Bisa jadi  anda adalah orang yang kebetulan ingin membuat halaman website, baik untuk toko online (online shop), halaman website bisnis, website sekolah, website perusahaan, organisasi dan halaman website lainnya, namun anda masih bingung untuk memilih jasa penyedia desain website yang cocok. Saya katakan anda beruntung karena anda sudah menemukan artikel yang tepat, di artikel ini saya akan memberikan informasi kepada anda mengenai tips memilih jasa desain website profesional sesuai dengan kebutuhan anda agar anda tidak dirugikan di kemudian hari.

Kita ketahui bersama bahwa untuk membuat desain halaman website sendiri tidaklah mudah, perlu kemampuan khusus, terutama harus mampu menguasai bahasa pemrograman web dan kemampuan lainnya, walaupun saat ini banyak sekali tool-tool gratisan maupun berbayar yang dapat anda gunakan untuk membuat website sendiri secara mudah, bukan berarti dalam waktu yang cepat bisa anda gunakan untuk membuat halaman website sendiri, tetap anda setidaknya harus mempelajarinya terlebih dahulu, itu artinya perlu waktu dan juga usaha.

Jasa desain pembuatan website murah, bergaransi, berkualitas dan profesional


Memang akan repot dan kesulitan jika anda memutuskan untuk membuat halaman situs sendiri, namun anda bukan seorang spesialis pembuat website, karena untuk membuat website profesioanal sesuai dengan kebutuhan anda bukanlah perkara mudah, diperlukan kemampuan khusus terutama pemahaman mengenai teknologi internet, keamanan sistem, bahasa pemrograman web dan juga kemampuan pengelolaan basis data.

Tapi walaupun anda bukan seorang spesialis, untuk memiliki sebuah halaman website khusus dengan desain yang oke tentu bukanlah tidak bisa terealisasi, karena saat ini banyak sekali pihak-pihak yang menawarkan jasa pembuatan halaman website dengan harga yang cukup beragam dari mulai yang murah sampai yang mahal dengan berbagai desain menarik dan profesional, jika anda memiliki cukup modal, tidak ada salahnya menggunakan jasa mereka untuk membuatkan anda halaman website sesuai dengan kebutuhan anda, baik untuk website perusahaan, bisanis, berita, sekolah organisasi, website untuk jualan online maupun untuk keperluan lainnya.

Tapi sebelum anda menjatuhkan pilihan pada salah satu penyedia jasa pembuat website untuk membuat halaman website anda sendiri, setidaknya anda harus mengetahui faktor-faktor penting bagaimana cara memilih jasa desain website yang paling tepat, agar halaman website yang dibuat sesuai dengan yang anda inginkan dan anda tidak merasa dirugikan dan kecewa di kemudian hari.

7 Tips memilih Jasa desain Website Yang cocok Untuk Anda.

Berikut saya bagikan beberapa tips bagaimana cara memilih jasa pembuatan desain website yang cocok untuk keperluan anda.

#1 -  Cari Penyedia jasa desain web yang terdekat dengan kota anda

Saat ini penyedia jasa desain website, seo dan juga software aplikasi sudah menjamur di mana-mana bahkan hampir di setiap kota-kota besar seperti jakarta, bandung, jogjakarta, bali, tangerang dan di kota-kota besar lainnya bisa dengan mudah kita temukan secara online jasa penyedia desain web yang menawarkan berbagai macam desain menarik.

Walaupun saat ini banyak penyedia jasa desain web yang menawarkan jasa secara online, tetap saja yang pertama yang harus anda prioritaskan adalah mencari penyedia jasa desain web yang terdekat dengan kota anda jika ada, karena anda akan lebih mudah untuk berkoordinasi dengan mereka dan jika diperlukan anda bisa datang langsung ke kantor mereka, agar anda bisa memastikan bahwa mereka benar-benar profesional sehingga website yang dibuat benar-benar akan sesuai dengan apa yang anda harapkan.

#2 - Perhatikan Kredibilitas dan Legalitas penyedia jasa

Sekarang banyak orang yang mampu membuatkan anda sebuah halaman web, namun jika anda memutuskan untuk membuat halaman web profesional dan berkualitas sesuai dengan keinginan anda, jangan sekali-kali memilih penyedia jasa abal-abal dengan alasan karena mereka menawarkan harga yang sangat murah, kecuali anda benar-benar kenal siapa mereka, karena jika tidak kemungkinan besar anda akan dikecewakan.

Yang harus diprioritaskan ketika memilih penyedia jasa desain website adalah legalitas dan kredibilitas, pastikan bahwa mereka setidaknya memiliki legalitas perusahaan yang jelas, memiliki pengalaman, memiliki banyak client dan produk yang mereka tawarkan berkualitas, penyedia jasa pembuatan website yang sudah memiliki kredibilitas biasanya selalu menyajikan halaman demo  yang lengkap yang bisa anda lihat dan bisa anda akses.

