"Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh blog yang baru dipublish ke internet agar blog tersebut lebih mudah dikenali dan lebih cepat mendapatkan banyak pengunjung, berikut saya akan uraikan 7 Hal yang harus dilakukan setelah membuat blog baru khusus pemula".

Yang membedakan antara blogger mahir dan berpengalaman dengan blogger pemula yang baru terjun ke dunia blog adalah cara mereka memelihara dan mengembangkan sebuah blog dari mulai saat blog tersebut selesai  dibuat dan di onlinekan hingga blog tersebut menjadi sebuah blog yang sukses..

Blogger mahir dan berpengalaman tau betul apa yang harus dilakukan dari awal mereka mulai membuat blog, sedangkan blogger pemula kemungkinan besar hanya tau menulis artikel saja dan tidak tau apa yang harus dilakukan setelah blognya dibuat.

perlu anda garisbawahi bahwa sebuah blog bisa dikatakan sukses jika  blog tersebut mampu mendatangkan banyak sekali pengunjung, baik pengunjung organik (pengunjung yang bersumber mesin pencari seperti google, yahoo, bing dll), maupun pengunjung yang bersumber dari  sosial media seperti facebook, twitter ataupun media sosial lainnya.


6 Hal yang harus dilakukan setelah membuat blog baru khusus pemula

Jika anda kebetulan adalah blogger pemula yang menginginkan blognya sukses dan mampu mendatangkan banyak sekali pengunjung serta bisa menghasilkan uang, maka Penting sekali untuk anda memahami langkah-langkah yang harus anda lakukan selanjutnya setelah blog tersebut berhasil anda buat.

Disini akan saya sajikan sebuah tutorial lengkap yang menjelaskan tentang segala hal yang anda akukan sebagai  blogger pemula yang belum tau apa-apa tentang dunia blogging.

1. Daftarkan dan integrasikan blog anda dengan google webmaster tool dan bing webmastertool

Mengingat google dan bing saat ini adalah 2 raksasa mesin pencari yang cukup populer, maka langkah pertama yang harus kita upayakan adalah mendaftarkan blog ke kedua mesin pencari tersebut melalui google webmaster tool dan bing webmaster tool, tujuannya tentu saja agar blog lebih cepat dikenal oleh kedua mesin pencari tersebut, sehingga blog akan lebih mudah ditemukan dihasil pencarian ke dua mesin pencari tersebut.

Google webmaster tool (GWT) atau sekarang lebih dikenal dengan  google search console (GSC) adalah sebuah tool gratis yang disediakan oleh google yang berfungsi untuk memonitor dan menyajikan informasi detail mengenai hasil interkasi robot mesin pencari google (google bot) terhadap blog anda.

Sedangkan bing webmaster tool adalah tool milik bing (microsoft) yang fungsinya tidak jauh berbeda dengan google search consule yaitu untuk memonitor dan melihat informasi detail dalam bentuk grafik dan tabel mengenai hasil interaksi robot  mesin pencari bing (bing bot) terhadap blog anda.

Harap Perhatikan...!

Blog cukup satu kali saja di daftarkan di kedua tool tersebut selama nama atau URL blog anda tidak anda ubah, kecuali jika blog anda di ubah menjadi domain pribadi maka blog kembali harus anda daftarkan dengan cara yang tidak jauh berbeda.

Yang harus anda lakukan di kedua tool tersebut adalah sebagai berikut:

a. Memasukan URL blog (alamat homepage, misal nama_blog.blogspot.com)

b. Mensubmit peta situs
Peta situs blog untuk blog berflatform blogspot adalah (nama_blog.blogspot.com/sitemap.xml)

c. Memelihara blog agar tetap prima
Kedua tool tersebut menyajikan fasilitas yang bisa kita gunakan untuk memelihara blog agar tetap prima dan memilik performa terbaik.

Bagaimanakah Cara Mendaftarkan blog ke google search console dan bing webmaster tool?

Untuk mendaftarkan blog ke kedua tool tersebut sangatlah mudah, syaratnya adalah anda memiliki email untuk login/daftar.

Silahkan baca:
Cara mendaftarkan blog ke google dan bing webmaster tool
Cara Submit peta situs (sitemap) di google dan bing

Untuk google webmaster tool anda tinggal login menggunakan email gmail, sedangkan untuk login ke bing webmaster tool anda harus membuat dulu email outlookexpress atau hotmail.

Untuk langkah-langkah daftarnya saya tidak akan bahas secara langsung disini.
Silahkan anda baca Cara mendaftarkan blog ke bing dan google webmastertool terbaru.

2. Submit URL Homepage blog anda di google dan bing.

Setelah anda mengintegrasikan blog anda dengan google webmaster tool dan bing webmaster tool, langkah berikutnya adalah mensubmit alamat url homepage blog anda di google dan bing.

Tujuan submit adalah agar blog anda lebih cepat untuk diindex dan blog anda akan lebih mudah dikenali oleh kedua mesin pencari tersebut.

