Sebenarnya Untuk mempelajari wordpress atau untuk memodifikasi template wordpress secara mudah dan cepat anda bisa install wordpress secara offline di komputer pribadi anda secara lokal menggunakan xampp, sehingga tidak perlu jaringan internet.

Barangkali anda pernah punya keinginan untuk mempelajari template wordpress yang akan anda gunakan untuk blog pribadi anda, namun anda kesulitan karena anda menganggap bahwa untuk menjalankan wordpress perlu membeli layanan webhosting dulu, dan  sayang anda belum punya dana untuk membeli atau menyewa layanan webhosting untuk menginstalnya.

Jangan khawatir, karena wordpress bisa diinstal dan dijalankan di komputer lokal, sehingga jika anda ingin dipelajari wordpress atau ingin membuat template wordpress, anda bisa menginstal dan menjalankan wordpress secara offline di komputer lokal anda.

Benar ini salah satu kelebihan wordpress, karena sifatnya opensource kode wordpress bisa kita dapatkan secara gratis dan bisa kita instal di komputer local secara offline untuk dipelajari atau untuk dimodifikasi sesuai keinginan.

Cara Instal wordpress di komputer local dengan xampp


 Wordpress merupakan salah satu CMS (content manajenem system) yang dibuat dengan script PHP, cms yang satu ini merupakan salah satu cms paling  populer di dunia dan banyak sekali digunakan oleh blogger-blogger profesional untuk halaman blog pribadinya.


Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menjalankan cms wordpress di komputer local, sehingga anda yang kebetulan belum pengalaman bisa mempelajarinya lebih dalam tanpa harus selalu terhubung ke internet.

Persiapan untuk Instal Wordpress di komputer Local

Untuk menjalankan wordpress di komputer pribadi ada beberapa tool atau woftware pendukung yang harus anda instal terlebih dahulu di komputer anda, sebagai berikut:

1. Aplikasi Xampp

Xampp adalah bundle aplikasi untuk mengenambangkan halaman web, xampp berisi tool-tool yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi web berbasis PHP, sehingga dengan menggunakan xampp kita tidak perlu repot-repot melakukan konfigurasi tool-tool yang dibuthkan untuk mengembangkan halaman web berbasis PHP, karena xampp akan melakukannya secara otomatis untuk kita sehingga kita tinggal menggunakannya dengan mudah.

Beberapa tool yang dibundle didalam xampp diantaranya adalah:

a. Apache
Merupakan webserver yang dapat menerjemahkan script web sehingga menghasilkan halaman web.

b. Mysql
Basis data yang cukup populer yang digunakan untuk mengelola data yang dilibatkan di halaman web.

c. PHPMy Admin
Database administrator untuk basis data mysql, sehingga memudahkan mengelola data yang dibuat di basis data mysql.

d. Dan tool-tool lainnya yang dapat mendukung pengembangan halaman web

Untuk menginstal dan menjalankan wordpress, di komputer local, xampp perlu kita instal do komputer kita, silahkan anda download terlebih dahulu xampp untuk anda instal di komputer anda menggunakan link di bawah ini:
Download xampp
 

#2. CMS Wordpress offline.

CMS wordpress adalah kode wordpress yang harus kita simpan untuk membuat blog berflatform wordpress.

Untuk mendapatkan kode wordpress, anda bisa mendownloadnya di situs wordpress.org, untuk mendownload CMS wordpress offline terbaru anda bisa klik disini.

#3. HeidySQL (Optional)

Hidy SQL adalah Aplikasi database administrator gratis yang bisa anda gunakan untuk mengelola basis data mysql.
Sebenarnya tanpa heidysql kita masih bisa menggunakan phpmyadmin yaitu tool berbasis web yang terdapat di dalam bundle xampp, cuma menurut saya phpmyadmin kurang enak digunakan, sebagai alternatif saya pribadi lebih suka menggunakan heidysql karena lebih mudah digunakan.

Silahkan download terlebih dahulu aplikasi heidysql untuk diinstal di komputer anda.


Langkah-langkah instalasi dan Menjalankan Wordpress di komputer lokal

Silahkan anda download tool-tool yang diperlukan untuk menjalankan wordpress di komputer local
yaitu xampp, cms wordpress dan juga heidisql (optional).

