Sampai saat ini google adsense menjadi salah satu media periklanan yang paling banyak diminati di seluruh dunia, asalannya media periklanan milik google ini mampu membayar publishernya dengan nilai yang cukup tinggi, sebenarnya ada banyak sekali media periklanan di internet yang bisa kita pilih untuk memonetisasi blog, tapi tetap saja jika dibandingkan dengan google adsense, media periklanan google adsensen lah juaranya.

Karena Potensi untuk mendapatkan penghasilan dari google adsense ini sangat bagus, maka tidak heran banyak orang berbondong-bondong ingin menjadi publisher google adsense, sehingga mereka bisa memasang iklan google adsense di situs miliknya dan mereka bisa menikmati gurihnya penghasilan dari google adsense.

Syarat Untuk daftar google adsense itu sebenarnya tidak sulit, syarat utamanya adalah anda sudah berusia diatas 17 tahun, memiliki blog yang sesuai kebijakan mereka dan disarankan setiap artikel di blog tersebut berkualitas.
Ciri Pendaftaran Google Adsense sudah diterima sepenuhnya (full approve)
Sayangnya untuk dapat diterima menjadi publisher google adsense itu bukanlah perkara gampang, apalagi saat ini, google sangat ketat sekali menyeleksi calon publishernya, jika dianggap tidak sesuai dengan kriteria dan kebijakan mereka maka google akan langsung menolaknya. Tidak heran sampai saat ini banyak orang yang merasa kecewa dan putus asa karena selalu ditolak.

Penolakan biasanya penyebab utamanya karena mereka masih belum paham tentang apa yang diinginkan google, padahal jika semua kriterianya sudah terpenuhi kemungkinan besar blog anda akan diterima google adsense.

Ada satu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh sebagaian blogger yang baru pertama kali melakukan pendaftaran google adsens, pertanyaan yang sering mereka pertanyakan salah satunya adalah tentang ciri blog yang sudah diterima oleh google adsense, atau ciri pendaftaran google adsense yang sudah diterima.

Mereka menanyakan hal tersebut dikarenakan mereka sudah mendaftar dan sudah bisa login kea kun google adsennya, namun iklan google adsensen yang dipasang di halaman blog mereka belum keluar alias tidak kelihatan, permasalahan ini membuat mereka bertanya-tanya untuk mendapatkan kepastian apakah blognya sudah diterima oleh google adsense atau belum.

Oleh karena itu di artikel kali ini saya ingin menjabarkan beberapa ciri blog yang sudah diterima oleh google adsense atau ciri pendaftaran google adsense sudah diterima sepenuhnya oleh google.

Ini dia 3 Ciri Pendaftaran Google adsense Anda sudah diterima sepenuhnya (full approve)

Perlu anda ketahui bahwa pendaftaran google adsense hanya bisa menggunakan 2 jenis blog, blog berflatform blogspot dan blog pribadi dengan top level domain (TLD), jika anda melakukan pendaftaran google adsense menggunakan blog TLD maka jika pendaftaran anda diterima anda akan memiliki akun google adsense non-hosted, sedangkan jika pendaftaran menggunakan blog berflatform blogspot, jika diterima akun google adsense yang akan anda dapatkan adalah akun google adsense hosted.

Kedua akun tersebut dari segi fungsi sangat berbeda, akun google adsense hosted, iklan hanya dapat ditayangkan di blogspot saja, sedangkan non-hosted, bisa ditayangkan selain di blogspot juga bisa ditayangkan di blog pribadi dengan top level domain. Saran saya jika anda memiliki blog pribadi lebih baik gunakan blog tersebut untuk mendaftar adsense agar anda memperoleh akun adsense non-hosted.

Berikut beberapa ciri pendaftaran google adsense anda sudah diterima sepenuhnya:

1. Lolos Review 1 dan review 2

Proses pendaftaran google adsense untuk saat ini biasanya akan melalui tahapan proses review (peninjauan) ini untuk memastikan bahwa blog yang didaftarkan benar-benar layak untuk menayangkan iklan google adsense, proses review akan dilakukan melalui 2 tahap, review 1 dan review 2, hasil review selalu di lengkapi dengan email pemberitahuan  yang akan dikirim ke pendaftar.

Review 1 Google Adsense
Review 1 berdasarkan testimoni para blogger banyak menyorot masalah-masalah performa blog,s sebagai berikut:

a. Navigasi situs
Pastikan situs mudah ditelusuri oleh pengguna, penyajian menu, struktur konten, jika panjang sangat disarankan menggunakan judul dan sub-sub judul , internal link atau keterhubungan antar konten yang relevan dan lain sebaganya.

b. Performa situs di mata mesin pencari,
Pastikan seluruh artikel sudah terindek dan dapat dikenali oleh mesin pencari, juga pastikan bahwa situs tidak memiliki error, anda bisa mengontrolnya di search console.

c. Kualitas konten
Patikan konten yang anda buat di blog yang anda daftarkan berkualitas, informative di mata pengunjung, baik di mata google dan yang paling penting tidak menyalahi kebijakan google dan sesuai dengan panduan google webmaster guideline.

d.Pastikan template blog sudah responsive dan sudah mobile friendly
Saat ini pengguna bukan hanya menggunakan lapotop, computer pc desktop, tapi juga banyak yang menggunakan perangkat mobile, google menginginkan iklan harus bisa diakses dan dilihat di kedua perangkat tersebut. Jika template sudah mobile friendly dan juga responsive, ini sebagai langkah awal blog anda akan memiliki peluang besar untuk diterima.

