Segala hal yang dilakukan secara monoton di satu saat pasti akan bisa menimbulkan kebosanan, sehingga anda akan merasa jenuh dan timbul rasa malas enggan melakukannya. Salah satu aktivitas yang boleh dikatakan cendrung memiliki sifat monoton adalah blogging, anda pasti tau blogging itu kerjaannya nulis artikel terus-terusan tentu bisa bosanlah, jadi tidak jarang di saat-saat tertentu para blogger  mengalami rasa bosan  luar biasa,  akhirnya mereka malas menerbitkan artikel, akibatnya blog yang mereka miliki terbengkalai dan tidak mengalami perkembangan trafik secara signifikan.

Meskipun monoton tentunya di balik aktivitas blogging ada keasikan tersendiri bagi para penggemarnya, sehinggga tidak sedikit mereka yang terus-terusan blogging tanpa di hinggapi rasa bosan, mereka sukses mengembangkan blognya hingga bisa menjaring banyak pengunjung dan mendapatkan penghasilan tambahan bagi pemiliknya.


Memang aktivitas blogging ini terkadang di saat-saat tertentu bisa memacu semangat untuk terus ngeblog namun di saat-saat tertentu bisa membangkitkan rasa bosan, bahkan sulit sekali membuat artikel terkadang rasa ngantuk mendera jika dipaksakan, jika diamati dengan teliti dibalik semangat ngeblog dan juga rasa malas ngeblog ada faktor-faktor yang mempengaruhinya,

BISA JADI INI YANG MENYEBABKAN ANDA MALAS NGEBLOG!

Dari beberapa pengalaman pribadi dan juga pengalaman beberapa blogger, faktor yang membuat anda malas ngeblog dan malas untuk menerbitkan artikel diantaranya adalah sebagai berikut:

a. Trafik blog tiba tiba turun drastis dan sulit untuk naik kembali.

Ini pernah terjadi pada blog saya ketika di saat tertentu karena beberapa sebab blog saya kehilangan trafik, rasa malas mulai menghampiri yang berdampak jarangnya diterbitkan artikel baru, sehingga trafik blog stagnan sulit untuk kembali merangkak naik.

b. Sulit diterima menjadi Publisher Google AdSense.

Saat ini banyak orang terutama generasi muda yang terjun ke dunia blog karena ingin mendapatkan penghasilan dari internet, bahkan banyak juga para pemilik blog akhirnya menginginkan blognya menghasilkan uang setelah mengetahui potensinya. 

Salah satu teknik monetisasi (mengupayakan agar blog bisa menghasilkan uang) yang banyak diminati adalah google AdSense, namun sayangnya untuk menjadi publisher google adsense tidaklah mudah, karena ada syarat-syarat tertentu yang harus terpenuhi, sehingga tidak sedikit mereka yang gagal dan tidak berhasil diterima. karena sudah beberapa kali melakukan pendaftaran tidak pernah diterima, akhirnya banyak para blogger yang merasa tertekan, kecewa dan akhirnya putus asa, sehingga memicu rasa malas mereka untuk ngeblog.

c. Upaya SEO Tidak Berhasil

Ini juga sering dikeluhkan oleh para blogger terutama para blogger yang baru mengenal dunia blog dan yang baru mencoba teknik seo. karena ambisinya ingin agar artikelnya muncul dihalaman pertama google, mereka mencoba melibatkan seo baik optimasi seo onpage maupun optimasi seo offpage, namun karena memiliki sifat terburu-buru dan ambisinya terlalu berlebihaan, upaya seo yang mereka lakukan tidak kunjung membuahkan hasil, akhirnya mereka putus asa yang berakibat malas ngeblog.

