File PDF terkadang ada yang sengaja diproteksi oleh pemiliknya sehingga teks dari file pdf tersebut tidak bisa dicopypaste maupun di cetak (print). Solusinya kita harus membuka proteksi pada file PDF tersebut dengan cara-cara tertentu, sehingga teks pada file pdf tersebut bisa disalin dan bisa diprint.

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993 untuk keperluan mempermudah pertukaran dokumen digital. Format PDF digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi (sumber: wikipedia)

PDF banyak digunakan sebagai media untuk berbagi dokumen di internet dalam bentuk E-Book, format file ini banyak digunakan dikarenakan format file ini support untuk berbagai sistem operasi (multiflatform), artinya  file dokumen dengan format PDF dapat dijalankan di berbagai sistem operasi baik itu sistem operasi windows, linux, McOS maupun sistem operasi lainnya, bahkan untuk saat ini format file PDFsudah terintegrasi dengan web browser seperti mozila atau google chorome, sehingga kita bisa melihat isi file pdf yang bersumber dari internet tanpa menggunakan aplikasi khusus Pembaca file PDF seperti adobe reader.

pdf yang dikunci tidak bisa dicopy


Untuk alasan keamanan dari pelanggaran hak cipta, terkadang isi dokumen dalam format file PDF sengaja di proteksi oleh si pembuatnya, sehingga menyebabkan file tersebut hanya bisa dibaca tapi tidak bisa di copy paste atau disalin, biasanya PDF yang diproteksi ketika dibuka menggunakan Adobe reader, di title windowsnya biasanya ada tambahan tulisan [SECURED], seperti terlihat pada gambar di bawah ini:



Jika ada tulisan tersebut itu artinya file pdf tersebut diproteksi dan biasanya tidak bisa diprint ataupun disalin, walaupun teks bisa diseleksi. Memang tidak masalah jika dokumen tersebut hanya untuk dibaca saja, namun lain halnya jika tujuan kita membuka file PDF tersebut untuk di ambil atau disalin sebagian isinya, misalkan untuk di pindahkan ke dokumen di microsoft word, tentu akan menemukan kesulitan

2 Cara Membuka Proteksi Text File PDF agar bisa Di-copy paste

Teks File pdf yang terproteksi biasanya dapat diseleksi namun tidak dapat dicopy, sehingga untuk mengcopy atau menyalin teks dari file pdf yang diproteksi anda harus membuka terlebih dahulu proteksi tersebut. ada banyak sekali tool-tool yang dapat digunakan untuk membuka proteksi pada file pdf.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuka proteksi teks pada file pdf agar bisa di-copy paste

Cara #1: Menggunakan Tool unlock-pdf

Cara pertama yang dapat anda gunakan untuk membuka proteksi file pdf adalah melalui bantuan tool online unlock-prf.com, ini merupakan situs layanan online yang khusus menyediakan fasilitas untuk membuka proteksi file PDF. langkah-langkah untuk membuka proteksi file pdf melalui situs unlock-pdf.com adalah sebagai berikut:

a. Buka situs unlock-pdf.com, tampilanya kurang lebih seperti gambar di bawah ini


2. Untuk membuka proteksi file pdf, silahkan tekan tombol Telusuri (1), lalu pilih file pdf di komputer anda yang ingin di un-protect.

3. Lalu Tekan tombol Unlock, jika unlock selesai maka biasanya file yang telah di-unlock akan didownload secara otomatis dan siap anda gunakan.


Cara #2 : Menggunakan tool Online PDFUnlock

Hampir sama dengan tool unlock-pdf, tool ini juga  dapat anda gunakan  sebagai salah satu alternatif untuk membuka proteksi pada file pdf, langkah-langkah untuk membuka proteksi pdf dengan tool unlockpdf adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke situs pdfunlock.com, kurang lebih tampilannya seperti gambar di bawah ini:

tool untuk membuka proteksi file pdf

2. Pilih file PDF yang ingin di buka proteksinya, bisa dari dropbox, google drive atau dari komputer, silahkan pilih mycomputer (1) jika file pdf yang ingin dibuka proteksinya ada di komputer.

3. Lalu tekan tombol unlock (2), tunggu prosesnya beberapa saat, jika proses unlock selesai maka akan keluar dialog untuk mendownload file pdf yang sudah diunlock. proses unlock sangat dipengaruhi oleh jaringan internet dan juga besar kecilnya kapasitas file PDF, Biasanya semakin besar file proses unlock membutuhkan waktu yang semakin lama


Penutup

File PDF yang diproteksi bukanlah tanpa alasan, biasanya yang menjadi alasan utama adalah dokumen memiliki hak cipta dan tidak ingin disalin atau di-copy paste sembarangan, oleh karena itu sebelum mengunakan sebagian atau seluruh teks yang ada di dalam file PDF yang diproteksi silakan minta izin dulu ke si pemilik file tersebut, atau setidaknya mencantumkan sumber pembuatnya.

Oh ya barangkali anda perlu, silahkan baca juga: Cara Convert file PDF ke MS Word tanpa software

Itulah tentang Cara Mudah Mengcopy Text dari File PDF yang diproteksi, semoga bermanfaat.