Saya yakin anda akan kesal, jengkel, campur aduk ketika anda mendapati trafik blog kesayangan anda tiba-tiba turun secara drastis, padahal anda merasa tidak melakukan apa-apa. perlu anda tahu bahwa kasus seperti ini bukan anda saja yang mengalaminya, tetapi hampir semua blogger yang sudah malang melintang di dunia blogger juga saya yakin pernah mengalaminya.

Turunnya trafik blog/situs secara tiba-tiba tidak jarang bisa membuat pemiliknya enggan ngeblog lagi, padahal untuk membangun sebuah blog hingga memiliki trafik yang tinggi jelas bukanlah perkara mudah,  memerlukan tenaga dan juga waktu yang tidak sebentar, akan sangat disayangkan jika harus berhenti ngeblog dikarenakan permasalahan ini, apa yang harus dilakukan seharusnya adalah mengidentifikasi akar permasalahannya kemudian dicari solusinya, sehingga trafik blog bisa normal kembali.

Turun naiknya trafik sebuah blog itu sebenarnya hal yang normal, jika trafik turun tidak terlalu drastis,  namun jika trafik blog tiba-tiba turun di atas 50% secara tiba-tiba dan bertahan dalam waktu yang lama, maka sudah dapat dipastikan bahwa ada sesuatu yang salah dengan blog anda, penyebabnya bisa bermacam-macam, bisa karena aktivitas blogging anda, karena ada perubahan algoritma mesin pencari dan penyebab lainnya.


Mengatasi trafik blog turun secara drastis dan tiba-tiba


Trafik blog turun biasanya karena rangking halaman di hasil pencarian menurun, untuk sebagaian blogger turunnya trafik mungkin bisa dianggap bencana, apalagi blognya adalah satu-satunya sumber untuk mendapatkan penghasilan secara online, oleh karena itu ketika kita mendapati bahwa blog trafiknya turun, setidaknya kita harus segera mencari tau penyebabnya, kemudian di upayakan cara mengatasinya, jika dibiarkan maka kemungkinan besar blog anda akan sulit untuk kembali memiliki trafik normal.

Identifikasi Penyebab Penurunan trafik Pada Blog anda

Ada banyak penyebab trafik blog turun, bisa karena aktivitas si pemilik blog yang dianggap tidak sesuai dengan  kebijakan mesin pencari, atau karena adanya perubahan algorirma mesin pencari. untuk anda yang mengalami trafik blognya turun, maka yang harus anda lakukan adalah mencari penyebnya terlebih dahulu kemudaian cari solusinya.

Beberapa Hal yang bisa anda identifikasi diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Perubahan Algoritma mesin pencari

Algoritma mesin pencari terutama google selalu melakukan perubahan, perubahan atau update algoritma mesin pencari biasanya untuk mengatasi tindakan-tindakan yang dianggap tidak sesuai dengan kebijakan google dan, parahnya lagi terkadang perubahannya pun tanpa ada pemberitahuan, akibat perubahan algoritma mesin pencari ini tidak jarang akan mempengaruhi trafik sebuah blog, terutama untuk blog yang dianggap tidak sesuai dengan aturan algoritma tersebut.


Untuk memastikan bahwa turunnya trafik pada blog anda disebabkan oleh perubahan algoritma mesin pencari, anda harus mencari informasi bahwa memang benar google sudah melakukan update algoritma.  Dmpak dari perubahan algoritma mesin pencari ini terkadang sulit untuk diidentifikasi, salah satu cara terbaik untuk memastkan bahwa google sudah mengeluarkan update algoritma terbarunya adalah dengan mengecek history update algoritma google di salah satu halaman postingan moz tentang Algoritma change history


Setiap kali terdapat update algoritma google, biasanya moz menyajikannya dalam salah satu halaman blognya,  lengkap dengan penjelasannya, jika anda menemukan bahwa memang benar ada algoritma terbaru yang dikeluarkan google, anda bisa mempelajarinya untuk mengetahui kinerja algoritma tersebut, apa yang menjadi target algoritma tersebut, jika anda merasa blog anda tidak sesuai dengan aturan algoritma mesin pencari tersebut, bisa jadi blog anda terkena penalty dan itu bisa jadi yang menyebabkan trafik blog anda turun.

Dengan mengatahui aturan algoritma mesin pencari maka untuk mengembalikan trafik blog anda,anda bisa menghindari dan memperbaiki hal-hal yang memang tidak sesuai dengan aturan algoritma baru tersebu.

