Cara Mengatasi Masalah Tidak cukup ruang pada perangkat android - Punya hp dengan sistem operasi android memang sangat menyenangkan, bagaimana tidak hampir semua jenis aplikasi dapat dengan mudah kita download dan kita pasang secara gratis dari google playstore, tapi terkadang pada saat mengunduh (download) aplikasi dari google play store untuk dipasang pada perangkat android tidak selamanya berjalan mulus dan lancar, ada saja permasalahan yang muncul, beberapa kendala atau masalah yang sering dialami oleh sebagaian besar pengguna android diantaranya adalah:

  • kesalahan Tidak cukup ruang pada perangkat atau  penyimpanan yang tersedia tidak memadai  atau  Not Enaought space
  • Error Insufficient Storage or space Available on Android
  • Memory android penuh padahal aplikasi yang terinstal sedikit 
  • dan masalah lainnya yang menyangkut memory atau media penyimpanan

Tentu saja kendala tersebut bisa membuat kita kesal bukan kepalang, karena jika notifikasi itu muncul itu artinya kita harus rela menunda untuk memasang aplikasi tersebut.

Sebenarnya Notifikasi tersebut bukanlah error sistem, tapi hanya sebuah pesan peringatan bahwa Memory internal perangkat andaroid yang anda gunakan kapasitasnya tidak mencukupi untuk memasang aplikasi yang anda inginkan tersebut, sehingga system android mengantisifasi untuk menghindari gagal sistem yang disebabkan oleh penuhnya kapasitas memori internal,  penyebabnya bisa bermacam-macam, beberapa diantaranya mungkin disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
  • Aplikasi android yang ingin anda unduh sangat besar ukuran atau kapasitasnya.
  • Aplikasi android yang diunduh error
  • Memory tidak kuat, karena kapasitasnya kecil
Namun yang paling umum biasanya disebabkan oleh ukuran file yang terlalu besar sementara kapasitas memori internal yang tersdia penuh sehingga tidak cukup untuk menampung file instalasi aplikasi tersebut.

Solusinya adalah dengan cara mengosongkan memori internal hp, jika anda tidak ingin mencopot aplikasi yang sudah terpasang, salah satu yang bisa anda lakukan untuk mengosongkan memory internal perangkat android anda adalah dengan menghapus file Log, atau dengan menghapus Dumpstate/Logcat, tapi sayangnya cara tersebut belum tentu bisa berhasil pada perangkat android yang anda gunakan oleh karena itu disini saya akan menawarkan beberapa solusi lainnya selain solusi di atas untuk mengatasi masalah "penyimpanan yang tersedia tidak memadai atau Not Enoguht space".

Cara Mengatasi Masalah Tidak Cukup Ruang pada Perangkat Android

Berikut beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan tidak cukup

1. Lakukan pemeriksaan Awal

Berikut beberapa pemeriksaan yang bisa anda lakukan:
  • Periksa apakah ruang penyimpanan kapasitasnya masih kosong atau sudah penuh, jika penuh anda bisa mengupgrade ruang penyimpanan agar tidak sesak
  • Periksa apakah ada update terbaru untuk sistem android pada hp anda, jika ada maka lakukan upgrade, bisa menggunakan OTA atau bisa juga mendownload filenya di situs terpercaya kemudian memindahkannya ke perangkat android anda untuk dilakukan update sistem.

2. Pindahkan Aplikasi ke memory Ekternal 

Jika anda keberatan untuk menghapus aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya pada perangkat anda untuk mengosongkan memory, maka salah satu solusi yang bisa anda lakukan adalah memindahkan aplikasi ke SD Card memory ekternal pada perangkat android anda.

Memang aplikasi yang diinstal dari google playsoter secara default akan tersimpan di perangkat memory internal shingga semakin banyak aplikasi yang diinstal memory internal akan penuh, tapi anda jangan khawatir karena beberapa aplikasi ternyata bisa dipindahkan ke memory ekternal SD Card sehingga bisa mengurangi sebagian kapasitas dari memory internal untuk menyisakan cukup ruang.

Langkah-langkah untuk memindahkan aplikasi ke memory ekternal adalah sebagai berikut:

1.  Buka pengaturan /  settings
2. Pilih menu Apps atau manager aplikasi
3. Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal pada hp android anda, kemudian, pilih aplikasi yang anda ingin pindahkan, lalu tap atau tekan satu kali untuk menuju halaman informasi aplikasi.


