Ada banyak sekali cara yang bisa diupayakan untuk memaksimalkan posisi SERP artikel di halaman mesin pencari google, targetnya cuma satu ketika artikel mampu bertengger di posisi terbaik SERP (search enggine results page atau halaman hasil pencarian mesin pencari) maka potensi blog untuk mendapatkan banyak pengunjung akan semakin baik sehingga trafik blog akan semakin meningkat.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa keinginan terbesar seorang blogger adalah mendapatkan banyak trafik ke blognya , ketika trafik banyak maka kesempatan blog tersebut untuk dimonetisasi dan menghasilkan uang akan sangat baik.

Salah satu sumber yang dapat digunakan untuk mendatangkan trafik yang paling potensial adalah dari mesin pencari populer saat ini seperti mesin pencari google, yahoo, bing dan mesin pencari lainnya, namun sayangnya untuk mendapatkan trafik jenis ini tidaklah mudah, anda setidaknya harus mampu melibatkan teknik seo di dalam artikel yang anda buat, baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage.

Sumber gambar: moz.com

Anda akan mendapatkan banyak trafik ketika kata kunci yang anda gunakan untuk judul artikel yang anda buat adalah kata kunci yang kebetulan banyak dicari serta judul artikel anda mampu muncul di posisi terbaik atau minimal di halaman pertama SERP google.

Saya percaya bahwa sebagian besar blogger sudah tau caranya bagaimana cara mendapatkan judul artikel yang banyak dicari dan saya yakin anda bisa mendapatkannya dengan mudah, apalagi anda sudah menguasai teknik riset kata kunci tentu akan lebih mempermudah anda untuk mendapatkan judul yang banyak dicari untuk dikembangkan menjadi sebuah artikel.

Jika anda kesulitan menemukan kata kunci yang banyak dicari untuk judul artikel, Anda bisa baca:

Tapi harus anda pahami juga bahwa jika anda hanya mengandalkan membuat artikel dengan kata kunci yang banyak dicari saja itu belumlah cukup untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog anda, apa yang harus anda lakukan selanjutnya adalah mengupayakan agar judul artikel yang sudah anda buat harus mampu tampil di posisi terbaik SERP Google atau hasil pencarian mesin pencari Google. 

Jika saja anda bisa menaikan posisi SERP artikel di mesin pencari google dengan cepat dan artikel yang anda buat mampu menduduki posisi ke 3 besar dengan judul menarik, maka dapat dipastikan judul yang anda buat akan bisa mendatangkan banyak pengunjung (visitor) ke blog anda.

Sebuah artikel bisa menduduki posisi terbaik di SERP google tentu harus melewati persaingan dengan 10 judul artikel relevan lainnya yang muncul di halaman pertama google, jika anda ingin pendapatkan posisi terbaik di SERP Google maka artikel anda harus bisa bersaing dan mengalahkan posisi artikel lainnya yang lebih dulu bertengger di halaman pertama (page one) google.

Pertanyaanya adalah bagaimana upaya kita bisa meningkatkan artikel di serp sehingga judul artikel yang kita buat pada akhirnya mampu menempati posisi terbaik di hasil pencarian google.

Cara Meningkatkan SERP Artikel di Halaman Google

Ada banyak sekali cara yang bisa diupayakan untuk memperbaiki posisi artikel di SERP. melalui artikel kali ini saya akan uraikan beberapa tips kepada anda bagaimana cara memperbaiki dan meningkatkan SERP Artikel di halaman hasil pencarian google, sebagai berikut:

1. Persiapkan Artikel Anda

Ini adalah point utama yang sangat penting yang harus anda persiapkan sebelum berupaya untuk meningkatkan posisi artikel di serp google, karena dengan artikel yang baik maka akan mendukung upaya anda untuk memaksimalkan posisi artikel di SERP google.


a. Sajikan Judul artikel Semenarik mungkin

Langkah ini adalah langkah yang sangat penting sekali sebelum anda membuat artikel dari kata kunci yang anda bidik, karena ketika judul artikel anda mampu muncul di halaman 1 google dan judul artikel anda menarik yang dapat membuat setiap pengguna internet penasaran, maka mereka akan memilih judul artikel anda untuk di-click. semakin judul banyak di-click ketika ditemukan di hasil pencarian dansetelah dibaca pengunjung merasa puas dengan isi artikel yang anda sajikan, maka judul artikel anda lambat laun tapi pasti akan mampu terus membaik di posisi serp Google. 

Teknik ini sering saya gunakan untuk beberapa artikel saya, apa yang saya lakukan setelah mendapatkan kata kunci untuk judul adalah meracik judul dengan kata kunci tersebut, namun dengan kombinasi kata yang berbeda dengan judul artikel relevan dengan kata kunci yang bersangkutan yang sudah lebih dulu terbit dan muncul di halaman pertama google. 