Jika situasi ini pernah terjadi pada anda sehingga anda menjadi malas ngeblog saya hanya bisa meluruskan, bahwa teknik seo itu perlu waktu dan proses, bisa saja percobaan pertama seo anda gagal namun saya yakin seiring waktu dan pengalaman anda yang semakin bertambah, jika terus-terusan dicoba, anda akan bisa menemukan triknya dan anda akan menikmati hasilnya.

d. Pendapatan Google AdSense tidak Kunjung Naik

Menyikapi pernyataan teman blogger di sebuah postingan group media sosial: 
"Waduh gue males benar-benar males ngeblog karena pendapatan adsense tidak kunjung naik, segitu-gitu aja tiap hari kapan gajiannya!!!". 
Wah... ternyata pendapatan google adsense juga bisa menjadi salah satu penyebab malesnya ngeblog, sepertinya bukan hanya dia, anda juga mungkin mengalami hal serupa.

Hihi...kalo ini yang saya pribadi rasakan, yang paling berperan mempengaruhi besar kecilnya pendapatan google adsense salah satunya adalah trafik, semakin tinggi trafik maka pendapatanpun cendrung meningkat, lain halnya ketika trafik merosot pendapatan adsense pun ikut turun, beberapa bulan mengalami penurunan pendapatan ternyata bisa membuat malas untuk ngeblog akhirnya jarang menerbitkan artikel.


Anda mungkin mengalami hal serupa, setelah diamati ternyata dengan jarang menerbitkan artikel mengakibatkan  trafik malahan cendrung monoton, barangkali solusi yang terbaik adalah jangan pernah berhenti menerbitkan artikel.

e. Trafik blog tidak ada peningkatan

Ini juga sering terjadi pada blogger yang merasa gagal karena blognya tidak kunjung membuahkan target yang diinginkan, salah satunya adalah dia ingin trafik blognya banyak namun belum juga kesampaian padahal berbagai cara pernah dilakukan, karena merasa tidak berhasil-berhasil akhirnya merasa kecewa dan memicu rasa malas ngeblog sehingga jarang menerbitkan artikel.

Padahal menurut saya dengan berhenti menerbitkan artikel itu bukan solusi yang baik, jika terus terusan menerbitkan artikel pasti akan ada peningkatan seiring dengan bertambahnya artikel, blogger akan mudah kecewa dan rasa malas timbul karena ambisi yang terlalu berlebihan yang tidak pernah tercapai.

f. Anda putus Cinta dan Kecewa

Wah...sedikit membahas yang tidak formal tapi memang benar apa adanya, adakalanya mood manusia bisa dipengaruhi oleh lingkungan sekelilingnya dan situasi yang dialaminya, ada lho para blogger yang menjadi malas ngeblog karena mengalami situsi tertentu, salah satunya misalkan karena putus cinta atau ditolak sama gebetan, ini pernah terjadi pada teman saya lho..., dia berhenti beberapa bulan tidak bikin artikel, malahan sama sekali tidak mengakses blognya, penyebabnya padahal sepele ditolak sama doi.

Hal seperti ini memang untuk beberapa orang bisa mempengaruhi mood, jika dialami oleh seorang blogger dampaknya ya ke ativitas bloggingnya, namun hal seperti ini biasanya hanya sementara, hanya beberapa minggu atau beberapa hari saja, biasanya dia bisa kembali seperti semula jika hatinya merasa sudah tenang.


UPAYA YANG BISA MEMBANGKITKAN KEMBALI SEMANGAT NGEBLOG

Ada akibat tentu ada solusi, dibalik banyaknya faktor penyebab malas ngeblog tentu ada upaya untuk mengembalikan senagat ngeblog sehingga anda kembali ke aktivitas blogging anda yang normal.

#1. Jangan terlalu berambisi ingin mendapatkan penghasilan

Jika tujuan awal ngeblog karena berambisi ingin mendapatkan penghasilan yang banyak setelah melihat mereka yang sudah sukses, maka ini bisa membuat aktivitas blogging anda tidak akan bertahan lama, percaya atau tidak biasanya anda akan cepat merasa putus asa, kecewa bosan, tertekan dan akhirnya malas.

Jika tujuan anda blogging  ingin mendapatkan penghasilan dengan ambisi yang berlebihan, sementara anda belum berpengalaman dan anda masih pemula di dunia blogging dan didunia internet marketing, sebaiknya anda ubah orientasi tujuan ngeblog anda.