Silahkan tekan Tombol Move to SD card, untuk memindahkan aplikasi tersebut ke Memory Ekternal SD Card.

2. Bersihkan Cached Data

Cache adalah tempat penyimpanan sementara dan biasanya akan menggunakan memory internal di hp anda, sebagian aplikasi android ketika dijalankan ada yang memanfaatkan memory internal untuk menyimpan cached data, cached data digunakan oleh aplikasi tersebut untuk menyimpan data-data penting yang dapat membantu aplikasi aktif dengan sangat cepat ketika dijalankan dikemudian hari.

Cached data biasanya sifatnya hanya sementara, dan memiliki expire date, waktu kadaluarsa jika waktu kadaluarsanya sudah tercapai cached data akan terhapus secara otomatis. Karena banyaknya aplikasi yang memanfaatkan cached data, memory hp akan semakin penuh dan biasanya hp akan berjalan dengan lambat, oleh karena itu, untuk mengembalikan performa hp agar menjadi ringan kembali dan juga untuk mengosongkan memory agar memiliki ruang kosong yang lebih luas, maka cached data perlu dibersihkan baik dihapus dengan cara manual maupun menggungkan tool khusus.

Langkah-langkah untuk menghapus Cached data adalah sebagai berikut:

1. Buka pengaturan / settings

2. Kemudian Pilih menu Penyimpanan / storage
3. Anda akan melihat daftar penggunakan memory internal hp android anda, dan salah satunya adalah Cached data, klik atau tap 1 kali untuk membersihkan cached data.

Menghapus cached data

Dengan menghapus cached data maka memory internal hp anda akan sedikit memiliki ruang kosong.

#3. Cek Error Sistem dengan masuk ke tampilan Safe Mode

Jika hp anda muncul notifikasi dengan pesan  "Tidak cukup ruang, hapus item yang tidak perlu seperti software yang didownload, gambar, video dan dokumen." atau pesan  "Not enough space. Delete unnecessary items such as downloaded software, pictures, videos and documents." ketika anda membuka aplikasi tertentu seperti misalnya ketika membuka galeri, maka kita harus mengetahui penyebab munculnya pesan error tersebut, apakah memang Memory hp yang penuh atau dikarenakan ada aplikasi yang mengalami error.

Untuk mengetahui penyebab munculnya pesan tersebut caranya bisa masuk ke safe mode di hp android anda, untuk masuk ke safe mode memang ada beberapa cara dan mungkin saja antara hp merk yang satu dengan merk lainnya berbeda caranya.

Beberapa cara untuk masuk save mode adalah sebagai berikut:

Cara #1 untuk masuk safe mode:
  1. Matikan Ponsel
  2. Nyalakan kembali ponsel, pada saat logo pabrikan muncul pada saat hp booting, segera tekan tombol volume bawah, maka anda akan bisa masuk ke safe mode, cara ini bekerja pada pada ponsel LG, Samsung, HTC dan ponsel Nokia X.
Cara#2 untuk masuk safe mode:
  1. Tahan tombol power seolah anda ingin mematikan ponsel anda
  2. Pada menu yang tampil, tekan dan tahan jari anda pada menu power off atau Daya mati, dengan cara ini biasanya akan muncul pemberitahuan bahwa anda akan masuk ke mode aman (safe mode) ponsel android anda. Metode ini diketahui bekerja pada smartphone Samsung, Sony, LG, HTC, Motorola, dan Huawei, serta pada ponsel Nexus dan handset lainnya yang menjalankan stock Android.
Cara masuk ke save mode untuk beberapa merk ponsel bisa saja berbeda, jika cara di atas tidak bekerja pada ponsel anda, maka anda bisa mencari cara masuk save mode khusus untuk merk hp anda.

Jika ketika dalam keadaan Safe mode, pesan tersebut tidak muncul itu artinya pesan peringatan tersebut bukan disebabkan oleh adanya aplikasi pihak ke 3 yang error, jadi penyebabnya bisa jadi karena memori hp yang penuh yang harus dibersihkan untuk mendapatkan ruang kosong yang lebih luas.