Sebenarnya tidak disubmit pun tidak apa-apa, pasti pada akhirnya blog akan dikenali oleh kedua mesin pencari tersebut, namun agar blog anda lebih cepat di index maka upaya ini perlu dilakukan.

Oh Ya…..!

Submit blog ini hanya dilakukan cukup sekali saja ya tidak lebih, lakukan ketika blog anda selesai dibuat dan di onlinekan, jika submit blog yang sama terlalu sering dilakukan, khawatir tindakan anda akan dianggap spam oleh kedua mesin pencari tersebut.

Dan Ingat utuk hal ini yang disubmit adalah alamat url homepage blog anda, misal :nama_blog_anda.blogspot.com

Cara submit homepage hampir sama dengan submit artikel, caranya silahkan baca disini

Langkah-langkah submit adalah sebagai berikut:

1. Untuk google buka URL ini
Silahkan masukan alamat url homepage blog anda, kemudian centang verifikasi "anda bukan robot" kemudian tekan submit.

2. Sedangkan untuk bing, silahkan buka disini.
Silahkan masukan alamat url homepage blog anda, kemudian ketikan kode verifikasi untuk mengidentifikasi bahwa anda bukan robot, jika sudah tekan tombol submit.

Dengan melakukan submit di kedua mesin pencari tersebut, blog anda akan lebih mudah dan lebih cepat di index oleh mesin pencari bing maupun google

3. Daftarkan dan integrasikan blog anda dengan tool yang dapat memonitor visitor

Tujuan blog anda diintegrasikan dengan tool-tool visitor monitoring adalah agar anda dapat eterus memonitor perkembangan blog anda, sehingga anda memiliki acuan atau toal ukur untuk terus memperbaiki blog anda.

Ada banyak sekali tool online untuk memonitor visitor blog anda beberapa diantaranya adalah:

a.    Google Analytics

Tool ini adalah tool gratis dari google yang berfungsi agar anda dapat memonitor interaksi pengunjung terhadap blog anda, menyajikan informasi menyangkut blog anda yang bisa anda jadikan data evaluasi untuk meningkatkan kualitas blog anda.
Google analytics


Anda bisa baca:
Cara mendaftarkan blog ke google analytics

Tool ini menurut saya tool yang dapat memberikan informasi paling lengkap dan sangat detail, namun untuk pemula cara menggunakannya kan tool ini boleh dibilang sedikit membingungkan, akan tetapi jika anda berhasil mempelajarinya. Tool ini akan banyak sekali manfaatnya terutama untuk meningkatkan kualitas blog anda.

b.    Histats.

Hampir sama dengan google analitic, histats adalah tool gratis yang dapat anda gunakan untuk memonitor pengunjung blog anda, jika dibandingkan dengan google analytics histat jauh lebih sederhana namun cukup baik untuk melihat visitor blog anda.

Histats
 


Silahkan baca: cara daftar histats terbaru

Untuk blogger pemula saya rekomendasikan menggunakan histats karena cukup sederhana dan mudah sekali dipahami meskipun tidak selengkap google analytics.

c. dan lain-lain

3. Ping blog anda di pingomatic

Tujuan ping adalah untuk mengundang robot mesin pencari agar sering mengunjungi blog anda bahwa ada blog baru yang harus mereka index.

Tujuan ping adalah untuk mempercepat index google selain anda melakukan submit dikedua mesin pencari yang anda lakukan pada tahap dua diatas.

Ada banyak sekali situs-situs ping, yang direkomendasikan salah satunya adalah pingomatic.com, silahkan buka situs tersebut kemudian lakukan ping dengan langkah-langkah dibawah ini:

a. Memasukan nama blog (masukan saja nama brand blog anda)

b. Alamat homepage (ketikan saja alamat url homepage blog anda, misal strukturkode.blogspot.com)
c. RSS blog, masukan saja misal nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml
d. Klik tulisan Select All, untuk memilih semua service yang tersedia
e. Tekan tombol send ping




Pingomatic

Lakukan ping blog anda di situs ping yaitu pingomatic.com,ingat cukup sekali saja

Anda bisa juga menggunakan tool ping lainnya, silahkan anda cari saja di internet dengan kata kunci pencarian “tool ping terbaik”, anda bisa ping blog anda di tool-tool pinging lainnya namun jangan terlalu sering, cukup seminggu sekali di tool ping berbeda,

Ping hanya anda lakukan jika blog anda masih benar-benar sangat baru, setelah blog anda mendatangkan banyak pengunjung ping bisa anda hentikan, karena tanpa pingpun blog dan juga artikel blog anda akan cepat terindex seiring dengan banyaknya pengunjung yang berdatangan pada blog anda.

4. Submit Blog anda di RSS Directory.

RSS directory membantu blog anda untuk lebih intens dikunjungi robot mesin pencari, semakin sering dikunjungi maka index blogpun akan terus meningkat, jika index blog anda banyak maka blog anda akan ramah mesin pencari dan lebih mudah dikenali mesin pencari.


rss directory


Ada banyak sekali situs RSS directory yang banyak tersedia, Silahkan cara situs rss directory kemudian submit blog anda disitus tersebut,

Data yang akan diminta di fasilits submit di RSS directory biasanya adalah rss blog anda, alamat rss blog anda untuk blog berflatform blogspot adalah nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml.

