Kesal memang ketika tanpa sengaja melakukan pencarian google untuk mengecek posisi artikel, tiba-tiba ada judul yang sama persis dengan judul artikel yang kita buat, mungkin awalnya dianggap kebetulan saja judulnya sama, namun setelah dikunjungi dan dibaca ternyata-oh ternyata dari mulai judul dan konten yang disajikan sama persis dengan artikel blog yang kita buat, dan bukan hanya itu ternyata setelah dilihat-lihat hampir semua artikel dari blog yang kita miliki di copy paste tanpa etika.

Saya yakin anda pernah mengalaminya, termasuk saya pribadi, memang artikel di copy paste baik secara manual maupun disadap dari rss feed menggunakan teknik auto generate konten (AGC) sering sekali saya alami bahkan sampai saat ini, jikalau di data mungkin jumlahnya bisa sampai puluhan dan mungkin ratusan blog yang sudah melakukan copy paste blog saya ini, sebagian besar kelihatannya sudah pada tumbang karena mungkin blog tersebut menerima banyak laporan dari si pemilik blog lainnya yang sama-sama dicopas artikelnya, akhirnya mendapatkan penalty dari mesin pencari google.

Menemukan blog copy paste


Sebenarnya tidak habis fikir juga entah apa tujuan mereka melakukan copas, mungkin karena mereka malas dan ingin memiliki artikel yang banyak tanpa harus usaha dan berfikir akhirnya mereka melakukan kopas dari blog-blog yang sudah lebih dulu populer, mungkin mereka berfikir tidak akan ketahuan telah melakukan kopi paste, padahal apa yang mereka lakukan sebenarnya tidak ada untungnya sama sekali, usahanya akan sia-sia pada akhirnya. karena pada akhirnya blog hasil copy paste akan tumbang, dan saya pribadi belum pernah mendengar ada blog hasil copy-paste  menjadi blog besar dan berusia lama.


Kerugian jika blog di copy paste dan di duplikasi di blog orang lain

Jika artikel blog kita dicopas oleh blogger yang tidak bertanggung jawab kemudian menerbitkannya di blog miliknya, itu benar-benar sangat merugikan untuk blog kita karena akan terjadi duplikat konten yang sama sekali tidak disukai oleh mesin pencari google, sehingga jika dibiarkan mungkin saja reputasi blog anda akan rusak dan akhirnya google akan mencap artikel blog kita tidak unik lagi dan akhirnya lambat laun trafik blog bisa menurun, walaupun di artikel copy paste tersebut menautkan link ke artikel aslinya.

Jadi jangan heran jika trafik blog anda dari hari ke hari tiba-tiba turun atau ada penurunan peringkat di hasil pencarian google, maka boleh jadi salah satu yang menjadi penyebabnya adalah artikel blog anda ada banyak yang di copy paste dan diterbitkan di halaman blog milik orang lain.

Oleh karena itu jika anda menemukan ada yang copas artikel blog anda, maka jangan dibiarkan, langsung laporkan saja agar mendapatkan tindakan dari pihak google. tapi yang menjadi masalah adalah bagaimana cara kita mengetahui artikel blog kita yang sudah di-copy paste oleh blog orang lain.

Khusus ntuk anda yang kebetulan masih belum tau bagaimana cara mengetahui artikel blog anda yang di-copy paste blogger lain, maka di artikel kali ini saya akan berbagi cara bagaimana cara menemukan pelaku yang melakukan copy paste terhadap artikel blog kita.

Cara mengetahui Blog yang Copy Paste Artikel Blog Kita

Untuk mengetahui orang atau blog yang sudah melakukan copy paste artikel blog kita dan menerbitkannya di blog miliknya saat ini tidaklah terlalu sulit, bisa dengan cara manual atau dengan bantuan tool online gratisan, karena saat ini ada banyak sekali tool online gratisan yang cukup ampuh yang dapat digunakan untuk menemukan blog yang artikelnya copy paste dari artikel blog kita. beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara ke #1: Lakukan pencarian dengan judul utuh blog anda

Ini yang sering saya lakukan jika ada artikel yang awalnya memiliki kunjungan baik dan ternyata tiba-tiba pengunjungnya menurun maka saya biasanya selalu cek barangkali ada tindakan copi paste terhadap artikel tersebut, caranya sederhana yaitu dengan melakukan pencarian di mesin pencari google.co.id dengan menggunakan kata kunci blog secara utuh dengan tanda petik ganda.