Untuk membuat judul artikel yang menarik dan sedikit berbeda dengan judul artikel milik orang lain yang sudah lebih dulu terbit anda harus melakukan sedikit riset, caranya lakukan saja pencarian menggunakan mesin pencari google dengan kata kunci yang anda target untuk artikel yang akan anda buat, kemudian amati di halaman pertama google, silahkan usahakan untuk membuat judul yang berbeda dengan judul-judul artikel yang ditemukan di halaman pertama google, dan ingat buat judul sedikit berbeda dan semenarik mungkin agar bisa membuat pengunjung penasaran.

2. Buat Artikel seberkualitas mungkin

Ingat. setelah anda mendapatkan judul artikel menarik, langkah selanjutnya adalah mengembangkan judul tersebut menjadi artikel berkualitas dan informatif. untuk mendukung upaya meningkatkan artikel di posisi terbaik google ini sangat penting sekali, karena kualitas artikel dapat menentukan daya tahan posisi judul artikel di serp mesin pencari google.

Percuma juga bukan jika posisi terbaik artikel anda di SERP google yang sudah anda peroleh ternyata tidak mampu bertahan lama?, penyebabnya bisa jadi karena artikel anda kurang berkualitas, apalagi algoritma google saat ini sudah banyak mengalami perubahan, dan satu yang ditargetkan google adalah menemukan artikel berkualitas, berguna, informatif dan relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna.

Seperti apa sih konten berkualitas menurut google?, silahkan baca:

Baca Juga:
 
Mudah buat google untuk menilai kualitas artikel anda, apalagi google saat ini sudah melibatkan faktor  pengguna sebagai bagaian dari 200+ google ranking faktor, google akan  menganalisa prilaku pengunjung blog anda untuk menilai kualitas artikel blog anda, jika google menganggap pengunjung blog anda merasa puas dengan artikel yang anda sajikan, maka artikel tersebut akan dianggap berkualitas dan ini bisa memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel tersebut pantas mendapatkan posisi terbaik di serp google.


2. Monitor Posisi judul artikel blog Anda di hasil pencarian (SERP)

Memonitor posisi artikel adalah salah satu upaya yang harus anda lakukan agar anda memiliki tolak ukur apakah artikel tersebut perlu di tingkatkan posisinya di SERP atau sudah cukup, tentu jika anda menganggap posisi artikel kurang maksimal menurut anda maka anda harus mengupayakan artikel tersebut agar mampu bertengger di posisi terbaik SERP google.

Bagaimana Cara Memonitor Posisi artikel di SERP google ?

#Cara 1 -  Menggunakan Mesin Pencari Google:
Cara ke 1 untuk memonitor posisi judul artikel di SERP google adalah menggunakan mesin pencari itu sendiri. Silahkan anda buka mesin pencari google, kemudian masukan kata kunci yang anda bidik untuk artikel yang anda sedang tingkatkan posisi SERP nya, kemudian lihat posisi artikel tersebut ada di urutan berapa.

Jika posisi artikel tidak muncul di halaman pertama google atau belum menepati posisi yang anda anggap maksimal anda bisa melakukan upaya meningkatkan posisi artikel di Serp.

#Cara ke 2- Menggunakan Aplikasi Free Monitoring For Google:
Cara ke 2 untuk memonitor posisi judul artikel di SERP google adalah menggunakan tool khusus,Ada banyak tool yang bisa memonitor posisi artikel di hasil pencarian google, ada yang berbasis web dan juga desktop, yang sering saya gunakan adalah aplikasi free monitor for google, sebuah aplikasi desktop yang cukup efektif untuk memonitor posisi judul artikel anda di hasil pencarian.

Kelebihan aplikasi ini adalah, aplikasi ini mampu memonitor lebih dari 1 judul artikel secara bersamaan, dan anda akan mengetahui posisi artikel apakah membaik atau memburuk dari posisi sebelumnya.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang aplikasi ini anda bisa baca di artikel berikut:

3. Bangun backlink Menuju Artikel Anda

Tips berikutnya untuk meningkatkan posisi artikel di SERP Google adalah dengan cara membangun backlink.

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari blogger pemula tentang cara membangun backlink ini, Apa yang harus di lakukan ketika membangun backlink?, apakah harus diarahkan ke url homepage  atau ke url artikel ?. 

Membangun backlink untuk memperbaiki posisi artikel di hasil pencarian, maka anda harus membangun backlink menuju url artikel anda, dan perhatikan juga penggunaan anchor text,  anda harus menggunakan anchortext dengan kata kunci yang anda target.

Misal artikel blog anda ingin muncul di posisi terbaik dengan kata kunci Memperbaiki Posisi SERP Artikel. maka anda harus membangun backlink menggunakan anchor text Memperbaiki Posisi Serp tersebut.

Tapi ingat backlink harus tetap kelihatan natural, artinya adalah dari jumlah backlink yang anda buat jangan terus menerus menggunakan anchor text dengan kata kunci yang anda bidik, karena itu bisa dianggap spam dan berbahaya untuk blog anda. 