Fakta membuktikan bahwa ketika tujuan awal blogger pemula adalah uang dan ingin mendapatkan penghasilan, biasanya tidak akan bertahan dalam 3 bulan, ini pernah saya buktikan kepada beberapa teman saya, saya memberikan informasi berharga kepada mereka bahwa blog bisa menghasilkan uang, karena tau blog bisa menghasilkan uang dan sudah terbukti akhirnya dengan semangat menggebu-gebu penuh ambisi mereka membuat blog, di awal memang semangatnya kelihatan, setelah beberapa minggu akhirnya mereka mengeluh dan putus asa blognya belum menghasilkan.

Memang sedikit menggelikan, karena mereka menganggap mudah mencari uang dengan blog padahal tidaklah demikian, sebuah blog hingga bisa menghasilkan uang perlu waktu proses kerja keras dan trik tersendiri. Karena ambisinya dan usahanya merasa tidak berhasil akhirnya kurang dari 3 bulan semuanya berhenti dan tidak melanjutkan aktivitas bloggingnya, alasanya adalah "SUSAH" dan "PSIMIS" usahanya khawatir tidak membuahkan hasil.

#2. Meluangkan waktu untuk selalu membaca pengalaman blogger sukses

Satu lagi sebagai upaya untuk membangikitkan semangat ngeblog adalah, selalu meluangkan waktu untuk membaca kisah blogger sukses, kebanyakan orang mungkin melihat blogger sukses hanya dari satu sisi saja, yaitu melihat setelah dia meraih kesuksesan sehingga untuk beberapa blogger bisa menimbulkan rasa pesimis akhirnya malas ngeblog. 

Oleh karena itu agar anda tidak melihat dari sisi kesuksesannya saja, anda harus membaca perjalanan kesuksesannya, silahkan banyak-banyaklah membaca perjalanan hidupnya, kerja keras apa yang dia lakukan sampai bisa meraih kesuksesan, karena saya yakin siapapun yang saat ini sudah mendapatkan kesuksesan dengan cara yang legal pasti ada proses kerja keras yang bisa kita contoh sehingga dari perjalanan menuju kesuksesan yang dia jalani, bisa membangkitkan semangat blogging anda karena malas.

Blogger sukses linda ikeji
Linda ikeji

Contoh kisah blogger sukses yang bisa membangikitkan semangat ngeblog adalah kisah sukses linda ikeji, seorang blogger muda asal Nigeria yang sama sekali tidak mengerti SEO, blogger yang hanya mengandalkan blogspot gratisan, blogger yang tidak memiliki pengetahuan tentang blogging sama sekali, blogger yang hanya bisa menulis saja, Jika anda ingin tau seperti apa blognya, silahkan cek dan nilai sendiri seperti apa blognya (lindaikejisblog.com), sungguh sangat diluar dugaan. 

Tapi sungguh luar biasa dari blognya dia bisa menghasilkan lebih dari 300 juta perbulan, itu dulu mungkin sekarang sudah mencapai miliaran rupiah perbulan, kabarnya dia mulai mendapatkan penghasilan dari blognya setelah blognya berusia lebih dari 5 tahun, dan saat ini blognya berisi lebih dari 15.000 artikel.

Apa yang patut kita contoh adalah semangat ngeblognya, tanpa henti lebih dari 5 tahun dia mampu terus menerus menerbitkan artikel, dan kabarnya dia mampu menerbitkan sampai 25 artikel setiap hari tanpa bantuan siapapun, tanpa teknik SEO yang mumpuni, namun ternyata kerja keras dan konsisten bisa menjadikan dia sebagai seorang blogger sukses kelas dunia dengan penghasilan luar biasa besar.

#3. Mencari tantangan blogging

Perasaan malas ngeblog ternyata pernah saya alami bahkan mungkin ketika artikel ini dibuat masih ada perasaan malas pada saya pribadi, mungkin jenuh dengan sifat monoton ngeblog, dan saya menulis artikel ini karena berupaya ingin sedikit membagikan informasi untuk mereka yang kebetulan sedang malas ngeblog, agar termotivasi kembali termasuk untuk saya pribadi.