Misalnya  saya ingin menemukan blog yang sudah menduplikasi salah satu artikel blog saya yang memiliki dengan judul #3 cara cepat download video dari twitter tanpa software,  maka caranya adalah sebagai berikut:


1. Silahkan buka situs google.co.id

2. Kemudian lakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci judul tersebut dilengkapi tanda kutif ganda, jadi seperti ini:

 "#3 cara cepat download video dari twitter tanpa software", lalu lakukan pencairan.

Setelah dilakukan pencarian maka saya menemukan ternyata banyak sekali blog yang sudah melakukan copy-paste terhadap artikel saya tersebut, terlihat seperti gambar di bawah ini:


 Itu mungkin baru satu judul, silahkan dibuka satu-persatu judul yang ditemukan di hasil pencarian, lalu amati apakah konten sama persis, jika kemiripan sangat tinggi maka itu bisa dikatakan pelanggaran melakukan copy paste dan harus dilaporkan.

Cara di atas biasanya sering saya gunakan untuk menemukan artikel copy paste yang masih menggunakan judul yang sama dan juga isi artikel yang sama baik yang dilakukan secara manual maupun melalui teknik AGC.

Cara ke- #2: Lakukan pencarian dengan menggunakan beberapa frasa atau kalimat yang terdapat dalam artikel blog anda

Cara ke 2 ini sangat cocok digunakan untuk menemukan blog yang melakukan copy paste terhadap artikel blog kita yang sudah mengganti judul artikel namun isinya masih persis sama, langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka salah satu artikel yang ingin dicek, lalu copy beberapa kalimat mana saja yang anda anggap unik yang terdapat di dalam artikel tersebut, seperti ilustrasi gambar di bawah ini:

2. Buka Google.co.id lalu lakukan pencarian dengan kata kunci teks yang dipilih tersebut disertai dengan tanda kutif ganda, seperti:

"Twitter adalah situs jaringan informasi semacam facebook yang dapat digunakan untuk berbagi informasi dengan cepat dan mudah"

Silahkan lakukan pencarian, maka jika artikel tersebut di copy paste akan nampak seperti di bawah ini:

Cara Menemukan Artikel hasil copy-paste

Untuk artikel saya tersebut ternyata saya menemukan ada banyak sekali blog-blog yang melakukan kopi paste. Jika blog kopas telah ditemukan maka selanjutnya melakukan pengecekan dan lihat isi artikelnya, jika isi artikel ternyata memiliki tingkat kesamaan sangat tinggi maka itu bisa dianggap artikel hasil copy-paste yang jangan dibiarkan.


Cara Melaporkan Blog Copas

Jika anda menemukan artikel anda di-copy paste maka apa yang harus anda lakukan adalah melaporkan artikel tersebut ke google DMCA, agar artikel tersebut mendapat tindakan dari google, jika terbukti hasil copy paste, biasanya artikel tersebut akan di-nonaktifkan kembali menjadi Draft dan akan diminta untuk diubah,  dan yang paling parah blog aka mendapatkan penalty seperti di hapus dari peredaran dunia maya.

Untuk melaporkan artikel copy paste ke google DMCA langkah-langkahnya pernah saya jelaskan di artikel berikut, silahkan anda baca saja:

Memang menyebalkan ketika kita tau bahwa banyak blog yang menerbitkan artikel copy paste dari blog kita, meskipun untuk beberapa blogger menganggapnya tidak usah dipermasalahkan, sah-sah saja sebenarnya apalagi blog kita adalah blog reputasi tinggi yang terpelihara dengan baik, karena memang si artikel kopas tidak akan bisa menyaing artikel kita.

Tapi menurut saya pribadi jika blog apalagi masih baru copy paste perlu di basmi, karena terkadang, jika blog copy paste sudah berusia dibanding dengan blog kita bisa jadi artikel blog kita kalah bersaing.

Demikian tentang Cara Mudah Mengetahui Blog yang copy paste Artikel blog kita, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang sesuai dengan topik, Mohon Maaf komentar dengan nama komentator dan isi komentar yang berbau P*RN*GRAFI, OB*T, H*CK, J*DI dan komentar yang mengandung link aktif, Tidak akan ditampilkan!