2. Masalah Backlink

Yang kedua yang bisa menyebabkan trafik blog anda turun secara drastis dalam waktu tiba-tiba adalah dikarenakan masalah link, terutama link masuk atau backlink yang dianggap tidak natural atau link spam, backlink seperti ini bisa disebabkan karena cara membangun backlink yang anda lakukan menggunakan cara blackhat yang tidak sesuai dengan kebijakan mesin pencari, sehingga pada akhirnya blog anda terkena penalty yang berdampak pada turunnya trafik blog secara drastis.

Salah satu aktivitas membangun backlink yang bisa menyebabkan trafik blog anda turun dan sulit untuk kembali adalah membangun backlink dengan teknik nyepam di komentar blog orang lain, bahkan terkadang blog yang dijadikan target nyepam tidak memiliki relevansi sedikitpun dengan blog anda.

Aktivitas seperti ini memang dapat membuat trafik blog cepat melesat, namun jika aktivitas ilegal tersebut sudah terdeteksi google, maka akan dianggap sebagai tindakan manual webspam, danpaknya blog anda akan terkena penalty, dan yang paling parah trafik blog akan sulit untuk kembali naik.

Backlink saat ini sangat memperhitungkan kualitasnya jika dibandingkan dengan kuantitas, walaupun backlink yang blog anda miliki jumlahnya banyak, namun tetap akan kalah dengan backlik yang jumlahnya sedkit tapi berkualitas, backlink berkualitas adalah backlink yang diletakan di dalam artikel blog relevan yang bersumber dari situs yang memiliki popularitas dan reputasi yang baik di mata mesin pencari.

Jika anda menyadari bahwa turunnya trafik karena permasalahan dengan link terutama backlink yang anda bangun, maka untuk memperbaiki trafik anda sebaiknya anda segera hentikan aktivitas membangun baclink dengan cara-cara tersebut dan lanjutkan dengan terus menerbitkan konten berkualitas.

3. Blog Kehilangan Backlink

Yang berikutnya yang bisa menyebabkan turunnya trafik adalah karena blog anda kehilangan backlink, hal seperti ini bisa terjadi ketika backlink yang menuju blog kita dihapus oleh pemilik blog yang meletakan link ke blog anda, untuk mengetahui jumlah backlink anda bisa menggunakan google webmaster tool > Lalulintas Penelusuran > Tautan ke situs anda terlihat seperti gambar di bawah ini:

Backlink


Untuk mengetahui jumlah backlink yang masuk ke situs anda, silahkan amati jumlah total tautan, jika anda menemukan bahwa ada  pengurangan jumlah backlink, kemungkinan besar trafik blog anda turun disebabkan oleh berkurangnya backlink tersebut.

 4. Banyak ditemukan Page Not Found 404

Yang ke 4 yang bisa mempengaruh terhadap trafik blog anda adalah banyaknya terdapat page notfound 404 pada blog anda, penyebab munculnya page not found 404 pda blog anda beberapa diantaranya adalah,:
  • Ada halaman blog anda yang terhapus atau anda salah mengetikan url pada sebuah link yang terdapat di halaman blog anda.
  • Alamat situs yang yang anda jadikan rujukan link keluar dihapus oleh pemiliknya. jika anda menemukan ekternal link yang anda pasang pada halaman blog anda tidak ditemukan, maka sebaiknya anda segera menggantinya dengan alamat situs lainnya yang masih memiliki relevansi dan reputasi yang baik.

Percaya atau tidak saya pernah kehilangan trafik lebih dari 50% akibat banyaknya ditemukan page not found 404, penyebabnya adalah saya sengaja menghapus beberapa artikel yang cukup populer di blog saya, karena halaman tersebut dianggap tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, alhasil karena di hasil pencarian belum terhapus 100%, judul blog yang dihapus tersebut masih ditemukan di hasil pencarian, sehingga ketika pengunjung mengklik judul tersebut, mereka di bawa ke halaman kosong karena url halaman sudah dihapus.

Ketika pengunjung mengakses halaman 404, secara tidak langsung akan mengurangi UX Faktur (User Experience/Pengalaman pengguna), jika pengalaman pengguna buruk maka ini bisa menurunkan reputasi blog sehingga blog pun bisa mengalami penurunan rangking.

Untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik, sebaiknya kesehatan blog harus kita perhatikan, salah satunya adalah selalu memonitor blog dari halaman tidak ditemukan (page not found 404). agar lebih mudah menemukan page not found 404 anda bisa menggunakan tool online salah satu yang cukup efektif adalah deadlink checker

Cara mengecek page not found 404

Silahkan anda akses situs tersebut, kemudian ketikan alamat situs anda, pilih check singgle webpage agar proses pencarian 404 lebih cepat, jika di halaman blog anda ditemukan 404 maka akan terlihat seperti gambar di atas. Apa yang harus anda lakukan selanjutnya jika menemukan page not found 404 adalah anda harus segera memperbaikinya.

  • Jika page not found anda temukan di link keluar maka anda bisa menggantinya dengan alamat url yang menuju artikel relevan lainnya, usahakan mengarah ke situs yang memiliki reputasi yang baik di mata google.
  • Jika page not found ditemukan pada alamat urlnya maka anda bisa menghapusnya di akun webmaster tool, caranya silahkan baca cara menghapus page note found 404 pada halaman blog
  • Jika page not found 404 ditemukan di internal link, maka anda bisa menggantinya dengan mengarahkan ke halaman blog anda lainnya.

5. Jarang Menerbitkan artikel

Yang berikutnya yang bisa menyebabkan trafik blog anda turun adalah karena anda jarang update artikel dalam waktu yang lama, jarang update artikel biasanya tidak langsung menurunkan trafik blog secara drastis, namun trafik akan turun seiring waktu, pelan-pelan tapi pasti, ini seperti yang saya sedang saya alami dikarenakan  berbulan-bulan tidak menerbitkan artikel, akhirnya trafikpun ikut turun.

Jika anda ingin tau, silahkan baca: dampak buruk jarang update artikel terhadap trafik blog

Oleh karena itu agar trafik blog anda terus meningkat, maka anda harus terus menerbitkan artikel bermanfaat, atau paling tidak anda melakukan update (pembaharuan/revisi) artikel-artikel lama yang sudah adaluarsa menjadi artikel yang uptodate.

Tips mengembalikan trafik yang Turun Drastis

Setelah anda mengidentifikasi penyebab turunnya trafik blog anda, cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan trafik seperti sedia kala adalah sebagai berikut:

1. Benahi Template blog anda

Pastikan bahwa template yang digunakan adalah template seo friendly dan pastikan sudah bersifat responsve dan sudah mobile friendly, template seperti ini untuk saat ini sangat rirekomendasikan oleh mesin pencari. karena jika tidak kemungkinan besar

2.  Perhatikan kenyamanan pengguna

Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan pengguna, jika pengguna merasa tidak nyaman kemungkinan besar akan menurunkan UX faktor (faktor pengalaman pengguna), jika UX faktor dianggap buruk maka kemungkinan besar rangking blog pun akan turun. Untuk meningkatkan ux faktor atau pengalaman pengguna anda harus memastikan:
  • Loading blog ringan, pastingan blog dapat terbuka di bawah 2 detik, karena berdasarkan penelitian 47% pengguna lebih menyukai blog yang  waktu loadingnya di bawah 2 detik.
  • Navigasi blog mudah
  • Desain tampilan nyaman.

3. Patuh terhadap kebijakan mesin pencari

Jika karena algoritma mesin pencari, maka sebaiknya anda tidak melakkan tindakan-tindakan yang dianggap tidak sesuai dengan algoritma mesin pencari.

4. Perbaiki deadlink

Periksa secara rutin kesehatan blog anda, jika ditemukan pagenotfound, maka segera perbaiki brokn link tersebut agar bisa berfungsi dengan baik.

5. Hentikan Membangun backlink dengan cara spam

Cara spam adalah salah satu cara membangun backlink yang paling mudah, namun anda harus tau walaupun di awal blog anda akan cepat melesat, kemungkinan besar seiring waktu blog akan mengalami penurunan rangking dan akan sulit untuk recovery.

Jika anda tidak merasa membangun backlink dengan cara spam namun anda menemukan sumber backlink buruk seperti bersumber dari situs-situs dewasa, perjud1an dan situs serupa lainnya, maka segera lakukan tindakan disavow menggunakan google's disavow tool

6. Rutin update artikel

Jangan lupa untuk selalu rutin update artikel, dengan terus melakukan update artikel maka kemungkinan besar trafik akan terus meningkat.

Kesimpulan

Memang ada banyak sekali penyebab kenapa trafik blog bisa turun yang harus anda lakukan ketika anda mengetahui trafik blog anda tiba-tiba turun, adalah mengidentifikasi penyebabnya, jika penyebabnya sudah diketahui maka langkah selanjutnya melakukan perbaikan. dengan demikian trafik blog pun kemungkinan akan kembali normal.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!