Jika kriteria di atas dapat terpenuhi maka kemungkinan besar pendaftaran yang anda lakukan akan lolos review 1. Dan jika review 1 lolos maka pada umumnya anda akan mendapat email pemberitahuan  dari team google adsense yang dikirim ke email yang anda gunakan untuk mendaftar adsense.

Di email tersebut akan diinformasikan bahwa pendaftaran anda berhasil dan anda akan diminta untuk login ke akun adsense anda untuk membuat unit iklan untuk dipasang di halaman blog anda. Tapi jangan dulu gembira karena sampai tahap ini pendaftaran anda belum diterima sepenuhnya.

Jika anda sudah mendapatkan email pemberitahuan tersebut, maka silahkan anda login kea kun adsense anda, kemudian buat unit iklan pertama anda lalu pasang di halaman blog yang anda daftarkan. Setalah anda memasang iklan di halaman blog anda, maka review 2 di mulai.

Review 2 Google adsense
Pada review 2 google adsense biasanya  google akan memfokuskan pada kinerja iklan di halaman blog anda,  jika iklan dianggap berjalan dengan baik maka review 2 akan lolos. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika proses review 2 adalah sebagai berikut:

a. Terus  konsisten melakukan posting dan juga selalu memeriksa performa blog anda silahkan gunakan google webmaster tool, pastikan tidak ada masalah pada blog anda.

b. Copot iklan selain google adsense yang terpasang di blog anda, jika sebelumnya anda sudah memasang iklan selain google adsense.

c. Pastikan Penempatan iklan tidak menyalahi kebijakan google adsense, silahkan pelajari disini.

d. Pastikan Iklan dapat berjalan ketika blog diakses melalui Komputer pc atau laptop maupun ketika di akses melalui  perangkat seluler tablet, hp atau smartphone.

e. Pastikan blog anda sudah memiliki pengunjung dan jangan sering-sering mengakses halaman blog anda sendiri, karena dulu yang saya lakukan ketika proses review 1 dan 2 saya jarang sekali mengakses halaman blog saya sendiri, walaupun pengunjung masih puluhan orang terbukti bisa diterima.

Ketika proses review 2 iklan biasanya akan muncul lalu hilang lagi dan biasanya hanya akan menampilkan kotak kosong /blank, anda jangan panik karena ini adalah proses yang normal, silahkan tunggu saja sampai anda mendapatkan email pemberitahuan di terima atau ditolak.

2. Mendapatkan Email Pemberitahuan Full approve

Jika review 2 sukses iklan pada blog anda akan tayang dan anda akan mendapatkan mendapatkan email pemberitahuan dari google adsense bahwa pendaftaran anda sepenuhnya sudah diterima.

3. Iklan tayang di halaman blog anda

Ciri berikutnya bahwa akun google adsense anda sudah diterima sepenuhnya adalah, iklan adsense yang anda pasang pada halaman blog anda sudah tayang, jika masih blank, biasanya proses review 2 sedang berlangsung.

Bagaimana anda bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense ?

Jika anda sudah diterima sepenuhnya, maka jangan dulu terlalu bahagia, karena ada proses selanjutnya yang harus anda lakukan:

-Silahkan pelajari dan pahami setiap kebijakan google adsense agar anda tidak melakukan kesalahan yang tidak anda ketahui, karena akun baru biasanya sangat rentan, artinya jika terdeteksi anda melakukan kesalahan yang tidak sesuai dengan kebijakan google adsense, maka akun adsense anda rentan dinonaktifkan atau dibanned, benar-benar sangat disayangkan, jadi hati-hati.

-Tingkatkan visitor organic pada blog anda, yaitu visitor yang bersumber dari mesin pencari, terus tingkatkan visitor, semakin banyak visitor maka penghasilan adsense yang akan anda dapatkan akan sangat baik.

- Letakan iklan di tempat strategis, Jangan lupa untuk memilih penempatan iklan di tempat-tempat strategis yang banyak mendapatkan perhatian pengunjung, beberapa tempat strategis untuk meletakan iklan yang terbukti memancing klik diantaranya, di sidebar, di header, di samping kiri artikel setelah judul, di dalam artikel dan di bawah setelah artikel. silahkan terus bereksperimen untuk masalah ini sehingga dapat menemukan tempat yang tepat yang cocok untuk blog anda.
Baca:

Kapan anda bisa mendapatkan penghasilan ?
Anda baru akan mendapatkan penghasilan dari google adsense jika ada pengunjung blog anda melakukan klik pada  iklan yang anda pasang.  Semakin banyak jumlah klik maka penghasilan adsense pun peluangnya akan semakin baik, dan jumlah klik sangat dipengaruhi oleh jumlah visitor blog anda.


Bagaimana Cara mengambil penghasilan google adsense ?

Dulu cara mengambil penghasilan dari akun adsense tersedia 3 cara, melalui transfer bank (rekening kawat, melalui Western Unioun (WU), melalui cek (hanya berlaku untuk USA). namun saat ini karena sudah diberlakukan akun tingkat country, untuk akun adsense indonesia cara mengambil penghasilan yang sudah tersedia saat ini hanya melalui transfer bank local.



Pencairan baru bisa dilakukan jika PIN Akun adsense sudah anda terima dan sudah anda masukan di akun adsense yang anda miliki dan penghasilan sudah mencapai minimal 100$. PIN akan dikirim ke alamat anda melalui POS biasanya setelah saldo akun adsense anda mencapai 10$, kesempatan pin dikirim 3 kali jika ketiganya belum juga diterima maka langkah terakhir adalah scan kartu identitas (KTP/SIM).






No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!