Cara #4 -  Menghapus Dumpstate/logcat

Alternatif lainnya yang bisa anda lakukan adalah menghapus dumstate/logcat. Menghapus dumpstate logcat tujuannya adalah untuk menghapus data log yang tersimpan di memory internal ponsel android anda, biasanya letaknya di folder /data/log, file log tersebut sebenarnya adalah file sampah yang dihasilkan oleh aktivitas aplikasi pada ponsel android yang anda jalankan, dan file tersebut bisa dihapus, sayangnya tidak bisa dihapus secara langsung menggunakan aplikasi khusus, kecuali ponsel android anda sudah di root terleibih dahulu.

Alternatif untuk menghapus file tersebut tanpa harus root android adalah melalui dumstate/logcat, tapi sayangnya untuk menghapus dumpstate logcat setiap merk ponsel caranya berbeda-beda.

Dumpstate Logcat pada ponsel Samsung
Khusus untuk Merk samsung untuk menghapus dumpstate/logcat, bisa menekan tombol *#9900#, tapi jangan menekan tombol panggil ya, karena ketika karakter # yang terakhir ditekan maka akan muncul halaman SysDump, dan kita bisa memilih menu Dumpstate/logcat untuk dihapus.


Jika kode di atas tidak bekerja pada ponsel anda anda bisa coba kode berikut juga:
  • *#7780#
  • *2767*3855#
Oh ya sekali lagi cara di atas mungkin saja tidak bekerja pada hp android anda, jika bekerja silahkan lakukan cara di atas karena dengan cara ini maka bisa mengosongkan sebagian memori pada ponsel anda sehingga akan menyisakan ruang kosong yang lebih luas.

Cara #5 - Hapus aplikasi, Foto/Video yang tidak diperlukan

Cara berikutnya untuk mengosongkan memory internal pada ponsel anda adalah dengan menghapus aplikasi android yang tidak terlalu digunakan, atau menghapus data foto video yang terdapat pada ponsel android anda. atau memindahkannya ke perangkat SDCard memory ekternal ponsel android anda, dengan begitu ruang penyimpanan internal ponsel android anda akan kosong lebih banyak

Hapus aplikasi yang tidak  terlalu digunakan
Pemasangan aplikasi tentunya akan memakan memori internal jika aplikasi tersebut tidak digunakan sebaiknya anda hapus agar tidak memenuhi ruang penyimpanan ponsel android anda

Hapus atau backup Data Music, Video dan juga gambar atau foto yang sudah tidak digunakan
Hapus atau salin ke komputer file music, video, foto dan file lainnya yang terseimpan di perangkat penyimpanan anda ke komputer PC atau laptop, atau pindahkan ke penyimpanan ekternal jika anda masih memerlukan dilihat di hp android anda.

Cara #6 - Lakukan Faktory Reset 

Cara terakhir jika cara-cara di atas kurang maksimal dalam mengembalikan ruang penyimpanan yang kosong maka langkah terakhir yang bisa anda lakukan adalah melakukan faktory reset atau dikembalikan ke setelan pabrik.

Namun resikonya adalah Data apapun yang anda miliki dan juga aplikasi dari pihak ke 3 yang anda pasang di perangkat android anda akan hilang dan ponsel akan kembali pada keaadaan seperti pertama kali dibeli. cara ini bisa anda pilih jika hp android anda mengalami error yang tidak diketahui penyebabnya atau anda ingin mengembalikan ke setelan pabrik, dengan melakukan factory reset maka hp akan seringan dan sekencang ketika pertama kali dibeli.

Langkah-langkah untuk melakukan factory reset adalah sebagai berikut:
  1. Buka Pengaturan
  2. Pilih opsi Cadangkan dan atur ulang
  3. Gulung ke bawah dan pilih Reset data pabrik

Dengan faktocy reset seharusnya android anda bisa kembali kepengaturan pabrik, jika setelah faktory reset masih tidak berhasil, anda bisa menambah memory internal hp andaroid anda atau anda bisa membeli ponsel yang memiliki memory penyimpanan yang lebih besar.

Cara-cara di atas bisa anda coba pada perangkat android anda walaupun mungkin saja untuk sebagian perangkat caranya berbeda, semoga cara mengatasi masalah di atas bermanfaat untuk anda.