Setelah tool-tool di atas anda download, berikutnya adalah melakukan instalasi wordpress dikomputer local, langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah #1 - instal xampp di komputer anda.

Saya tidak akan menjjelaskan secara panjang lebar langkah-langkah instalasi xampp disini karena akan terlalu panjang, langkah-langkahnya anda bisa baca di artikel berikut:
Cara Instal xampp untuk menjalankan applikasi web

Silahkan anda instal xampp di drive D:/ sehingga setelah diinstal lokasi xampp akan di D:/xampp

Sekarang silahkan anda buka folder xampp hasil instalasi anda, di D:/xampp, kurang lebih strukturnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

struktur folder xampp untuk instalasi wordpress
Di dalamnya anda akan melihat folder dengan nama htdocs, folder itu adalah folder yang harus anda gunakan untuk menyimpan file-file wordpress anda.

Jadi anda nanti harus mengekstrack cms wordpress anda dan simpan atau arahkan ke folder htdocs yang terdapat didalam foleder xampp yang berhasil anda instal.

Langkah #2 - Extract CMS Wordpress.

Setelah xampp berhasil anda instal, langkah berikutnya adalah mengekstract CMS Wordpress yang sudah anda download sebelumnya.

Silahkan anda ekstract kode CMS wordpress yang sudah anda download menggunakan tool ekstractor seperti winzip atau winrar, jangan lupa kasih nama.

Arahkan ke folder htdocs, yang terdapat didalam folder xampp hasil instalasi anda sesuai contoh di atas lokasinya di D:/xampp/htdocs.

Jika file ektract saya kasih nama wordpress maka lokasinya berada di D:/xampp/htdocs/wordpress/

Langkah #3 - Jalankan Xampp-control

Setelah xampp di instal dan cms wordpress di simpan di folder htdocs yaitu D:/xampp/htdocs/wordpress, langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi xampp.

Setelah xampp di instal biasanya xampp control akan di tempatka di disektop, untuk menjalankan xamp control alternatifnya:
a. double click applikasi xampp-control di desktop atau

b. pilih start menu kemudian cari dengan mengetik xampp, kemudian setelah ditemukan silahkan anda klik xampp-control, atau

c. Masuk ke folder instalasi xampp, sebagai contoh: D:/xampp/
didalamnya cari file dengan nama xamp-control.exe, seperti gambar dibawah ini:

aktifkan xampp control untuk menjalankan wordpress


Silahkan doubleclick untuk mengaktifkannya, jika berhasil akan keluar aplikasi Xampp control seperti gambar di bawah ini:

Mengaktifkan xampp control untuk menjalankan dan menginstal wordpress

Silahkan aktifkan Apache dan Mysql dengan menekan tombol di sampingnya yang bertulisakan start jika belum aktif, sehingga tulisan tombol berubah dari start menjadi stop seperti terlihat pada gambar di atas.

Apacehe akan digunakan untuk webserver local, sedangkan mysql untuk basis data yang nanti digunakan untuk basis data wordpress.


Solusi Jika XAMPP Error ketika distart
Adakalanya ketika menekan tombol start untuk mengaktifkan Apache dan juga mysql terjadi Error, dan Apaceh atau Mysql tidak mau Start.

Jika kebetulan terjadi pada xampp anda, ada kemungkinan port yang digunakan oleh xampp sudah digunakan lebih dulu oleh palikasi lain.

Untuk mengatasi error yang mungkin terjadi, anda bisa baca artikel berikut: 
Mengatasi Apaceh dan Mysql pada xampp tidak bisa runing atau error

Langkah #4 - Cek Apakah xampp sudah berjalan dengan Normal?

Pastikan bahwa xampp sudah berjalan dengan baik, untuk memastikannya, silahkan buka
browser yang biasa anda gunakan (mozila firefox, google chrome, microsoft edge dll), kemudian ketikan localhost pada browser anda, jika sudah berjalan akan tampil seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

tampilan utama xampp


Langkah #5 - Buat Basis data untuk Wordepress

Setelah xampp berjalan dengan normal, langkah berikutnya membuat basis data untuk wordpress, langkahnya adalah sebagai berikut:

a. Buka Browser anda (mozila firefox, google chorome dll).

b. Ketikan localhost/phpmyadmin kemudian tekan enter, akan tampil basisdata administrator phpmyadmin seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

membuat basisdata mysql menggunakan phpmyadmin untuk wordpress
Silahkan tekan tab Basis data kmudian, Buat basis data baru, masukan nama basis data misal wordpress, kemudian tekan tombol buat.