Salah satu upaya untuk membangkitkan semangat ngeblog adalah dengan mencari tantangan blogging, tentu beberapa orang tertarik dengan tantangan, tentunya tantangan yang ada kaitannya dengan aktivitas blogging, ada banyak tantangan, salah satu tantangan blogging yang cukup efektif dapat membangkitkan semangat ngeblog adalah mengikuti kontes SEO.

Saya pribadi untuk saat ini tidak sengaja mencoba mengikuti kontes seo yang diadakan oleh Group IAPD dengan judul "Potensi Blog untuk Generasi Muda", saya merasa termotivasi untuk ikut hanya sekedar ingin menganalisa kekuatan konten yang dibuat oleh blogger-blogger yang ikut kompetisi.

Kabar baiknya ternyata dengan mengikuti Kontes SEO ada hal yang membangkitkan motivasi saya untuk semangat ngeblog. dan asik saja melihat persaingan artikel dengan judul serupa muncul di pencarian google, sehingga ini yang membuat otak berfikir aktif mencari cara bagaimana mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari selain hanya mengandalkan konten, semoga saja artikel saya tidak nyungseb di posisi terakhir ya..he he...kita lihat saja nanti.

#4. Mengubah orientasi berfikir tentang blogging

Blogging adalah sesuatu yang memerlukan waktu yang tidak sebentar, menguras tenaga dan fikiran sera perlu ketekunan dan kerja keras.
Satu lagi yang bisa membuat anda malas ngeblog adalah karena orientasi anda salah mengenai blogging, ada banyak sekali blogger pemula yang ingin sukses ngeblog dalam waktu yang cepat, padahal  proses ngeblog tidak bisa dianggap mudah, perlu waktu yang tidak sebentar dan perlu kerja keras.

Jika anda berfikir bahwa blogging itu mudah buang jauh-jauh, silahkan tanamkan di dalam fikiran anda bahwa agar blog anda sukses mendapatkan trafik berlimpah pasti tidak bisa ditempuh dalam waktu yang sebentar, perlu teknik perlu ketekunan sehingga anda akan fokus untuk memprioritaskan membangun dan mengembangkan blog terlebih dahulu hingga memiliki artikel berkualitas yang sangat banyak.

Buang jauh-jauh jika tujuan anda membuat blog karena uang.
Jika dari awal membuat blog karena uang maka anda cendrung tidak akan memperhatikan kualitas konten blog padahal kualitas konten adalah salah satu yang paling utama yang harus dimiliki sebuah blog, sehingga blog anda akan sulit berkembang dan mendapatkan kepercayaan dari pelanggan.

Sebuah kutipan berharga dari mendiang Steve jobs:
"Jika Anda selalu fokus ke profit dan keuntungan, Anda akan mengurangi kualitas produk. Namun jika Anda fokus untuk menghasilkan produk yang luar biasa, maka profit dan keuntungan akan mengikuti"

Ubahlah orientasi tujuan blogging anda, tekankan bahwa tujuan anda membuat blog hanya ingin berbagi informasi bermanfaat dan berkualitas dan ingin mendokumentasikan apa yang sudah anda pelajari apapun itu namun jangan memiliki tujuan membuat blog untuk uang, karena jika anda tidak berhasil anda akan tertekan dan malas untuk ngeblog.

#5. Buat Target Jangka Panjang

Setelah anda tau bahwa blog itu perlu kerja keras, silahkan buatlah target jangka panjang, misalnya "dalam 5 tahun blog saya harus bisa menghasilkan" atau target jangka panjang lainnya, dengan target jangka panjang seperti itu anda akan fokus meningkatkan kualitas blog dari pada berharap cepat menghasilkan dari blog.

PENUTUP:

Untuk membangkitkan kembali semangat ngeblog karena malas memang banyak intinya kita harus mengupayakan agar aktivitas blogging tidak monoton sehingga kita bisa bertahan terus mengembangkan blog hingga bisa mencapai sukses susuai dengan target yang ingin dicapati.

Anda barangkali punya tips dahshat agar ngeblog tidak malas, semoga bisa ikut berbagi....!

Demikian artikel tentang 3 Tips untuk membangkitkan semangat ngeblog karena malas Semoga bermanfaat.