#3 - Pilih Harga yang sesuai dengan budget Anda

Yang tidak kalah pentingnya adalah, anda harus mempu menemukan jasa penyedia layanan pembuatan website yang harganya terjangkau dengan budget anda, boleh jadi anda memilih yang murah namun jangan lupakan kelengkapan dan kualitas produk yang mereka tawarkan, anda bisa membandingkan antara penyedia jasa yang satu dengan yang lain dan pilih yang menurut anda cocok tanpa mengabaikan faktor-faktor penting lainnya.

Jika anda memiliki budget lebih, yang mahal juga bisa anda pilih jika memang mereka dapat dipercaya, memiliki pengalaman, client yang banyak dan kualitas prodak terjamin, harga yang mahal jika sebanding dengan kualitas produk yang mereka tawarkan itu menurut saya akan lebih baik.

#4 -  Pilih Jasa yang Menawarkan layanan purna jual yang terjamin

Perlu anda ketahui bahwa yang namanya halaman web yang dibuat user oriented atau sesuai dengan permintaan pengguna setidaknya belum tentu 100% berjalan mulus tanpa ada bug, itu lumrah, kemungkinan bisa saja anda akan menemukan masalah pasca website tersebut di-online-kan, untuk mengatasi masalah tersebut tentu anda harus meminta bantuan pengembang, jadi pastikan bahwa jasa penyedia desain web yang anda pilih dapat memberikan jaminan purna jual, terutama  garansi yang jelas dan support yang baik , dan pastikan bahwa pelayanan mereka profesional serta mudah untuk diajak berdiskusi.

Oleh karena itu sebelum anda memutuskan untuk memilih jasa penyedia layanan pembuatan halaman website mereka, silahkan berkonsultasi dengan mereka terlebih dahulu, terutama menyangkut garansi dan support, jangan sampai tidak ada garansi dan support, jika mereka memberikan jaminan garansi dan support yang baik mereka bisa menjadi salah satu pilihan anda.

#5 - Pastikan bahwa produk yang mereka tawarkan memperhatikan SEO

Jika anda pemula, anda mungkin akan bertanya apa itu seo?, secara sederhana seo adalah teknik khusus yang dilibatkan untuk halaman website agar web tersebut ramah mesin pencari, sehingga halaman website terutama halaman-halaman untuk kebutuhan publik akan lebih mudah ditemukan di pencarian mesin pencari google, yahoo, bing dan mesin pencari lainnya.

Seo sangat penting sekali untuk diperhatikan terutama untuk anda yang membuat website toko online atau online shop untuk berjualan dan website bisnis, karena seo adalah salah satu cara blog  atau situs anda akan lebih mudah populer dan dikenal.

Berikut adalah beberapa faktor seo yang harus ada di dalam sebuah halaman web:

a. Pastikan Halaman website Responsive dan mobile Friendly
Halaman blog atau web yang responsive dan mobile friendly adalah halaman situs yang akan menyesuaikan ketika di akses menggunakan perangkat mobile, sehingga user tidak harus melakukan scroll halaman secara horizontal ke kiri dan ke kanan. saat ini adalah era teknologi mobile dan memiliki website yang responsive dan mobile friendly sangatlah penting, karena menurut penelitian pengguna mobile yang mengakses halaman situs hampir mendominasi pengguna desktop pc/laptop, sehingga penting sekali sebuah halaman setus sopport untuk mobile.

Oleh karena itu sebelum memilih jasa pembuat website anda bisa berkonsultasi dengan mereka untuk memastikan bahwa halaman website yang mereka buat sudah responsive dan mobile friendly, jika mereka menunjukan halaman demo, silahkan anda akses halaman demo tersebut menggunakan perangkat hp anda, jika halaman muncul dengan tapilan menarik ketika di akses melalui hp dan tampilannya berbeda ketika diakses melalui komputer pc, laptop atau desktop itu artinya halaman tersebut mobile friendly.

b. Pastikan Halaman website memiliki optimasi Seo Onpage yang baik
Salah satu faktor SEO adalah optimasi pada halaman web yang melibatkan unsur-unsur yang disukai oleh mesin pencari, optimasi yang dilibatkan di dalam halaman web itu sendiri  disebut optimasi seo onpage. Halaman website untuk bisnis seperti untuk website toko-online, halaman website untuk bisnis atau bahkan halaman website untuk perusahaan yang menginginkan halaman tersebut harus lebih mudah diketahui oleh publik, peranan optimasi seo onpage sangatlah penting, sehingga halaman website akan lebih mudah untuk ditemukan mesin pencari.

Pengembang halaman web profesional akan tau untuk masalah ini, namun anda setidaknya bisa memastikan bahwa halaman website mereka sangat memperhatikan optimasi seo onpage. silahkan minta halaman demo lalu anda amati faktor-faktor optimasi seo onpage halaman tersebut, atau minta ke mereka untuk memperhatikan optimasi seo on page untuk halaman website anda yang akan mereka buat sehingga anda tidak perlu lagi melibatkan jasa seo untuk website anda di kemudian hari.

