HP Xiaomi memang saat ini bisa dibilang sedang naik daun, bahkan di indonesia sendiri sepertinya jumlah pengguna xiaomi dari hari ke hari semakin meningkat, penyebab utamanya karena ponsel yang satu ini mampu menawarkan spesifikasi yang tinggi dengan harga yang relative murah jika dibandingkan dengan merk hp lainnya yang memiliki spesifikasi serupa, tapi walaupun murah tetap tidak menjadikan hp xiaomi di cap sebagai hp murahan.

Karena alasan inilah saya pun tertarik untuk membelinya mencoba untuk menjadi pengguna xiaomi, walaupun dari awal saya menyukai semua merk hp keluaran asus zenfone, tetapi karena penasaran saya pun mencoba untuk beralih menjadi pengguna hp xiaomi.

Saya pun akhirnya memutuskan untuk membeli hp xiaomi redmi note 4 dengan ROM / Frimware Global Official (100% original), saya memilih versi ini berhubung versi ini adalah keluaran terbaru, untuk versi ini di pasaran ada 2 versi untuk xiaomi redmi note 4 ini, yang pertama yang menggunakan chipset mediatek dan yang kedua yang menggunakan chipset qualcomm snap dragon, harganya relative sama namun xiaomi dengan chipset qualcomm snap dragon lebih mahal sedikit, kurang lebih beda dua ratus ribuan.

Permasalahan Pada Xiaomi Redmi Note 4 yang saya temukan


Sebelumnya memang banyak yang menyarankan untuk memilih xiaomi dengan chipset Qualcomm snap dragon, dengan alasan lebih stabil dan tidak mudah panas, tapi karena anggaran yang minim sedangkan hp butuh banget karena hp sebelumnya pecah, akhirnya saya fik memutuskan untuk membeli xiaomi redmi note 4 dengan chipset mediatek.

Banyak rumor bahwa xiaomi dengan chipset mediatek cepat panas, dan setelah menjadi pengguna saya baru tau dan memang benar hp xiaomi dengan chipset mediatek saya benar benar mudah sekali panas, Awalnya saya mengira permasalahan pada xiaomi redmi note 4 saya hanyalah pada temperatur perangkat yang mudah panas, namun setelah mencoba beberapa minggu saya baru sadar ternyata banyak sekali kelemahan-kelemahan (bug sistem) yang saya temukan di hp xiaomi tersebut. padahal versi xiaomi tersebut sudah menggunakan MIUI versi 8 android marsmalow.

Beberapa kendala yang saya temukan setelah menjadi pengguna xiaomi redmi note 4 ROM Global Official ini adalah sebagai berikut:

1. HP Mudah sekali panas, walaupun penggunaan nya tidak terlalu berlebihan

2. Kamera Ngelag/Lemot, Setiap kali ingin menggunakan Kamera, kamera terkadang ngelag dan lemot sekali, bahkan kadang bisa membuat sistem xiaomi hang sehingga perangkat harus direstart.

3. Pemutar video bawaan xiami ngelag/lemot, ketika pemutar video bawaan xiaomi digunakan untuk memutar video, baik itu film, rekaman video maupun digunakan untuk menonton youtube, pemutar video sering ngelag, sangat lemot dan terkadang bisa membuat xiaomi hang, tidak jarang perangkat harus direstart ulang.

4. Terkadang Suara yang dihasilkan Noise, berisik alias tersendat-sendat, baik suara game, music dan suara lainnya, namun ini tidak terlalu sering hanya kadang-kadang saja dan cukup mengganggu.


Memang setelah mengetahui permasalahan tersebut, saya merasa dirugikan bahkan terlintas untuk menjualnya kembali, karena  tidak puas dengan performa xiaomi,  Segala cara saya coba, factory reset, tetap saja permasalahan masih ada, akhirnya saya mencari referensi untuk mengatasi masalah tersebut, dan ternyata kendala tersebut memang benar banyak dialami oleh pengguna xiaomi di seluruh duni untuk versi tersebut.

Penyebabnya ternyata pada sistem xiaomi yang masih banyak memiliki bug. Tapi pada akhirnya saya beruntung karena berhasil menemukan solusi yang tepat yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. dan hp xiaomi redmi note 4 saya bisa berjalan normal dan masih digunakan sampai saat ini.

Cara Mengatasi Lag Pada (Lemot) pada HP Xiaomi Redmi Note

Untuk anda yang kebetulan pengguna xiaomi redmi note dan kebetulan mengalami permasalahan pada kamera dan juga pemutar video, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut anda bisa coba langkah-langkah di bawah ini yang sudah terbukti berhasil saya coba di xiaomi redmi note 4 milik saya.