Boleh menggunakan anchor text dengan kata kunci yang anda bidik, tapi penggunaan anchor text untuk backlink lainnya harus anda variasikan dengan menggunakan anchor text yang bermacam-macam, agar tetap kelihatan natural di mata google.

Beberapa Variasi anchor text yang aman yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan posisi artikel di SERP Google adalah sebagai berikut:
a. Menggunakan Kata kunci yang dibidik
b. Menggunakan Nama brand situs anda, misalkan strukturkode
c. Menggunakan URL artikel misal http://strukturkode.blogspot.com/2016/06/tips-meningkatkan-posisi-artikel.html.
d. Menggunakan Judul Lengkap misalnya: " 9 Cara Meningkatkan posisi artikel di SERP Google"
 e. Menggunakan Kata acak yang bermacam macam, misal klikdisini, baca ini, menuju tkp, sumber, dll.
Backlink yang dibuat menggunakan anchor text yang bermacam macam akan meningkatkan naturalitas backlink tersebut di mata mesin pencari terutama google, sehingga lebih aman dan tidak akan berpotensi spam.

Baca juga:  

4.  Buat artikel Pendukung relevan  dan buat internal link ke artikel yang diperbaiki posisinya.

Yang berikutnya adalah membuat artikel pendukung 3-5 artikel saja dan buat internal link di artikel tersebut menuju artikel yang anda ingin perbaiki posisinya di serp google.

Ini pernah saya peraktekan ketika mengikuti kontes seo dan terbukti dengan cara ini artikel bisa bersaing dengan artikel lainnya serta berhasil mendapatkan posisi terbaik di SERP  google.


Awalnya hanya sebuah uji coba, ketika mengikuti kontes SEO, apa yang saya lakukan hanya membuat artikel pendukung sejumlah 5 artikel yang dipublish di waktu berbeda dalam 5 x publish, dan di dalam artikel tersebut saya buat internal link yang menuju artikel yang sedang dipromosikan, tanpa backlink sama sekali ternyata artikel tersebut di akhir penilaian mampu menduduki posisi paling atas mesin pencari dan berhasil memenangkan kontes seo.

Internal link sangat berkaitan sekali dalam meningkatkan pageview artikel yang dituju, menurut saya pribadi jika pageview sebuah artikel meningkat tajam, dan sumber pertama pengunjung datang berasal dari mesin pencari serta pengunjung tertarik membaca artikel tersebut maka bisa memberikan sinyal pada mesin pencari bahwa artikel pantas mendapatkan posisi terbaik mesin pencari.


5. Share Artikel di Berbagai Media sosial.

Ini bertujuan untuk meningkatkan sosial media sognal salah satu faktor seo yang bisa anda libatkan. Bahwa ketika artikel banyak dishare di berbagai media sosial, maka ini akan memberikan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel patut diperhitungkan untuk mendapatkan posisi terbaik.

Tentu share yang akan memiliki nilai baik adalah ketika artikel tersebut dishare oleh orang lain bukan oleh anda sendiri, tapi tentu sulit jika hanya mengandalkan orang lain untuk menshare artikel anda, cara paling cepat ya dengan menshare sendiri dengan cara yang hati-hati.
Cara ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, karena jika tidak bisa memberikan dampak buruk pada blog anda, apalagi untuk publisher Google AdSense, harus sangat hati-hati, jika tidak bisa mengancam eksistensi akun adsense anda, baik karena dijahili orang yang jengkel sama tindakan anda yang dianggap nyepam, atau oleh adsense karena anda dianggap menyebar link artikel ke teman anda untuk mengklik iklan sehingga menimbulkan trafik tidak valid. 

Resiko besar lainnya adalah blog anda bisa dibanned oleh sosial media yang bersangkutan karena dianggap penyebar spam. 

Untuk share di sosial media anda bisa mencari teknik-teknik aman yang jelas jangan sampai tindakan anda dianggap sebagai tindakan sepam baik oleh sosial media itu sendiri maupun di mata mesin pencari.
 

Kesimpulan:

Itulah beberapa tips Ampuh untuk meningkatkan dan menaikan posisi artikel di Serp Google sehingga bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman pencarian google.

Cara di atas tentu bukanlah cara yang mutalak masih ada banyak cara lainnya yang isa anda gunakan, anda akan mendapatkan cara yang menurut anda cocok dan ampuh ketika anda berhasil melakukan ujicoba dengan cara anda.

Untuk tips pemula anda bisa gunakan salah satu teknik di atas atau lebih ampuhnya lagi adalah menggabungkan cara-cara di atas, silahkan anda buktikan sendiri, dengan sabar dan usaha anda pasti akan melihat hasilnya dan artikel anda lambat laun tapi pasti akhrnya akan bisa mendapatkan posisi terbaik di SERP Google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.