#6-  Memiliki Tingkat Keamanan data yang terjamin

Salah satu faktor yang harus diperhatikan untuk halaman website adalah faktor keamanan data, sehingga website tidak mudah untuk diretas, jangan sampai anda hanya memperhatikan tampilan saja tanpa tau tingkat keamanannya, apalagi website tersebut untuk toko online, tentu perlu tingkat kemanan yang sangat baik, jika tidak, bisa jadi terjadi penipuan terhadap client anda dan hal-hal buruk lainnya.

Oleh karena itu agar website anda memiliki jaminan keamanan yang baik, sangat penting untuk memilih penyedia jasa layanan website yang berpengalaman dan profesional, mereka akan tau banyak bagaimana cara membuat website yang bukan hanya tampilannya yang menarik namun tingkat keamanannya terjamin.

#7 - Pilih Jasa yang Sekaligus menawarkan  Free Domain dan Webhosting.

Setelah website jadi maka langkah berikutnya adalah meng-online-kan website tersebut sehingga bisa diakses melalui internet secara global di seluruh dunia. Untuk membuatnya seperti itu sebenarnya anda harus menyewa paket hosting dan juga membeli domain (.com, .org .net. co.id dll), tentu perlu tambahan modal dan untuk melakukannya setidaknya ada perlu memahami caranya.

Jika anda cukup modal dan mampu melakukannya, anda bisa maintenance sendiri atau menyediakan server sendiri,atay jika anda tidak mau repot anda bisa mencari jasa penyedia desain web yang menawarkan free domain dan Webhoting, sehingga anda tidak perlu membelinya.

Jadi sebelum anda menggunakan jasa mereka pastikan bahwa mereka menawarkan bonus jasa paket maintenance domain dan webhoting secara gratis tanpa anda harus membayar lagi, jika anda mampu menemukan jasa desain website yang juga sekaligus menawarkan paket maintenance web hosting dan domain itu akan sangat bagus. setidaknya anda hanya akan dikenakan  biaya sewa webhoting saja di tahun-tahun berikutnya tanpa harus membayar jasa maintenance mereka.

#8 - Tersedianya Fitur yang lengkap

Yang berikutnya yang harus anda perhatikan adalah fitur website yang lengkap sesuai dengan keperluan halaman website yang anda buat, coba tanyakan kepada penyedia jasa fitur apa saja yang mereka tawarkan, dan sebaiknya sebelum anda bertanya ke mereka anda harus tau dan menentukan fitur-fitur yang harus ada di website anda, jika fitur yang mereka tawarkan tidak anda maka anda bisa koordinasi dengan mereka untuk membuatkan fitur yang anda inginkan.

Kelangkapan fitur yang harus anda di halaman website anda akan sangat ditentukan oleh peruntukan website tersebut, beberapa fitur yang harus dipertimbangkan yang jangan sampai lupa selain fitur utama, seperti misalnya

a. Desain menarik dan User friendly
Yang sangat penting adalah desain menarik, karena desain adalah faktor pentng untuk memikat pengguna/pelanggan, semakin mudah digunakan dan semakin menarik tampilannya maka akan lebih disukai oleh pengguna.


b. Dukungan bahasa
jika website anda targetnya adalah seluruh dunia, maka jangan lupa untuk membuat website yang support dengan berbagai bahasa.

b. Integrasi dengan Apliksi android
Jika anda menginginkan website anda ingin bisa terintegrasi dengan aplikasi android anda bisa mendiskusikannya lebih awal sebelum terjadinya mou dengan penyedia jasa pembuat website tersebut, agar mereka bisa mempersiapkan kebutuhannya dengan baik.

c. Shopping cart untuk toko online
Untuk toko online fasiltias shoppingcart atau keranjang belanja sangat penting, jadi jangan sampai lupa untuk dilibatkan di halaman website toko online anda.

Ada banyak sekali fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan website yang anda kembangkan, sebaiknya sebelum anda memilih jasa desain website, anda setidaknya sudah membuat rincian mengenai fitur apa saja yang harus ada di halaman website anda, agar website yang dibuat sesuai dengan keinginan anda.


Penutup

Penyedia jasa desain website saat ini sudah menjamur di mana-mana, dan di indonesia sendiri boleh dibilang jumlahnya sudah sangat banyak, sehingga untuk bisa bersaing akhirnya banyak penyedia jasa desain website banting harga, dengan cara memberikan harga yang sangat murah.

Oleh karena itu sebelum anda memilih jasa pembuat website anda bisa mencari dan membandingkan antara harga, kualitas produk dan layanan purna jual,  silahkan jatuhkan pilhan anda pada penyedia jasa website yang menawarkan harga cocok prioritaskan untuk memperhatikan kualitas produk serta faktor-faktor di atas. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!