Jadi ingat jika yang diminta adalah alamat rss blog anda maka yang dimasukan adalah nama_blog_anda.blogspot.com/rss.xml.
Submit Blog di RSS directory dulu sering saya, cukup 3 sampai 5 rss directory saja setiap minggu.

Submit blog di rss directory juga ternyata bisa mempercepat index backlink, jika anda membangun backlink agar backlink yang anda bangun cepat di claim oleh google maka salah satu langkah yang bisa anda lakukan adalah  sering melakukan submit di rss directory.

Oh Ya. Submit blog di situs-sutus RSS Directory hanya untuk blog yang benar-benar masih terbilang baru dan belum mendatangkan banyak pengunjung, namun jika blog sudah ramai pengunjung tidak perlu lagi melakukan submit di rss directory.

5. Pilih template yang SEO Friendly.

Langkah berikutnya adalah, pastikan bahwa template yang digunakan blog anda adalah template seo friendly, template seo friendly adalah template blog yang sudah diatur dimodifikasi sedemikian rupa sehingga template tersebut mendukung factor-faktor seo didalamnya.


Silahkan baca: ciri template blog seo friendly

Anda bisa mencari template gratisan dengan memilih desain yang menurut anda cocok. Atau anda bisa membeli template seo friendly premium agan penggunaan template menjadi leluasa dan tidak dibatasi dengan hak cipta pemilik template.

Jika anda sudah mendapatkan template blog seo friendly anda bisa mengganti template blog anda dengan template seo friendly tersebut.

Penggantian template sebaiknya dilakukan di awal-awal ketika blog anda baru dibuat, silahkan amati bagaimana efek penggantian template, jika dapat meningkatkan pengunjung blog anda berarti template baik.

6. Buat Artikel secara berkualitas & konsisten

Satu hal yang paling penting setelah blog baru anda dibuat adalah, membuat artikel berkualitas dan seo friendly secara konsisten.

Artikel berkualitas adalah artikel informatif, unik dan original bukan hasil kopi paste artikel orang lain, dan usahakan setiap artikel memiliki jumlah kata minimal 700 kata lebih dan paling baik minimal 1000 kata, karena jumlah artikel yang panjang akan meningkatkan relevansi kata kunci pencarian untuk artikel tersebut, bahkan menurut penelitian Serp IQ artikel panjang akan mampu muncul di page one google.

Diuraikan juga di blog ip-lux60, tentang bagaimana cara jitu membuat artikel seo friendly terbukti!, bahwa salah satu tips untuk membuat artikel seo friendly dan berkualitas adalah harus dimulai dengan riset kata kunci, serta membuat topik yang baik.

Saya setuju dan memang benar kunci utama membuat artikel harus dimulai dari riset kata kunci dengan tujuan untuk mendapatkan kata kunci yang benar-benar banyak dicari dan memiliki persaingan yang tidak terlalu sulit, sehingga artikel memiliki kesempatan yang baik untuk mendatangkan  banyak pengunjung.

Lakukan Penerbitan artikel minimal 1 kali setiap hari, semakin banyak semakin bagus, dan pertahankan agar anda terus-menerus menerbitkan artikel dalam 6 bulan pertama, jika anda mampu bertahan secara konsisten menerbitkan artikel dalam 6 bulan pertama maka blog anda akan mampu cepat mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang banyak.

Oh ya...!

Ingat setiap kali menerbitkan artikel, selalu lakukan submit di mesin pencari baik google atau bing, cukup satu kali saja untuk setiap artikel baru yang anda terbitkan.

Cara submit artikel di google maupun bing anda bisa baca artikel berikut:
Cara submit artikel di google dan bing terbaru

7. Lakukan seting awal blog yang direkomendasikan untuk keamanan blog anda.

Seting awal perlu anda lakukan terutama untuk menghindari pencurian artikel, mengurangi spam dan lain sebagainya.

Seting awal apa saja yang harus anda atur?

Disini saya tidak akan jelaskan panjang lebar, untuk mempelajarinya anda bisa baca link dibawah ini:

Seting dasar blogspot yang wajib anda lakukan

Diartikel tersebut anda akan dituntun untuk mengatur setingan di akun blogspot anda sehingga blog anda lebih aman.

Baca Juga: Seting feedburner blog anda untuk menghindari penyadapan artikel

Penutup

Itulah beberapa hal yang harus anda lakukan setelah membuat blog baru dan blog anda di publish ke internet.

Artikel ini khusus untuk pemula yang kebetulan belum memahami bagaimana cara memelihara blog, sehingga dengan mengikuti cara-cara yang telah diuraikan pada artikel ini anda bisa mencobanya untuk membuat blog anda menjadi salah satu blog sukses tanah air.

Saya percaya masih banyak teknik dan cara lainnya untuk membuat blog mudah dikenali mesin pencari terlebih untuk blog baru, jika anda punya caranya silahkan berbagi di komentar.