ini akan terasa sulit, ya mungkin jika kode iklan yang muncul disetiap postingan dipasang disetiap kode html artikel ini tentunya akan mudah, tinggal hapus saja kode iklan di artikel yang dimaksud urusan selsai.

Tapi masalahnya banyak publihser yang memasang iklan di kode template, dengan tujuan untuk mempermudah pengelolaan agar iklan adsense secara otomatis muncul di semua postingan.

Saya yakin jika kasusnya seperti itu anda mungkin akan sedikit kesulitan mencopot iklan di sebagian postingan, karena jika langsung menghapus kode iklan yang terpasang maka iklan tidak akan lagi muncul di semua postingan.

Tapi tenang saja, untuk menghapus iklan di sebagian postingan bukanlah hal yang tidak mungkin, ada sebuah cara yang bisa anda coba, yaitu dengan cara memindahkan artikel postingan ke page atau halaman, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka Akun Blog anda.

2. Pada bilah menu sisi kiri klik menu Page atau laman


 3. Pada editor laman, silahkan anda buat judul postingan sama dengan judul artikel yang melanggar kebijakan

4. Salin semua isi tulisan dari artikel postingan yang melanggar kebijakan ke halaman / page yang anda buat.

5. Terbitkan laman yang anda buat tersebut, lalu silahkan buka laman tersebut dan catat url page tersebut.




6. Kembali ke halaman akun blog anda, di bilah menu sisi kiri sekarang pilih menu setelan / settings > Search Reference / Preferensi penelusuran, terlihat seperti gambar di bawah ini:

7. Dihalaman preferensi penelusuran / search reference, silahkan lakukan redirect dari url artikel yang melanggar kebijakan ke url laman / page yang baru saja anda buat.

Caranya:
Klik pada link edit untuk label pengalihan khusus:



 Kemudian klik pada tombol pengalihan baru:


Nanti akan muncul input untuk melakukan redirect dari url lama ke url baru seperti gambar di bawah ini:
Dari: 
silahkan isi dengan ujung url lama yang melanggar kebijakan, ingat isi dengan ujung urlnya saja tanpa nama domain.
Misal jika url lama anda 
abc.blogspot.com/2017/10/old-url.html.
maka anda cukup mengisinya dengan mengetikan:
/2017/10/old-url.html

Kepada:
Isi dengan URL Laman anda masukan ujungnya saja tanpa domain utama
Misal url laman anda:
abc.blogspot.com/p/new_url.html
maka anda cukup mengisinya dengan
/p/new_url.html

Lalu Tekan tombol Simpan perubahan jika sudah selesai.

Jika berhasil, maka jika ada pengunjung yang mengunjungi artikel lama anda yang melanggar kebijakan akan dialihkan ke artikel laman yang anda buat.

Menambahkan tag kondisional di antara kode iklan

Langkah selanjutnya adalah menambahkan tag kondisional pada setiap kode iklan yang anda pasang di kode template blog anda. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka editor HTML blog anda yang sudah dipasangi kode iklan adsense

2. Tambahkan tag kondisional di setiap kode iklan yang anda pasang hingga formatnya seperti:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
    KODE IKLAN ADSENSE
</b:if>
Dengan memasang kondisional tag di atas untuk setiap kode iklan, maka kode iklan tidak akan tampil di halaman / page termasuk di halaman artikel anda yang melanggar kebijakan karena sebelumnya sudah dilakukan redirect ke halaman.

Cara di atas sekaligus juga akan membuat iklan tidak tayang di halaman-halaman seperti contact us, privacy policy, about yang biasanya dibuat menggunakan page atau laman.

Baca juga: kenapa iklan adsense tidak muncul setelah ganti domain

Itulah mengenai Cara Menghilangkan Iklan adsense di sebagian postingan yang melanggar kebijakan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!