1. Mengatasi Lag Pada Pemutar Video Xiaomi

Pemutar video bawaan xiaomi redmi note 4 memiliki masalah sering ngelag dan sangat lemot, untuk mengatasi permasalahan ini anda bisa coba menggunakan pengaturan mx player pro.

MX player pro sebenarnya bisa anda gunakan sebagai alternatif untuk memutar video, namun pengaturan yang terdapat di mx player pro ternyata juga sekaligus bisa mengatasi permasalahan ngelag dan lemot pada pemutar video bawaan xiaomi.

a. Silahkan anda download dan  instal aplikasi MX Player Pro

b. Buka Aplikasi MX Player Pro, pilih menu 3 titik di pojok kanan atas, lalu pilih menu Pengaturan > kemudian pilih menu Decoder, dan pastikan untuk ceklis item-item Dekoder perangkat keras, seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


c. Setelah itu, sebelum menggunakan video bawaan xiaomi, gunakan MX player untuk memutar film dengan durasi yang sangat panjang.

d. Jangan heran setelah anda melakukan pengaturan MX player dan juga menonton video menggunakan MX player, secara otomatis akan ikut mempengaruhi kinerja video bawaan xiaomi anda, jika tidak percaya coba saja anda tonton film/ video menggunakan video bawaan xiaomi, video akan berjalan normal dan tidak lagi ngelag atau lemot.

Jika terkadang masih terjadi lemot, maka tonton lagi video di MX player, ntah kenapa semakin sering nonton video menggunakan MX player membuat video bawaan xiaomi pun menjadi normal, dan akhirnya video bawaan xiaomi pun bisa anda gunakan sebagai pemutar video default di xiaomi anda, silahkan buktikan sendiri.

#2. Mengatasi Lag / Lemot Pada Kamera Xiaomi

Untuk mengatasi permasalahan pada kamera xiaomi yang ngelag atau lemot ketika digunakan, maka cara ini bisa anda coba:

Aktifkan mode pengembang

Untuk memperbaiki camera xiaomi yang lemot dan lag maka langkah pertama anda harus mengaktifkan mode pengembang. jika mode pengembang sudah aktif biasanya akan muncul menu opsi pengembang / developer option yang terdapat pada menu setelan > pengaturan tambahan. jika tidak muncul berarti opsi pengembang belum diaktifkan.

Di artikel sebelumnya saya sudah menguraikan bagaimana cara mengaktifkan mode pengembang di ponsel xiaomi, kurang lebih caranya adalah sebagai berikut:

1. Aktifkan hp xiaomi anda

2. Masuk ke menu seting / pengaturan, kemudian scroll ke bawah pilih menu About ponsel / tentang ponsel

tentang ponsel xiaomi
 
3. Pada halaman about ponsel, cari menu versi MIUI /MIUI Version, kemudian ketuk-ketuk sebanyak 7 kali, sampai muncul notifikasi "Anda sudah menjadi pengembang"

miui version

4. Untuk masuk ke menu opsi pengembang, silahkan kembali ke menu setting, lalu pilih menu Setelan tambahan... / additional settings... . Pada halaman additional settings/ setelan tambahan, cari dan klik menu Opsi pengembang / developer options, di halaman tersebut pastikan pilihan opsi pengembang sudah dalam keadaan on / aktif.

Opsi pengembang xiaomi


Ini Setingan Untuk mengatasi kamera hang /ngelag /lemot

Pada halaman opsi pengembang /developer options, untuk mengatasi hp ngelag atau lemot, maka silahkan scroll ke bawah, kemudian cari menu Pengoptimalan Memory / Memory Optimization,  pastikan memilih non aktif. Lalu scroll lagi ke bawah, pastikan Menu Hidupkan Optimasi MIUI dalam keadaan aktif.



Setelah langkah-langkah di atas anda lakukan, silahkan restart HP xiaomi anda, dan coba lihat hasilnya, di HP xiaomi saya (xiaomi redmi note 4 3/46 mediatek), cara di atas berhasil mengatasi kamera dan juga perekam video xiaomi yang tadinya lemot dan ngelag menjadi smooth dan lancar. semoga cara di atas berhasil juga untuk hp xiaomi anda. god luck.

Jika hp terkadang masih lemot setelah melakukan cara di atas anda bisa coba ini:

Ini bisa saja terjadi pada xiaomi anda, karena saya juga sama mengalaminya, setelah melakukan seting di atas, kamera memang menjadi normal, namun kadang-kadang kamera kembali ngelag dan lemot,  Apa yang saya lakukan adalah melakukan restart hp ketika kamera ngelag lagi, bahkan saya sempat merestartnya beberapa kali, dan setelah peristiwa tersebut kamera xiaomi redmi note 4 saya akhirnya berjalan normal tanpa harus restart ulang terus, bahkan sempat setiap kali ambil beberapa foto saya matikan kamera dan matikan layar. lalu hidupkan lagi, ketika ingin digunakan kembali. dampaknya sampai saat ini lancar-lancar saja tanpa harus on off ulang.

