Usia blog dan kualitas artikel sangat menentukan kepopuleran sebuah blog, biasanya semakin banyak artikel dan semakin berumur sebuah blog, maka blog tersebut akan semakin dikenal oleh mesin pencari, apalagi jika setiap artikel yang disajikan pada blog tersebut berkualitas tentu akan sangat disukai oleh mesin pencari.

Ada banyak blogger yang memiliki latar belakang berbeda-beda, sayangnya ada sebagian blogger yang hanya tau menulis artikel dan menerbitkan artikel pada blognya tanpa tau bagaimana cara mengoptimasi blog secara optimal, bahkan karena kurangnya pengalaman kurangnya informasi tentang dunia blogging mereka terkadang jarang memperhatikan mana yang tidak boleh dilakukan dan mana yang seharusnya dilakukan.

Kita tau bahwa sebagian besar blogger akan selalu mengupayakan agar blognya populer dan mendapatkan banyak trafik atau pengunjung, tapi jangan salah blog populer bisa langsung kehilangan trafik jika tindakan yang anda lakukan terhadap blog anda salah.

jangan lakukan ini pada blog anda yang sudah populer dan sudah berumur


Saya banyak menemukan keluh kesah yang disampaikan oleh beberapa blogger karena tiba-tiba trafik blognya menghilang atau blognya tidak lagi ditemukan di hasil pencarian, tentu saja dampak tersebut bukan tanpa sebab, itu diakibatkan karena blogger tersebut sudah melakukan tindakan-tindakan yang menurut saya tidak boleh dilakukan.

Di artikel kali ini saya hanya ingin berbagi informasi kepada anda terutama blogger pemula dan juga blogger yang merasa belum mendapatkan banyak informasi penting tentang dunia blogging, agar blog anda tetap populer dan tarfik blog anda tidak down yang disebabkan karena tindakan anda.

Berikut Beberapa Hal Yang tidak boleh dilakukan pada blog anda yang sudah populer.


1. Jangan Pernah mengganti alamat blog anda dengan alamat baru.

Kasus ini sering saya temukan, karena alasan tertentu mereka mengganti alamat blognya padahal blognya sudah cukup banyak menjaring pengunjung dan trafik blognya baik.

Misalkan alamat blog saya strukturkode.blogspot.com, kemudian saya ganti menjadi bloggue.com, atau alamat lainnya, padahal pengunjung alamat blog strukturkode.blogspot.com misalkan sudah sangat banyak.

Tentu saja untuk blog yang masih seumur jagung, gonta-ganti alamat blog tidaklah masalah dan dampaknya tidak akan kelihatan, namun untuk blog yang sudah sangat berumur dan memiliki banyak trafik mengganti alamat blog dengan alamat yang baru adalah sebuah bencana,

Alasannya adalah karena blog anda akan dianggap sebagai blog baru lahir di mata semua mesin pencari, walaupun blog anda sudah memiliki banyak artikel dari blog lama, dan itu artinya anda harus mngurus dan membesarkan kembali blog anda dari nol.

Sebaiknya pikirkan baik-baik untuk mengganti alamat blog lama anda yang sudah cukup populer dengan alamat baru, karena akan berdampak buruk untuk blog anda, kecuali anda melakukan custom domain dari blogspot menjadi top level domain (TLD), dengan melakukan custom domain trafik dari blog lama akan diredirect ke alamat top level domain blog baru anda, sehingga trafik akan cepat pulih.

2. Jangan Mengganti Judul Utama Blog

Judul utama blog adalah judul blog anda yang biasanya tampil di header blog anda, judul tersebut dapat memberikan identitas blog anda.

Kenapa tidak boleh mengganti judul utama blog?, alasannya adalah bisa berpengaruh pada trafik blog anda dan juga indek blog anda di mesin pencari.

Entah kenapa sebabnya saya mendapati ketika mengganti judul blog, tiba-tiba trafik blog turun dan artikel sulit sekali diindex juga artikel lama sulit muncul di pencarian google walaupun menggunakan kata kunci sangat relevan.

Sebaiknya pikirkan baik-baik ketika anda ingin mengganti template blog anda, boleh-boleh saja jika blog anda masih terbilang baru, namun pikirkan kembali jika blog anda sudah memiliki banyak pengunjung, karena penggantian judul blog bukan hanya mempengaruhi trafik juga akan menghilangkan sitelink yang dimiliki oleh blog anda.

Silahkan baca, penyebab sitelink blog hilang dan cara mengembalikannya.

Sebenarnya dampaknya tidak terlalu buruk, pada akhirnya blog anda akan kembali normal, namun untuk kembali normal tentu saja akan memerlukan waktu yang tidak sebentar, daripada mengambil resiko kehilangan trafik lebih baik pertimbangkan kembali untuk tidak melakukan penggantian judul utama blog.


3. Jangan pernah mengganti deskripsi blog

Yang berikutnya yang tidak boleh anda lakukan untuk blog anda yang sudah memiliki banyak trafik adalah jangan sekali-kali mengganti deskripsi utama blog anda.

Untuk memasukan deskripsi utama blog bisa melalui akun blogspot anda, melalui menu settings/ setelan > Pilih Dasar, pada bagian Label deskripsi. anda bisa memasukan deskripsi utama untuk blog anda hingga 500 karakter.

Terkadang karena alasan tertentu ada saja blogger yang ingin mengganti deskripsi blog karena mungkin terlalu panjang atau dirasa ada yang kurang, harap perhatikan baik-baik perubahan pada deskripsi blog juga bisa menyebabkan trafik blog anda turun dan artikel blog anda menghilang dari SERP.

Beberapa sahabat blogger banyak yang mengeluhkan permasalahan ini, setelah mereka melakukan perubahan pada deskripsi blog, artikel blognya tiba-tiba sulit ditemukan di hasil pencarian. bahkan bukan hanya itu sitelink blognya ikut menghilang.

Jika blog anda masih baru silahkan saja anda ganti deskripsi jika dirasa kurang mantap, namun jika blog anda sudah berumur dan sudah memiliki banyak sekali pengunjung yang bersumber dari mesin pencari, fikirkan lagi ketika anda menginginkan mengganti deskripsi utama blog anda.

4. Jangan pernah Mengganti Struktur Meta tag di heading

Yang berikutnya yang tidak boleh anda lakukan adalah jangan pernah mengganti atau memodifikasi struktur meta tag di bagian header blog anda apapun alasanya, apalagi anda tidak tau apa fungsinya.

Meta tag adalah referensi yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengenali blog anda, jika meta tag tiba-tiba berubah maka perlu waktu bagi mesin pencari untuk mengenali kembali blog anda, dan ini bisa menyebabkan blog anda akan kehilangan trafik.


Kurangnya pemahaman mengenai seluk beluk sebuah blog terkadang membuat pemilik blog melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan seperti point-point diatas, jika dilakukan maka sudah dapat dipastikan bisa berdampak buruk untuk blog, sehingga blognya bisa kehilangan banyak trafik.

Itulah informasi sederhana tentang 4 hal yang tidak boleh dilakukan pada blog yang sudah populer, dengan membaca ini semoga anda bisa mengantisifasi hal-hal yang dapat merugikan blog anda.