Basis data akan berhasil dibuat dan siap anda gunakan untuk aplikasi wordpress anda.

Langkah #6 - Instal blog wordpress Anda

Setelah basis data di buat sekarang saatnya menginstal CMS wordpress di komputer anda menggunakan xampp.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:
a. Pastikan kode CMS wordpress sudah anda ekstract dan simpan di folder htdocs di dalam folder instalasi xampp anda, untuk contoh misal di D:/xampp/htdocs/wordpress

Lihat lagi pada Langkah #2 - diatas.

b. Sekarang buka Browser anda (mozila firefox atau googlechrome)

c. Ketikan  localhost/wordpress
wordpress diasmumsikan nama folder wordpress yang anda ektract yang disimpan di D:/xampp/htdocs, jika nama foldernya misalkan wp, berarti yang harus anda ketikan adalah localhost/wp, tergantung nama folder wordpress yang anda berikan ketika diekstract.



Anda akan disajikan tampilan untuk instal wordpress, dengan langkah-langkah sebagai berikut:


Silahkan pilih "Bahasa Indonesia" kemudian tekan tombol Lanjutkan. untuk ke tahap berikutnya

Di Tahap berikutnya tekan saja tombol "Ayo"

Kemudian pada tahap berikutnya anda akan diminta untuk melakukan konfigurasi data wordpress seperti terlihat pada gambar di bawah ini:

konfigurasi basis data wordpress pada instalasi
Nama Basis data: isi dengan wordpress, silahkan sesuaikan dengan nama basis data anda, untuk contoh karena pada tahap #5 sebelumnya kita sudah membuat basis data dengan nama wordpress maka disini kita isi wordpress.

Nama Pengguna: isi dengan root, untuk pengguna basisdata mysql defaultnya adalah root.

Password: kosongkan saja, secara default password basisdata mysql adalah kosong

Host Basis data:isi dengan  localhost

Prefiks TableL : wp_ ,biarkan saja apa adanya.

Jika data yang diminta sudah diisi, Tekan tombol kirim, kemudian di tampilan berikutnya tekan tombol "Jalankan instalasi".

Instalasi wordpress di komputer local menggunakan xampp
Judul situs: silahkan isi judul situs anda
Nama Pengguna: masukan nama pengguna anda misal admin (nama pengguna ini digunakan untuk login ke wp-admin, jangan sampai lupa)

Password: isi dengan password anda (untuk login

Email: masukan juga email

Jika data yang diminta sudah diisi silahkan tekan tombol "Instal wordpress"

Sampai tahap diatas anda sudah berhasil menginstal wordpress di komputer anda secara local menggunakan xampp.

Tahap selanjutnya silahkan anda login ke halaman akun wordpress anda
localhost/wordpress/wp-login.php.

kemudian masukan user dan password yang anda buat pada tahap instalasi di atas.

Jika berhasil anda akan masuk ke halaman utama akun wordpress anda, anda bisa memasang plugin, memilih template, membuat artikel postingan dan lain sebagainya yang berkaitan dengan halaman wordpress anda.

dan anda sudah berhasil mengakses halaman blog wordpress anda secara local dengan alamat:
localhost/wordpress

Kesimpulan:

Demikian cara instal wordpress di komputer local secara offline menggunakan xampp, dengan menginstal wordpress di komputer local anda lebih mudah untuk mempelajarinya tanpa harus selalu terhubung ke internet.
menginstal wordpress secara offline di komputer lokal kadang digunakan oleh pengembang template wordpress untuk membuat template wordpress dan juga untuk para pemakai wordpress pemula yang ingin memplajari wordpress lebih dalam.

Untuk mempelajari wordpress yang harus anda pahami adalah script PHP sebagai script utama yang menyusun template wordpress.
 semoga bermanfaat.