Saran agar kamera berjalan mulus, jika memang sedang digunakan untuk foto-foto dalam jumlah yang sering misalnya untuk mendokumentasikan ketika anda sedang liburan dan lain sebagainya, lebih baik ubah ke dalam mode terbang /pesawat agar hp tidak mudah panas, dan jika tidak sedang digunakan pastikan layar hp dimatikan.

#3  Mengatasi Suara Noise /berisik atau patah-patah

Terus terang untuk masalah ini saya sampai saat ini belum menemukan solusinya, Suara terkadang ngeresek (bahasa sunda), noise berisik terpotong-potong ketika digunakan untuk music atau main game, namun permasalahan ini tidak terlalu sering.
 Jika anda mengatahui caranya silahkan berbagai di komentar.

Cara Terakhir Untuk Mengatasi Pemasalahan Bug Xiaomi

Jika cara-cara di atas masih saja tidak bisa mengatasi kendala pada hp xiaomi anda, maka cara terakhir yang bisa anda coba adalah melakukan update rom xiaomi. caranya:
  • download rom xiaomi terbaru sesuai dengan versi xiaomi yang anda gunakan, pilih ROM xiaomi versi developer cina
  • Silahkan simpan FIle download di perangkat xiaomi anda
  • Buka aplikasi Updater bawaan xiaomi
  • Pilih 3 titik di pojok kanan atas
  • Lalu pilih menu choose update package, silahkan arahkan ke file rom yang sudah anda download sebelumnya
Ikuti prosesnya sampai berhasil. untuk cara ini saya pribadi belum mencobanya, namun testimodi dari beberapa pengguna xiaomi, dengan cara ini maka semua permasalahan bug pada sistem xiaomi bisa di atasi dan hp bisa berjalan dengan normal.

UPDATE TERBARU

Setelah hp xiaomi redmi note 4 di update ke MIUI versi 8.2.10, permasalahan-permasalahan seperti lang pada kamera, lang dan lemot pada pemutar video dan juga suara berisik yang kadang muncul ketika memutar music mp3 maupun ketika bermain game semuanya sudah dapat di atasi dan berjalan normal.

Untuk anda yang masih mengelami permasalahan lag pada hp xiaominya, silahkan coba update MIUI nya ke versi 8.2.1.0 yang sudah tersedia dan siap di download dan update via OTA (on the air).

Untuk melakukan update tidak ada persiapan khusus, pastikan saja menggunakan koneksi wifi dan usahakan baterai hp anda di atas 70%, atau dalam keadaan di cast juga akan lebih baik, karena proses update cukup lama, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk xiaomi dengan rom global official, rom cina official atau rom developer cina yang bisa melakukan update via ota, silahkan lakukan update via ota, buka aplikasi updater miliki xiaomi biasanya ada di folder tool.
  2. Silahkan cek update, sangat disarankan menggunakan koneksi WIFI, karena ukuran file update MIUI sangat besar sekitar 4.1 GB, silahkan download.
  3. Setelah proses download update selesai, akan muncul tombol start update, silahkan tekan saja tombol start update, hp xiaomi akan melakukan proses update, kira-kira 30 - 60 menit, tunggu saja dan biarkan sampai proses update selesai.

Di hp xiaomi redmi note saya setelah melakukan update miui versi 8.2.1.0, semua permasalahan dapat di atasi dan xiami berjalan normal:
  • hp menjadi stabil tidak mudah lagi panas.
  • 4G tetap berjalan dengan baik.
  • Lag pada kamera hilang.
  • Lag pada pemutar video sudah tidak ada
  • Suara noise ketika memutar mp3 atau bermain game sekarang sudah tidak ada lagi.

Update versi 8.2.1, sepertinya sudah memperbaiki bug-bug di atas, sehingga membuat hp xiaomi menjadi lebih stabil.



Demikian uraian tentang cara mengatasi permasalan lag atau lemot pada perangkat xiaomi anda terutama pada kamera xiaomi dan pada pemutar video bawaan xiaomi, permasalahan di atas sudah saya coba pada hp xiaomi redmi note 4 saya dan sampai saat ini permasalahan berhasil di atasi tanpa harus melakukan update ROM, update ROM bisa anda pilih jika menurut anda permasalahan di atas tidak dapat di atasi.
Semoga bermanfaat.

2 komentar:

  1. numpang tanya gan,
    itu kalo kita update ke rom MIUI nya ke versi 8.2.1.0 data2 di hp akan hilang tidak, seperti foto,kontak,video,music dll ..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada masalah gan, saya juga melakukan update tanpa backup, data aman-aman saa, kecuali melakukan update rom data harus backup dulu.

      Delete

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!